Bukit Kapur Sekapuk SETIGI : Tiket Masuk, Lokasi & Pesona

Bukit Kapur Sekapuk SETIGI
Bukit Kapur Sekapuk SETIGI
0
()

Alamat: Desa, Area Sawah, Sekapuk, Kec. Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61154
Lokasi (Google Maps): Klik Disini
Harga Tiket Masuk (HTM): Rp. 20.000 (weekday), Rp 30.000 (weekend)
Jam Buka: Buka Setiap Hari, Pukul 8 Pagi Sampai 17 Sore
Nomor Telepon: –

Wisata Bukit Kapur Sekapuk SETIGI Gunung Sekapuk saat ini menjadi Tempat Wisata Di Gresik Terbaik. Dianggap memiliki daya tarik untuk menjadi objek wisata Gresik, dewasa ini Bukit Kapur Sekapuk diserbu banyak wisatawan bahkan dari luar Gresik.

Lantas apa alasannya? ya, bagi kamu yang belum begitu familiar dengan tempat ini, berfungsi sebagai lokasi pertambangan batu kapur di Gresik namun kehadirannya lama kelamaan justru begitu menarik perhatian dikarenakan memiliki bentuk tebing yang unik sehingga memancarkan keindahan tersendiri bagi banyak penggemar travelling.

Sekilas Tentang Kota Gresik

Kota Gresik memang terkenal sebagai pusat pabrik semen pertama dan terbesar di Indonesia, sehingga khalayak umum sudah tak asing mendengar nama kota ini. Namun jika kita bicara perihal potensi pariwisata Gresik, saya rasa kota ini masih terbilang cukup jauh tertinggal jika dibandingkan dengan kota lain di Pulau Jawa khususnya.

Namun jangan salah, walaupun notabene merupakan kawasan industri nyatanya wisata kota Gresik tak bisa dipandang sebelah mata. Melalui perkembangan teknologi dan informasi saat ini, khalayak luas mulai melirik potensi lain dari kota ini. Bersumber pada beberapa informasi dan foto-foto yang banyak beredar di jejaring media sosial seakan menjadi sarana promosi yang begitu signifikan.

Selain itu pada beberapa kesempatan lalu tepatnya pada 2015 melalui sebuah acara travelling milik salah satu stasiun tv swasta yang secara khusus mengulas tentang beberapa tempat wisata Gresik Jatim. Membuat banyak penggemar travelling penasaran ingin secara langsung mengunjungi beberapa lokasi tersebut, maka alhasil saat ini banyak tempat-tempat tersebut yang diserbu para pengunjung terlebih pada hari libur tiba.

Baca Juga :   Bukit Jaddih Madura : Tiket Masuk [year] & Spot Foto Aesthetic

Gresik memang di anugerahkan dengan sumber daya alam yang luar biasa berupa batu kapur yang berlimpah, sebagai bukti akan hal tersebut dapat kita temui banyaknya lokasi penambangan yang tersebar di beberapa titik pada wilayah kota ini. Kemudian sudah sejak dahulu banyak para warga yang menggantungkan hidupnya dengan berbagai aktivitas penambangan tersebut.

Namun melalui kegiatan tambang batu kapur itu ternyata tanpa disadari menciptakan sebuah keunikan dari sebuah bekas galian pertambangan berupa bentuknya yang indah dan begitu mengagumkan. Sebagai contohnya adalah Bukit Jamur Gresik yang hingga sekarang difungsikan sebagai kawasan pertambangan namun ternyata dapat menarik banyak wisatawan. Oleh karena sebab itulah, melalui artikel kali ini TempatWisata.id akan kembali mengulas sebuah lokasi tambang di Gresik yang layak dimasukkan namanya dalam wisata baru di Gresik yaitu Bukit Kapur Sekapuk. Penasaran akan tempat yang satu ini, kamu dapat simak artikel dibawah ini.

