Danau Linting Medan: Fasilitas, Aktivitas dan Tiket Masuk 2021

Keindahan Danau Linting foto via Gmap.
Keindahan Danau Linting foto via Gmap.
0
(0)

Lokasi: Danau Linting, Rumah Rih, Sinembah Tj.Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara
Map: Klik Disini
HTM: Rp 5.000,00
Jam Operasional: 08.00 – 17.00
No Telp: –

Sumatera Utara tidak hanya mempunyai danau yang terkenal yaitu Danau Toba, namun juga Danau Linting Medan sebagai tempat wisata. Selain Danau Toba, danau yang satu ini menjadi destinasi wajib yang anda kunjungi ketika berada di Pulau Sumatera.

Dengan cerita masyarakat dan legenda yang sama, danau ini selalu ramai akan para wisatawan yang ingin melihatnya secara langsung. Anda  dapat merasakan sensasi kesejukan alami karena letaknya yang dikelilingi oleh pohon-pohon yang berukuran cukup besar.

Karena banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang wisata danau ini, ada baiknya kita mendapatkan hal-hal yang perlu kita ketahui. Berikut beberapa informasi tentang Danau Linting yang dapat anda jadikan referensi ketika berlibur bersama keluarga.

Sekilas Tentang Danau Linting 

Icon tulisan Danau Linting foto via gmap.
Icon tulisan Danau Linting foto via gmap.

Danau yang terletak di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Deliserdang ini memiliki pemandangan yang unik. Dikelilingi dengan pepohonan yang mempunyai ukuran cukup besar, membuat danau ini semakin terasa sejuk.

Selain unik, danau ini juga mempunyai air dengan suhu panas atau yang biasa disebut danau hidrotermal. Karena hanya ada 2 danau di Indonesia dengan air yang panas, membuat danau ini cukup ramai didatangi oleh para wisatawan.

Karena menjadi wisata yang cukup langka dan unik, danau ini menjadi salah satu primadona warga Sumatera. Warna airnya yang kadang berubah-ubah antara biru dan hijau juga menjadi daya tarik tersendiri Danau Linting Medan ini.

Baca juga Pantai Salju Medan.

Namun, karena banyaknya berita mistis yang beredar dan kurangnya perhatian dari pengelola, nama wisata danau ini semakin hilang dan tenggelam oleh Danau Toba.

Sejarah Danau Linting

Pemandangan Danau Linting Foto via Gmap.
Pemandangan Danau Linting Foto via Gmap.

Satu-satunya sumber yang dapat dipercaya tentang berita dan asal-usul danau ini adalah cerita dari masyarakat  sekitar. Menurut cerita yang berkembang, danau ini berasal dari sebuah ledakan vulkanik dan gempa yang dahsyat. Setelah bertahun-tahun dan berganti dengan hamparan air, belum diketahui sampai sekarang berapa kedalamannya.

Konon katanya dulu terdapat beberapa peneliti asing yang mencoba mengukur kedalaman danau. Dengan menggunakan alat sederhana, ketika mencapai kedalaman 100 meter, ternyata masih belum mencapai dasar danau. Sehingga proses pengukurannya tidak dilanjutkan. Terlepas dari kejadian itu, sampai sekarang belum diketahui berapa kedalaman Danau Linting Medan.

Dengan ukuran kedalaman yang belum diketahui, sangat tidak disarankan untuk para pengunjung berenang ke tengah danau. Hanya diperbolehkan untuk bermain-main atau berendam di pinggir danau. Karena terbentuk dari aktivitas vulkanik, danau ini mempunyai suhu air yang sangat hangat. Sangat cocok untuk aroma terapi ataupun berendam dengan memanfaatkan kehangatan airnya.

Dari pusat Kota Medan, Danau Linting Medan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak sekitar 70 Km. Bagi wisatawan yang datang dari luar daerah, disarankan untuk memakai Google Map karena rute yang harus ditempuh memiliki cukup banyak jalan yang berliku.

