Bukit Jaddih Madura : Tiket Masuk 2022 & Spot Foto Aesthetic

Bukit Jaddih Madura
Bukit Jaddih Madura
0
()

Alamat:  Jakan, Parseh, Kec. Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69161
Lokasi (Google Maps): Klik Disini
Harga Tiket Masuk (HTM): Rp. 5.000,
Jam Buka: Buka Setiap Hari, Jam 07.00 – 16.00
Nomor Telepon: –

Wisata Bukit Jaddih Madura atau Bukit Jaddih Bangkalan di Bukit Kapur Bangkalan memang saat ini menjadi Tempat Wisata Di Madura Terbaik. Semenjak kemunculannya di berbagai media sosial, Bukit Jaddih begitu menarik perhatian khalayak umum. Mengapa begitu? banyak orang mengaku begitu penasaran dengan wisata di Madura ini yang menampilkan sebuah bukit kapur di Madura yang begitu indah.

Sekilas Tentang Madura

Kota Madura seperti yang kita ketahui bersama terkenal akan kesenian karapan sapi atau mungkin bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar selalu identik dengan penjual sate, ya memang itulah sebuah citra yang dibangun untuk menjadi identitas khas dari kota ini. Madura merupakan sebuah daerah dengan iklim cuaca yang sedikit panas oleh terik matahari.

Menurut banyak rumor yang beredar luas, bahwasanya kepribadian dari masyarakat Madura yang notabene adalah Suku Madura terkenal dengan karakter mereka yang tegas, berprinsip serta tempramental, namun menurut asumsi pribadi saya hal tersebut belum teruji dengan pasti kebenarannya dan hanya kabar burung belaka.

Jika pun begitu adanya mungkin hanya terbatas oleh beberapa individu dan bukan secara keseluruhan. Mungkin penyebab logis yang saya bisa simpulkan, bisa saja sifat-sifat tersebut terpengaruh oleh cuaca pada lingkungan sekitarnya. Tetapi ini hanya sebatas sudut pandang saya saja yang hanya manusia biasa dengan banyak keterbatasan, kemudian apabila saya salah, mohon maaf tak bermaksud menyudutkan siapapun, itu sangat jauh dari dalam benak saya.

Kedati banyak rumor yang beredar di masyarakat namun hal tersebut tak menyurutkan besarnya animo para wisatawan untuk dapat liburan ke Madura. Secara umum, memang bisa dikatakan pariwisata Madura belum begitu dikenal oleh masyarakat luas, ya mungkin menurut saya faktor penyebabnya ialah kalah pamor dengan tempat wisata di pulau Jawa lainnya.

Akan tetapi dewasa ini berkat kemajuan dunia teknologi, menjadi sarana promosi yang sangat tepat guna memperkenalkan beberapa objek wisata Madura terpopuler pada masyarakat luas. Saat ini hasil positif pun dapat dirasakan, mengacu pada geliat tempat wisata di Madura yang mulai di lirik oleh banyak traveller dari berbagai daerah.

Baca Juga :   Pantai Pulau Merah Banyuwangi [year]: Tiket Masuk & Keindahan Pasir Pink

Berwisata di Bukit Jaddih

Berwisata ke Bukit Jaddih
Berwisata ke Bukit Jaddih | Foto by @cr8image

Salah satu wisata Madura yang terkenal ialah Bukit Jaddih Bangkalan, tentu bagi kamu sudah tak asing dengan namanya bukan? ya, memang tak heran rasanya mengingat tempat ini begitu populer di jejaring media sosial. Bangkalan merupakan satu dari empat kabupaten yang ada di Madura selain Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Khusus pada Kabupaten Bangkalan melihat banyaknya lokasi penambangan, dapat disimpulkan bahwasanya kawasan ini di anugerahkan oleh Tuhan dengan kekayaan sumber daya alamnya berupa batu kapur yang berlimpah. Dari beberapa lokasi tambang bukit kapur di Bangkalan, tak disangka ternyata memiliki potensi wisata yang sangat mengagumkan, berupa sebuah kawasan pertambangan yang memiliki bentuk pola-pola unik akibat proses penambangan yang dilakukan sedari dahulu.

Seperti contohnya pada Bukit Arosbaya Madura yang saat ini sukses menarik banyak minat wisatawan untuk datang berkunjung, namun jangan salah selain itu masih ada lokasi tambang bukit kapur Madura lainnya yang telah berubah menjadi primadona andalan wisata Madura terbaik yakni Bukit Jaddih. Penasaran akan keindahan tempat ini? kamu dapat menyimak pada artikel Tempat Wisata Mania kali ini.