Bukit Kapur Sekapuk SETIGI

Keindahan Bukit Kapur Sekapuk SETIGI
Keindahan Bukit Kapur Sekapuk SETIGI | Foto by Wahyu Pangarso

Pada malam hari ini saya akan memaparkan secara detail perihal Bukit Kapur Sekapuk SETIGI atau Gunung Sekapuk jadi tempat wisata di Gresik terbaik. Semoga dari segala informasinya nanti dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu atau para pembaca budiman dimana pun anda berada.

SETIGI merupakan sebuah singkatan dari SELO, TIRTO dan GIRI yang memiliki arti Batu, Air dan Gunung. Penamaan ini diambil dari bahasa sansekerta

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwasanya banyak Tebing Batu Terindah Di Indonesia yang mengagumkan. Sebagai contohnya mungkin kamu sudah tak asing dengan nama Gunung Masigit Bandung yang saat ini begitu populer menjadi lokasi ekstrem untuk bermain hammock. Untuk kota Gresik pun ternyata juga memiliki lokasi tambang indah yang menjadi tempat wisata Gresik yang wajib untuk dikunjungi yaitu Bukit Kapur Sekapuk.  

Bukit ini merupakan bagian dari gugusan pegunungan kapur yang terletak di bagian utara terhampar luas sepanjang 3 Km mulai dari Desa Sekapuk lalu Desa Cangaan hingga ke Kecamatan Panceng. Namun dari sederet lokasi pegunungan tersebut, hanyalah pada Desa Sekapuk yang memiliki bentuk lokasi bekas tambang yang menawan, oleh karena itu banyak orang yang saat ini sengaja datang ke Gresik hanya untuk mengunjungi tempat eksotis ini. 

Baca Juga :   Pantai Mirota Balerang Batam, Tiket Masuk [year] & Letak Lokasi + Fasilitas

Sejarah Bukit Kapur Sekapuk Jadi Tempat Wisata

Pemandangan Bukit Kapur Sekapuk Gresik
Pemandangan Bukit Kapur Sekapuk Gresik | Foto by Wanda Fathoni Putra

Perlu kamu ketahui sebagai tambahan wawasan, nama Bukit Kapur Sekapuk SETIGI Jawa Timur diambil dari nama sebuah desa tempat lokasi gunung kapur ini yang sudah sejak 1950 dijadikan sebagai lokasi eksplorasi sumber daya batu kapur. Awalnya aktivitas penambangan ini dilakukan para warga sekitar dengan cara liar tanpa mengantongi ijin apapun, namun pengawasan para warga tersebut kini langsung dikelola oleh sebuah perusahaan.

Seperti pada pembahasan di awal yang menyatakan bahwasanya nama Bukit Kapur Sekapuk Gresik mulai terkenal semenjak banyak foto yang beredar di beberapa media sosial yang menampilkan bentuk serta suasana yang berbeda dengan lokasi pertambangan batu kapur pada umumnya.

Dimana pada foto-foto tersebut memperlihatkan bentuk tambang batu kapur yang memiliki beberapa rongga-rongga unik di sepanjang kawasan ini, kemudian terdapat pula beberapa tebing yang berbentuk layaknya sebuah pilar dengan ukuran yang besar. Sungguh mengagumkan bukan? Layaknya pada bangunan khas ala romawi, dimana saat berada di kawasan ini imajinasi kamu akan di bawa seakan sedang berada di jaman kuno.

Wisata SETIGI ada dimana?

Wisata Alam Bukit Kapur Sekapuk Gresik
Wisata Alam Bukit Kapur Sekapuk Gresik | Foto by Jauhar Jauhari

Lokasi Bukit Kapur Sekapuk terletak di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah atau tepatnya sekitar 16.7 Km dari Bukit Jamur. Sehingga bila kamu datang berkunjung ke lokasi Bukit Jamur, sangat sayang jikalau tak berkunjung juga ke Bukit Kapur Sekapuk. Kemudian untuk kamu yang ingin berkunjung ke lokasinya, kamu dapat mengikuti jalan menuju Bukit Kapur Sekapuk dengan rute sebagai berikut,

