Curug Cibaliung Sentul | Berenang Di Curug Sentul Bogor Terbaik

Curug Cibaliung by @arief gunardi
Curug Cibaliung by @arief gunardi
0
(0)

Curug Cibaliung Sentul Bogor menjadi salah satu bukti bilamana ternyata tempat wisata di Sentul belum mengenal kata habis untuk membuat siapa pun kagum akan pesonanya. Sebagai curug Sentul yang memiliki potensi, objek wisata Curug Cibaliung memang bisa dikatakan tergolong sepi pengunjung, mengapa begitu? pasalnya untuk berkunjung ke curug ini kamu diharuskan berjalan kaki / trekking terlebih dahulu. 

Akan tetapi meskipun begitu adanya, keadaan curug yang masih sepi tentu mempunyai nilai plus bagi kamu yang gemar akan kegiatan outdoor dan petualangan. Suasana alam sekitar yang masih sangat terjaga menjadi alasan utama, kenapa harus ke Curug Cibaliung di Sentul Bogor. Selain itu aliran sungai yang menjadi sumber dari air terjun di Sentul ini pun sangat jernih, bahkan kamu bisa melihat dasarnya tanpa alat bantu. Maka tak heran bila curug ini memiliki air yang berwarna hijau tosca yang jernih, sungguh seru bukan?

Wisata Curug Cibaliung

Curug Cibaliung by @arief gunardi
Curug Cibaliung by @arief gunardi

Seperti yang telah kita ketahui bersama, jika Sentul di anugerahi bentang alam yang mempesona berupa sederet curug yang memiliki pemandangan air terjun yang indah. Di mana beberapa dari Curug di Sentul Bogor telah disulap sebagai salah satu wisata alam Bogor yang mampu menarik minat wisatawan, seperti Cibaliung contohnya.

Mengingat akan hal tersebut, maka dalam konten artikel Tempat Wisata Mania kali ini akan mengulas perihal Curug Cibaliung Sentul. Semoga dari semua informasi yang nanti akan disampaikan dapat menjadi sumber inspirasi bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian.

Sebelum lanjut taukah kamu apa kelebihan curug ini jika dibandingkan curug di daerah Bogor lainnya? sebenarnya sih tidak ada yang spesial dan sama seperti kebanyakan wisata curug lain yang hanya menawarkan sebuah air terjun saja tanpa ada fasilitas / wahana permainan modern. Kendati begitu jangan salah, untuk di Cibaliung Sentul kamu dapat berenang di kolam alami air terjunnya dengan aman, terlebih kesegaran dan jernihnya air akan mampu membawa keceriaan lebih. 

Lokasi

Lantas di manakah lokasi Curug Cibaliung? wisata daerah Sentul ini terletak di Kawasan Kampung Wadung, Desa Karang tengah, Babakan Madang, Sentul atau tepatnya masih berada satu kawasan dengan Curug Leuwi Hejo. Karena masih dalam kawasan yang sama, sehingga jika kamu datang berkunjung maka bukan hanya satu saja melainkan dapat mengunjungi banyak lokasi curug lainnya. Bagi kamu yang tertarik untuk datang, kamu dapat mengikuti petunjuk jalan ke Curug Cibaliung berikut ini.

  • Pertama arahkan kendaraan menuju Jungle Land Sentul, kemudian tepat di pos masuk pertama Jungle Land terdapat sebuah jalan disebelah kanan ke perkampungan dan arahkan kendaraan masuk kejalan tersebur
  • Terus ikuti jalan tersebut dengan tujuan menemukan gang masuk Curug Leuwi Hejo sebagai titik start awal perjalanan

Kunjungi juga tempat wisata Panorama Pabangbon Bogor.

Tiket Masuk Curug Cibaliung

Berenang di Curug cibaliung by muhammad ekhbal
Berenang di Curug cibaliung by @muhammad_ekhbal

Setibanya di Leuwi Hejo, maka kamu akan menemukan pos masuk pertama kawasan wisata ini dan akan dikenakan biaya masuk kendaraan sebesar Rp. 8.000 untuk motor dan Rp. 15.000 untuk mobil. Setelah itu bagi kamu yang datang menggunakan mobil dapat langsung memarkirkan kendaraan di dekat pos tersebut, namun untuk kamu yang menggunakan motor dapat lanjut perjalanan hingga pos kedua / loket. Kemudian kamu akan dikenakan biaya harga tiket masuk Curug Leuwi Hejo terbaru update 2021 yakni sebesar Rp. 25.000/orang. Dan dapat melanjutkan kembali hingga area parkir khusus motor.

Meskipun berada dalam satu kawasan untuk Curug Cibaliung agak berbeda dengan Leuwi Hejo , dimana kondisinya cenderung lebih sepi dibandingkan dengan Leuwi Hejo. Pasalnya untuk Cibaliung merupakan curug terjauh yang ada dikawasan ini, sehingga banyak orang yang enggan berkunjung dan bahkan tidak mengathui akan adanya curug ini.

