Pantai Drini Jogja 2022 : Lokasi, Tiket Masuk & Jam Buka

Pantai Drini Jogja
Pantai Drini Jogja
1
(1)

Lokasi: Jl. Drini Tim., Wonosobo, Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
MAP: Klik Disini
Tarif: Rp. 10.000 / orang
Jam Operasional: Setiap Hari (24 Jam)
Nomor Telepon:

Wisata Pantai Drini menjadi salah satu objek wisata di Jogja yang wajib untuk dikunjungi. Hal tersebut telah diakui oleh banyak para wisatawan yang telah datang ke pantai Jogja ini, mereka secara umum mengakui keindahannya dan merasa cukup puas dapat berlibur di sekitar kawasannya. 

Jogja sendiri memiliki nilai plus lebih jika dibandingkan kota-kota lainnya di Indonesia, lalu mengapa hal tersebut bisa terjadi? ya, tentulah bukan sebuah rahasia jikalau Jogja memiliki segudang potensi dari berbagai aspek dan pastinya kamu cukup setuju dengan statement tersebut bukan?

Mulai dikenal sebagai daerah istimewa, budaya khas keraton, adat Jawa yang kental, kota pelajar, surga kuliner hingga pariwisata Jogja yang telah diakui hingga mancanegara. Tempat wisata Yogyakarta memang dikenal dengan beragam pilihan, membuat provinsi kecil ini selalu ramai diserbu para pecinta travelling. Melihat berbagai potensi yang di miliki, maka pihak Pemerintah memiliki harapan besar agar sekiranya selalu menjaga identitas khasnya, kemudian perihal sektor wisata Jogja agar selalu menjaga kredibilitasnya yang banyak dijadikan tolak ukur oleh banyak kota-kota lain di Indonesia.

Sekilas Pantai Drini

Sekilas Tentang Pantai Drini
Sekilas Tentang Pantai Drini | Foto by Ayu Wijayadi

Jika berbicara dengan pantai, tentulah kamu sudah banyak mengetahui akan potensi keindahan wisata pantai Jogja. Dimana tentulah dari sederet daftar wisata pantai Yogyakarta tersebut memiliki lokasi pantai Jogja terfavorit atau terbaik pilihan para wisatawan, dan bahkan pada dewasa ini telah banyak pula didapati lokasi pantai baru yang tak kalah menarik.

Namun jikalau kamu ingin mengetahui salah satu pantai Jogja terpopuler, maka cobalah untuk datang mengunjungi Pantai Drini. Mengapa demikian? simak ulasan detail dan temukan jawabannya dalam artikel dibawah ini.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan memaparkan secara detail perihal Pantai Drini jadi objek wisata di Jogja yang wajib kamu kunjungi. Semoga segala informasi yang nantinya akan disampaikan dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu atau para pembaca budiman dimana pun anda berada.

Bagi kamu yang ingin berlibur, sebetulnya wisata Jogja termurah memiliki banyak pilihan yang dapat kamu gunakan. Dimana salah satunya yakni dengan berlibur di kawasan pantai. Pada kawasan Pantai Gunungkidul memang memiliki lokasi garis pantai yang sudah terkenal akan keindahannya, namun untuk menikmatinya tak perlu merogoh isi kantong dalam-dalam.

Tiket Masuk Pantai Drini

Untuk ke pantai Drini cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000/orang, kamu sudah bebas masuk ke lokasi pantai ini. Cukup terjangkau bukan? ya, mungkin alasan tersebutlah yang mendorong besarnya minat animo dari para wisatawan untuk datang berkunjung.

Dimana Lokasi Pantai Drini?

Lokasi Pantai Drini
Lokasi Pantai Drini | Foto by Ting Yong Ong

Lokasi Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul atau tepatnya berada disisi timur Pantai Baron dan bila dari Pantai Sundak, hanya berjarak sekitar 6 Km. Untuk akses jalan menuju Pantai Drini, kamu dapat menggunakan jalur Jogja-Wonosari, kemudian bila telah tiba di wonosari arahkan kendaraan kamu menuju Desa Mulo. Setelah itu carilah pertigaan Desa Mulo dan ambil jalan lurus menuju lokasi Pantai Baron. Setelah menemukan pos gerbang retribusi, kamu dapat lanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalannya saja hingga menemukan pertigaan, ambil arah kiri untuk menuju Pantai Drini.