Dari Bukit Jamur

  • Arahkan kendaraan kamu kembali ke kota Bungah melalui Jl. Raya Sekapuk, lalu belok kiri menuju Jl. Raya Bungah/Jl. Tuban – Gresik.
  • Ikuti terus hingga Jl. Raya Pahlawan, lalu belok kiri di Lapangan Sepak Bola Sidayu (samping Alun alun Sidayu Kota) dan ikuti Jl. Raya Sekargadung – Sidomulyo/Jl. Pemuda/Jl. Tuban – Gresik.
  • Lurus terus hingga melewati Jl. Raya Deandles dan belok kanan ke arah Jl. Raya Sekapuk, lalu belok kiri di sebuah gang dengan gapura berwarna hijau, masuk sekitar 500 meter ke arah permukiman warga maka kamu akan tiba di Bukit Kapur Sekapuk.
Baca Juga :   Puncak Mas Lampung [year]: Tiket Masuk, Taman Instagramable dan Wahananya

Dari Kota Gresik

  • Arahkan kendaraan kamu mengikuti jalur menuju Pantai Delegan/Wisata Bahari Lamongan (WBL) dari titik ini hanyal tinggal berjarak sekitar 8 Km lagi untuk sampai di Bukit Kapur Sekapuk.
  • Ikuti terus jalan tersebut hingga masuk Kecamatan Ujungpangkah hingga menemukan sebuah pertigaan dan gapura Desa Sekapuk disisi sebelah kanan jalan. Ikuti jalan tersebut sekitar 500 meter maka kamu akan tiba di Bukit Kapur Sekapuk disisi kiri jalan.

Dikarenakan Bukit Kapur Sekapuk notabene merupakan lokasi tambang yang masih aktif sama seperti pada Bukit Jamur, jika kamu ingin berkunjung lebih baik disarankan datang pada hari minggu. Mengapa demikian? pasalnya jika kamu datang pada hari kerja, maka otomatis kamu akan dilarang oleh pihak keamanan untuk masuk kawasan ini, dengan alasan dapat mengganggu aktivitas penambangan serta dapat berbahaya bagi keselamatan kamu mengingat akan banyak kendaraan berat serta truk-truk yang lalu-lalang.

Tiket Masuk Bukit Kapur Sekapuk

Tiket masuk untuk memasuki kawasan bukit kapur sekapuk ini pada hari biasa sebesar Rp 20.000 dan pada weekend akan dikenakan biaya Rp 30.000 per orang. Untuk parkirnya sendiri Rp 5.000 per motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Tiketnya cukup terjangkau bukan.

Meskipun jarak yang tak terlalu jauh dengan Bukit Jamur Gresik namun pada kedua wisata bukit kapur Gresik ini, namun jangan salah sebenarnya terdapat perbedaan antara keduanya. Berikut adalah perbedaan karakteristik antara Bukit Jamur dan Bukit Sekapuk yang perlu kamu ketahui,

  1. Perbedaan pada warna batu kapur, dimana pada Bukit Jamur memiliki warna kapur kecoklatan, sedangkan di Bukit Sekapuk memiliki warna putih.
  2. Dari bentuk bekas tambang batu kapur, khusus di Bukit Jamur umumnya bekas galian tersebut memiliki bentuk vertikal yang tak memiliki bentuk serta ukuran yang jelas. Kemudian bila di Bukit Sekapuk sama-sama memiliki bentuk galian vertikal namun dengan bentuk sebuah balok atau persegi panjang dengan berbagai ukuran.
  3. Perihal dari kekuatan batu kapurnya, secara umum biasanya batu kapur di Bukit Sekapuk lebih memiliki kekuatan sehingga cocok digunakan sebagai dasar pondasi atau tembok bangunan.
  4. Suasananya, dimana pada Bukit Sekapuk kamu dapat berlindung dari panasnya sengatan matahari dengan cara berteduh di banyak lokasi lubang-lubang penambangan. 
Baca Juga :   Tempat Wisata Alam Hits di Lumajang

