Hutan Pinus Imogiri Mangunan Jogja 2021: Tiket Masuk & Ada Apa Saja?

Hutan Pinus Imogiri Mangunan By @pesonaimogiri
Hutan Pinus Imogiri Mangunan By @pesonaimogiri
0
(0)

Lokasi: Hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Imogiri, Bantul D.I.Yogyakarta
Map: Klik Disini
HTM: Rp 5.000,00
Jam Operasional: 09.00 – 17.00
No Telp: –

Apabila anda berwisata ke kota Yogyakarta, salah satu tempat yang wajib anda dikunjungi adalah hutan pinus Imogiri. Imogiri terkenal dengan spot-spot wisata yang instagramable yang letaknya saling berdekatan. Salah satunya adalah hutan pinus yang ada di Mangunan Imogiri yang berupa ribuan hamparan pohon pinus yang tinggi menjulang. Di sini juga terdapat beberapa spot foto seperti rumah pohon, panggung kayu, ayunan bertingkat dan masih banyak lagi.

Sebelum anda memutuskan untuk pergi kesana simak dahulu beberapa informasi tentang hutan pinus yang wajib anda ketahui. Yang akan menambah pengetahuan anda tentang tempat wisata ini, sehingga akan memaksimalkan liburan anda.

Sekilas Tentang Hutan Pinus Imogiri

Hutan Pinus Imogiri By @photonesia.
Hutan Pinus Imogiri By @photonesia._

Hutan pinus ini berada di daerah Mangunan, Dlingo, Imogiri selatan Yogyakarta. Tempatnya yang sedikit di dataran tinggi membuat pohon pinus tumbuh subuh di daerah ini. Kondisinya yang masih sangat alami sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga karena udaranya yang jauh dari polusi perkotaan.

Lokasinya yang juga ada di daerah pegunungan Mangunan, akan membuat anda menghirup udara yang sangat sejuk. Wisata ini dikelola oleh Resort Pengelola Hutan (RPH) Mangunan, sehingga akan sangat terjamin kelayakan dan kebersihan hutannya.

Kawasan yang ditanami pohon pinus tersebut bukan hanya untuk tujuan wisata, namun juga sebagai hutan lindung. Sebelum menjadi salah satu destinasi wisata, hutan ini adalah sebuah tanah tandus yang direboisasi. Bukan hanya pohon pinus, tapi juga ada banyak pohon lainnya seperti pohon mahoni, akasia, kemiri, dan kayu putih.

Ribuan hutan pinus berdiri tegak di lahan seluas 500 Ha yang akan menyejukkan udara ketika anda berada disana. Tak jarang hutan pinus Imogiri ini banyak dimanfaatkan oleh pasangan muda-mudi untuk melakukan sesi foto pre-wedding.

Bukan hanya untuk pre-wedding, para wisatawan banyak yang mengabadikan foto untuk kepentingan kebutuhan instagram mereka. Hutan pinus ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk liburan anda.

Lokasi Dan Tiket Masuk

Sebenarnya tidak ada rute transportasi untuk mencapai wisata ini, maka disarankan untuk membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Ketika anda sudah memasuki kawasan Mangunan Imogiri, anda tinggal mengikuti jalan arah pegunungan saja. Disana akan ada banyak petunjuk yang akan memudahkan perjalanan anda.

Para kontributor juga akan banyak yang berada di pinggiran untuk membantu mengarahkan anda. Karena memang wilayah Mangunan terkenal dengan banyaknya wisata yang letaknya sangat berdekatan. Untuk pohon pinus sendiri memang letaknya sedikit menanjak ke atas ke daerah pegunungannya.

Tiket masuk ke Hutan Pinus Imogiri Mangunan Jogja ini hanya sebesar Rp. 5.000 saja, sangat murah bukan. Selain itu Anda juga perlu membayar retribusi parkir sebesar Rp 3.000,00 untuk motor, Rp 5.000,00 untuk mobil, dan Rp 20.000 untuk bus. Cukup terjangkau bukan bahkan bisa dibilang liburan yang menyenangkan dan sangat ekonomis.

