Coban Rais Malang Tiket Masuk Juli 2021, Lokasi dan Rute Perjalanan

Wisata di Coban Rais by @ghoanbbot66
Wisata di Coban Rais by @ghoanbbot66
0
(0)

Lokasi: Jalur Lkr. Bar. No.8, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 10.000/Orang
Buka/Tutup: 07.00 – 15.00 WIB
No Telepon: –

Air Terjun Coban Rais Malang atau wisata Coban Rais Batu merupakan salah satu tempat wisata baru di Malang Batu yang menjadi bukti jikalau ternyata Kota Malang belum mengenal kata habis perihal potensi wisatanya. Seperti yang telah kita ketahui bersama bilamana kota ini memang sudah terkenal dengan pesona bentang alamnya yang begitu indah, di mana kini terdapat Coban Rais Malang yang dapat menjadi alternatif bagi kamu yang ingin liburan ke Malang.

Memiliki bentang alam yang terbilang cukup lengkap terdiri dari pantai, pegunungan hingga lembah membuat Malang begitu spesial, akan tetapi untuk menjadi kota wisata bertaraf internasional masih perlu adanya dorongan dari berbagai pihak untuk serius mengelola berbagai tempat wisata Malang. Sebagai contohnya dari sekian banyak air terjun di Batu, baru hanya beberapa lokasi saja yang digarap secara serius seperti contohnya Coban Rais Malang Kota Batu. 

Wisata di Coban Rais Batu

Seperti yang telah kita ketahui bersama jikalau sebenarnya masih terdapat banyak air terjun di Malang terindah yang terdapat di wisata Kota Batu, dari beberapa lokasi air terjun tersebut bisa menjadi alternatif destinasi bila kamu ingin wisata ke Malang. Di mana dalam beberapa kesempatan lalu saya juga telah mengulas tentang Coban Rondo dan Coban Talun yang sudah terkenal lebih dulu dibandingkan lainnya.

Mengacu akan kebutuhan informasi terkait tempat wisata terbaru di Malang,  maka kali ini dalam konten artikel Tempat Wisata akan mereview tiba perihal Kawasan Wisata Coban Rais. Semoga segala informasi yang nanti akan disampaikan dapat menjadi sumber inspirasi bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian.

Wisata di Coban Rais by @ghoanbbot66
Wisata di Coban Rais by @ghoanbbot66

Sebenarnya air terjun ini bukan berarti baru-baru ini ditemukan, di mana sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat Kota Batu. Namun karena pembangunan infrastruktur dan wahana wisata yang baru diresmikan pada Desember 2016 lalu yang langsung menjadi hits di Malang, maka kawasan wisata Coban Rais Malang barulah mulai dikenal oleh khalayak luas.  

Sejarah Coban Rais

Sebelum lanjut, taukah kamu tentang asal usul sejarah Coban Rais? kata “Condo” dalam bahasa Jawa merupakan sebuah sebutan bagi Air Terjun, khususnya bagi kebanyakan masyarakat Jawa Timur. Dahulu air terjun ini dikenal dengan nama Condo Sabrangan yang memiliki makna untuk menuju coban ini harus menyeberang 14 sungai dulu. Dari asal usul penamaan tersebut, maka sudah dapat dibanyangkan bukan perjuangan untuk menuju lokasi air terjun ini.

Lantas apa keistimewaan dari Coban Rondo? Sebenarnya untuk air terjun setinggi 20 meter ini memang hampir bisa dikatakan tak ada bedanya dengan kebanyakan Air Terjun di Jawa Timur lainnya. Akan tetapi berkat segala sarana dan fasilitas pendukung yang sangat baik, maka memberikan nilai lebih bagi wisata Coban Rais Batu. 

Dilengkapi berbagai wahana permainan lainnya sehingga para pengunjung bukan hanya datang sekedar menikmati keindahaan air terjun saja tapi juga bisa berswafoto. Dengan adanya beberapa wahana tersebut, membuat lokasi ini menjadi salah satu spot foto di Malang terbaik.