Pada malam hari ini saya akan memaparkan secara detail perihal Bukit Jaddih Madura atau Bukit Kapur Bangkalan tempat wisata di Madura terbaik. Semoga dari segala informasi yang nantinya disampaikan dapat bermanfaat bagi kamu atau para pembaca budiman dimana pun anda berada.

Simak juga tentang 35 Tempat Wisata Di Jember Yang Wajib Dikunjungi Saat Libur.

Sejarah Awal Bukit Jaddih Sebagai Tempat Wisata

Keindahan Pahatan Bukit Kapur Jaddih
Keindahan Pahatan Bukit Kapur Jaddih

Seperti pada penjelasan di awal yang menyatakan bahwasanya Bukit Jaddih notabene merupakan sebuah kawasan pertambangan batu kapur yang masih aktif hingga saat ini. Oleh sebab itu, jika kamu berkunjung diharapkan agar berhati-hati mengingat segala aktivitas pertambangan yang masih dilakukan seperti alat-alat berat serta lalu lalang truk-truk pengangkut batu kapur.

Tebing-tebing kapur pada lokasi ini memiliki warna putih, berbeda halnya dengan Bukit Arosbaya yang berwarna coklat meskipun masih dalam satu wilayah kabupaten atau tepatnya hanya berjarak sekitar 29.3 Km. Kenunikan lainnya ialah dari bentuk guratan-guratan pola pada dinding tebing di Bukit Jaddih yang memiliki bentuk horizontal dengan ukuran yang tak begitu besar. Terlihat begitu eksotis bukan?

Baca Juga :   Ujung Aspal Wanayasa [year]: Harga Tiket & Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Banyak kegiatan pertambangan yang mengeksploitasi sumber daya alam, pastinya akan memiliki dampak bagi ekosistem sekitar. Mulai dari perubahan bentuk topologi hingga beberapa dampak negatif bagi alam lainnya. Namun tanpa di sadari dari kegiatan pertambangan ini ternyata memiliki nilai ekonomi tambahan bagi para warga sekitar berupa kegiatan pariwisata dari Tebing Batu Terindah Di Indonesia.

Kemudian dari sekian banyaknya foto-foto yang beredar di dunia maya, memperlihatkan keindahan Bukit Jaddih dengan perpaduan sebuah danau yang dikelilingi oleh bukit kapur putih begitu mempesona. Hal tersebut menjadi nilai lebih untuk dapat menarik minat wisatawan berkunjung. Secara asal usul terbentuknya danau tersebut ialah berasal dari sebuah cekungan atau lubang bekas galian batu kapur yang lambat laut terisi oleh air hujan sehingga menciptakan sebuah genangan air yang cukup luas dengan kedalaman sekitar 2 meter.

Menariknya jika diperhatikan dengan seksama, warna air pada danau tersebut berwarna kebiruan yang mungkin saja dipengaruhi oleh kadar kapur yang tinggi pada daerah tersebut. Dikarenakan lokasi Bukit Jaddih yang kian hari kian ramai dikunjungi, maka memberikan sebuah ide kreatif bagi warga sekitar yang memberikan sebuah wahana wisata tambahan berupa berkeliling danau tersebut dengan menggunakan sebuah perahu rakit yang terbuat dari bambu.

Dimana jikalau kamu ingin mencobanya, kamu cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp. 5000/orang. Mengelilingi kawasan danau sambil menikmati suasana di Bukit Jaddih pastinya akan membuat beda suasana berlibur ke Madura kali ini. Sungguh seru bukan? Sebelum lanjut baca juga tentang Air Terjun Toroan Madura.

Lokasi Bukit Jaddih

Sisa Pahatan Bukit Kapur Jiddah
Sisa Pahatan Bukit Kapur Jaddih | Foto by Selamet Supriadi

Lokasi Bukit Jaddih terletak di Desa Jaddih, Socah, Bangkalan atau tepatnya berjarak 10 Km dari kota Bangkalan ke arah selatan menuju Pasar Jaddih. Jika kamu ingin berkunjung, dari domisili kamu saat ini dapat langsung menuju Surabaya sebagai titik start awal, kemudian menuju Madura melalui via Jembatan Suramadu. Setibanya di Madura kamu dapat mengikuti rute sebagai berikut,