Gambaran Pantai Drini

Pantai ini memang dikenal memiliki bentuk pantai yang cukup unik, jika dibandingkan dengan pantai Jogja lainnya. Dimana pantai Drini memiliki sebuah pulau karang yang cukup besar terletak ditengah garis pantainya. Pulau karang tersebut, oleh masyarakat sekitar sering pula disebut dengan Pulau Drini. Mengapa demikian, sekaligus taukah kamu akan sejarah Pantai Drini? sebenarnya hal tersebut erat hubungannya dengan asal usul sejarah penamaan pantai ini.

Sejarahnya berawal dari sebuah tanaman yang tumbuh subur di atas pulau karang tersebut. Tanaman tersebut bernama “Stigi” (Pemphis Adicula) atau memiliki nama lain Setigi, Santigi dan khusus masyarakat sekitar umumnya menyebut Pohon Drini. Uniknya tanaman ini dipercaya oleh khalayak luas sebagai salah satu kayu/pohon yang memiliki kekuatan tuah (gaib).

Baca juga tentang Pantai Sundak Jadi Alternatif Wisata Pantai Di Jogja Yang Menarik.

Di Indonesia khususnya, memang dikenal banyak jenis tanaman yang memiliki kekuatan serupa seperti Dewandaru, Nagasari dan Pulai. Namun untuk jenis tanaman Drini dianggap sebagai raja (paling unggul) dari semua pohon-pohon bertuah tersebut. Alhasil membuat pohon ini tak jarang dijadikan sebagai jimat atau penyerap racun yang terkenal dikalangan pengguna pelaku metafisika.

Pulau Kecil di Pantai Drini
Pulau Kecil di Pantai Drini | Foto by Wahyu Waskito

Selain populer dianggap memiliki kekuatan spesial, pohon Drini pun menjadi tanaman favorit bagi para pecinta bonsai. Hal tersebut dikarenakan tanaman ini memiliki karakteristik batang, percabangan, daun, bunga dan memiliki daya tahan yang baik sehingga sangat cocok bilamana digunakan sebagai bahan bonsai berkelas dan tentu saja memiliki nilai bisnis yang cukup tinggi.

Seperti dalam penjelasan sebelumnya, dimana pantai ini dipisahkan menjadi dua bagian dengan adanya sebuah pulau karang berada di tengahnya. Hal unik lainnya ialah dari kedua garis pantai tersebut yang memiliki karakteristik yang berbeda, dimana untuk sisi timur pantai memiliki arus yang cukup tenang, kemudian di sisi barat memiliki arus yang cukup kuat.

Hal lain yang menjadi kelebihan Pantai Drini yakni para wisatawan dapat menaiki ke atas puncak pulau karang tersebut, bila keadaan air laut sedang surut, maka kamu cukup berjalan menyusuri pantai menuju pulau karang tersebut dan naik dengan menggunakan sebuah tangga beton yang telah disiapkan oleh pihak pengelola.

Setibanya di atas pulau Drini, kamu dapat menikmati view dari samudera lepas dan dapat melihat suasana pantai ini secara keseluruhan. Bagi kamu penggemar kegiatan fotografi, rasanya sangat pas bilamana kamu dapat berfoto ria di atas pulau ini dengan background samudera Hindia tentulah akan menghasilkan karya foto yang terlihat begitu seru dan mengasikkan.

Bermain di Pantai Drini

Bermain Kayak di Pantai Drini
Bermain Kayak di Pantai Drini | Foto by TULUS SUTEJO

Bagi kamu yang memiliki kegemaran lain yakni seperti snorkeling, kamu dapat menyalurkan hobi tersebut dengan berenang di sisi timur pantai ini. Sebenarnya sisi timur ini memiliki bentuk layaknya sebuah teluk yang menyerupai sebuah laguna yang besar, dimana letaknya terlindung oleh gugusan tebing karang yang menghadang besarnya arus ombak dari laut lepas. Alhasil membuat perairannya cukup tenang dan dangkal, sehingga kamu pun dapat aman menikmati segala keindahan alam lautnya.