Pesona Bukit Kapur Sekapuk

Pesona Keindahan Bukit Kapur Sekapuk Gresik
Pesona Keindahan Bukit Kapur Sekapuk Gresik | Foto by joe achmad chanel

Puaskan rasa penasaran kamu dengan berkeliling kawasan Bukit Kapur Desa Sekapuk Gresik, berfoto adalah hal wajib yang dilakukan. Memiliki bentuk bukit yang tak biasa yaitu berupa dinding-dinding bukit yang penuh dengan lubang menyerupai layaknya sebuah goa dengan ukuran yang sangat besar, bahkan pada hari kerja banyak truk-truk pengangkut batu kapur yang masuk ke dalam goa tersebut.

Keunikan lainnya ialah goa atau lubang-lubang tersebut berbentuk seperti sebuah balok-balok yang tersusun rapih sehingga bentuknya begitu tertata, terpikir dengan bentuk sebuah mainan anak-anak yaitu “Lego” yang terbentuk dari batu kapur putih, ya mungkin itulah sebuah perumpamaan yang dapat menggambarkan suasananya.

Perlu kamu ketahui, bahwasanya semua bentuk itu dibuat tanpa menggunakan sebuah mesin, yakni hanya mengandalkan sebuah gergaji mesin dan dipahat agar memiliki bentuk yang sesuai dengan keinginan. Dapat terbayang bukan butuh berapa lama pengerjaannya?

Itulah beberapa potensi yang sangat jelas, mengapa begitu menariknya Bukit Kapur Sekapuk untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata alam Gresik terbaik yang wajib dikunjungi. Terpukau akan pesonanya, maka tak heran jikalau saat ini begitu banyak orang yang datang berkunjung ke tempat tambang batu kapur di Gresik ini. Jika memang kamu mempunyai kesempatan untuk datang melancong ke kota Semen ini, maka masukkan lah namanya sebagai salah satu destinasi wajib untuk kelak dapat kamu kunjungi.

*Tips 

  • Tak perlu khawatir kesulitan untuk menemukan lokasi Bukit Kapur Sekapuk, pasalnya jika kamu bingung kamu cukup tanyakan saja lokasi Bukit Kapur di Desa Sekapuk pada warga sekitar. Dikarenakan lokasi ini cukup terkenal dan sudah ada sejak lama, maka sudah pasti para warga sekitar sudah mengenalnya.
  • Hati-hati dengan kondisi jalan menuju Bukit Kapur Sekapuk, dikarenakan memang jalurnya juga dilewati oleh truk-truk dengan muatan berat batu kapur maka sudah dapat dipastikan jalurnya tak akan mulus. 
  • Meskipun di lokasinya banyak terdapat lubang/goa-goa penambangan yang dapat kamu gunakan untuk berteduh dari panas matahari, akan tetapi ada baiknya juga kamu membawa topi atau pelindung kepala lainnya, kacamata hitam dan sunblock bila berkunjung.
  • Tetap waspada mengingat ini adalah lokasi tambang dan bukan tempat wisata yang sudah dijamin akan kenyamanan dan keselamatannya. Oleh karena itu tetap berhati-hati selama berada dilokasinya.
  • Sebelum masuk, lebih baik kamu meminta ijin terlebih dahulu pada pihak keamanan.
  • Dikarenakan lokasinya yang tak terdapat fasilitas warung makan, maka bawalah bahan logistik seperti makanan ringan atau yang terpenting adalah air mineral untuk mencegah dehidrasi akibat suhu panas terik matahari. 
Baca Juga :   Taman Potret Tangerang Sejuk dan Taman Instagramable

Kamu dapat juga membaca tentang 35 Tempat Wisata Di Jember Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Bukit Kapur Sekapuk SETIGI atau Gunung Sekapuk jadi tempat wisata di Gresik terbaik. Terima kasih telah berkunjung ke TempatWisata.id, semoga segala informasi yang tersaji dapat diterima dan menambah wawasan bagi kamu atau para pembaca budiman lainnya tentang beberapa info Objek Tempat Wisata Di Indonesia.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

/ 5.