Menurut penuturan pihak pengelola, mengacu pada fenomena baru di mana banyak orang kini gemar berfoto ria yang kemudian mengunggah foto tersebut di berbagai media sosial miliknya, membuat para pengelola berinisiatif untuk sengaja mendesain tempat ini menjadi lokasi untuk berfoto atau berselfie ria. 

Kemudian berkat usaha keras dari para pengelola maka kini kawasan wisata alam di Malang ini menjadi salah satu lokasi yang sangat instagramable. Di mana Coban Rais bukan hanya menjadi tempat romantis di Malang bagi para kalangan muda-mudi saja, ternyata tempat wisata di Batu Malang ini juga menjadi objek wisata keluarga yang menyenangkan, maka tak perlu heran jika hari libur tiba tempat ini akan ramai dikunjungi. 

Lokasi Coban Rais

Lantas di mana lokasi Coban Rais? terletak secara administratif di Dusun Dresel, Desa Ora Ora Ombo, Kota Batu yang berjarak sekitar 18.5 Km dari pusat Kota Malang dengan lama estimasi waktu perjalanan sekitar 60 menit. Bagi kamu yang ingin berkunjung, maka kamu dapat tiba dulu di Malang sebagai titik start awal lalu mengikuti petunjuk jalan ke Coban Rais berikut ini.

  • Pertama dari pusat Kota Malang, kamu dapat langsung menuju Kota Batu menggunakan jasa sewa kendaraan seperti motor / mobil. 
  • Setibanya di Kota Batu, kamu masih harus menempuh jarak sekitar 7 Km lagi dan ikuti saja marka petunjuk jalan menuju Desa Ora Ora Ombo dengan melewati Alun Alun Kota Batu terlebih dahulu.
  • Kemudian ambil arah Batu Night Spectacular (BNS) dengan melewati terlebih dahulu lokasi  Museum Angkut/Batu Secret Zoo/Jatim Park 2. 
  • Sebelum BNS terdapat sebuah pertigaan jalan yang terdapat Tugu Pancasila lalu belok kanan dan ikuti saja jalan tersebut menuju Dresel.
  • Disekitar Dusun Dresel, memang jalan agak sedikit membingungkan karena memang lokasi Coban Rais terbilang agak jauh dari jalan utama, sebagai patokan kamu dapat mencari lokasi Stasiun Batu TV, karena tepat berada disampingnya. Jika bingung kamu cukup tanyakan pada warga sekitar tentang lokasinya saja. 

Bagaimana jika ingin menggunakan angkutan umum? bagi kamu yang ingin wisata backpacker ke Coban Rais Malang dengan angkot, kamu dapat mengikuti petunjuk berikut.

  • Pertama kamu dapat menuju Terminal Landungsari, Malang
  • Kemudian kamu dapat mencari angkot BJL (angkot berwarna kuning) untuk menuju Batu, infokan pada supir untuk menurunkan kamu di pertigaan BNS dengan biaya sekitar Rp. 5.000/orang.
  • Setibanya dipertigaan tersebut, kamu dapat menggunakan ojek motor untuk menuju lokasinya.

Tambahan informasi juga tentang Wisata Malang Terbaik.

Tiket Masuk Coban Rais

Setibanya di loket, nantinya kamu diharuskan membayar tiket masuk Coban Rais terbaru update 2021 yakni sebagai berikut

Tiket Masuk   Rp. 10.000/orang

Parkir Motor  Rp. 2.500/unit

Parkir Mobil  Rp. 5.000/unit

Setelah memarkir kendaraan dilokasi yang telah disediakan, maka dari titik ini kamu diharuskan trekking berjalan kaki untuk berkeliling kawasan wisata ini. Kemudian keseruan apa saja yang ada di kawasan wisata ini? beragam aktifitas seru dapat kamu lakukan seperti berkunjung ke beberapa tempat menarik seperti ini