Spot Foto Hutan Pinus Imogiri 

Beberapa spot atau lokasi foto dapat anda nikmati ketika mengunjungi hutan pinus ini. Berikut spot foto yang akan menjadi rekomendasi untuk anda.

1. Hammock Di Atas Pohon Pinus

Hutan Pinus Imogiri By @yogyakarta
Hutan Pinus Imogiri By @yogyakarta

Mungkin terdengar asing di telinga anda. Hammock adalah kasur gantung yang berbentuk seperti ayunan  yang biasa digunakan para travelers untuk tidur atau sekedar istirahat. Bentuknya yang warna-warni akan terlihat indah jika anda berfoto dengan duduk atau tidur berurutan bersama teman-teman atau keluarga anda.

Hammock ini dipasangkan pada 2 pohon pinus yang jaraknya cukup berjauhan. Foto dengan hammock ini masih menjadi trend di kalangan anak muda. Namun, tetap harus berhati-hati dan waspada untuk menaikinya. Jangan sampai anda terluka atau cidera karena terjatuh dari ketinggian. Tapi tenang, akan ada pemandu untuk membantu dan memastikan keamanan anda.

2. Panggung Dan Bangku-Bangku Dari Kayu

Suasana Kabut di Hutan Pinus Imogiri By @lemakkbaikk
Suasana Kabut di Hutan Pinus Imogiri By @lemakkbaikk

Karena melihat banyaknya antusias dari masyarakat dan semakin terkenal hutan pinus Imogiri ini. Maka para kontributor menambah fasilitas atau spot foto yang ada. Termasuk panggung beserta tempat duduk penonton yang membentuk seperti theater yang dibuat dari kayu.

Bentuknya yang unik, alami dan artistik akan mendukung foto anda apabila diambil dengan sisi yang pas.

3. Rumah Pohon Dan Gardu Pandang

Fasilitas Spot Foto di Hutan Pinus Imogiri By @el qhwh
Fasilitas Spot Foto di Hutan Pinus Imogiri By @el_qhwh

Hampir setiap tempat wisata pegunungan difasilitasi dengan rumah pohon atau gardu pandang. Tak terkecuali hutan pinus ini. Di sini juga ada rumah pohon yang dapat anda jadikan spot foto yang bagus. Dengan melihat pemandangannya di bawahnya tentunya. Tapi harus tetap berhati-hati dan jaga kewaspadaan anda agar keselamatan tetap terjaga.

4. Pohon Pinus Dari Bawah

Spot Foto di Hutan Pinus Imogiri @ifansky photography
Spot Foto di Hutan Pinus Imogiri @ifansky_photography

Yang satu ini terkadang tak sempat lewat di pikiran mereka. Cobalah sesekali untuk berdiri di antara pohon pinus dengan pandangan menghadap ke atas. Dengan bidikan kamera dari bawah atau menuju ujung pohon-pohon pinus, anda akan mendapatkan pola daun-daun hutan pinus yang unik dan instagramable. Spot ini menjadi salah satu yang paling favorit bagi para wisatawan.

5. Hutan Pinus Berkabut

Suasana Kabut di Hutan Pinus Imogiri By @enrrahman
Suasana Kabut di Hutan Pinus Imogiri By @enrrahman

Jika anda ingin mendapatkan foto atau merasakan suasana hutan yang benar-benar alami dan sepi. Anda harus meluangkan waktu untuk datang ke hutan pinus Imogiri pada pagi hari sekitar pukul 05.00 – 06.00. Pohon pinus yang diselimuti kabut akan membuat foto anda terkesan benar-benar berada di hutan liar.

Pastikan anda tetap menjaga kebersihan hutan dengan berhati-hati membuang puntung rokok atau sampah sembarangan. Taati peraturan dan sopan santun untuk kelancaran liburan anda. Dan tidak dengan sengaja mencoret-coret ataupun merusak hutan pinus demi menjaga kelestariannya.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0