Tiket Masuk Curug Cigentis Loji Karawang Juli 2021, Penginapan Dan Fasilitas

Keindahan Curug Cigentis Loji Karawang Foto Via Gmap.
Keindahan Curug Cigentis Loji Karawang Foto Via Gmap.
0
(0)

Lokasi: Desa Mekarbuana, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 15.000 (hari biasa), Rp. 20.000 (akhir pekan)
Jam operasional: 08.00 WIB – 17.00 WIB
No. Tlp: –

Kabupaten Karawang, Jawa Barat memang terkenal sebagai salah satu penghasil padi terbaik di Indonesia. Namun, tahukah anda bahwa Karawang juga menyimpan banyak objek wisata alam yang masih asri.

Salah satunya adalah wisata air terjun Curug Cigentis. Curug dalam bahasa Sunda artinya air terjun. Selain menawarkan keindahan panorama alam, Curug Cigentis juga kaya akan nilai sejarah.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke wisata Curug Cigentis, ada beberapa informasi yang patut diketahui sebelum berkunjung kesini. Berikut informasinya :

Sekilas Tentang Curug Cigentis

Jembatan Curug Cigentis Loji Karawang via Gmap.
Jembatan Curug Cigentis Loji Karawang via Gmap.

Objek wisata Curug Cigentis ini berada dalam pengelolaan hutan RPH Cigunungsari BKPH Purwakarta menjadi satu dengan kawasan kaki Gunung Sanggabuana. Wisata Curug Cigentis menawarkan pemandangan alam yang masih sangat asri, di sepanjang perjalanan menuju curug wisatawan akan dimanjakan dengan hamparan tumbuhan hijau yang masih sangat terjaga keasriannya.

Ketika sampai di lokasi wisatawan akan disambut dengan  suara gemercik air dan suara kicau burung serta suara serangga yang akan membuat anda benar-benar merasakan suasana alam yang asri. Di sisi kiri dan kanan curug diapit oleh tumbuhan  paku hijau dan tumbuhan dengan ukuran cukup besar.

Tepat dibawah curug, terdapat  kolam dengan air yang super jernih akan membuat wisatawan tidak tahan untuk berandam.Tidak perlu khawatir bagi anda yang tidak bisa berenang, karena kolam yang terdapat di bawah curug ini cukup dangkal.

Rute Lokasi

Tengga menuju Curug Cigentis Loji Karawang Foto via Gmap.
Tengga menuju Curug Cigentis Loji Karawang Foto via Gmap.

Lokasi Curug Cigentis berjarak 44 kilometer dari pusat kota Karawang. Untuk menuju Desa Mekarbuana dari Kota Karawang, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau memanfaatkan jasa angkutan umum. Tetapi bagi pengunjung yang melakukan perjalanan dengan kendaraan umum akan sedikit merepotkan karena nanti sering berganti-ganti angkutan umum. Kondisi jalan menuju Desa Mekarbuana sudah beraspal, sehingga perjalanan akan terasa nyaman.

Ada beberapa rute yang dapat ditempuh untuk sampai di lokasi curug ini. Unutk rute pertama yaitu berangkat dari Kota Karawang masuk ke jalan Cikampek kemudian menuju ke pintu tol Kantor Asper. Selanjutnya dari sini diteruskan ke Parakan Badak.

Setelah tiba di Parakan Badak, kemudian anda menuju ke arah Desa Jayanti. Di desa ini kita dapat memarkirkan kendaraan kemudian perjalanan  diteruskan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuju Curug Cigantis.

Baca juga Pantai Samudera Baru Karawang tempat wisata pantai di Karawang.

Bisa juga berangkat dari Cikarang baru, nantinya akan melewati rute Delta Mas kemudian menuju Bendungan Cibeet. Sesampai di Bendungan Cibeet kemudian menuju Pangkalan Loji sampai Desa Jayanti.  Jika sudah di Desa jayanti, anda dapat memarkirkan kendaraan anda di sini, kemudian meneruskan perjalanan menuju lokasi curug dengan jalan setapak.

Daya Tarik Curug Cigentis

Jika anda ingin merasakan wisata alam yang menenangkan jiwa, curug inilah jawabannya. Curug ini dapat menjadi alternatif tempat wisata karena memiliki beberapa daya tarik. Lantas apa saja daya tarik tersebut? Inilah beberapa di antaranya :

1. Air Yang Jernih

Pemandangan Curug Cigentis Loji Karawang Foto via Gmap.
Pemandangan Curug Cigentis Loji Karawang Foto via Gmap.

