Coban Talun Malang Tiket Masuk, Lokasi dan Rute Perjalanan

Pemandangan Coban Talun Malang by @toniartana
Pemandangan Coban Talun Malang by @toniartana
1
(1)

Lokasi: Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 40.000/Orang
Buka/Tutup: 06.00 – 17.00 WIB
No Telepon: –

Wisata Air Terjun Coban Talun Malang atau Coban Talun Batu Malang sebagai salah satu air terjun di Malang terindah yang kini menjadi alternatif bagi tempat wisata Batu Malang terbaik. Pemandangan air terjun Coban Talun selain memiliki keindahan air terjunnya, juga ternyata memiliki wahana permainan menarik lainnya, maka tak heran jikalau pada hari libur lokasi tempat wisata di Malang ini akan diserbu oleh banyak wisatawan. 

Tentu kamu sudah banyak tau bukan dengan beragam tempat wisata Malang bukan? Bagi kamu yang gemar akan kegiatan outdoor, maka wisata alam di Malang memberikan beberapa rekomendasi terbaiknya. Wisata Coban Talun Kota Batu Malang adalah pilihan terbaik jika kamu ingin liburan sekaligus menikmati suasana alam yang alami di tempat camping di Malang. Terlebih Kota Batu terletak di ketinggian sekitar 1.300 mdpl yang sudah pasti memiliki suasana yang sejuk. 

Wisata Coban Talun

Coban Talun Malang by @mr.wij
Coban Talun Malang by @mr.wij

Jika dalam kesempatan yang lalu kami telah mereview tentang Coban Rondo yang juga masuk dalam katagori sebagai Air Terjun Di Malang, maka dalam konten artikel Tempat Wisata kali ini akan mengulas tentang Coban Talun yang memiliki debit kucuran air sangat deras yang merupakan hulu bagi Sungai Berantas.

Pada malam hari ini saya akan memaparkan secara detail perihal Coban Talun Malang wisata Coban Talun Batu air terjun di Malang. Semoga segala informasi yang nanti akan disampaikan dapat menjadi sumber referensi bagi kamu atau para pembaca budiman di manapun anda berada.

Sebagai tambahan wawasan, asal usul sejarah Coban Talun berasal dari proses erupsi vulkanik Gunung Arjuna – Welirang atau Gunung Arjuno. Oleh sebab itu di lokasi ini banyak terdapat batuan-batuan yang berasal letusan gunung tersebut, maka tak heran jika banyak para pelajar/mahasiswa yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi penelitian untuk berbagai tugas kuliah.

Tempat wisata lain di Malang Coban Pawon

Lokasi Coban Talun

Lantas di mana lokasi Coban Talun? terletak beralamat di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Malang atau tepatnya hanya berjarak sekitar 3 Km dari lokasi Taman Bunga Selecta. Bagi kamu yang ingin berkunjung, maka kamu harus tiba terlebih dahulu di Malang, kemudian menuju Kota Batu. Setelah itu, kamu hanya cukup mengikuti petunjuk rute jalan ke Coban Talun berikut ini.

  • Arahkan kendaraan bisa melewati arah Museum Angkut, Jatim Park 1 atau bisa juga Jatim Park 2, lalu terus berkendara hingga melewati Alun Alun Kota Batu, lalu belok kiri.
  • Terus ikuti jalan tersebut hingga nanti belok kanan menuju Taman Bunga Selecta dan terus lewati ikuti marka petunjuk jalan menuju lokasi.

Bagi kamu yang ingin wisata backpacker ke Coban Talun dengan menggunakan kendaraan umum/angkot, kamu dapat mengikuti petunjuk di bawah ini.

