9 Oleh Oleh Khas Tasikmalaya yang Beragam

Oleh oleh Khas Tasikmalaya Foto By Radar Tasik
Oleh oleh Khas Tasikmalaya Foto By Radar Tasik
0
(0)

Selain dijuluki kota santri, Tasikmalaya merupakan salah satu kota yang maju akan sektor pariwisatanya. Banyak sekali hal yang bisa anda lakukan dan nikmati ketika anda berkunjung ke Tasikmalaya. Salah satunya yakni mengenal berbagai kuliner dan juga obyek wisatanya. Ketika anda berkunjung ke kota ini, tidak sah rasanya jika anda tidak belanja oleh oleh khas Tasikmalaya.

Oleh oleh yang ada di Tasikmalaya tidak hanya makanan saja, namun juga berupa cinderamata untuk nantinya bisa anda bawa pulang sebagai buah tangan. Jadi jika anda berkunjung ke kota ini, maka sudah pasti akan menemukan banyak makanan serta cinderamata khas.

Setelah anda puas dengan menjajah berbagai obyek wisata yang ada di Tasikmalaya. Anda juga tentunya wajib untuk menikmati berbagai kuliner yang ada di kota ini. Karena, oleh oleh khas Tasikmalaya mempunyai ciri dan keunikan tersendiri. Terlebih lagi rasanya yang membuat wisatawan ingin kembali lagi dan lagi ke Tasikmalaya.

9 Oleh oleh Khas Tasikmalaya

Di bawah ini merupakan beberapa oleh oleh khas Tasikmalaya yang sering dibeli oleh wisatawan. Di antaranya adalah :

Sale Pisang

Sale Pisang Oleh oleh khas Tasikmalaya Foto By oleh oleh tasikmalaya
Sale Pisang Oleh oleh khas Tasikmalaya | Foto By oleh oleh tasikmalaya

Oleh oleh yang pertama yakni sale pisang. Sale pisang merupakan salah satu oleh oleh yang menjadi primadona ketika wisatawan menjelajahi kota Tasikmalaya ini. Ketika anda hendak pergi ke Tasikmalaya, jangan pernah lewatkan untuk sekedar berkunjung ke tempat khusus oleh oleh yang menyediakan sale pisang. Sale pisang khas Tasikmalaya ini mempunyai keunikan tersendiri yakni di baluti dengan telur ayam lalu kemudian ditaburi tepung beras dan gula.

Semua bahan tersebut kemudian dicampur secara merata dengan cara digoreng. Sale pisangnya sendiri harus dijemur terlebih dahulu dengan tingkat ketebalan yang sudah disesuaikan. Sale pisang yang telah diukur ketebalannya tersebut pun harus dikeringkan dengan cara dijemur hingga benar-benar kering.

Kemudian, setelah semua proses telah dilakukan kemudian tahap terakhir digoreng dengan minyak yang panas lalu setelah masak dan sudah berwarna kuning sale pisang tersebut ditiriskan.

Opak Ketan Oven

Opak Ketan Oven Foto By Biggo
Opak Ketan Oven | Foto By Biggo

Oleh oleh khas Tasikmalaya selanjutnya adalah opak ketan oven. Bahan dasar dari opak ketan oven ini yaitu beras ketan yang dilengkapi dengan bahan lainnya. Alasan dinamakan opak ketan oven karena proses masaknya dengan cara di oven. Memasak dengan cara di oven, opak ini memiliki tekstur yang berbeda yakni semakin renyah.

Opak ketan oven memiliki 2 varian rasa yakni anda dapat memesan yang manis maupun yang asin. Pemilihan rasa ini bisa disesuaikan dengan selera anda. Opak ketan oven khas Tasikmalaya ini memiliki rasa yang khas serta didominasi oleh rasa gurih dan manis. Sehingga jika anda mencobanya, maka akan merasa ketagihan dan juga ingin selalu membelinya setiap anda berkunjung ke Tasikmalaya.

Opak ketan oven ini sangat cocok untuk dijadikan teman bersantai di pagi atau malam hari. Apalagi bentuknya yang bulat pipih, jadi mudah untuk dikonsumsi dimanapun. Bagi anda yang jarak tempuh rumahnya jauh, jangan khatir karena opak ketan oven awet untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Sambal Goang

Sambal Goang Foto By Harapan Rakyat
Sambal Goang Foto | By Harapan Rakyat

Oleh oleh yang selalu banyak dicari dan diburu oleh wisatawan apalagi ibu-ibu yakni sambal goang. Sambal goang merupakan salah satu sambal yang dibuat dengan bahan dasar tentunya cabe yang berjenis rawit. Bumbu pelengkap lainnya sama saja seperti sambal lain, yaitu bawang merah dan bawang putih. Selanjutnya ada bumbu pelengkap satu ini yang membuat sambal ini terasa enak sekali yakni kencur yang disiram minyak panas.