Berjalan mengelilingi perairannya akan terasa seru pasalnya terdapat beragam biota laut seperti aneka jenis ikan berwarna-warni, aneka kerang/siput laut, bintang laut hingga beberapa jenis rumput laut pun terhampar luas. Sungguh indah bukan? Lelah dan lapar setelah bermain air, kamu pun dapat beristirahat di beberapa saung/gazebo yang telah disediakan dengan harga sewa sekitar Rp. 10.000/unit. Kemudian untuk memuaskan perut yang keroncongan, sudah banyak tersedia warung-warung yang menjajahkan aneka jenis olahan seafood. Sungguh paket liburan Pantai Drini yang cukup lengkap bukan?saung atau gazebo di sisi timur pantai

Namun perlu kamu ketahui pula, bahwasanya Pantai Drini memiliki dua wajah yang berbeda, dimana di sisi timur keindahannya seperti yang telah penjelasan diatas dan sedangkan sisi barat pantai memang sedikit tak beraturan. Dimana notabene pantai ini merupakan sebuah pantai nelayan sama seperti Pantai Baron, sehingga kamu pun akan banyak mendapati jejeran perahu nelayan yang bersandar di kawasan pantai sisi barat.

Selain itu, terdapat pula sebuah tempat pelelangan ikan sehingga membuat suasananya sedikit kotor. Bagi para warga sekitar, kehadiran pasar pelelangan tersebut dirasakan cukup penting guna dapat memasok segala kebutuhan pangan akan ikan laut. Kamu pun dapat membeli beberapa jenis ikan laut yang sudah cukup populer seperti ikan tuna, ikan baronang, ikan kue dan masih banyak lagi.

Jika ingin sewa motor bisa baca tentang Sewa Motor Jogja Terdekat, Murah dan Reviewnya.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Menikmati Sunset di Pantai Drini
Menikmati Sunset di Pantai Drini | Foto by Alriskandi S

Potensi wisata lainnya yang dimiliki oleh Pantai Drini ialah berupa menjadi salah satu spot terbaik untuk dapat menikmati moment sunrise/matahari terbit. Bila ingin mendapatkan lokasi terbaik, kamu dapat naik ke tebing sisi barat pantai yang sudah dilengkapi dengan saung di atasnya. Di mana untuk dapat menikmati moment tersebut kamu diharuskan datang ke pantai ini sejak malam hari, namun kamu pun tak perlu khawatir ingin menginap di mana.

Pasalnya sudah terdapat beberapa pilihan penginapan di Pantai Drini yang dapat kamu gunakan dengan harga yang terjangkau dan kompetitif (tergantung fasilitas dan type kamar). Melihat segala potensi yang dimilikinya maka tak mengherankan jika memang tempat ini masukkan dalam list liburan di Pantai Jogja yang sangat sayang dilewatkan. Setelah puas bermain di pantai ini, jangan lupa untuk mampir ke Bukit Kosakora yang terletak di sisi timur.

*Tips

  • Gunakan alas kaki bilamana ingin berjalan menyusuri perairan pantai.
  • Jika ingin naik keatas Pulau Drini lebih baik perhitungkan pula waktu pasang-surut air laut.

Melihat segala keindahan yang tersaji dalam Pantai Drini, sejogjanya kita dapat bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang telah di berikan oleh Sang Khalik. Namun keterbatasan manusia yang pada hakikatnya adalah sebagai makhluk lemah, sering kali menjadi penghalang besar guna dapat mengerti maksud dan tujuan akan skenario Tuhan.

Persepsi atas sudut pandang yang keliru merupakan hal yang berbahaya dan jikalau tak segera di sadari lalu di telaah secara benar. Pastinya sudah dapat diprediksi akan berakhir dengan ketidakpuasan, kemudian berubah secara tanpa disadari seakan menentang atas kehendak dan kuasa Tuhan.

Kamu dapat pula membaca tentang Pantai Krakal Jogja.

Penutup

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Pantai Drini jadi objek wisata di Jogja yang wajib kamu kunjungi. Terima kasih dan semoga dari apa yang telah di informasikan dapat dijadikan sumber referensi tambahan bagi kamu atau para pembaca budiman sekalian.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

1 / 5. 1