Pantai Derawan Kaltim, HTM Oktober 2021, Alamat + Akses Ke Wisata

Icon Pantai Derawan by Gmap
Icon Pantai Derawan by Gmap
0
(0)

Alamat: Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur 77381
Lokasi (Google Maps): Klik Disini
Harga Tiket Masuk (HTM): Gratis
Jam Buka: Setiap Hari Selama 24 Jam
Nomor Telepon: 

Suatu hal yang indah biasanya tersembunyi. Inilah ungkapan yang kiranya cocok untuk Pantai Derawan.

Kaltim memiliki destinasi wisata dengan pemandangan yang masih asli dan tentunya sangat indah. Seperti Kepulauan Maratua, Danau Labuan Cermin, Danau Kakaban, Kota Tarakan yang bersejarah, Pulau Gusung, dan tentunya Pantai Derawan.

Pemerintah Kalimantan saat ini pun tengah gencar mempromosikan pariwisatanya. Dan yang kini tengah hangat dibicarakan serta mulai banyak dikunjungi adalah Pantai Derawan.

Pesona Keindahan Surga di Pantai Derawan Kaltim

Pasir putih Pantai Derawan by Gmap
Pasir putih Pantai Derawan by Gmap

Jika disandingkan dengan Raja Ampat di Papua, mungkin nama Derawan belum bisa menandingi. Namun, keindahannya patut untuk diakui. Dan ternyata, Derawan Island dan Raja Ampat dua kluster bahari yang ada di Indonesia.

Perkembangannya didukung denga pola Destination Management Orgazination. Hal ini dimaksudkan karena pengembangan lokasi ini difungsikan untuk kluster warisan budaya, taman alam, serta ekowisata.

Kepulauan Derawan juga telah ditetapkan Menteri Pariwisata sebagai desa wisata. Hal ini dikarenakan wisata bahari yang terdukung. Tentu saja masyarakat sekitar pun mendapatkan manfaatnya dari pariwisata ini.

Perekonomian masyarakat mulai berkembang, ada yang membuka bisnis makanan, penyewaan alat-alat selam atau snorkeling, membuka guest house, hingga membuka jasa open trip.

Jika berkunjung ke Pulau Derawan, jangan hanya bermain di pantainya saja. Tapi sempatkan juga untuk berkunjung ke pulau di sekitarnya, yaitu Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, serta Pulau Maratua. Tempat tersebut juga tak kalah indahnya dari Pantai Derawan.

Pantai Derawan sendiri memiliki pasir pantai putih serta air laut biru kehijauan yang sangat indah. Air lautnya pun tenang, ombaknya tidak terlalu besar. Oleh karena itu, sangat memungkinkan untuk melakukan olahraga air di pantai.

Jangan lewatkan untuk snorkeling dan diving di bawah laut. Di sini, terdapat banyak sekali ikan warna-warni dan terumbu karang nan cantik.

Resort di Pantai Derawan by Gmap
Resort di Pantai Derawan by Gmap

Pastikan Anda mengeksplor bawah laut saat cuaca cerah. Karena ketika cuaca cerah, jarak pandang cukup jauh yaitu 20 meter. Waktu penyelaman juga lebih fleksibel, bisa pagi, siang, ataupun sore.

Memang lokasi penyelaman cukup terbatas, karena hanya berada pada sekitar dermaga. Namun, lokasi ini cukup memuaskan karena Anda akan menemukan banyak sekali spesies hewan laut indah.

Jika tidak berminat untuk mengeksplor bawah laut, Anda juga dapat melakukan kegiatan lain seperti naik perahu.

Meskipun hanya naik perahu di atas laut, Anda tetap dapat menikmati keindahan bawah lautnya karena air yang bening membuat terumbu karang dan ikan-ikan kecil tampak terlihat dari permukaan air.

Selain itu, di sini juga ada banana boat. Anda bisa memacu adrenalin mengendarai perahu karet berbentuk pisang, dibawa dengan kecepatan tertentu lalu dihempaskan di laut. Tentu akan menjadi permainan yang mengasyikkan, apalagi bersama teman atau keluarga.