  • Pertama dari Malang kamu dapat menggunakan angkot berwarna biru dengan kode trayek AL jurusan Arjosari-Landungsari atau bisa juga kode trayek ADL jurusan Arjosari-Dinoyo-Landungsari dan turun di Terminal Landungsari dengan biaya sekitar Rp. 3.000/orang.
  • Setibanya di Landungsari, kamu dapat lanjut dengan mencari angkot berwarna pink atau ungu yang menuju Terminal Batu dengan biaya sekitar Rp. 4.000/orang. 
  • Kemudian nanti dari Terminal Batu, kamu hanya cukup mencari angkot jurusan Sumber Brantas atau angkot berwarna orange. Infokan pada sopir agar menurunkan kamu di lokasi dengan biaya sekitar Rp. 4.000/orang.

Harga Tiket Masuk Coban Talun

Setibanya dilokasi, nantinya kamu akan dikenakan harga tiket masuk Coban Talun terbaru update 2021 yakni 

Weekday    Rp.   7.500/orang

Weekend    Rp. 10.000/orang 

Mobil         Rp.   5.000

Motor         Rp.   2.000

Baca Juga Coban Rais Malang Tiket Masuk Oktober 2021

Jam Buka Coban Talun

Perihal jam operasional destinasi wisata Malang Batu ini buka di setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Setelah kamu membayar biaya retribusi tersebut, kamu masih diharukan menyusuri jalan setapak sejauh 1 Km melewati kebun bunga menuju lokasi air terjun.

Dengan suasana alam yang begitu asri serta cuaca yang sejuk, terlihat pula pemandangan pegunungan sisi barat Gunung Arjuno yang begitu indah, maka perjalanan pastinya tak kan terasa lelah dan tak lama berselang kamu sudah dapat menemukan air terjun terindah di Jawa Timur ini yang memiliki ketinggian kucuran sekitar 75 meter. Sungguh indah bukan?

view coban talun malang by @egirehanity
view coban talun malang by @egirehanity

Namun sebagai tambahan informasi, sebenarnya menurut penuturan warga sekitar banyak yang percaya jikalau lokasi ini dikenal cukup angker dan mempunyai aura mistis yang kenal. Di mana ada yang mengatakan jika di sekitar terdapat sebuah kerajaan jin, selain itu kawasan air terjun ini pada masa pemberontakan Gerakan 30 September (G 30 S PKI 1965) pernah menjadi saksi bisu terhadap peristiwa tersebut.

Akan tetapi dari banyaknya rumor yang beredar, rupanya tak menjadi penghalang bagi para wisatawan, bahkan dari mereka justru penasaran ingin berkunjung secara langsung ke air terjun terindah di Malang ini.

Fasilitas dan Wahana

Coban Talun dikelola oleh pihak Perhutani yang berkerja sama dengan pihak swasta guna memberikan tambahan fasilitas serta wahana-wahana permainan yang ada seperti Kebun Bunga, Apache Camp, Pagupon Camp, Goa Jepang, Alas Pinus, Cafe Hortenesia, Bukit Callindra, Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa dan Taman Ayunan. Namun untuk dapat menikmati wahana-wahana tersebut, kamu akan dikenakan biaya tambahan untuk setiap wahana berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000.

1. Kebun Bunga

Beragam jenis bunga yang memiliki bentuk dan warna-warna cantik penuh tumbuh subur dilokasi ini. Sehingga bagi kamu yang gemar akan bunga, maka kamu dapat puas memandang cantiknya deretan bunga sejauh mata memandang. Dikarenakan begitu cantik dan indah, maka tak jarang ada saja pasangan yang melakukan sesi photoshoot untuk prewedding.

2. Apache Camp

Apache Camp di Curug Talun
Apache Camp di Curug Talun @ramadhani.lara

Merupakan sebuah kawasan wahana yang didesain sedemikian rupa dengan budaya Indian dari Suku Apache. Dimana wahana ini dilengkapi dengan segala pernak pernik khas suku tersebut lengkap dengan rumah khas Indian, kantin, kostum dan lain-lainnya.

Dengan keunikan bangunan ini membuat lokasi Apache Camp Coban Talun selalu diminati oleh para wisatawan untuk berswafoto, bahkan tak jarang banyak pula yang tertarik ingin merasakan sensasi menginap, jika kamu ingin juga bermalam di Kampung Indian Coban Talun hanya cukup membayar sekitar Rp. 500.000/malam saja.