  • Selepas keluar dari Jembatan Suramadu, arahkan kendaraan kamu langsung menuju Kota Bangkalan.
  • Ikuti terus marka petunjuk jalan menuju arah Pelabuhan kapal Ferry (Kamal).
  • Kemudian tak jauh dari Kamal terdapat sebuah pertigaan belok kanan, lalu kamu akan menemukan lagi pertigaan belok kiri menuju Jalan Antar Kecamatan. 
  • Setelah itu kamu cukup mencari posisi Pasar Jaddih, jika kamu telah menemukannya maka tak jauh dari pasar kamu akan menemukan sebuah tanda bertuliskan “Bukit”, kamu hanya cukup masuk ke jalan tersebut dengan jarak sekitar 200 meter sebelum tiba di lokasi Bukit Jaddih. Namun dari titik ini jalan sudah tak beraspal yang ada hanya jalan dengan batu kapur yang dihaluskan sehingga ada beberapa titik jalan yang berlubang dikarenakan sering dilalui pula oleh truk-truk pengangkut batu kapur.
Baca Juga :   Pantai Cemara Sewu Jogja Tiket Masuk [month] [year] + Jalan Menuju Lokasi Wisata

Tiket Masuk Bukit Jaddih

Setibanya di lokasi, akan dikenakan biaya tiket masuk Bukit Jaddih sebesar Rp 5.000 dan dikenakan biaya parkir kendaraan sekitar Rp. 5000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Untuk setiap kendaraan pengunjung, memang tak bisa dibawa langsung menuju lokasi Bukit Jaddih, pasalnya mengingat tambang ini masih aktif dengan kegiatannya maka yang boleh menuju lokasi ialah khusus kendaraan pengangkut batu kapur saja. Namun tak perlu khawatir kamu pun dapat naik ke lokasi dengan menggunakan jalan yang telah disediakan. Baca juga tentang Stone Garden Bandung.

Baca juga tentang 23 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Di Kunjungi Waktu Libur Lebaran.

Spot Foto di Bukit Jaddih

Spot Foto di Bukit Jaddih
Spot Foto di Bukit Jaddih | Foto by Double F Channel

Puaskan rasa penasaran kamu akan tempat ini dengan berkeliling seluruh kawasan tambang batu kapur Bangkalan ini, abadikan setiap moment melalui foto agar menjadi kenang-kenangan yang tak akan terlupakan. Segala bentuk pola guratan bekas galian batu kapur pada tebing-tebing begitu terlihat eksotis dalam bentuk foto, maka tak heran jikalau banyak wisatawan yang sengaja datang berkunjung ke Bukit Jaddih hanya sekedar untuk berfoto atau berselfie ria.

Bagi kamu pasangan muda, ada baiknya kamu masukkan nama tempat ini dalam list lokasi photoshoot prawedding, pasalnya tempat ini terkenal juga sebagai lokasi foto prawedding tempat romantis di Madura. Jika ingin menikmati panorama landscape Bukit Jaddih dari ketinggian, kamu dapat kembali ke lokasi parkir dan arahkan kendaraan kamu untuk naik keatas puncak Bukit Jaddih.

Untuk dapat naik, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp.  5000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Dari atas puncak kamu dapat menikmati hamparan rumput hijau diantara gundukan batu kapur putih, selain itu kamu bisa menyaksikan view Bukit Jaddih dari atas ketinggian yang memberikan kesan terhadap liburan kali ini. Kemudian kamu pun dapat melihat panorama alam sekitar tanpa terhalang oleh apapun, terbayang akan keindahannya bukan?

Baca Juga :   Waterpark Kenjeran Surabaya, Harga Tiket [month] [year], Jam Buka dan Spot Foto

Sebenarnya masih terdapat pula beberapa lokasi menarik disekitar Bukit Jaddih Bangkalan Madura, seperti diantaranya ialah,

  • Goa Jepang

Merupakan dua buah goa dengan ukuran mulut goa yang besar namun untuk bagian dalamnya tak terlalu dalam. Dimana untuk lokasi Goa Jepang Bukit Jaddih ini terletak dekat dengan pintu masuk Bukit Jaddih. Sehingga kamu dapat mengunjunginya terlebih dahulu sebagai pemanasan berlibur di kawasan ini.

  • Goa Tambang

Goa Tambang ialah sebuah tebing lokasi tambang yang pada bagian bawahnya digali untuk keperluan pertambangan, menariknya di tempat ini kamu akan dapat menikmati beberapa lubang dari dalam untuk melihat keluar sehingga seakan layaknya sebuah Jendela. Lokasi Goa Tambang terletak sekitar 500 meter dari pintu masuk Bukit Jaddih menuju arah barat. Namun karena lokasinya yang terbilang agak jauh, maka tempat ini kurang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

  • Kolam Pemandian Aeng Goweh Pote
Kolam Pemandian Aeng Goweh Pote
Kolam Pemandian Aeng Goweh Pote | Foto by Abdul Muin

Yaitu sebuah kolam pemandian alami yang berada ditengah bukit kapur, sehingga memberikan kesan bahwa tempat ini dikelilingi oleh tebing batu kapur yang tinggi menjulang. Arti “Aeng Goweh Pote” dalam bahasa Madura memiliki makna Air Goa Putih.