Untuk membayangkannya saja mungkin anda merasa sangat tergiur dengan sambel goang khas Tasikmalaya ini. Apalagi sambal goang ini cocok disajikan dengan nasi panas dan juga teman makan lainnya. Anda bisa menggabungkan sambal goang bersama lauk pauk seperti aneka pepes, goreng ikan dan juga goreng ayam.

Jangan lupa anda harus menyertakan lalapan sebagai pelengkap hidangan yang sempurna ini. Sambal goang sangat identik dan cocok dipadu padankan dengan makanan khas sunda. Ketika anda berkunjung ke tempat makan yang ada di Tasikmalaya, tentunya anda bisa dengan mudah menemukan sambal goang ini.

Sambal goang khas Tasikmalaya sudah tersedia secara kemasan di tempat pusat oleh oleh khas Tasikmalaya. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk dibawa ke rumah sebagai cadangan jika anda tidak bisa pergi ke Tasikmalaya. Sambal goang tersebut bisa menjadi obat ketika anda belum berkesampatan untuk ke Tasikmalaya lagi.

Ladu Ketan

Ladu Ketan Foto By Cook Pad
Ladu Ketan | Foto By Cook Pad

Oleh oleh khas Tasikmalaya selanjutnya yaitu ladu ketan. Ladu ketan ini banyak diburu oleh wisatawan karena memiliki cita rasa yang khas dan juga sangat nikmat. Ladu ketan ini tentunya terbut dari ketan yang berjenis ranggey. Lalu, dilengkapi dengan bahan pendukung lainnya seperti kelapa dan gula aren. Ladu ketan khas Tasikmalaya ini mempunyai bentuk yang mirip dengan dodol namun dengan versi besar.

Ladu ketan memiliki rasa yang manis dan gurih dari kelapa yang harum serta menggugah selera. Ladu ketan ini cocok sekali dinikmati dengan air teh panas sambil bersantai ketika anda memiliki waktu luang. Jadi memang ladu ketan ini cocok anda konsumsi untuk makanan teman ngobrol atau sekedar nyemil ketika siang hari.

Ladu ini memiliki tekstur yang kenyal, maka dari itu ladu sering dikatakan sebagai dodol yang ukurannya besar. Tetapi, sebenarnya dari  segi rasa sudah jelas berbeda. Pada zaman dahulu, jika masyarakat Tasikmalaya ini menikmati ladu, mereka harus menunggu setahun karena ladu ketan ini diproses pada hari Raya Idul Fitri saja.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, ladu ketan ini sudah bisa didapatkan setiap hari dan banyak diproduksi oleh pusat oleh oleh khas Tasikmalaya. Harga yang di bandrol pun cukup beragam yakni dari Rp20.000/ 15 pcs.

Kolontong

Kolontong Foto By Kuliner Kota
Kolontong | Foto By Kuliner Kota

Kolontong adalah sebuah cemilan dengan bahan dasar tepung ketan putih yang ditambahkan lagi dengan gula merah dan juga gula pasir. Kolontong ini sekarang sudah tidak sulit lagi ditemukan karena di tempat oleh oleh khas Tasikmalaya pun sudah tersedia dengan berbagai macam ukuran.

Siapa sangka, ternyata pembuatan kolontong ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Proses membuatnya ini membutuhkan waktu yang lama dan perlu ketelitian. Kolontong ini sangat digemari oleh para wisatawan karena memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang ringan juga renyah. Sehingga kolontong ini cocok untuk dijadikan sebagai oleh oleh ketika anda sedang berkunjung ke kota Tasikmalaya.

Saat ini, hampir setiap tempat oleh oleh khas Tasikmalaya menyediakan kolontong.  Cita rasa dari kolotong ini sangat khas. Sehingga tidak sedikit wisatawan yang sering memborong makanan manis satu ini. Untuk harga yang dibandrol pun tidak terlalu mahal, 1kg kolontong dalam kemasan dijual dengan harga Rp20.000 saja.