Pantai Derawan terkenal dengan pemandangan sunset nya yang indah. Tak jarang orang-orang sengaja menghabiskan waktu hingga sore atau malam hari di sini, tujuannya untuk berburu sunset.

Biasanya, wisatawan akan menunggu terbenamnya matahari di jembatan dari susunan kayu yang ada di tepi pantai. Jangan lupa, siapkan foto untuk mengambil banyak gambar dengan matahari terbenam ini.

Selain keindahan matahari terbenamnya, Pantai Derawan adalah tempat penangkaran penyu hijau. Di sini Anda bisa melihat secara langsung proses penyu-penyu tersebut bertelur.

Tidak hanya itu, di waktu-waktu tertentu ada acara pelepasan anak penyu hijau dimana disebut tukik, ke laut lepas. Anda dapat mengajak buah hati Anda untuk melepaskan tukik sambil belajar mengenai kehidupan penyu.

Keindahan Pantai Derawan by Gmap
Keindahan Pantai Derawan by Gmap

Jika Anda tidak ingin basah-basahan, Anda bisa berkeliling saja baik di perairan ataupun di daratan. Di perairan, Anda dapat berkeliling dengan menggunakan kapal atau speedboat denga biaya sewa Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000 per hari.

Sementara jika ingin menikmati keindahan daratannya, Anda juga bisa menyewa sepeda. Pulau Derawan tidak terlalu besar, jadi cukup berkeliling satu hari akan membuat Anda Puas.

Setelah puas berkeliling dan puas menikmati liburan di Pantai Derawan, ada baiknya membeli souvenir sebagai kenang-kenangan atau oleh-oleh. Kebanyakan penjual souvenir adalah penduduk Pulau Derawan sendiri, yaitu masyarakat Suku Bajou.

Dengan membeli souvenir di sini, Anda juga telah membantu perekonomian masyarakat setempat. Dan lebih menyenangkan lagi, Anda dapat berinteraksi langsung dan saling bertukar cerita dengan penduduk asli.

Di sini pun tak sedikit para bakcpacker yang mendirikan tenda camping. Jadi, mereka sengaja bermalam di sini.

Jika ingin melakukan tour ke Pantai Derawan, ada baiknya Anda menyaksikan video tentang tempat ini di

YouTube. Jangan sampai menyesal, karena menurut Wikipedia ada banyak tempat lain yang dapat dikunjungi selain Pantai Derawan.

Rute Menuju Pantai Derawan

Resort Pantai Derawan by Gmap
Resort Pantai Derawan by Gmap

Bagi Anda berencana melalui jalur udara dengan naik pesawat terbang, carilah penerbangan menuju bandara Balikpapan. Untuk dapat menuju Kepulauan Derawan, Anda bisa memilih penerbangan melewati Tarakan.

Setelah sampai di Tarakan, lanjutkan perjalanan dengan menyewa speedboat. Ini akan menguntungkan jika Anda datang bersama rombongan, karena harga speedboat akan jauh lebih murah.

Sementara dari jalur darat, setelah sampai di Balikpapan, lanjutkan perjalanan ke Samarinda. Anda dapat menggunakan bus atau travel, akses jalannya pun mudah. Harga travel dari Samarinda menuju Tanjung Redeb membutuhkan biaya Rp 300.000.

Jika perjalanan dari Tanjung Redeb dilanjutkan ke Tanjung Batu, maka gunakan travel denga biaya Rp 150.000. Setelah itu, Anda bisa menyewa speedboat dari Tanjung Batu menuju Pulau Derawan dengan biaya sewa Rp 100.000.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, dari arah kota lain, Lampung misalnya, cara menuju lokasi ini juga mudah. Anda tinggal mengaktifkan aplikasi Google Maps dan mengikuti letak arah yang ditunjukkan. Di Google Maps pun memuat berbagai informasi seputar tempat makan, SPBU, toilet, serta tempat ibadah.

Jika ingin menginap, kebanyakan wisatawan akan mencari penginapan di Tanjung Redeb. Di sana ada banyak pilihan, mulai dari hotel hingga resort.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0