Serunya Foto Selfie Bersama Satwa di Bird Park Palembang

Bird Park Palembang. Foto by @udafajar
Bird Park Palembang. Foto by @udafajar
5
(2)

Lokasi: Jl. Gubernur H.A Bastari, Jakabaring, Kawasan Opi Mall, Desa Sungai Kedukan. Kecamatan Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30257

Map: Klik Disini

HTM: Rp 50.000,-

Buka / Tutup: 06:00 – 18:00

No. Telepon: 0711 5740127

Mendengar kicauan burung di pagi hari memang terasa sangat menyenangkan. Apalagi, bila kita bisa mendengarkannya setiap hari sungguh indah nian. Andai saja, ada sebuah taman yang hanya berisikan burung-burung lucu nan imut, mungkin akan terasa menyenangkan.

Keinginan tersebut pun bisa dijawab jika, wisatawan berkunjung ke Palembang. Kawasan yang dikenal dengan pempeknya ini mempunyai sebuah tempat wisata terdiri dari sebuah taman, lentera dan beberapa binatang termasuk burung.

Kawasan yang bisa dibilang instagramble ini bernama bird park, kota Palembang. Dimana, sebelum menggunakan nama bird park, kawasan ini sudah dikenal dengan nama taman pelangi sriwijaya.

Daya Tarik Bird Park Palembang

Bird Park By @kicau linggau 1
Bird Park. Foto By @kicau linggau 1

Masih tahu dengan kawasan paris van java bird park yang ada di bandung? Ternyata, kawasan bird park tersebut dengan kawasan bird park yang ada di Palembang ini satu owner. Maka tak heran jika, ada kesamaan dari beberapa koleksi ada di sini dan Bandung.

Lalu, berapa luas lahan bird park Palembang ini? Luas nya sekitar 1.000 meter persegi. Sebuah kawasan cukup luas untuk sebuah taman burung. Sebenarnya, koleksi yang di punya objek wisata ini tidak hanya focus kepada burung saja.

Melainkan, masih ada spesies lain yang juga hidup dan dipelihara seperti, iguana, kura-kura, kuda poni, kelinci, ular piton tidak lupa ketinggalan berbagai macam jenis ikan. Hadir dengan 2 buah kolam cukup besar.

Bird Park By @palembangbirdpark
Kuda di Bird Park. Foto By @palembangbirdpark

Setidaknya ada 3 jenis kura-kura brazil berukuran cukup besar yang dikumpulkan kedalam satu kolam. Selain itu, ada kura-kura rawa berukuran kecil dalam jumlah yang cukup banyak.

Disini, wisatawan bisa memberikan mereka makanan berupa buah. Adegan lucu dan menggemaskan pun akan tersaji. Dimana, mereka dengan perlahan akan menangkap pisang tersebut lalu memakannya.

Sayangnya, pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan binatang dari luar. Walaupun, wisatawan terbukti mempunyai binatang yang ada di kawasan ini. Kebijakan ini berlaku agar, binatang-binatang ini tetap mendapatkan makanan berkualitas.

Kawasan bird park menjadi salah satu kawasan terluas di Indonesia ini memang memang mengedepankan kualitas makanan untuk hewan-hewannya. Bahkan, mereka pun akan bertindak bila ada wisatawan yang bandel dengan hal ini.

Selanjutnya, ada kera-kera berekor panjang. Nah, disinilah wisatawan harus sedikit berhati-hati. Karena, kera-kera ini cukup nakal bisa jadi, mereka akan mencelakai wisatawan walaupun, mereka sudah berada di dalam kerangkeng cukup aman.

Selanjutnya adalah iguana. Hewan yang terkesan seperti preman kampung ini berjumlah 35 ekor. Tubuhnya cukup besar dan hanya diam saja. Wisatawan pun juga bisa meminta petugas untuk foto bersama iguana.

Pengunjung juga bisa memberikan mereka makanan berupa sayur-sayuran yang menjadi kesukaan hewan satu ini. Berikutnya, wisatawan akan dihibur dengan berbagai macam hewan kuda poni, rusa, domba, kambing.

Setelah itu, wisatawan akan bertemu dengan ular phiton serta burung hantu yang sudah menunggu wisatawan untuk mengabadikan gambarnya. Jangan takut, kedua hewan ini sudah jinak dan sangat bersahabat.

Asalkan wisatawan mematuhi segala aturan dan arahan yang diarahkan oleh pawang. Dijamin, semua aman, nyaman, dan terkendali. Nah, saatnya wisatawan akan diajak ke dunia burung sesuai dengan nama tempatnya.

