Pantai Bama Banyuwangi Snorkeling, HTM Juli 2021 + Akses ke Lokasi Wisata

Icon Pantai Bama by Gmap
Icon Pantai Bama by Gmap
0
(0)

Alamat: Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Indonesia 68374
Google Map: Klik Disini
Harga Tiket Masuk (HTM): Rp 15.000 Wisatawan Domestik, Rp 150.000 Wisatawan Mancanegara
Jam Buka: Setiap Hari Pukul 8 Pagi Sampai 4 Sore
Nomor Telepon: 

Menyebut nama Bama, mungkin pemikiran orang bisa berbeda – beda. Pasalnya, di Indonesia sendiri terdapat dua pantai dengan nama Bama, yang satu berada di Pandeglang, Banten, sementara yang satunya berada di Situbondo, Jawa Timur.

Kali ini, akan dibahas mengenai Pantai Bama yang berada di Jawa Timur. Pantai Bama ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Baluran, jadi untuk menuju ke tempat ini pun harus melewati padang savana dan bertemu dengan hewan liar terlebih dahulu.

Keindahan Pantai Bama

Indahnya Pantai Bama by Gmap
Indahnya Pantai Bama by Gmap

Menurut artikel di Wikipedia, secara administratif Pantai Bama terletak di Kabupaten Situbondo, meskipun lokasinya sendiri berada di wilayah Situbondo dan Banyuwangi. Hal ini dikarenakan lokasinya yang masih menjadi satu kawasan di Taman Nasional Baluran.

Pantai Bama menjadi alternatif pilihan menghabiskan waktu setelah pengunjung berwisata di Savana Bekol, Taman Nasional Baluran. Sebenarnya, di tempat ini terdapat pantai lainnya, yaitu Pantai Balanan dan Pantai Bilik.

Pantai Bama sendiri bukan termasuk pantai yang ramai dikunjungi. Hal ini terbukti dengan tidak terlalu penuhnya pengunjung di objek wisata ini. Padahal, sayang sekali jika sudah berkunjung ke Taman Nasional Baluran dan tidak menyempatkan waktu ke sini.

Objek wisata ini memiliki pasir putih yang halus serta air laut yang jernih. Jernihnya air laut pun didukung dengan ombak yang tidak terlalu besar. Menjadikan bersantai di tepiannya merupakan hal yang sangat menyenangkan.

Di sini, Anda tidak perlu takut kepanasan karena di sisi lain pantai terdapat hutan mangrove dan jajaran pohon teduh. Pepohonan ini sengaja dijadikan ekosistem hutan pantai. Sehingga, tidak hanya memberi kesan teduh, tapi juga memberi habitat bagi hewan – hewan di sekitarnya.

Kawanan burung endemik Jawa Timur dan beberapa kera sesekali menampakkan diri, menunjukkan eksistensi mereka. Tapi perlu diingat, jangan pernah mengganggu mereka apalagi merusak habitat mereka. Mereka pun tidak akan mengganggu para pengunjung.

Bawah laut Pantai Bama pun menyimpan keindahan tersendiri. Banyak sekali terumbu karang dan ikan berwarna – warni di perairannya. Ombak yang kecil serta air yang jernih menjadikan lautnya menjadi tempat yang pas bagi para ikan untuk hidup.

Anda bisa melakukan snorkeling di sini. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling dari para pedagang di sekitar.

Jika Anda tidak terlalu suka dengan kegiatan di dalam air, Anda bisa menikmati berjalan santai di hutan mangrove. Tidak perlu menyusuri sungai dengan perahu karena Anda bisa berjalan saja.

Di hutan mangrove ini terdapat mangrove trail, yaitu jalan yang di bangun di atas permukaan. Jalanan ini kecil, cukup untuk berjalan dua orang berdampingan, semacam jembatan atau dermaga.

Jalan ini dibuat untuk melintasi hutan mangrove, sehingga Anda tidak perlu basah terkena air atau cipratan air untuk masuk ke hutan mangrove. Uniknya, pohon mangrove di sini memiliki akar jangkar dengan ukuran sangat besar hingga bisa dinaiki orang dewasa.

Jika Anda terus menyusuri mangrove trail hingga ke ujung, maka Anda akan menjumpai gazebo. Di sini, Anda bisa bersantai sejenak sambil menikmati keindahan alam dan sejuknya udara.

Jika ingin memancing, di sini Anda juga dapat memancing. Beberapa ikan air tawar hidup di sekitar hutan mangrove. Tak jarang, beberapa warga sekitar pun datang untuk memancing di sini.

Kunjungi juga Pantai Bangsring Banyuwangi yang memiliki pemandangan tak kalah indah.

Bermalam Menyatu dengan Alam di Pantai Bama

Laut dan Hutan Mangrove Pantai Bama by Gmap
Laut dan Hutan Mangrove Pantai Bama by Gmap

Bagi Anda yang memutuskan untuk bermalam di Pantai Bama, tentu saja dapat dilakukan. Anda yang senang dengan kegiatan alam bisa mencoba camping di area pantai.

Tapi harus tetap berhati – hati karena masih banyak monyet berkeliaran yang sering mengambil barang milik pengunjung, baik itu makanan, minuman, atau benda lainnya.

Selain camping, Anda juga bisa menyewa penginapan yang tersedia di sini. Terdapat homestay yang dapat Anda sewa. Harganya pun berkisar mulai dari Rp 100.000. memang di sini belum terdapat hotel, tapi guest house cukup membuat acara bermalam di pantai menjadi nyaman.

Highlight trip ketika bermalam di sini adalah menyaksikan sunrise beach dan sunset di tepi pantai. Pantai Bama sendiri menghadap ke timur, sehingga Anda akan melihat keindahan matahari seolah muncul dari laut. Jangan lupa untuk mengabadikan gambar dan berfoto ria di momen indah ini.

Menuju Pantai Bama terbilang mudah, Anda bisa menggunakan akses jalur dari Bayuwangi atau Situbondo dengan kendaraan pribadi. Anda bisa mengakses peta online untuk menunjukkan lokasinya.

Sementara jika Anda menggunakan kendaraan umum dan naik kereta api, Anda bisa turun di Stasiun BWI Baru. Dari sini, Anda lanjutkan berjalan kaki menuju terminal Sri Tanjung Ketapang karena jaraknya cukup dekat.

Dari sini, lanjutkan perjalanan dengan bus menuju Surabaya. Mintalah sopir untuk mengantar ke Taman Nasional Baluran.

Baca juga Pantai Wedi Ireng Banyuwangi.

Fasilitas di Pantai Bama

Wisata mangrove di pantai Bama by Gmap
Wisata mangrove di pantai Bama by Gmap

Menjadi objek wisata membuat tempat ini semakin lengkap dengan berbagai fasilitas dan accommodation yang sangat membantu serta memudahkan kebutuhan pengunjung.

Di sini terdapat warung makan, tempat istirahat, gazebo, kamar mandi, kamar bilas, mushola, penyewaan alat snorkeling serta camping ground. Penginapan pun disediakan bagi pengunjung yang akan bermalam tidak dengan camping.

Oleh karena itu, jangan khawatir untuk bermalam di sini. Jika beramai – ramai dengan teman, pasti lebih asyik karena Anda bisa menghabiskan malam sambil bernyanyi ria di tepi pantai.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0