Coban Tundo Malang Tiket Masuk Oktober 2021, Lokasi dan Rute Perjalanan

Coban Tudo Loro By @z4nif
Coban Tudo Loro By @z4nif
5
(2)

Lokasi: Gunung, Tambakasri, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65181
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 5.000/Orang
Buka/Tutup: 07.00 – 17.00 WIB
No Telepon: –

Air Terjun Coban Tundo Malang atau Coban Tundo Sumbermanjing yang menjadi salah satu tempat wisata di Malang terbaru yang cukup sukses menarik perhatiaan banyak penggemar kegiatan outdoor dan petualangan. Pasalnya suasana wisata Coban Tundo Malang yang masih sangat alami membuat para pengunjung dapat merasa lebih dekat dengan alam.

Berwisata ke Air Terjun Coban Tundo

Air terjun coban tundo by @vickyloudoe
Air terjun coban tundo by @vickyloudoe_

Coban Tundo atau sering disebut juga dengan nama Coban Tundo Telu dimana dalam bahasa Jawa kata “Telu” berarti tiga (3), lantas mengapa begitu? pasalnya dikawasan wisata ini memang terdapat tiga buah air terjun yang saling berdekatan. Dikenal sebagai tempat wisata baru di Malang yang resmi dibuka sejak 2015 lalu, wisata alam Malang ini sudah mulai menyedot perhatian khalayak luas, dimana setiap hariya selalu saja ada wisatawan yang datang ke wisata alam di Malang ini.

Tentu bukan rahasia umum lagi jikalau Malang bukan hanya terkenal dengan Pantai Malang yang memiliki keindahan, namun ternyata kota ini juga memiliki Air Terjun Di Malang yang juga tak kalah menarik. Pemandangan air terjun yang indah juga dapat menjadi alternatif tujuan wisata bagi kamu yang ingin berlibur di wisata Kota Malang.

Oleh sebab itu dalam konten artikel Tempat Wisata kali ini, saya akan mengulas secara detail perihal Coban Tundo Malang. Semoga segala informasi yang nanti akan disampaikan dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin berkunjung ke air terjun cantik ini.

Sebenarnya apa kelebihan dari Coban Tundo? memiliki suasana alam yang masih sangat alami dengan dikelilingi bebatuan cadas, serta jernihnya air yang berwarna biru kehijauan membuat wisata air terjun Malang ini begitu terasa spesial. Dengan pesonanya tersebutlah, membuat siapapun tergoda untuk berenang didalam kolam alaminya.

Lokasi

Lantas dimanakah lokasi Coban Tundo? terletak di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan atau tepatnya berjarak sekitar 60.2 Km dari pusat Kota Malang, dan jika dari Tumpak Sewu berjarak 31.7 Km, kalau dari Pantai Sendiki berjarak 23.5 Km dan bila dari Pantai Banyu Anjok hanya berjarak 18.5 Km saja. Sebenarnya untuk menuju lokasinya kamu dapat memilih menggunakan ruteMalang – Turen – Dampit – Srimulyo – TambaksariMalang – Turen – Gedok – Sumbermanjing – Tambaksari

Dimana kamu dapat memilih rute yang kamu inginkan, namun khusus pada artikel ini saya akan memberikan rekomendasi rute pertama, mengapa begitu? pasalnya selain lebih cepat, kamu juga berkunjung ke beberapa pantai dengan mengikuti urutan Pantai Sipelot, Pantai Banyu Anjlok baru ke pantai di Malang Selatan lainnya. Tapi bagi kamu yang berdomisili di Surabaya maka sebaiknya kamu gunakan rute kedua. Bagi kamu yang ingin berkunjung, maka kamu dapat menuju Malang sebagai titik start awal perjalanan, kemudian kamu dapat mengikuti petunjuk jalan ke Coban Tundo berikut ini

  • Pertama dari Kota malang arahkan kendaraan menuju Gadang dengan melewati Stasiun Malang Kota Lama dan ikuti terus jalan dengan mengikuti marka petunjuk jalan menuju Dampit sebagai kuncinya
  • Setelah kamu melewati Gadang, kamu akan melewati Bululawang – Turen – Dampit 
  • Akan tetapi nanti setelah melewati Kantor Kecamatan Dampit akan ada pecahan jalan (depan Pasar Baru Dampit) dan ikuti marka petunjuk jalan menuju Sukodono
  • Terus ikuti marka petunjuk jalan menuju Desa Sukodono hingga menemukan Balai Desa Sukodono
  • Setelah itu akan ada marka petunjuk jalan menuju lokasinya yang mengarahkan menuju jalan beton hingga jalan tanah setapak yang sempit sejauh 3 Km

*Bagi kamu yang datang menggunakan kendaraan mobil, maka kamu tak bisa melewati jalan ini.  Untuk mobil dapat diparkirkan pada rumah warga yang memang ditunjuk sebagai lokasi parkir mobil dan kamu akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 10.000/mobil. Kemudian kamu harus melanjutkan perjalanan menggunakan jasa ojek motor hingga lokasi dengan biaya sekitar Rp. 30.000/orang.

