Bukit Jamur Gresik : Lokasi, Tiket dan Pesona Batu Bentuk Jamur

Pemandangan Bukit Jamur Gresik Dari Atas
Pemandangan Bukit Jamur Gresik Dari Atas
0
()

Alamat: Area Sawah/Kebun, Bungah, Kec. Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61152
Lokasi (Google Maps): Klik Disini
Harga Tiket Masuk (HTM): Rp. 3.000,
Jam Buka: Buka Setiap Hari, Jam 6:00 – 17:00
Nomor Telepon: –

Wisata Bukit Jamur Gresik atau Batu Jamur Gresik telah menjadi Tempat Wisata Di Gresik Terbaik menurut banyak wisatawan yang telah berkunjung. Kedua lokasi wisata Gresik ini memang notabene merupakan kawasan tambang batu kapur di kota Gresik Jawa Timur.

Namun sejak kemunculannya pada sebuah acara travelling yang sudah populer milik stasiun tv swasta pada 2015 lalu, membuat Bukit Jamur mulai di lirik oleh khalayak luas maka alhasil dewasa ini menjadi salah satu objek wisata kota Gresik populer.

Kabupaten Gresik memiliki luas wilayah sekitar 1.191,25 Km/segi dan berbatasan langsung sebelah utara dengan Laut Jawa, selatan dengan Sidoarjo dan Mojokerto, timur dengan Surabaya dan Selat Madura, kemudian sebelah barat dengan Lamongan.

Selain sebagai kota pendukung yang sangat vital bagi Surabaya, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasanya Gresik sangat terkenal sebagai pusat pabrik semen pertama dan terbesar di Indonesia yaitu PT. Semen Gresik. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat jenis tekstur tanah Gresik yang terbilang tandus namun memiliki sumber daya alam batu kapur yang berlimpah. 

Tentang Bukit Kapur Suci Gresik

Senja di Bukit Jamur Gresik
Senja di Bukit Jamur Gresik | Foto by Guntari Arifin

Mengingat akan hal itu, maka jangan heran jikalau pada kabupaten ini terdapat beberapa lokasi pertambangan batu kapur salah satunya ialah Bukit Kapur Suci Gresik yang aktivitas penambangannya sudah dilakukan bahkan sejak jaman penjajahan Belanda, namun setelah masa penjajahan berakhir maka pengawasan area pertambangannya di kelola oleh PT. Petrokimia Gresik.

Baca Juga :   Makam Bung Karno: Sejarah dan Tiket Masuk

Pada kabupaten Gresik terbagi dalam 9 kecamatan yakni Kebomas, Gresik (Ibukota Kabupaten), Manyar, Bungah, Sidayu, Ujungpangkah, Panceng, Sangkapura dan Tambak (Pulau Bawean). Selain terkenal dengan sumber daya alamnya, Gresik pun memiliki potensi kelautan yang mengagumkan hal ini terbukti dengan tingginya minat Pariwisata Gresik yang terpusat pada Pulau Bawean dan Pantai Delegan. Akan tetapi untuk artikel Tempat Wisata kali ini, saya tak akan mengulas lebih lanjut dikarenakan memang ingin mengangkat tema tempat wisata Gresik dengan topik pembahasan Bukit Jamur dan Bukit Sekapuk.

Sebagai salah satu kota pusat pertambangan di Indonesia sebagai aktivitas utamanya tentu saja tak lepas dari eksploitasi sumber daya alam. Sama seperti Bukit Arosbaya Madura dan Bukit Jaddih Madura yang notabene merupakan lokasi pertambangan namun saat ini justru memiliki potensi lain berupa kegiatan pariwisata yang cukup menarik dikarenakan memiliki bentuk tebing-tebing bekas galian dengan pola dan bentuk yang unik.

Dimana untuk beberapa tempat tersebut telah kami rangkum dalam Tebing Batu Terindah Di Indonesia. Khusus pada Gresik pun terdapat lokasi serupa yang dewasa ini telah menjelma menjadi wisata alam Gresik terbaru. Penasaran akan suasananya? kamu dapat simak dalam artikel kali ini.

Pada kali ini saya akan memaparkan secara detail perihal Bukit Jamur Gresik atau Batu Jamur jadi tempat wisata di Gresik terbaik. Semoga dari segala informasinya dapat bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu atau para pembaca budiman lainnya.