1. Coban Rais

Air Terjun Coban Rais by @dzulkarnains
Air Terjun Coban Rais by @dzulkarnains

Untuk menuju lokasi air terjun Coban Rais memang dibutuhkan sedikit perjuangan, mengapa begitu? pasalnya dari lokasi loket tempat parkir kamu masih diharuskan berjalan kaki sejauh 2 Km melewati  Bumi Perkemahan Coban Rais dan Batu Flower Garden. Dengan jarak tersebut maka air terjun ini menjadi atraksi yang jaraknya paling jauh di kawasan wisata ini, sehingga tak sedikit wisatawan yang datang harus mengurungkan niatnya untuk menikmati keindahan air terjun ini.

Meskipun jauh tapi tak ada salahnya bagi kamu yang gemar kegiatan outdoor dan petualangan untuk mencoba untuk menuju lokasinya. Mengingat suasana hutan yang lebat serta iklim yang sejuk, pastinya akan membuat perjalanan tak terasa. Ditambah suasana disekitar Coban Rais Malang yang masih asri dan segarnya embun yang berasal dari air terjun yang terbawa angin pasti akan menjadi bonus yang bernilai. Terdapat pula beberapa kera yang bergelantungan dipohon menjadi pemandangan yang cukup unik. Sangat menarik bukan?

2. Coban Putri

View Coban Putri Malang by @fitrakurniawanf
View Coban Putri Malang by @fitrakurniawanf

Perlu kamu ketahui bilamana, Kawasan Wisata Coban Rais bukan hanya memiliki satu buah air terjun saja, melainkan terdapat dua buah yakni ada juga Coban Putri. Memang untuk air terjun ini bisa dibilang belum terlalu populer akan tetapi sangat pas bila menjadi air terjun pendamping. Coban Putri memiliki ketinggian sekitar 7 meter dengan kucuran air yang jernih namun tidak terlalu deras, menariknya tak seperti berkunjung ke Coban Rais Malang, di mana untuk datang ke Coban Putri kamu dapat menggunakan jasa ojek motor dari lokasi loket masuk.

Aksesnya yang dapat dilalui sepeda motor hingga lokasinya yang tepat berada di bawah wahana ayunan Batu Flower Garden membuat air terjun ini selalu ramai dikunjungi. Namun untuk dapat masuk ke air terjun, kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5.000/orang.

3. Batu Flower Garden

Batu Flower Garden by @devi.yolanda.octaviana
Batu Flower Garden by @devi.yolanda.octaviana

Bagi kamu yang gemar menggunakan media sosial instagram, mungkin kamu sering melihat foto-foto indah di Batu Flower Garden, kemudian kamu bertanya-tanya dimanakah lokasi tempat indah ini? nah, untuk wisata Batu Flower Garder (BFG) sebenarnya terletak di Bukit Bulu yang berada dikawasan wisata Coban Rais ini. Lokasi Batu Flower Garden berjarak sekitar 1 Km dari loket masuk kawasan Coban Rais, tapi bila kamu sedang malas berjalan dapat menggunakan jasa ojek motor dengan hanya Rp. 12.000/orang saja. Berkat adanya wahana ini, maka kawasan ini menjadi begitu populer seperti sekarang.

Sebagai wahana andalan, memang sudah pasti banyak wisatawan yang terpusat disekitar BFG, bahkan bila hari libur tiba sudah dapat dipastikkan kamu diharuskan sabar mengantri. Biasanya mereka akan berkumpul untuk menunggu giliran berfoto pada wahana-wahana atraksi yang ada, seperti apa wahana yang dimaksud? diantaranya adalah Taman Bunga Rottensia, Pinus, Sepeda Udara, Flying Fox, Hammock Bertingkat, Ayunan dan Spot Foto Tulisan I Love You (U). Cukup banyak dan sangat menarik bukan?spot foto I Love U hammock bertingkat ayunan Coban Rais sepeda udara