Harga Tiket Air Terjun Coban Tundo Malang

Setiba dilokasi maka kamu akan dikenakan biaya harga tiket masuk Coban Tundo terbaru update 2021 yakni sebesar Rp. 5.000/orang dan untuk biaya parkir motor hanya akan dikenakan sebesar Rp. 5.000/unit. Kemudian kamu masih diharuskan berjalan kaki/trekking melewati area perkebunan kopi selama 30 menit. Setelah itu kamu akan langsung disambut dengan indahnya alam sekitar, kemudian seperti yang telah dijelaskan pada awal artikel dimana pada kawasan ini terdapat tiga buah air terjun yang saling berdekatan. Berikut adalah ketiga air terjun tersebut berdasarkan letaknya

1. Coban Tundo Siji

coban tundo siji by @sebelassetengah
coban tundo siji by @sebelassetengah

Merupakan air terjun paling bawah yang akan lebih dahulu kamu temui, sebagai air terjun pertama Coban Tundo Siji ini cukup sukses membuat siapapun terpukau dan tergoda ingin sesegera mungkin berenang. Memiliki kolam alami dengan kedalaman bervariasi antara 1 hingga 5 meter dengan air yang cukup jernih berwarna biru kehijauan membuat banyak orang suka berenang atau sekedar menyegarkan tubuh dengan bermain air. Bagi kamu yang suka akan tantangan dan ingin sedikit memacu adrenalin, maka kamu dapat memanjat tebing batu disisi kiri air terjun untuk melompat dari ketinggian sekitar 2-3 meter. Cukup seru bukan? Akan tetapi jika kamu merasa kurang pandai berenang, tak perlu khawatir kamu dapat menyewa ban sebagai pelampung dengan membayar sekitar Rp. 5.000 saja.

2. Coban Tundo Loro

Coban Tudo Loro By @z4nif
Coban Tudo Loro By @z4nif

Untuk air terjun kedua ialah Coban Tundo Loro yang berada satu tingkat diatas air terjun sebelumnya, nah untuk Coban Loro inilah yang menjadi ikon dan terfavorit bagi wisatawan yang datang. Alasannya ialah kareana air terjun ini memiliki kolam alami yang cukup lebar yakni berdiameter sekitar 15×20 meter dengan air yang lebih jernih.

Jika di Coban Siji terdapat spot untuk melompat disisi kiri, maka di Coban Tundo Loro ini juga terdapat spot cliff jumping bedanya selain dapat menggunakan sulur/akar pepohonan serta tali tambang untuk bergelantungan kemudian melompat kedalam air, kamu juga dapat melompat dari atas sebuah batu besar yang berada di sisi kanan air terjun. Dari kedua spot inilah para wisatawan mulai beraksi untuk melompat, sungguh asik ya? 

3. Coban Tundo Telu

Coban Tundo Telu By @coban.malang
Coban Tundo Telu By @coban.malang

Coban Tundo Telu memiliki ketinggian kucuran air sekitar 15 meter yang notabene menjadi air terjun tertinggi yang ada dikawasan wisata ini. Meskipun begitu rupanya ternyata air terjun ini kurang digemari oleh para wisatawan, mengapa begitu? pasalnya dilokasinya tak terdapat kolam alami yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan berenang, kalaupun ada hanya berupa sebuah cekungan kecil saja dan itu pun yang paling dalam, sehingga cukup berbahaya. Oleh sebab itu biasanya para wisatawan hanya sekedar berfoto, dimana menurut mereka yang telah datang air terjun ini juga menjadi salah satu spot foto di Malang terbaik, lalu setelah puas menikmati suasananya maka wisatawan akan kembali lagi ke air terjun 2 atau 1. 

Tambahan informasi juga tentang Coban Pawon Malang.

Fasilitas

Perihal fasilitas pendukung kegiatan wisatawan, tak perlu kawatir dimana kawasan wisata terbaru di Malang ini sudah dilengkapi dengan beberapa warung-warung yang berada disetiap air terjun. Demikian juga dengan toilet serta kamar bilas pun tersedia, sehingga para pengunjung dapat berganti baju dengan nyaman. 

Namun perlu menjadi catatan ialah dibalik segala potensi keindahan Coban Tundo ternyata juga menyimpan kisah kelam yang menyebabkan beberapa tragedi, dimana tidak sedikit pengunjung yang harus kehilangan nyawa. Sebagai informasi disepanjang 2016 lalu setidaknya sudah ada 4 kejadian tewasnya pengunjung, mengapa hal itu bisa terjadi? sebagai tambahan walaupun air terjunnya tak terlalu tinggi namun tepat dibawah kucuran airnya terkadang tercipta sebuah pusaran air yang mampu menarik siapapun yang berenang disekitarnya.

Mengingat akan hal tersebut maka dalam waktu dekat pihak pengelola beserta warga akan membentu sebuah Tim SAR yang bertugas untuk memantau setiap wisatawan yang berenang demi agar kejadian serupa tak terulang lagi di kemudian hari.

*Tips

  • Gunakan aplikasi maps pada smartphone untuk tambahan acuan jalan
  • Jika bingung sebaiknya bertanya pada warga sekitar terkait lokasinya
  • Usahakan datang dipagi atau minimal siang hari, jika terlalu sore sebaiknya jangan memaksakan menuju air terjun karena jalan setapak yang dilalui melewati hutan dan perkebunan
  • Sebaiknya jangan datang di musim penghujan dan bisa saja arus air menjadi deras karena curah hujan yang tinggi
  • Hati-hati bila ingin berenang atau melompat ditempat ini, sebaiknya bertanya dulu pada pengawas titik mana saja yang aman
  • Jangan lupa membawa pakaian ganti

Kunjungi juga Coban Rondo Batu Malang

Melihat segala keindahan yang tersaji dihadapan ini membuat siapapun pasti akan terkagum, namun perlu diingat setiap keindahan bisa saja menyimpan bahaya. Maka sejogjanya jangan sombong, selalu mawas diri dan ingat jikalau selalu ada zat Maha Kaya yang memiliki setiap rencana dalam hidup kita. Sebuah musibah akan menjadi kenikmatan jika kita berhasil menyikapinya dengan sukur, sabar dan tawakal serta mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Coban Tundo Malang wisata baru air terjun di Malang terindah. Terima kasih telah berkunjung ke Tempat Wisata dot id, semoga segala informasinya dapat membantu bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

5 / 5. 2