Air Terjun Bidadari – Daya Tarik, Peta, Alamat, Rute dan Harga Tiket Masuk

air terjun bidadari
air terjun bidadari
0
(0)

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 40.000/ Orang
Buka/Tutup: 08.00–17.00
Telepon: –

Bosan nongkrong di tempat itu-itu saja seperti cafe, mall, atau coffeeshop, wisata alam sedang populer kini. Banyak orang memilih back to nature sebagai destinasi saat liburan. Bahkan, kini gunung tak kalah ramai sama mall-mall.

Selain gunung atau pantai, wisata air terjun juga banyak dilirk para pemburu wisata atau mereka yang ingin lari jauh dari penat suasana kota.

Untuk yang tinggal di daerah bogor Bogor dan sekitarnya sepert jabdetabek atau Bandung, tempat wisata kali ini bisa jadi rekomendasi Anda untuk menghabiskan liburan.

Lokasi wisata tersebut adalah sebuah air terjun bernama Curug Bidadari yang berada tidak jauh dari pusat kota hujan Bogor. Akses kesana juga mudah untuk jangkau. Curug akan sangat ramai oleh pengunjung terutama di hari libur.

Bagaimana kondisi curug, apa saja fasilitas yang ada di curug, bagaimana cara untuk sampai kesana, apakah ada cerita mistis dan sebagainya. Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut info lengkap dan review dari Curug Bidadari.

Daya Tarik Yang Dimiliki Curug Bidadari

curug bidadari
curug bidadari (Foto: flickr.com)

Ketika telah sampai di tempat parkir kendaraan, pesona keindahan alam yang menawan akan langsung membuat mata Anda terpana. Keberadaan air terjun langsung dapat diamati dari area parkir.

Kondisi tempat wisata yang menjadi salah satu magnet wisata di kota Bogor ini sudah sangat baik tidak seperti sebelumnya. Adanya pengembangan infrastruktur dan lain-lain membuat pengunjung semakin nyaman ketika datang kesini.

Akses jalan ke lokasi yang sebelumnya harus dilalui dengan jalan kaki sepanjang 2 kilometer sudah tidak terjadi dampak dari perbaikan jalan yang dilakukan oleh pengurus Curug Bidadari.

Setelah tiba di tempat parkir, para pengunjung kemudian harus menuruni anak tangga bebatuan yang cukup lebar jaraknya. Setelah tiba di ujung tangga akan ada pemandangan deretan penjual yang menjajakan makanan serta minuman.

Bagi pengunjung yang merasakan kelaparan atau kehausan tidak perlu kuatir karena telah tersedia banyak warung.

Selain itu keberadaan Restoran Curug Bidadari juga akan membuat Anda merasakan sensasi makan ditemani pesona keindahan alam lembah.

Tepat ditengah kawasan Curug Bidadari ada sebuah batu besar. Namun batu tersebut telah dipangkas bagian tengahnya sehingga para pengunjung lebih mudah saat melintasi jalur ini untuk sampai di area air terjun.

Setelah melalui batu tadi, pemandangan curug atau nama lain dari air terjun telah ada didepan Anda yang menjulang tinggi hingga 40 meter ini.

Baca Juga : 10 Kolam Renang di Bogor Yang Paling Asyik Untuk Berlibur – Lokasi, Fasilitas dan Tarif Masuk

Alamat

Letak Curug Bidadari berada di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jabar. Nomor Telepon 021-87960742

Sejarah

kolam permandian curug bidadari
kolam permandian curug bidadari (Foto: Google Map)

Dahulu namanya bukan bidadari melainkan Curug Bojong Koneng seperti nama daerahnya berada. Asal usul dari pemberian nama bidadari adalah setelah pengelolaanya berada di bawah Sentul Paradise Park dan kisah unik dibalik keberadaanya.

Terdapat sebuah mitos unik mengenai seorang bidadari. Menurut cerita masyarakat setempat, disini adalah lokasi mandi para bidadari ketika sore hari. Oleh karena itulah dinamakan Curug Bidadari.

Tidak hanya itu saja karena sejumlah warga sering mendengar suara perempuan mandi namun ketika didatangi sumber suara tersebut ternyata tidak ada siapa-siapa.

Selain itu, Curug Tujuh Bidadari juga erat kaitannya dengan misteri kisah Jaka Tarub. Konon dibatu besar tersebut terdapat sebuah celah yang digunakan Jaka Tarub untuk mengintip para bidadari mandi. Celah tersebut merupakan tempat Jaka Tarub bersembunyi.

Fasilitas

anak akan betah bermain di kolam air terjun bidadari
anak akan betah bermain di kolam air terjun bidadari (Foto: tempatwisatadibogor.net)

Fasilitas yang dihadirkan disini adalah kolam utama yang berukuran besar dan kecil. Kolam besar tentu diperuntukkan untuk orang dewasa karena memiliki kedalaman mencapai 1,5 meter sehingga tidak aman untuk anak-anak.