Namun untuk masuk ke BFG, kamu akan dikenakan biaya tambahan tiket masuk Batu Flower Garden terbaru update 2021, sebesar

Rp. 25.000/orang (bonus 3x foto di Love dan Flower dan free 1 file foto)

Kemudian bagi kamu yang ingin mendapatkan tambahan foto, maka kamu akan dikenakan biaya tambahan lagi, seperti berikut informasinyabanner harga tiket masuk Batu Flower Garden

  • I Love U, sebesar Rp. 10.000 (3x foto dapat 1 file foto)
  • Ayunan, sebesar Rp. 10.000 (3x foto dapat 1 file foto)
  • Pinus, sebesar Rp. 10.000 (3x foto dapat 1 file foto)
  • Hammock Tower, sebesar Rp. 15.000 (3x foto dapat 1 file foto)
  • Sepeda Udara, sebesar Rp. 20.000 (3x foto dapat 1 file foto)

Bagi kamu yang membawa kamera pribadi, maka kamu juga akan dikenakan biaya tambahan lainnya seperti

  • Kamera DSLR dan sejenisnya, sebesar Rp. 15.000/unit
  • Action Camera, sebesar Rp. 10.000/unit
  • Drone, sebesar Rp. 75.000/unit

Catatan : Harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.

4. Machete Cafe

Machete merupakan sebuah cafe outdoor yang di desain sealami mungkin dari suasana hutan pinus.  Oleh sebab itu pihak pengelola sengaja menggunakan segala perlengkapan cafe seperti meja makan dan bangku yang terbuat dari kayu. Lokasinya terletak dekat loket pintu masuk utama, sehingga kamu dapat bersantai ria terlebih dahulu melepas lelah seperjalanan menuju Coban Rais. Menariknya meskipun berada di hutan pinus, ternyata di tempat ini terdapat fasilitas modern seperti Free WiFi yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Sungguh seru ya?

Ya, meskipun sepintas berlibur di Coban Rais Malang membutuhkan biaya yang cukup lumayan, namun keseruan serta pengalaman yang didapatkan sebanding. Maka tak heran bilamana wisata terbaru di Batu Malang ini selalu ramai diserbu para wisatawan kala hari libur tiba.

*Tips

  • Gunakan aplikasi maps pada smartphone untuk tambahan acuan jalan
  • Bagi kamu yang menggunakan angkot, dari Terminal Landungsari kamu juga dapat menggunakan angkot alternatif selain BJL yakni angkot BL (berwarna pink). Hanya saja angkot jurusan ini menuju Terminal Batu (tidak langsung menuju pertigaan BNS). Dari Terminal Batu, baru kamu lanjut dengan angkot BJL untuk ke pertigaan BNS. 
  • Dikarenakan ini adalah wisata alam outdoor, maka sebaiknya jangan datang di musim penghujan.
  • Agar hasil foto maksimal, sebaiknya gunakan waktu terbaik yakni di pagi atau sore hari

Melihat segala keindahan alam yang begitu alami menjadikan penyejuk hati serta pikiran, berlibur memang merupakan terapi yang sangat ampuh dalam menghilangkan stress, terlebih bagi kita yang tinggal di kota-kota besar. Hidup diibaratkan menaiki sepeda, agar tidak terjatuh dari sepeda dan menjaga keseimbangan, maka kita harus terus bergerak dan mengayuhkan kaki. Kemudian jika kita takut melangkah, lihatlah bagaimana seorang bayi yang mencoba berjalan. Niscaya akan kita temukan, bahwa setiap manusia pasti akan jatuh. Tapi hanya manusia terbaik lah yang mampu bangkit dari jatuhnya.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Coban Rais Malang Coban Rais Batu tempat wisata baru di Malang. Terima kasih telah berkunjung ke Tempat Wisata dot id, semoga segala informasi yang telah disampaikan dapat menjadi sumber referensi tambahan bagi kamu atau para pembaca budiman dimanapun anda berada.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0