Air Terjun Jumog Karanganyar 2022 : Jam Buka & Tiket Masuk

Indahnya Air Terjun Jumog Karanganyar
Indahnya Air Terjun Jumog Karanganyar
0
(0)

Lokasi:  Jln.dk, Jl. Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793
Map: Klik Disini
HTM: Rp 15.000,-
Buka / Tutup: Setiap Hari (08.00 – 16.30)
No. Telepon:  +6281215823237

Secara umum, Air Terjun Jumog sama seperti kebanyakan air terjun yang lainnya. Yang mana biasanya tempatnya ada di kaki gunung atau di perbukitan atau tersembunyi di tengah hutan. Kadangkala, air terjun yang kita saksikan sangat mempesona namun perjalanan menuju air terjun tersebut juga tidak kalah menariknya. Panorama si cantik dari Karanganyar – Jawa Tengah bernama Air Terjun Jumog

Karena seperti yang telah di katakan sebelumnya bahwa, air terjun biasanya berlokasi di tempat-tempat yang tersembunyi sehingga kita terlebih dahulu akan melewati jalan dengan pemandangan alam yang sangat sejuk serta rindang, di samping nyanyian burung yang mengiringi.

Jika kamu berminat untuk pergi berwisata terutama bagi kamu yang merasa tertantang dengan rute yang sedikit sulit, maka wisata Air Terjun Jumog di Kabupaten Karangayar bisa menjadi pilihan.

Tempat Wisata Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog Karanganyar
Air Terjun Jumog Karanganyar

Untuk menikmati keindahan air terjun yang berlokasi sekitar 41 Km dari pusat kota Solo ini, kita harus berjalan sekitar 400 meter dari tempat parkir.

Jalan menuju air terjun dari tempat parkir sudah cukup baik dan mudah untuk dilalui. Walaupun berada di kaki gunung, namun objek wisata ini cukup banyak mendapatkan perhatian dan pembenahan, sehingga lokasi dan aksesnya tidak berbahaya bagi siapapun.

Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan alam yang hijau dan asri serta segar dengan udara yang sejuk. Nyanyian burung dan suara-suara hewan hutan lainnya akan menemani perjalanan kamu menuju air terjun.

Kolam Renang Air Terjun Jumog Karanganyar
Kolam Renang Air Terjun Jumog Karanganyar

Untuk langsung menyaksikan air terjun, terlebih dahulu kita akan menuruni sekitar 116 anak tangga. Namun jangan khawatir karena pemandangan alam di sekitarnya akan membuat kamu melupakan rasa lelah menapaki setiap anak tangga tersebut.

Air terjun ini resmi dibuka sejak tahun 2014 lalu dan memiliki banyak peminat. Selain karena aksesnya yang mudah, lokasinya juga sangat indah serta air terjun sendiri cukup menarik.

Air terjun ini berada di balik sebuah tebing sehingga kamu harus menuruni anak tangga terlebih dahulu untuk bisa sampai. Mereka yang pernah datang ke tempat ini tidak ada yang kecewa karena keindahan alam dan air terjun yang ada.

Baca juga Bukit Cumbri Wonogiri Jawa Tengah Akses Arah Dari Solo + Malam Hari.

Keindahan Air Terjun Jumog Karanganyar via Gmap
Keindahan Air Terjun Jumog Karanganyar via Gmap

Namun pada musim hujan, kamu perlu sedikit berhati-hati karena debit airnya akan meningkat. Bahkan pada musim kemarau air terjun ini tetap memiliki air yang melimpah.

Tempat wisata air terjun yang asri. Di dalam kawasan air terjun terdapat banyak warung kopi, pengunjung bisa minum kopi sambil merendam kaki di sungai. Kawasan bersih dan masih alami. Jika kalian datangnya saat weekday pengunjung tidak terlalu ramai sehingga kalian bisa bersantai-santai.

Air Terjun Jumog memiliki air yang jernih dan bersih serta bisa dimanfaatkan dan dinikmati untuk mandi dan bermain.

Lokasi Air Terjun Jumog

Aliran sungai Air Terjun Jumog Karanganyar via gmap
Aliran sungai Air Terjun Jumog Karanganyar via gmap

Wisata alam ini berada di Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah. Tepatnya berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Jadi, untuk bisa sampai ke tempat ini kita bisa cepat dari beberapa daerah, misalnya dari Surakarta atau Solo di Jawa Tengah, atau kamu juga bisa datang ke tempat ini dari Magetan, Jawa Timur.

Air Terjun Jumog berada di kaki Gunung Lawu. Namun jangan terlebih dahulu takut karena mendengar nama Gunung Lawu. Pemandangan yang kamu temukan tidak seperti yang digambarkan di film-film, wisata alam Air Terjun Jumog tergolong modern dan memiliki akses yang cukup mudah serta memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Baca juga 23 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib DiKunjungi Waktu Liburan ke Jogja

Jika kamu masih memiliki cukup stamin, maka tak ada salahnya untuk mengunjungi objek wisata lainnya yang tak jauh dari sini, seperti Candi Sukuh dan Air Tejun Parang Ijo. Untuk lokasinya kamu bisa tengok pada peta google berikut ini:

Rute Menuju Air Terjun Jumog

Jalan Menuju Air Terjun Jumog Karanganyar
Jalan Menuju Air Terjun Jumog Karanganyar

Menggunakan kendaraan pribadi adalah pilihan paling tepat untuk bisa sampai ke tempat ini. Namun jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi dan terlalu malas untuk berkendara, kamu bisa naik kendaraan umum berupa bus dari Terminal Solo menuju Tawangmangu.

Selanjutnya kamu bisa turun di Terminal Karangpandan, kemudian berganti bus menuju Ngargoyoso atau Kemuning. Di tengah perjalanan kamu bisa memberitahu kondektur untuk menurunkan kamu di pos retribusi Wisata Kemuning untuk naik ojek menuju Air Terjun Jumog.

Fasilitas dan Akomodasi

Jembatan Air Terjun Jumog Karanganyar via Gmap
Jembatan Air Terjun Jumog Karanganyar via Gmap

Di sekitar air terjun kita akan menemukan banyak tempat duduk yang terbuat dari kayu untuk melepas lelah atau untuk menikmati air terjun. Selain itu, terdapat juga beberapa wahana permainan pertama untuk anak-anak.

Permainan-permainan yang ada di antaranya adalah: kolam renang, ayunan, jungkat-jungkit, dan lain-lain.

Disekitar tempat ini juga sudah banyak warung-warung makan terutama yang menyediakan menu sate kelinci dan sate ayam, selain menjual makanan ringan dan minuman ringan.

Baca juga Pantai Parangtritis Jogja, Tiket Masuk 2022 dan Buka Jam Berapa

Tiket Masuk ke Air Terjun Jumog

Warung Makan di Air Terjun Jumog Karanganyar
Warung Makan di Air Terjun Jumog Karanganyar

Untuk menikmati keindahan alam yang dijuluki sebagai salah satu surga tersembunyi di kaki Gunung Lawu ini, kamu terlebih dahulu harus merogoh kocek Rp. 15.000 per orang. Dan jika kamu membawa kendaraan pribadi berupa motor atau mobil, kamu harus membayar tiket parkir. Untuk sepeda motor parkir sekitar Rp. 1.000 atau Rp. 2.000 dan untuk kendaraan roda empat parkiran Rp. 5.000.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0