3. Pagupon Camp

Pagupon Curug Talun by @donysusanto
Pagupon Curug Talun by @donysusanto

Tau kah kamu dalam bahasa Jawa kata Pagupon berarti kandang/sangkar burung merpati. Dimana bangunan-bangunan dikawasan tempat wisata di Batu Malang ini yang memang sengaja dibuat semirip mungkin dengan sangkar tersebut, sehingga menimbulkan sisi unik serta berestetika tinggi.

Selain menjadi lokasi berfoto, kamu juga dapat menyewa rumah pagupon ini untuk bermalam dengan biaya sekitar Rp. 500.000/malam. Pihak pengelola memang sengaja tak melengkapi penginapan Coban Talun ini dengan fasilitas modern agar setiap wisatawan bisa merasakan lebih dekat dengan alam. Kendati begitu, di dalamnya sudah terdapat kasur dan toilet.

4. Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa

Seperti yang telah kita ketahui jikalau Lutung Jawa (trachypithecus auratus) masuk dalam kagetori hewan dilindungi dan terancam akan kepunahannya. Mengingat akan hal tersebut, maka dalam kawasan wisata ini dibuatlah sebuah pusat rehabilitasi hewan primata ini, dimana saat ini setidaknya ada sekitar 16 Lutung Jawa yang berada ditempat ini, biasanya setiap Lutung Jawa ini memiliki berbagai latar belakang cerita yang berbeda-beda, mulai dari korban pemburuan hingga hasil swadaya masyarakat sekitar yang sengaja membeli hewan ini dari para pedagang lalu menyerahkannya.

Untuk menuju pusat rehabilitasi ini cukup mudah, di mana dari loket Coban Talun kamu hanya cukup berjalan sekitar 500 meter melewati hutan pinus saja, maka kamu akan menemukan papan bertanda “Javan Langur Center”. 

Lantas fasilitas apa saja yang ada di kawasan wisata air terjun di Batu Malang ini? perihal sarana dan fasilitas di tempat ini terbilang sudah cukup lengkap, di mana saat ini sudah tersedia mushola, kantin, balai serbaguna, bumi perkemahan Coban Talun hingga area parkir luas.

Kemudian masih ada pula beberapa permainan outbound serta penyewaan motor trail hingga ATV untuk para pengunjung. Mengacu akan segala potensi wisata yang ada di wisata Kota Batu ini, maka tak salah bilamana Air Terjun Di Jawa Timur Terindah ini menjadi tempat wisata keluarga di Malang terbaik untuk berbagai usia, minat dan kebutuhan.

Baca juga tempat wisata Jatim Park 3 Malang, Batu

*Tips

  • Gunakan aplikasi maps pada smartphone sebagai tambahan acuan rute jalan.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung pada saat musim kemarau.
  • Siapkan fisik dengan baik karena kamu akan berjalan kaki/trekking untuk menuju lokasi air terjun.
  • Hati-hati jalur yang akan dilalui licin dan berlumut.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman atau sepatu anti slip. 
  • Jika hujan, sebaiknya tinggalkan lokasi air terjun untuk menghindari adanya kemungkinan banjir bandang atau longsor.
  • Jika ingin menginap, sebaiknya jangan lupa membawa jaket tebal karena cuaca di sekitar bisa mencapai 18 – 23 C.
  • DILARANG BERENANG di air terjun ini !

Memandang segala yang ada di hadapan ini membuat kita lebih mengenal Tuhan, semuanya tergambar begitu jelas melalui alam semesta ini. Alam telah memenuhi segala kebutuhan kita, adapun keinginan kita, alam juga telah menyediakannya, Hanya saja kita perlu sedikit usaha untuk mencarinya.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Coban Talun Malang wisata Coban Talun Batu air terjun di Malang. Terima kasih telah berkunjung ke Tempat Wisata, semoga segala informasi yang telah disampaikan sepenuhnya dapat bermanfaat dan membantu bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

1 / 5. 1