Harga Tiket Masuk Pantai Ancol Jakarta Oktober 2021 dan Buka Jam Berapa

Pemandangan di Pantai Ancol by Gmap.
Pemandangan di Pantai Ancol by Gmap.
0
(0)

Lokasi : Jalan lodan timur nomor 7, rw 10, Ancol, Pademangan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430
Map : Klik Disini
HTM : Rp. 25.000
Operasional :
Hp :

Taman impian jaya ancol sampai saat ini masih menjadi salah satu primadona destinasi wisata bagi para pelancong di tanah air. Ini dibuktikan dengan selalu tingginya angka kunjungan wisatawan setiap tahunnya ke objek wisata yang terletak di Jakarta bagian utara itu. Setiap harinya, masing-masing spot atau wahana wisata selalu ramai oleh para pengunjung dari Jakarta ataupun dari daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Nah untuk anda yang akan berlibur ke taman impian jaya ancol, berikut ini kami akan mereview beberapa spot wisata, khususnya wisata pantai di taman wisata tersebut. Kami yakin, informasi mengenai hal ini, akan bermanfaat sebagai bekal agar liburan indah di sana bisa terwujud.

Yuk disimak.

Sejarah taman impian jaya ancol

Taman Impian Jaya Ancol
Taman Impian Jaya Ancol

Sebelum membahas apa saja spot wisata pantai di ancol, perlu kiranya kami ulas sedikit mengenai latar belakang atau sejarah dari dibangunnya taman wisata ini sendiri.

Mengutip ulasan dari Wikipedia, Ancol, kemudian lebih dikenal dengan sebutan taman impian jaya ancol, merupakan sebuah objek wisata yang dibangun pada tahun 1954 oleh pemerintah DKI Jakarta, dengan tujuan untuk menyediakan spot wisata terpadu bagi masyarakat.

Kala itu, pemerintah DKI Jakarta mempercayakan proyek pembangunannya pada pt. Pembangunan jaya sebagai badan pelaksana pembangunan (BPP).

Ancol pun kemudian mulai dibangun secara bertahap sambil menyesuaikan tingkat ekonomi nasional serta daya beli masyarakat.

Kemudian pada tahun 1966, pemerintah DKI kemudian me-lauching objek wisata ini seiring dengan sudah rampungnya proses pembangunannya.

Keindahan taman impian jaya ancol

Sebagai sebuah objek wisata terpadu, taman impian ini tidak hanya menawarkan satu jenis spot wisata saja. Di sini bisa kita temukan banyak sekali jenis objek wisata dan model permainan untuk anak-anak sampai orang dewasa.

Mungkin anda pernah mendengar taman wisata DUFAN, jika anda belum mengetahui, ini adalah salah satu contoh taman bermain di sana.

Lanjut.

Namun dari sekian banyak jenis taman bermain, kita bisa menyimpulkan bahwasanya objek wisata yang tersedia di sana terdiri dari dua sub jenis, yaitu taman wisata pantai dan taman bermain.

Untuk taman bermain sendiri, kurang lebihnya terbagi menjadi 9 wahana yaitu wahana gondola, alive museum, faunaland, pasar seni, atlantis water adventure, ocean ecopark, dunia fantasi, seaworld, dan ocean dream samudra.

Sedangkan untuk taman wisata pantai, terbagi menjadi 6 wahana yaitu pantai ria, beach pool, indah, karnaval, festival, dan marina. Ulasan selengkapnya akan kami ulas sebentar lagi.

Pantai di taman impian jaya ancol

Keramaian di Pantai Ancol by Gmap.
Keramaian di Pantai Ancol by Gmap.

1. Pantai ria

Pantai ria adalah pantai pertama yang akan menyambut para wisatawan saat memasuki area taman ini melalui gerbang timur.

Pantai ini dihiasi oleh hamparan pasir putih dan ratusan pohon kelapa yang siap menjadi peneduh tatkala kepanasan. Di sini juga terdapat sebuah tempat bermain bagi anak-anak dengan bentuk bangunan menyerupai kapal, lengkap dengan seluncuran dan jembatan kecil.

Anda bisa mengajak si kecil untuk menjelajah ke bagian dalam bangunan sembari sesekali melihat tawa kecilnya meluncur dari atas seluncuran.

Yang perlu diperhatikan adalah anda ataupun anak-anak sangat dianjurkan untuk tidak berenang karena kontur dasarnya agak curam.

Untuk orang dewasa, disini aktivitas yang biasanya dilakukan ialah bersepeda atau jogging di area jogging track.

2. Beach pool

Puas bermain bersama anak-anak di pantai ria, bergeser sedikit ke sebelah kanan, ada ancol lagoon atau beach pool yang bisa disinggahi.

Jika di pantai ria anak kecil ataupun orang dewasa dilarang untuk berenang, di sini anda dan anak-anak bisa melakukan aktivitas tersebut sepuasnya. Di sinilah tempat paling aman dan nyaman untuk berenang dan bermain air.

Selain itu, beach pool juga menjadi tempat menarik dan romantis bagi pasangan muda mudi yang ingin mengabadikan momen mereka.