Sedangkan kolam kecil diperuntukkan untuk anak-anak yang inign berennag atau berendam memiliki kedalaman 30 cm. Kolam-kolam ini sangat jernih dan menyegarkan karena air datang langsung dari curug.

Tidak cukup dengan keindahan alam dan segarnya air disini namun juga ada pasir putih dipinggir kolam renang layaknya pinggiran pantai. Pasir putih sengaja dibawa dari Pulau Belitung sehingga tampak seperti nyata.

Para pengunjung dapat berendam dan bermain air tepat dibawah air terjun dengan aman dan bebas tanpa takut kepleset. Selain itu dapat juga berselfie ria, mengambil video atau gambar berlatar air terjun atau di dekat batu besar.

Tidak hanya kolam utama yang disediakan pengelola Curug Bidadari karena juga terdapat wave pool (kolam arus) dan lazy pool yang dapat dipakai anak-anak.

Lazy pool disini memiliki kedalaman kurang lebih 50 centimeter dan juga terdapat pasir putih dipinggirnya.

Pengelolaan Curug Bidadari tergolong kekinian namun Anda tak perlu khawatir karena sumber air langsung dari curug sehingga alami dari alam.

bermain flying fox di curug bidadari
bermain flying fox di curug bidadari

Kini penataan dan kondisinya jauh lebih baik dibandingkan dahulu ketika belum diurus terutama akses jalan untuk sampai ke lokasi. Tapi tetap saja ya, jalannya cukup terjal dan sulit di tempuh. Maka wajib pengunjung untuk terus waspada dan berhati-hati. Indahnya, suasana tempat wisata ini juga dibiarkan tampak alami meskipun terdapat penambahan beberapa fasilitas untuk menyesuaikan dan menambah kenyamanan pengunjung.

Setelah puas berendam dan bermain air, pengunjung dapat mencoba fasilitas lain yang cukup menantang yaitu Flying fox. Terdapat juga wahana perahu tangan yang wajib dicoba.

Disediakan pula penyewaan matras, pelampung donat, saung bambu hingga aula. Untuk yang datang bersama keluarga dapat menyewa saung sembari menikmati makanan, foto-foto, bersantai atau bercengkerama dengan keluarga.

Untuk yang datang dari arah ibukota Jakarta dapat menggunakan rute menuju tol Jagorawi dan keluarnya lewat gerbang Sentul Selatan. Setelah itu belok kiri dan lurus hingga di persimpangan jalan.

Anda pilih jalur kiri sampai menemukan perumahan Sentul dan lurus saja hingga sampai di sebuah jalan menuju pedesaan. Jika sudah sampai disini berarti jarak Anda menuju lokasi tinggal sedikit lagi.

Anda akan melihat sebuah pintu masuk bertuliskan Curug Bidadari. Masuk saja atau juika tidak yakin turun dan tanya penduduk setempat. Jika malas turun kendaraan dan bertanya gunakan denah peta di aplikasi gps Anda.

Selain kendaraan roda empat juga dapat naik kendaraan roda dua. Untuk yang naik motor dari arah Bekasi atau Cibubur gunakan Jl. Raya Gunung Putri mengarah ke citeureup hingga bertemu pertigaan polsek citeureup.

Anda lurus sampai di pertigaan Sirkuit Sentul lurus hingga bertemu pertigaaan Pasar Babakan Madang. Dari sana belok ke arah kanan sampai di polsek.

Kemudian belok ke arah kanan melewati terowongan dan ikutilah petunjuk di pinggir jalan yang menuju ke lokasi Curug Bidadari berada.

Baca Juga: Beberapa Tempat Wisata Yogyakarta Murah Untuk Backpacker

Harga Tiket Masuk & Jam Buka 2021

Harga tiket masuk Curug Bidadari Sentul City terhitung cukup murah hanya Rp. 25.000/ orang saat weekday dan Rp. 40.000/ orang saat weekend. Untuk tarif parkir mobil sebesar Rp. 10.000 dan motor sebesar Rp. 5.000.

Jadwal buka tempat wisata Curug Bidadari adalah setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk yang ingin menginap dikawasan air terjun terdapat beberapa pilihan penginapan seperti hotel atau villa.

Tapi tunggu dulu! sebelum berkunjung kesana ada beberapa hal yang perlu di waspadai, kondisi terupdate dari Curug Bidadari Sentul City banyak oknum sekitar yang memanfaatkan ketenaran tempat ini dengan memungut biaya masuk secara impulsif, belum lagi kabar terbaru adanya sengketa lahan dan kepemilikan membuat tempat wisata yang sulit dijangkau ini menjadi ditutup untuk sementara.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0