Tarif Coba Cave Tubing di Goa Kalisuci, Yogyakarta 2022

Kalisuci Cave Tubing
Kalisuci Cave Tubing
0
(0)

Lokasi: Pantai pok tunggal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
MAP: Klik Disini
Tarif: Rp. 80.000 / orang
Jam Operasional: Setiap Hari (08.00 – 16.00)
Nomor Telepon:

Wisata menyusuri goa itu sudah biasa karena negeri ini sangat kaya dengan goa-goa indah. Mulai dari yang sudah populer dan dikelola dengan baik, hingga goa yang belum terjamah. Yang tidak biasa itu, saat kamu menyusuri goa sambil body rafting di sungai berarus bawah tanah. Dua kegiatan yang dijadikan sepaket wisata inilah yang terkenal dengan nama ‘Cave Tubing’.

Sebuah wisata adrenalin yang menguji nyali dan tak jarang bikin ketagihan. Kamu yang suka tantangan wajib coba Caving Tubing terbaik di Indonesia dan hanya ada di Yogyakarta, Tepatnya di Goa Kalisuci, Gunung Kidul yang sudah diakui dunia.

Kenapa Goa Kalisuci, Yogyakarta disebut Lokasi Cave Tubing Terbaik Indonesia?

Keindahan Kalisuci Cave Tubing
Keindahan Kalisuci Cave Tubing

Untuk menjawab pertanyaa itu, berikut sejumlah fakta menarik seputar destinasi wisata ini. Banyak alasan buat kamu untuk mencoba cave tubing ala Goa Kalisuci, di antaranya:

  • International Union of Speleology mengusulkan agar kawasan karst Gunung Sewu masuk ke dalam salah satu warisan alam dunia (1993). Goa Kalisuci sendiri merupakan bagian dari Gunung Sewu yang membentang di 3 Kabupaten. Yakni Gunung Kidul (DIY), Pacitan (Jawa Timur) dan Wonogiri (Jawa Tengah). Kemudian di 2004, presiden SBY mencanangkan daerah ini menjadi kawasan eko karst.
  • Disebut kalisuci karena air yang mengalir di sungai berarus ini selalu jernih di musim apapun. Variasi lebarnya mulai 5 – 10 meter dan aliran air yang melewati gua bermuara di laut selatan.
  • Cave Tubing di Kalisuci bisa menyusuri 5 goa sekaligus. Yakni Goa Suci, Goa Gelung, Goa Glatikan, Goa Brubug dan Goa Buri Omah. Karena terbentuk dari pegunungan karst, kamu bisa melihat stalaktit dan stalakmit yang indah. Ornamen alami dan ekosistem di dalamnya bisa memanjakan mata, sambil seru-seruan rafting. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk mengeksplore Goa Kalisuci, Yogykarta.
  • Keunikan sungai bawah tanah di Goa Kalisuci termasuk 3 terbaik di dunia, setelah Meksiko dan New Zealand. Inilah kenapa cave tubing di sini begitu terkenal.
  • Bertemu dengan hewan liar dan mistis. Kamu bukan hanya menikmati panorama alam menakjubkan karena perpaduan pepohonan rimbun, sungai dan tanah. Saat memasuki dalam goa, kamu akan dibawa lebih dekat dengan kelelawar, laba-laba besar yang menempel di stalakmit, arus sungai yang berubah-ubah, ikan besar berenang di bawah kaki dan masih banyak lagi. Kondisi goa yang gelap, dingin dan hanya bermodalkan senter di kepala membuat suasana makin berkesan.
  • Memiliki jeram bergrade rendah sehingga sangat cocok bagi penjelajah pemula untuk berlatih. Kedalaman sungai hanya sekitar 3 meter dan kamu bisa berenang atau melompat dari tebing tinggi. Mereka yang hobi caving dan rafting menjadikan Goa Kalisuci sebagai destinasi wajib. Tempat ini juga sering digunakan sebagai wisata pendidikan untuk mempelajari speologi, speleogenesis dan morfologi.