Spot tersebut adalah jembatan cinta yang merupakan penghubung ke pulau bende – pulau kecil yang terletak di dekatnya.

Di sinilah biasanya para wisatawan akan menghabiskan waktu sore harinya sambil berselfie ataupun menikmati indahnya momen ketika matahari kembali ke peraduannya.

3. Pantai indah

Bagi anda yang doyan berburu kuliner, di ancol, tepatnya sebelah timur beach pool, terdapat pantai indah yang menjadi pusat spot kuliner atau resto-resto populer di jakarta seperti segarra resto dan jimbaran cafe & resto.

Selain itu, spot berbelanja seperti plaza indah serta penginapan seperti hotel mercure juga berlokasi di sini.

4. Pantai karnaval

Di lokasi yang sama dengan pantai indah, ada pantai karnaval dengan keindahan yang hampir sama.

Bedanya, di sini sering dijadikan sebagai lokasi perayaan hari-hari besar dan hari libur nasional. Hal ini karena pesisirnya menghadap langsung ke laut jawa memang sangat luas, sehingga memungkinkan untuk menampung banyak pengunjung.

5. Pantai festival

Melangkahkan kaki ke arah barat, kita selanjutnya akan sampai di pantai festival. Jika anda datang bersama keluarga, maka di sinilah sebaiknya anda menghabiskan waktu.

Di sini ada beragam aktivitas yang bisa anda lakukan bersama keluarga. Misalnya menikmati suasana laut dari sebuah dermaga kayu, berfoto ria di tengah jembatan, menaiki wahana gondola, dan juga menikmati lezatnya menu di beberapa restoran tepi pantai.

6. Pantai marina

Pantai terakhir yang menjadi penutup dari rangkaian penjelajahan di ancol ialah pantai marina.

Selain sebagai tempat rekreasi, ia juga menjadi tempat berlabuh bagi kapal-kapal pribadi ataupun kapal pesiar, untuk menyeberang ke kepulauan seribu.

Pantai marina juga sering dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding. Latar dermaga dengan puluhan kapal tertambat, ternyata mampu menghasilkan nuansa foto yang terkesan sangat unik dan menarik.

Alhasil, dermaga ini sekarang telah menjadi salah satu spot foto pre-wedding populer di jakarta.

Taman impian jaya ancol terletak di kota tua jalan lodan timur nomor 7, rw 10, ancol, pademangan, daerah khusus ibukota jakarta 14430.

Untuk sampai di kawasan wisata ini, ada beberapa jalur atau rute yang bisa ditempuh.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi, rute menuju ancol dengan asumsi kedatangan dari arah tasikmalaya, bandung, sumedang, ciamis, garut atau sekitarnya ialah melalui jalur tol jakarta-cikampek menuju arah bekasi timur.

Lalu dari tol kemayoran, ikuti saja jalan r.e. Martadinata hingga jalan lodan raya sampai menemukan pintu masuk.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, berlibur ke ancol juga bisa dilakukan dengan sarana transportasi umum seperti bus transjakarta ataupun bus dalam kota.

Untuk memudahkan wisatawan, di lokasi yang tidak terlalu jauh dari objek wisata ancol juga sudah banyak dibangun halte bus ancol sebagai titik perhentian terakhir bagi bus-bus wisatawan.

Dari sinilah kemudian para wisatawan bisa memilih gerbang terdekat untuk masuk ke kawan wisata ancol.

Harga tiket masuk pantai ancol

Pasir Putih Pantai Ancol.
Pasir Putih Pantai Ancol.

Kawasan wisata taman impian jaya ancol berikut semua kemegahannya bisa kita nikmati dengan biaya sangat murah.

Di tahun 2019 ini, harga tiket masuk ke ancol hanya Rp. 25.000 untuk pengguna mobil, Rp. 15.000 untuk roda dua, dan Rp. 45.000 untuk bus. Bila membandingkan dengan apa yang akan kita dapatkan di dalam, tentu harga ini sangatlah murah bukan ?

Oh ya, selain termasuk biaya parkir, harga tiket masuk di atas juga sudah terhitung biaya untuk menikmati semua objek wisata pantai serta fasilitas umum di ancol.

Biaya tambahan baru akan kita keluarkan apabila kita ingin mencoba wahana-wahana seperti dunia pantasi, ocean dream samudra, dan lain-lain. Atau, mencoba fasilitas wisata bahari seperti banana boat, kayak, dan lainnya.

Penginapan di sekitar pantai ancol

Di kawasan ancol ataupun di sekitarnya saat ini telah banyak dibangun hotel atau penginapan yang memang disediakan untuk para pengunjung yang ingin menginap.

Jadi bagi pelancong yang ingin menikmati keindahan ancol lebih dari sehari, maka bisa menyewa salah satu penginapan-penginapan tersebut.

Bagi yang memiliki budget banyak, hotel besar seperti mercure hotel atau discovery hotel bisa jadi pilihan. Keduanya akan memberikan kenyamanan bermalam dengan segala fasilitasnya yang lengkap.

Sedangkan bagi yang mengingini suasana bermalam yang lebih indah dan unik, maka bisa mencoba cottage-cottage yang ada di pulau bidadari di kepulauan seribu.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0