Dikarenakan permasalahan jarak maka kamu haruslah pandai menentukan urutan kunjungan dengan tepat agar lebih mengefisiensikan waktu. Berikut penjelasannya

Dari lokasi parkir motor, kamu dapat langsung menuju lokasi Curug Cepet sebagai urutan kunjungan pertama (jangan kearah Leuwi Hejo terlebih dahulu).

Untuk menuju Curug Cepet kamu akan menaiki bukit dengan estimasi waktu sekitar 30 menit dan nantinya ditengah perjalanan akan ada sebuah pos retribusi yang akan membebankan kamu sebesar Rp. 5.000/orang untuk biaya partisipasi.

Setibanya di Curug Cepet, kamu dapat beristirahat sejenak dan lanjut kembali untuk menuju cek point selanjutnya yakni Curug Leuwi Liuk yang tepat berada di atas curug ini. Hanya saja untuk menuju Leuwi Liuk kamu diharuskan memutar menaiki bukit terlebih dahulu.

Setelah sampai di Curug Leuwi Liuk untuk menuju Curug Cibaliung, kamu dapat berjalan ke arah kanan sejauh 50 meter lalu ambil jalur kiri (ikuti saja petunjuk jalan) hingga nantinya kamu akan menemukan sungai.

Dari sungai ini kamu dapat mengikuti ke arah hulu sungai saja yang mengarahkan kamu ke Cibaliung dengan estimasi waktu sekitar 30 menit

Namun sebelum tiba di Cibaliung, kamu akan menemukan kembali pos retribusi yang akan kembali membebankan biaya sebesar Rp. 5.000/orang, Berarti total kamu diharuskan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 25.000/orang (diluar biaya parkir) untuk berkunjung ke curug ini.

Kunjungi juga tempat wisata di bogor lainnya seperti Curug Cibaliung Sentul.

Namun besarnya biaya tersebut akan setimpal dengan pengalaman dan keindahan pemandangan semua curug yang ada di kawasan wisata Sentul ini. jernihnya Curug Cibaliung aliran sungai dari Curug Cibaliung berenang di Curug Cibaliung

Jernih air kolam alami seakan menggoda siapapun untuk sesegera mungkin untuk berenang, namun perlu menjadi catatan dimana kolam dari curug ini merupakan kolam terdalam yang ada dikawasan ini, oleh sebab itu sangat diperlukan kemampuan berenang yang baik.

Akan tetapi bagi kamu yang merasa kurang pandai bereneng, tak perlu khawatir kamu masih bisa sekedar bermain air disekitar aliran sungainya atau juga bisa berfoto ria sepuasnya. Karena batu-batu besar yang berada disungai terlihat begitu indah dan ditambah dengan backgroud curug pastinya akan membuat karya foto kamu akan lebih indah.

Maka tak heran kegiatan berfoto merupakan agenda wajib bagi para wisatawan yang berkunjung, tak salah memang  datang ke salah satu spot foto di Bogor terindah ini.

foto di curug cibaliung by @@simar3
foto di curug cibaliung by @simar3

Kemudian bagi kamu yang mencoba memacu adrenalin, tak perlu khawatir kamu bisa mencoba melompat / cliff jumping dari atas pohon atau tebing disekitar kolam yang memiliki ketinggian befariasi yakni antara 4-7 meter, pastinya sangat menantang bukan?

*Tips

  • Gunakan aplikasi maps pada smartphone guna tambahan acuan jalan
  • Usahakan datang sejak pagi hari mengingat banyaknya tujuan kunjungan yang akan kamu lalui
  • Persiapkan fisik dengan baik karena untuk menuju lokasi curug akan menempuh total waktu sekitar 90 menit
  • Perihal fasilitas warung sudah banyak tersedia pada jalur di titik-titik tertentu
  • Gunakan alas kaki yang nyaman mengingat kamu akan trekking, sebaiknya gunakan sendal gunung anti slip
  • Disarankan untuk datang menggunakan motor, karena akan menghemat waktu serta tenaga, jika gunakan mobil maka harus parkir disekitar pos masuk pertama

Menikmati segala keindahan alam yang tersaji di depan mata, menjadikan diri ini bersemangat kembali untuk menjalankan hari esok. Takdir bukanlah masalah kesempatan, tapi Takdir adalah masalah pilihan. Karena Takdir adalah hal yang harus dicapai. Dan selalu percaya jika Orang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapan, tetapi hebat dalam tindakan.

Demikianlah ulasan saya perihal Curug Cibaliung Sentul atau berenang di Curug Sentul Bogor terbaik. Terima kasih telah berkunjung ke Tempat Wisata, semoga segala informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi kamu atau para pembaca budiman yang ingin datang ke tempat wisata Bogor Sentul ini.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0