Kalua Jeruk Khas Tasik

Kalua Jeruk Foto By Java Travel
Kalua Jeruk | Foto By Java Travel

Ketika anda berkunjung ke pusat oleh oleh khas Tasikmalaya, anda akan dengan mudah untuk menemukan kalua jeruk. Karena kalua jeruk ini hanya tersedia di Tasikmalaya saja. Ini merupakan salah satu oleh oleh yang cukup terkenal dan selalu dijadikan buah tangan andalan ketika wisatawan sedang berkunjung ke Tasikmalaya.

Keunikan dari kalua jeruk ini yakni terbuat dari kulit jeruk yang dipadukan dengan gula aren sehingga rasanya manis. Sekarang, kalua jeruk ini sudah mempunyai varian rasa yang beragam sehingga anda bisa memilih varian apa saja yang akan anda jadikan buah tangan untuk orang-orang tersayang.

Citruk

Citruk Oleh oleh Khas Tasikmalaya Foto By Itrip
Citruk Oleh oleh Khas Tasikmalaya| Foto By Itrip

Citruk merupakan singkatan dari “ aci ngagetruk” atau jika diubah ke dalam bahasa indonesia yakni aci yang keras. Namanya juga sudah terdengar unik, pantas saja ini merupakan salah satu oleh oleh khas Tasikmalaya yang tidak dapat anda temukan dimana-mana kecuali di Tasik.

Bahan dasar dari citruk ini yakni kerupuk. Kerupuk ini dibuat dari tepung terigu dan tepung kanji dan dibentuk menyerupai uang koin. Memang ciri khas dari citruk ini adalah kerasnya, namun tidak sekeras yang anda bayangkan. Rasa dari citruk ini yakni asin dan juga gurih sehingga akan membuat anda ketagihan.

Citruk ini cocok dipadukan dengan makanan yang berkuah pedas seperti bakso. Apalagi jika anda memakan bakso dan citruk ini sedang dalam cuaca dingin, kondisi tersebut akan semakin meningkatkan nafsu makan. Citruk merupakan makanan khas tasik yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya karena dilengkapi dengan cita rasa yang kekinian.

Godeblag

Godeblag Foto By Bandoeng
Godeblag | Foto By Bandoeng

Godeblag merupakan makanan khas Tasikmalaya selanjutnya. Godeblag ini tentunya tidak dapat ditemui di kota manapun selain Tasik. Godeblag ini merupakan makanan yang bahan dasarnya dari singkong dan juga diberikan bumbu tambahan lainnya. Rasa dari godeblag ini yakni perpaduan rasa asin dan juga gurih. Sehingga, siapapun yang memakan makanan khas Tasikmalaya ini tentu akan ketagihan. Untuk dapat menemukan makanan khas ini yakni anda dapat menjumpainya di pasar Tradisional di daerah Manonjaya.

Kini anda tidak perlu susah untuk bisa menemukan makanan khas Tasikmalaya. Ada banyak toko yang menjual berbagai macam oleh oleh. Jadi anda tidak perlu takut kehabisan jika memang ingin membeli godeblag ini.

Batik Tasikmalaya

Batik Tasikmalaya Foto By Rizki Abdillah
Batik Tasikmalaya | Foto By Rizki Abdillah

Selain makanan yang menjadi ciri khas di Tasikmalaya, ternyata ada juga cinderamata yang menjadi ciri khas dari kota ini salah satunya yakni batik Tasikmalaya. Banyak yang tidak mengetahui, bahwa Tasikmalaya mempunyai batik yang memiliki ciri khas tersendiri yang sangat cocok untuk dijadikan buah tangan. Banyak berbagai motif yang sangat cocok untuk di jadian sebagai baju pasangan bersama keluarga.

Motif dari batik Tasikmalaya ini terlihat sederhana, pluralis dan juga terbuka. Motif batik Tasikmalaya yang sudah sangat melegenda yakni batik Sukapura, Batik Tasik dan juga Batik Sawoan. Warna dari batik Tasikmalaya sendiri ini pun terkesan lebih mencolok seperti contohnya ada warna merah, cokelat, biru, hijau dan ungu. Harga dan motif yang ditawarkannya pun cukup beragam dan tidak terlalu mahal sehingga anda dapat memilih mana yang merupakan selera anda.

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai oleh oleh khas Tasikmalaya yang sangat beragam. Oleh oleh dari kota ini memang didominasi oleh makanan khasnya. Namun, ternyata Tasikmalaya juga memiliki oleh oleh berupa barang yang bisa anda beli sebagai kenang-kenangan setelah pulang dari Tasikmalaya.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0