Candi Ratu Boko Jogja: Tiket Masuk 2021 dan Asal Usul

Sunset di Candi Ratu Boko by @rickyart photoworks.
Sunset di Candi Ratu Boko by @rickyart photoworks.
0
(0)

Lokasi: Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 40.000/Orang
Buka/Tutup: 06.00 – 17.00 WIB
No Telepon: –

Masuknya agama Hindu dan Budha ke Indonesia semakin menambah daftar panjang betapa kayanya negeri ini.

Masuknya agama tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya jejak peninggalan kerajaan masa lalu berupa candi-candi di Yogyakarta yang dapat dinikmati hingga kini.

Sebut saja Candi Borobudur Magelang, Candi Prambanan, Candi Arjuna Dieng, Candi Ijo Sleman, Gedong Songo Temple, Candi Sambisari dan banyak lainnya. Candi merupakan warisan cagar budaya yang telah diatur dalam undang-undang.

Selain kedua Candi tersebut Candi Ratu Boko juga menjadi objek wisata yang memiliki banyak penggemar. Nama lain dari Candi Ratu Boko adalah Istana Ratu Boko.

Candi Ratu Boko by Gmap.
Candi Ratu Boko by Gmap.

Tempat wisata yang hits sekali di Kota Gudeg ini menjadi salah satu tujuan wisatawan tidak hanya lokal namun juga internasional terutama saat weekend atau hari libur. Wisatawan yang datang kesini banyak sekali per harinya.

Anda akan terpesona dengan hanya melihat image atau gambar keindahannya di internet atau instagram bahkan video youtube juga ada.

Namun sebelum memutuskan kesini, info review Candi Ratu Boko berikut akan memudahkan Anda mengetahui secara detail lokasi, htm, asal usul, aktivitas menarik disana, sejarah terbentuknya, history, mitos, filosofi, dan tentu rute jalan.

Candi Ratu Boko

Bentuk Candi Ratu Boko by Gmap.
Bentuk Candi Ratu Boko by Gmap.

Siapa yang sudah nonton film AADC 2 atau Ada Apa Dengan Cinta 2? Selepas nonton film yang bikin baper ini sejumlah penonton penasaran set lokasi yang mereka ambil karena hampir kebanyakan di Kota Jogja.

Salah satu set yang mencuri perhatian adalah kompleks Candi Ratu Boko. Tempat wisata sejarah ini memang terkenal dengan spot menikmati sunset terbaik di Jogja namun karena film tersebut kepopulerannya meningkat drastis.

Sekarang saat pagi hari dan sore atau menjelang malam hari, wisatawan semakin banyak karena ingin mengabadikan fenomena alam tersebut.

Anda bisa melihat banyak sekali di instagram photos keindahan view sunset maupun sunrise disini dengan caption, quotes dan location yang menunjukkan keberadaan mereka menikmati suasana di Istana Ratu Boko.

Katanya jika ingin menikmati keindahan sunset terbaik adalah saat bulan Agustus. Di bulan inilah wisatawan banyak sekali yang datang.

Candi Ratu Boko atau Baka merupakan situs purbakala berupa area dengan reruntuhan bangunan menyerupai candi yang letaknya sekitar 3 kilometer di sisi selatan dari kompleks Candi Prambanan.

Jika dari pusat Kota Yogyakarta, daerah ini adalah sebelah timur dengan jarak tempuh 18 kilometer. Jika dari Kota Surakarta, Jawa Tengah, letak komplek tersebut berada di 50 kilometer barat daya.

Candi Ratu Boko bercorak apa? Coraknya Hinduisme dan Budhisme dan merupakan peninggalan kerajaan mataram kuno.

Gerbang pintu masuk ke kawasan keraton ada di sebelah barat terdiri dari gerbang luar dan gerbang dalam. Gerbang dalam adalah gerbang utama dengan ukuran lebih besar daripada gerbang luar.

Terdapat bekas bangunan bernama Candi Batukapur dan pembokoran namun keduanya hanya tinggal pondasi saja, bangunan bagian atas sudah hilang. Menurut penelitian bagian atas berbahan kayu sehingga secara geologi menjadi lapuk termakan usia.

Sebagian mengatakan jika kawasan candi mengandung aroma mistis dan angker. Beberapa mengatakan pernah melihat penampakan di area sekitar.

Beberapa pengunjung ada yang melakukan ritual bertapa pada malam hari hingga pagi sembari membakar dupa.

Alamat

Candi Ratu Boko terletak dimana? Secara geografis, letaknya ada di atas bukit dengan ketinggian 196 meter dari permukaan air laut. Total keseluruhan luas area candi sekitar 25 hektar.

Candi Ratu Boko is located in Dusun Samberwatu (Desa Sambirejo) dan Dusun Dawung (Desa Bokoharjo), Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Sejarah

Halaman Candi Ratu Boko by Gmap.
Halaman Candi Ratu Boko by Gmap.

Sekilas tentang sejarah candi ratu boko, situs yang juga peninggalan kerajaan mataram kuno ini bermula dari seorang belanda bernama H.J. De Graff.

Pada abad 17, H.J. De Graff menulis jika orang-orang Eropa yang pergi ke Pulau Jawa memberitahukan jika ada peninggalan purbakala dan menjelaskannya jika peninggalan tersebut berupa runtuhan bangunan istana di Bokoharjo.