Simak juga tentang 47 Tempat Wisata Di Malang Terbaru Yang Wajib Dikunjungi jika kalian akan ke Malang.

Mengapa Dinamakan Bukit Jamur?

Pemandangan Bukit Jamur Gresik
Pemandangan Bukit Jamur Gresik | Foto by Adeka Rahman

Bukit Jamur Gresik Jawa Timur merupakan sebuah kawasan pertambangan batu kapur yang masih aktif hingga saat ini. Lalu, mengapa dinamakan Bukit Jamur? mungkin ada sebagian dari kamu yang penasaran akan hal tersebut, dinamakan seperti itu bukan karena ditumbuhi dengan aneka jamur.

Baca Juga :   Pantai Ria Kenjeran [year]: Tiket Masuk & Fasilitas

Akan tetapi di bukit seluas 1 hektar ini terdapat banyak batu yang memiliki bentuk seperti sebuah jamur dengan ukuran yang besar. Sungguh unik bukan? Sebagai tambahan wawasan bagi kita semua, konon kawasan ini memang bukan sengaja diperuntukkan sebagai objek wisata, akan tetapi batu-batu tersebut merupakan bekas tambang kapur yang terkikis oleh air hujan dan juga perubahan cuaca selama bertahun-tahun sehingga lama kelamaan bentuknya menyerupai sebuah jamur. Semua proses ini terjadi secara alami tanpa disengaja atau melalui campur tangan manusia, seakan semua ini biarlah menjadi sebuah misteri alam saja.   

Seperti dalam penjelasan di awal yang menerangkan bahwasanya kawasan ini merupakan area pertambangan batu kapur yang masih aktif hingga saat ini. Oleh karena itulah bila kamu ingin berkunjung maka kamu harus datang di waktu weekend saja, dimana biasanya di hari Minggu lokasi ini libur dari segala aktivitas penambangan.

Jika kamu datang pada hari lain maka sudah dapat dipastikan kamu dilarang masuk oleh pihak keamanan setempat, mengingat banyaknya aktivitas penambangan, lalu lalang alat serta kendaraan berat yang dapat berbahaya bagi keselamatan kamu.

Namun melalui foto di berbagai jejaring media sosial dan juga sebuah acara travelling di stasiun tv swasta yang memperkenalkan Bukit Jamur, hal itu menjadi sebuah media promosi yang sangat tepat untuk memperkenalkan pada khalayak umum tentang objek wisata di Gresik terpopuler yang satu ini.

Berkat itu semua maka sudah pasti di setiap hari Minggu tiba lokasi ini akan ramai oleh para wisatawan asal berbagai daerah. Dimana umumnya mereka mengaku penasaran ingin melihat langsung keunikan dari Batu Jamur Gresik tersebut.

Lokasi Bukit Jamur Gresik

Lokasi Bukit Jamur Gresik
Lokasi Bukit Jamur Gresik | Foto by Sugeng Slank

Bila ingin berkunjung ke tempat ini jika kamu berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, kamu dapat langsung menuju kota Gresik dengan jarak sekitar 28.4 Km dan waktu perjalanan sekitar 58 menit melalui rute Jalan Tol Surabaya – Gresik.  Kemudian untuk lokasi Bukit Jamur Gresik terletak di Desa Bungah, Kecamatan Bungah dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dari pusat kota Gresik. Dimana kamu dapat menggunakan rute jalan menuju Bukit Jamur sebagai berikut,

  • Dari arah Gresik arahkan kendaraan kamu menuju Kawasan Industri Manyar, lalu ikuti terus jalan tersebut hingga menemukan Perempatan Utama Bungah (belok kiri).
  • Kemudian ikuti jalan tersebut hingga menemukan plang kecil petunjuk ke arah Tambang Kapur Kecamatan Bungah. 
  • Dari jalan raya (plang kecil) kamu akan memasuki sebuah jalan masuk sekitar 1 Km sebelum tiba di Bukit Jamur. Bagi kamu yang menggunakan sepeda motor harap berhati-hati melewati jalan ini, karena jalannya tak beraspal dan bila musim penghujan tiba maka jalan akan becek dan berlumpur.
Baca Juga :   Camping Ground di Gunung Bunder Bogor - Rute Lokasi dan Villa Terdekat

Baca juga tentang 35 Tempat Wisata Di Jember Yang Wajib Dikunjung.