Sebagai tambahan wawasan untuk kita, bahwasanya pada awalnya kolam ini merupakan area lubang bekas galian tambang kapur yang tanpa disengaja mengeluarkan sebuah mata air secara alami hingga saat ini. Tertarik akan potensi tempat ini maka pihak Pemprov mulai proses pembangunan dan menyulap kawasan ini sebagai kolam pemandian untuk umum yang mulai beroperasi sejak 2014 lalu.

Keunikan tersebutlah menjadi daya tarik Aeng Goweh Pote Madura dibandingkan dengan kolam renang pada umumnya, dimana para wisatawan dapat merasakan sensasi berenang atau bermain air seperti sedang berada di sebuah padang pasir. Sungguh unik bukan? Kamu tertarik ingin merasakan sensasinya? kamu dapat mencobanya dengan hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 35.000/orang sebagai tiket masuk Aeng Goweh Pote terbaru.

Kemudian bagi kamu yang berkunjung dengan keluarga tak perlu khawatir dimana si kecil pun dapat aman bermain air dengan menyewa ban dengan biaya sekitar Rp. 10.000/ban, kemudian sebagai tambahan wahana permainan telah disediakan tiga buah prosotan untuk putra-putri kamu. Tambahan wawasan tentang Wisata Gili Labak Madura Bakcpacker.

Baca Juga :   Spot Foto Wisata Alam Capolaga Kabupaten Subang Jawa Barat

Setelah melihat segala potensi yang ada di kawasan wisata Bukit Kapur Jaddih Madura maka rasanya tak salah jikalau tempat ini kini begitu populer terlebih di dunia maya. Dimana setiap minggunya begitu banyak para wisatawan asal berbagai daerah yang datang berkunjung untuk dapat merasakan liburan ke Madura terbaik. 

*Tips

  • Gunakan applikasi maps pada HP Smartphone sebagai tambahan acuan mengenai rute jalan menuju Bukit Jaddih.
  • Pada sepanjang jalan kecamatan hingga lokasi sudah tak ditemukan mini market. Sehingga persiapkan segala keperluan logistik makanan dan air mineral dengan baik, mengingat pada lokasi Bukit Jaddih tak ada fasilitas warung.
  • Selepas dari Pasar Jaddih, maka jalurnya sudah tak beraspal sehingga bila musim penghujan tiba jalan akan berubah menjadi licin dan becek.
  • Untuk menuju lokasi Bukit Jaddih, banyak adanya aksi pungli terhadap kendaraan para wisatawan. Tak perlu panik, cukup berikan saja seikhlasnya.
  • Mengingat lokasinya adalah tambang kapur maka suasananya akan panas sekali sehingga jangan lupa membawa topi atau pelindung kepala lainnya, bawa juga kacamata dan sunblock agar kulit tak terbakar oleh panas terik matahari.
  • Jika berada di puncak Bukit Jaddih jangan berdiri terlalu dekat dengan bibir tebing, mengingat kemungkinan bahaya longsor begitu besar dapat terjadi.
  • Mengingat kabar burung tentang Bukit Jaddih atau beberapa destinasi wisata di Bangkalan Madura yang memiliki jalur sepi yang mungkin saja rawan terhadap beberapa kasus kejahatan seperti contohnya pembegalan. Maka disarankan untuk kamu keluar paling lambat sore hari dari lokasi tersebut. 
  • Kemudian bagi kamu yang menggunakan kendaraan bermotor akan lebih baik melewati Jembatan Suramadu dibawah pukul 11.00 malam. Pasalnya mengingat banyaknya aksi pembegalan di kawasan kota Madura.

Kamu dapat pula membaca tentang 47 Tempat Wisata Di Malang Terbaru Yang Wajib Dikunjungi.

Penutup

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Bukit Jaddih Madura atau Bukit Kapur Bangkalan tempat wisata di Madura terbaik. Terima kasih telah berkunjung ke TempatWisata.id dan semoga dari segala informasinya dapat diterima dan dijadikan sebagai sumber referensi tambahan bagi kamu atau para pembaca budiman lainnya tentang beberapa Objek Tempat Wisata Di Indonesia.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

/ 5.