Baca juga Pantai Krakal Jogja 2022 : Pesona Tersembunyi Dan Tiket Masuk

Akses ke Goa Kalisuci, Daerah Istimewa Yogyakarta

Ramainya Kalisuci Cave Tubing
Ramainya Kalisuci Cave Tubing

Wisata adrenalin yang seru ini terletak di Dusun Jetis, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk bisa kesana disarankan memakai kendaraan pribadi atau menyewa di rental mobil. Ini karena sulitnya mendapatkan transportasi umum yang melewati rute perjalanan ke lokasi wisata.

Kamu bisa melewati rute Jogja – Wonosari, Semanu – Goa Kalisuci. Jarak dari Wonosari ke Goa Kalisuci sekitar 10 km. Total lama perjalanan dari Jogja kurang lebih sekitar 90 menit. Lokasi wisata mudah ditemukan dan kondisi jalan cukup baik untuk berkendara.

Namun, bila kamu memang ingin mencoba menggunakan transportasi umum bisa menaiki bus dari Terminal Giwangan. Lalu turun di simpang lima wonosari dan mencari angkutan menuju Semanu. Dari sana kamu bisa jalan kaki atau mencari jasa ojek menuju Goa Kalisuci, Jogjakarta.

Simak juga tentang 23 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib DiKunjungi Waktu Liburan ke Jogja.

Tarif Cave Tubing di Goa Kalisuci

Pengunjung Kalisuci Cave Tubing
Pengunjung Kalisuci Cave Tubing

Tarif yang dipatok pihak pengelola umumnya terus naik. Terbaru per orang dikenakan biaya sekitar Rp 80 ribu (harga sewatu-waktu bisa berubah). Itu sudah termasuk biaya untuk menyewa ban dalam, jasa pemandu, asuransi dan perlengkapan cave tubing. Misalnya pelampung, helm, pelindung lutut dan sebagainya.

Dengan membayar besaran tersebut biasanya sudah termasuk satu porsi mie instan bakso dan teh hangat. Sementara jumlah pemandu yang ikut ada 3 orang per kelompok. Satu kelompok minimal 5 orang. Guide menjaga wisatawan dari depan, belakang dan satu bertugas mengabadikan momen, bila kamu punya kamera. Wisata alam yang memberikan privasi, kepuasan dan murah meriah.

Baca juga tentang Rekomendasi 7 Pantai Di Gunungkidul Terbaik Dan Terbaru Untuk Liburan.

Fasilitas dan Akomodasi

Belum banyak fasilitas memadai di sekitar lokasi wisata karena letaknya di pedalaman. Namun kamu masih mudah menemukan tempat parkir, toilet, tempat ibadah, warung atau rumah makan. Sementara untuk akomodasi, biasnaya turis akan memilih penginapan di kota Jogja dan sekitarnya. Ini karena jarak tempuh yang relatif dekat dan waktu berwisata yang tak terlalu lama.

Bila kamu mengikuti paket tour murah dari agen travel, biasanya dalam sehari akan mengunjungi sejumlah destinasi terdekat sekaligus. Misalnya Goa kalisuci dan Pantai Indrayanti. Bila kamu nggak ingin ribet bisa ikutan paket tour murah. Agen travel umumnya memberikan fasilitas kendaraan, tiket masuk, perlengkapan, makan, minum dan biaya operasional lain. Untuk harga relatif mulai ratusan ribu rupiah.

Tips dan Informasi Tambahan

  • Jangan lupa membawa baju ganti dan disarankan tidak menggunakan jeans karena berat. Pakai alas kaki anti selip dan bawalah kamera anti air.
  • Saat musim liburan atau high season lebih baik booking tempat terlebih dahulu. Pengelola membatasi jumlah pengunjung dalam sehari.
  • Cave tubing di Goa Kalisuci Jogjakarta ditutup saat curah hujan tinggi. Ini karena kondisi alam tak menentu dan lokasi wisata cukup berbahaya.

Peta Lokasi Goa Kalisuci

Video Perjalanan dan Kalisuci Tubing Cave

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0