Ada burung gagak sengaja di tempatkan di kandang khusus. Burung ini memang paling enggan untuk berinteraksi dengan manusia. Terlalu peka dan sensitif mungkin. Tetapi, sobat pelancong bisa sedikit melihat altifitasnya di luar kandang.

Alasan lain karena, burung gagak ini sedang dibudidayakan agar jumlahnya terus bertambah. Setelah puas melihat burung gagak, wisatawan akan disuguhkan dengan sebuah rumah kaca. Dimana disini ada banyak sekali habitat burung.

Di ruangan ini dibuat seperti pada habitat aslinya dengan ditanami beberapa pepohonan kecil, rumput dan sedikit kolam kecil agar burung ini merasa berada di rumahnya. Untuk fasilitas wisatawan sendiri sudah disediakan tempat duduk dan jembatan kayu.

Bird Park By @dwi.efrita
Bird Park Palembang. Foto By @dwi.efrita

Hampir semua jenis burung ada disini mulai dari ayam, kalkun, love brid, parkit, kenari. Berkumpul di sebuah kandang besar. Wisatawan bisa bebas melihat aksi dan tingkah mereka yang lucu dan menggemaskan.

Nah, jangan lupa setelah puas melihat sekawanan burung ini. Wisatawan cuci tangan, disediakan dua wastafel yaitu, sebelum masuk dan setelah keluar. Agar, wisatawan terhindar dari yang namanya penyakit.

Hal yang tidak boleh ketinggalan di tempat ini adalah kamera, dimana wisatawan bisa melakukan adegan foto dan gambar. Kemudian, bisa memasukkannya ke dalam instagram dan jadi viral.

Alamat Dan Rute Lokasi

Bird Park Palembang By @udafajar
Bird Park Palembang. Foto By @udafajar

Alamat lokasi ini berada di Jl. Gubernur H.A Bastari, Jakabaring, Kawasan Opi Mall, Desa Sungai Kedukan. Kecamatan Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30257. Letak kawasan ini berada di sisi selatan kota Palembang atau 5 km dari jembatan ampera.

Dari arah kota, wisatawan bisa menuju ke arah jakabaring. Setelah melewati tugu paramesawara yang berada di depan gelora sriwijaya. Wisatawan bisa lurus terus sepanjang 3 km menuju ke kawasan opi mall.

Kemudian, ikuti petunjuk menuju ke opi waterfun. Gerbang masuk bird park ini berada satu kawasan dengan opi mall. Bagi wisatwan yang ingin naik kendaraan umum. Wisatawan bisa menggunakan bus Transmusi kemudian, turun di halte mall dan berjalan kaki menuju ke sini.

Harga Tiket Masuk

Bird Park By @armedo
Bird Park Palembang. Foto By @armedo

Harga tiket masuk kawasan ini adalah 50 ribu rupiah berupa sebuah karcis masuk. Tarif karcis ini bisa ditukarkan dengan dengan beberapa makan burung seperti pelet burung, biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Jika habis dan ingin melakukan aktifitas memberi makan hewan lagi. Wisatawan pun juga bisa membelinya lagi dengan harga 5 ribu rupiah. Selain itu, wisatawan juga akan dikenakan biaya parkir, sebesar 5 ribu rupiah untuk mobil dan 3 ribu rupiah untuk motor.

Mau foto dengan beberapa kawanan burung disini, wisatawan cukup membayar uang tambahan sebesar 10 ribu rupiah saja. Wisatawan juga bisa menikmati tarif promo yaitu gratis untuk manula, dan paket ber 4 hanya 155 ribu rupiah.

Jam operasional kawasan ini buka jam 8 pagi dan akan tutup kembali pada pukul 6 sore. Waktu yang cukup panjang untuk menikmati kawasan ini.

Bagaimana dengan review diatas tentang kawasan ini, menarik bukan? Jika, masih kurang wisatawan bisa mengunjungi beberapa situs yang sudah menyediakan banyak info lebih dalam, dan lebih detail mengenai tempat wisata ini.

Atau wisatawan juga bisa menghubungi no telepon diatas. Apabila, ingin bertanya lebih jauh dalam lebih dalam lagi mengenai fasilitas, promo, atau segala macam kegiatan yang ada di taman burung Palembang ini.

Ayo jadwal kan waktu wisatawan menuju ke kawasan ini. Mari kita lihat betapa lucunya satwa-satwa terutama burung yang menggemaskan ini. Walau lucu, tetap hati-hati ya, siapa tahu mereka adalah hewan yang pemarah.

Sekian pembahasan mengenai Serunya Foto Selfie Bersama Satwa di Bird Park Palembang semoga bisa menjadi destinasi wisata kamu dan keluarga selanjutnya.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

5 / 5. 2