Sebenarnya jarak tersebut bisa dibilang dekat. Akan tetapi memang terasa jauh dikarenakan banyak persimpangan. Selain itu papan penunjuk arah juga minim. Itu sebabnya anda disarankan untuk menggunakan Google Maps.

Walaupun lokasi danau lebih dikenal berada di Desa Tiga Juhar, namun danau ini menjadi bagian dari tiga wilayah tiga desa. Oleh karena itu, alamat yang tepat untuk lokasi objek wisata ini ialah di Desa Sibunga-bunga, Desa Gunung Manumpak serta Desa Duiran IV Mbleang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kab. Deli Serdang.

Di sepanjang perjalanan menuju danau, wisatawan akan melewati jalan dengan kondisi menanjak dan menurun. Dengan memiliki beberapa belokan tajam dan jalan yang masih rusak dan sebagian berlubang. Walaupun demikian, selama perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang beraneka ragam.

Mulai dari hamparan sawah, bebukitan, kebun karet, kebun kelapa sawit, dan kebun kakao yang terbentang di kanan dan kiri jalan.

Baca juga Tiket Masuk The Le Hu Garden, Deli Serdang.

Aktivitas Wisata Di  Danau Linting

Jernihnya Air Danau Linting Foto Via Gmap.
Jernihnya Air Danau Linting Foto Via Gmap.

Berwisata di Danau Linting ini memang kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika bersama keluarga atau sahabat-sahabat anda. Banyak hal seru yang bisa anda lakukan di tempat wisata Danau Linting Medan ini. Berikut ini beberapa contohnya :

1. Berfoto Di Spot Foto Yang Unik

Meski baru dibuka dalam waktu 10 tahun terakhir, wisata danau ini cukup menyuguhkan beberapa pemandangan yang indah. Banyak pepohonan besar yang dilengkapi dengan fasilitas ayunan yang dapat menjadi spot foto favorit. Anda dapat berfoto dengan menaiki ayunan dengan berlatar belakang danau dan pepohonan yang hijau.

2. Piknik Sederhana

Selain itu, para wisatawan  dapat menyewa tikar dan menikmati suasana pemandangan di pinggir danau. Anda dapat membawa bekal dan menikmati makanan bersama keluarga dengan menggelar tikar yang sudah disewa dengan kisaran harga sewa Rp 10.000,00 sampai Rp 20.000,00, anda sudah menikmati pemandangan Danau Linting bersama keluarga.

3. Berendam Air Hangat

Aktivitas lainnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah berendam di tepian air danau. Dengan air hangat yang dimiliki danau ini, anda dapat merasakan relaksasi ketika berendam di dalam airnya. Walaupun terbentuk dari fenomena vulkanik, danau ini tidak mengeluarkan aroma belerang seperti tempat wisata lainnya.

4. Menikmati Makanan Khas Sekitar

Apabila anda merasakan kelelahan setelah perjalanan, di sini menyediakan beberapa warung makan yang dapat anda nikmati. Berbagai makanan khas Sumatera dapat anda temui di sini. Dengan harga yang terjangkau, anda sudah dapat menikmati makanan dengan menikmati pemandangan yang ada.

5. Mengunjungi Tempat Wisata Lainnya Yang Terdekat

Selain pemandangan danau, anda juga dapat menikmati wisata lainnya yang letaknya tak jauh dari sini. Yaitu Gua Emas, Gua Perak dan 8 Kolam Puteri. Jaraknya yang tak jauh dari Danau Linting Medan, bisa menjadi alternatif pilihan saat anda berwisata kesini.

Itulah beberapa informasi dan referensi mengenai Danau Linting Medan yang dapat anda jadikan pilihan ketika berkunjung ke Pulau Sumatera. Jadikan liburan dan wisata anda menjadi unik dan berkesan dengan mengunjungi wisata alam di Indonesia. Semoga bermanfaat dan informatif untuk rencana liburan anda bersama teman-teman dan keluarga.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0