Bukit Pergasingan Sembalun Lombok, HTM Juli 2021 Ketinggian dan Jalur Menuju Wisata

Indahnya Pemandangan Bukit Pergasingan by Gmap
Indahnya Pemandangan Bukit Pergasingan by Gmap
0
(0)

Alamat: Bukit Pergasingan, Sembalun Lawang, Sembalun, East Lombok Regency, West Nusa Tenggara, Indonesia 83656
Google Maps: Klik Disini
Harga Tiket Masuk (HTM):  Rp 15.000
Jam Buka: Setiap Hari, 24 Jam
Nomor Telepon: 

Lombok Timur merupakan salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sangat terkenal. Sudah menjadi sejarah traveling jika Lombok adalah destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Lombok memiliki keindahan alam luar biasa. Ada Gunung Rinjani, yang menjadi gunung impian para pendaki. Ada pula pantai dengan pasir putih dan air biru jernih. Tak hanya itu, di Lombok pun terdapat beberapa desa wisata amat cantik dan kaya akan pemandangan indah.

Keindahan Bukit Pergasingan by Gmap
Keindahan Bukit Pergasingan by Gmap

Sebut saja Sembalun, salah satu desa di Kabupaten Lombok Timur. Karena keindahan dan keramahan penduduknya, banyak ulasan di website Tripadvisor mengatakan bahwa desa ini adalah desa yang indah. Dan yang lebih indah lagi, di sini terdapat puncak bak negeri di atas awan, yaitu Bukit Pergasingan.

Indahnya Panorama di Bukit Pergasingan Lombok NTB

Ngecamp di Bukit Pergasingan by Gmap
Ngecamp di Bukit Pergasingan by Gmap

Selama ini, mendaki di Pulau Nusa Tenggara Barat identik dengan Gunung Rinjani. Tak heran, karena gunung tersebut termasuk dalam jajaran gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.126 mdpl.

Padahal, Lombok Timur, tepatnya di Desa Sembalun Lawang, terdapat sebuah bukit indah yang sangat cocok untuk kegiatan hiking. Bukit ini adalah Bukit Pergasingan, dengan ketinggian 1.670 mdpl, tentu bukan masalah berat ketika mendaki, hanya setengah dari ketinggian Gunung Rinjani.

Bukit Pergasingan juga bukanlah bukit tertinggi di Desa Sembalun. Ada bukit lain yang lebih tinggi, yaitu Nanggi, height 2.300 above the sea level. Namun, belakangan Bukit Pergasingan menjadi favorit para traveler untuk melakukan hike and climbing track.

Objek wisata ini cocok bagi Anda yang ingin melakukan pemanasan sebelum mendaki ke Gunung Rinjani. Atau bagi Anda yang ingin mendaki, tapi tidak kuat terlalu tinggi.

Baca juga Pantai Surga Lombok Timur NTB, HTM, Rute, Jam Buka dan Keindahan

Desa Sembalun sendiri berada di ketinggian 1.100 mdpl, jadi hanya kurang lebih treking sepanjang 600 meter. Hanya membutuhkan waktu 1 sampai 2 jam untuk sampai ke puncaknya. Jadi, tidak terlalu lama, bahkan tidak sampai sehari.

Dari puncak, Anda dapat menyaksikan pemandangan yang sangat memukau. Petakan sawah yang begitu rapi, dengan pantulan air yang menggenangi sawah, terlihat bagaikan pecahan kaca yang berjajar, bercampur dengan warna hijau dari tiap petakan sawah yang lain, dan campuran warna lain hingga menghasilkan petakan berwarna – warni.

Jika Anda memandang lurus, maka Anda akan melihat Gunung Rinjani yang berdiri gagah di depan. Tekstur gunung dan vegetasi mulai terlihat hijau dari Bukit Pergasingan. Ditambah lagi, rumah penduduk yang berjajar rapi dan tenang.

Seolah tengah melihat desa impian dari atas awan. Sungguh suatu pemandangan yang tiada tara indahnya.

Di puncak, menjadi spot untuk melihat sunrise dengan sangat indah. Apalagi jika fajar, awan masih terlihat, ketika berada di puncak, seolah sedang berpijak pada negeri di atas awan. Dengan suhu 17 derajat celcius, tentu bukan halangan untuk melakukan pendakian ke sini.

Beberapa yang datang bukan hanya traveler, tapi juga para fotografer yang sengaja mengabadikan gambar dan foto keindahan Bukit Pergasingan dari puncak. Mulai dari sebelum terbit, di mana hanya pancaran yang terlihat, hingga matahari menampakkan wujudnya.

Aktivitas di Bukit Pergasingan

Pemandangan di Bukit Pergasingan by Gmap
Pemandangan di Bukit Pergasingan by Gmap

Highlight dari wisata ini adalah menikmati pemandangan sambil melakukan camping di puncak. Objek wisata ini sudah terbukti ramah untuk kegiatan camping. Tidak sedikit para pendaki yang juga sengaja mendirikan tenda camping di puncak.

Tujuan utama dari melakukan camping adalah untuk mendapatkan pemandangan sunrise. Tentu tidak ingin terlewat pemandangan yang indah ini, bukan?

Anda bisa membawa tenda sendiri dari rumah. Jika tidak memiliki tenda, Anda bisa menyewa di Desa Sembalun. Jika dirasa tidak kuat membawa peralatan camping, bisa menyewa porter.

Selain camping dan berfoto, di sini juga tersedia paralayang dan downhill. Bukit pergasingan menjadi titik terjun paralayang yang sangat seru.

Untuk menuju Bukit Pergasingan, perjalanan dari Kota Mataram kurang lebih 3 jam dengan kendaraan pribadi, naik motor ataupun mobil. Sebaiknya memang menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada kendaraan umum menuju objek wisata ini.

Jalan menuju Desa Sembalun sudah rata, semua aspal dan baik. Jadi, tidak ada masalah dalam perjalanan menuju lokasi. Di Desa Sembalun, kendaraan diparkirkan di Sekretariat Pemuda Sembalun yang bernama CDC.

Setelah itu, perjalanan dilanjut dengan trekking ke puncak. Meski sifatnya soft trekking dengan kemiringan 70 derajat, namun harus tetap berhati – hati. Dalam perjalanan ini, Anda juga dapat menikmati keindahan alam Sembalun yang begitu menawan.

Jika Anda tidak ingin repot dalam hal transportasi dan akomodasi, Anda bisa menggunakan jasa paket tour. Saat ini, sudah banyak agen wisata yang membuka jasa trip ke Bukit Pergasingan.

Tips Mendaki di Bukit Pergasingan

Berkemah di Bukit Pergasingan by Gmap
Berkemah di Bukit Pergasingan by Gmap

Meskipun pendakian tidak panjang, tapi pastikan mengenakan perlengkapan mendaki yang memadai. Jangan lupa juga untuk mengenakan jaket tebal karena di atas sangat dingin, apalagi ketika musim kemarau.

Meskipun dingin, mendaki di musim kemarau sangat disarankan. Hal ini dikarenakan pemandangan di musim kemarau lebih indah daripada musim hujan. Terutama ketika cuaca cerah, pemandangan yang didapatkan akan lebih indah dan tidak repot peralatan basah karena hujan.

Dan terpenting, jangan mengotori lingkungan. Buanglah sampah pada tempatnya dan jangan merusak alam.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0