Melihat kisah sejarah pada kerajaan Mataram kuno abad ke VIII, Ratu Boko sudah dipakai oleh dinasti Syailendra atau Rakai Panangkaran sebelum masa kerajaan Borobudur yang pendirinya adalah raja Samaratungga serta Rakai Pikatan atau pendiri Prambanan.

Misteri cerita lainnya tentang Prabu Boko menjadi berkembang sebagai cerita rakyat kuno tanah Jawa juga menyebutkan telah ditemukannya reruntuhan bangunan istana pada jaman masuknya Hindu persis di tempat yang dicatat orang Belanda tersebut.

Fakta situs ini dahulu memiliki fungsi sebagai keraton turut diperkuat dengan sejumlah versi pada sastra kuno seperti Bharatayudha, Kresnayana, Bhomakawya, dan Ghatotkacasraya.

Selain itu, disini juga ditemukan benda-benda arkeologi seperti selembar lempengan plat surat emas pada tahun 1940an.

Buka Jam Berapa

Jam buka operasional Candi Ratu Boko adalah 06.00 hingga 17.00 WIB. Nomor telepon: +62-274-496510/ Fax: +62-274-498325.

Harga Tiket Masuk 2021

Entrance fee atau biaya retribusi untuk bisa masuk kesini adalah sebesar Rp. 40.000,00 untuk dewasa dan anak-anak (3 – 10 tahun) sebesar Rp. 20.000.

Ada paket hemat jika anda membeli tiket terusan ke Candi Prambanan atau Candi Borobudur yaitu hanya sebesar Rp. 75.000 untuk dewasa dan Rp. 35.000 untuk anak (3 – 10 tahun).

Sedangkan tarif uang parkir kendaraan roda dua adalah Rp.5.000 dan roda empat sebesar Rp.10.000. Jangan lupa, candi hanya operasi dari jam 6 pagi sampai 5 sore.

Ratu Boko Atau Balqis?

Kawasan Candi Ratu Boko by @khaerusholeh.
Kawasan Candi Ratu Boko by @khaerusholeh.

Belakangan ini terdapat sebuah penemuan sejarah mutakhir yang cukup mengagetkan yaitu tentang keterkaitan Ratu Balqis dengan Kraton Boko Jogja.

Jadi dalam kisah pewayangan, Ratu Boko itu merupakan nama yang didapat dari legenda masyarakat yaitu adalah nama ayah dari Rara Jonggrang.

Sedangkan Ratu Balqis jika dalam kitab suci umat islam alqur’an adalah Ratu dari Negeri Saba’ pada masa Nabi Sulaiman a.s. Candi Borobudur dan Candi Ratu Boko merupakan peninggalan masa kejayaan Nabi Sulaiman.

Pernyataan ini didukung oleh relief di Candi Borobudur yang menceritakan secara terperinci apa yang juga dikisahkan di alqur’an tentang cerita zaman Nabi Sulaeman.

Seorang pakar matematika muslim bernama Fahmi Basya menganalisa jika Candi Ratu Boko adalah istananya Ratu Bilqis atau populer dengan Ratu Saba. Namun pernyataan ini masih simpang siur sebagian mempercayai dan sebagian menentangnya.

Fasilitas Pendukung

Tersedia mobil antar jemput dari Prambanan – Istana Ratu Boko atau sebaliknya. Selain itu terdapat area parkir luas, toilet, tempat makan, dan camping ground.

Selain itu juga tersedia penginapan, cafe dan restoran dekat lokasi untuk Anda yang ingin dinner romantis seperti di Boko Sunset Resto, Abhayagiri Restaurant, dan lainnya.

Obyek wisata ini juga menjadi tempat untuk foto prewedding karena mempunyai spot-spot eksotis seperti area gapura dan reruntuhan bangunan sehingga gambar yang dihasilkan sangat keren.

Untuk pasangan yang ingin melangsungkan wedding bisa dicoba. Disamping itu, festival tahunan yang diadakan pengelola disini juga menyedot banyak sekali wisatawan.

Tak jauh dari kompleks Keraton ratu Boko juga ada petunjuk menuju tempat wisata gua dan cave.

Baca Juga Hotel dekat Borobudur

Rute Jalan

Cara kesini cukup mudah dapat dijangkau dengan kendaraan umum, pribadi, maupun paket wisata baik naik motor atau roda empat.

Jarak tempuh kesini dari pusat kota Jogja sekitar 30 menit dan dari Klaten sekitar 45 menit. Pertama arahkan kemudi ke Jalan Jogja – Solo. Jika dari arah Bandar Udara Internasional Adisutjipto atau Solo bisa memutar mengambil rute Jalan Raya Piyungan.

Ikuti saja jalan terus hingga melihat petunjuk lokasi ke Candi Ratu Boko yang menyuruh berbelok ke kiri. Dari sini sekitar 10 menitan lagi sudah sampai.

Untuk wisatawan yang menggunakan transportasi umum jika dari Stasiun Tugu adalah jalan kaki ke arah halte Trans Jogja Malioboro 1 dna naik bus dengan jurusan Prambanan atau rute 1A.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek sekitar Rp. 20 ribuan karena tidak tersedianya angkutan umum untuk kesana. Ada juga alternatif pintu masuk lewat belakang. Peta google maps tinggal klik saja dibagian atas artikel.

Beberapa blog dan website untuk melengkapi informasi tentang Candi Ratu Boko dalam Indonesia ataupun Inggris atau untuk laporan, observasi, pdf adalah di wiki, yogyes, brainly,

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0