Tiket Masuk ke Bukit Jamur Gresik

Bersepeda di Bukit Jamur Gresik
Bersepeda di Bukit Jamur Gresik | Foto by Abu Qoish

Setibanya di lokasi Bukit Jamur Bugah Gresik, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 3000 saja dikarenakan memang tempat ini bukan dikhususkan sebagai wisata kota Gresik. Namun tak perlu khawatir dimana sudah disediakan lokasi parkir kendaraan yang langsung dikelola oleh warga setempat dengan biaya sekitar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Cukup murah bukan? dimana dengan hanya mengeluarkan biaya yang tak seberapa kamu sudah dapat menikmati berkeliling seluruh kawasan ini.

Berfoto ria adalah hal wajib bagi kamu yang sedang berkunjung ke tempat ini, dengan latar belakang batu jamur yang cukup unik pastinya akan menghasilkan sebuah karya foto yang mengagumkan. Bagaikan sedang berkeliling di negeri liliput diantara jamur-jamur besar, membuat kamu akan merasa sangat kecil. Sungguh pengalaman liburan ke Gresik yang tak akan terlupakan.

Maka tak perlu heran jikalau banyak para remaja yang datang khusus hanya untuk berfoto atau bernarsis ria di kawasan ini. Bila kamu ingin pengalaman yang lebih, cobalah datang di pagi hari dimana kamu akan dapat menikmati moment sunrise atau pun bisa juga menikmati sunset yang sinarnya begitu halus menyentuh batu-batu jamur disekitar.

Selain itu suasana dan panorama alam di Bukit Jamur pun tak kalah mengagumkan, dikelilingi area persawahan hijau yang seakan menjadi penghias diantara tebing-tebing batu kapur, sungguh indah ya? Puas berpetualang di Bukit Jamur, kamu dapat melanjutkan perjalanan mengunjungi wisata Gresik terbaik lainnya yaitu Bukit Sekapuk Gresik. 

*Tips

  • Gunakan applikasi map pada Hp Smartphone sebagai tambahan acuan rute jalan menuju Bukit Jamur Gresik.
  • Jika datang di siang hari, pastikan kamu membawa topi atau penutup kepala lainnya, kacamata dan sunblock mengingat suasananya yang panas akan terik matahari.
  • Siapkan bahan logistik seperti makanan dan air mineral mengingat lokasi ini adalah kawasan pertambangan yang sudah pasti tak ada fasilitas warung makanan.
Baca Juga :   17 Tempat Wisata di Surabaya Yang Wajib Anda Kunjungi saat Liburan

Dengan hanya berfoto dan bersenang-senang berkumpul bersama para sahabat seraya menikmati pemandangan alam di Bukit Jamur Gresik, sebenarnya itu merupakan sebuah usaha kecil yang dengan mudah dapat dilakukan untuk sekedar mendapatkan kebahagiaan. Sebenarnya kebahagiaan itu sangat simple dan perlu diingat pula kebahagiaan itu adalah milik mereka yang mempunyai impian, lalu berani untuk berusaha mewujudkannya menjadi suatu kenyataan.

Dengarlah suara hati kita dan bukan suara orang lain. Pasalnya yang bertanggung jawab atas kebahagiaanmu adalah diri kita sendiri. Mengutip sebuah kata bijak yang dapat ditelaah “Orang yang tau cara bersyukur adalah orang yang bisa menikmati keindahan dan arti kebahagiaan hidup”. Mari cobalah kita berkaca diri dan apakah kita termasuk diantaranya?

Kamu dapat pula membaca tentang 17 Tempat Wisata di Surabaya Yang Wajib Anda Kunjungi.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Bukit Jamur Gresik atau Batu Jamur jadi tempat wisata di Gresik terbaik. Terima kasih telah berkunjung ke TempatWisata.id dan semoga dari segala informasinya dapat dijadikan sebagai sumber referensi tambahan bagi kamu atau para pembaca budiman dimana pun anda berada.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

/ 5.