Curug Cigentis terletak di ketinggian 100 mdpl di kaki Gunung Sanggubuana, dengan kondisi hutan yang masih terjaga. Sehingga air yang mengalir merupakan air yang bersumber dari mata air yang bersih dan jernih.foto by instagram.com/payungrimba/

2. Termasuk Air Terjun Yang Tinggi

Wisata Alam Curug Cigentis Loji Karawang foto via Gmap.
Wisata Alam Curug Cigentis Loji Karawang foto via Gmap.

Curug Cigentis merupakan salah satu curug tertinggi dari 7 tingkatan curug yang ada di Gunung Loji. Ketinggian air terjun Curug Cigentis mencapai 25 meter. Tetapi besarnya debit air di curug ini tergantung oleh musim hujan. Pada musim kemarau debit air akan sangat kecil.

3. Kondisi Hutan Yang Asri

Kaki Gunung Sanggabuana termasuk wilayah pengelolaan  hutan RPH Cigunungsari BKPH Purwakarta. Sehingga kondisi hutan disana masih sangat terjaga. Di sekeliling curug dipenuhi dengan berbagai jenis tumbuhan hijau. Bervariasinya jenis tumbuhan di sekeliling curug menandakan keseimbangan alam disana benar-benar masih terjaga.

4. Kolam Yang Dangkal

Setiap pengunjung dapat berendam di kolam yang ada dibawah curug tanpa perlu khawatir tenggelam. Kedalaman kolam kira-kira setinggi lutut orang dewasa.Dasar kolam merupakan batu-batu khas sungai yang ada dipegunungan.

5. Kaya Akan Nilai Sejarah

Menurut legenda, nama Cigentis  adalah nama putri keraton yang pertama kali mandi di kolam yang terbentuk dari air terjun tersebut. Nama lengkapnya adalah Nu Geulis Nyi Geuntis. Konon dia diketahui sebagai anggota pasukan khusus dari Kerajaan Padjadjaran yang ditugaskan untuk menguntit dan mengawasi para wali yang sedang melakukan aktivitas dakwah di wilayah Padjadjaran. Akan tetapi kemudian malah menjadi orang pertama yang berikrar memeluk Islam di antara anggota kesatuannya.

Harga Tiket

Untuk masuk ke wisata Curug Cigentis, Pengunjung perlu membeli tiket masuk seharga Rp. 15.000  untuk hari biasa dan Rp. 20.000 untuk akhir pekan. Pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi sebesar Rp. 5.000 untuk motor dan Rp. 7.000 untuk mobil.

Pengunjung dapat berkunjung ke Desa Wisata sebelum sampai lokasi curug dengan gratis. Pengunjung hanya akan membayar jika ingin menikmati wahana di Desa Wisata tersebut. Harga tiket wahana di Desa Wisata bervariasi dan relatif murah tergantung jenis wahananya.

Misalnya saja untuk menikmati wahana kereta mini dan gajah terbang, pengunjung  cukup membeli tiket seharga Rp .5.000.

Fasilitas

Pihak pengelola Curug Cigentis telah menyediakan toilet bagi pengunjung yang ingin menganti pakaian setelah basah-basahan. Pengelola juga telah membangun mushola bagi pengunjung yang ingin sholat.

Bagi pengunjung yang kelaparan, terdapat banyak warung makanan yang akan memuaskan pengunjung setelah berlama-lama berendam.

Dari tempat parkir, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 250 meter untuk menuju lokasi curug. Di sepanjang jalan setapak, pengelola tekah memasang rambu-rambu atau penunjuk arah yang akan mempermudah pengunjung menyusuri jalan menuju curug.

Sebelum sampai ke lokasi Curug Cigentis, terdapat kampung wisata yang dilengkapi dengan fasilitas waterpark mini, flying fox,  area outbound, dan ATV.

Bagi Pengunjung yang ingin bermalam, terdapat juga fasilitas villa dan restoran  yang menyajikan masakan khas sunda. Pengunjung dapat memilih nuansa villa yang diinginkan. Terdapat villa  joglo modern dan joglo nuansa kuno. Tarifnya bervariasi, tergantung fasilitas yang ditawarkan pihak pengelola villa.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0