Keindahan Pantai Jayanti dan Informasi Rute, Hingga Harga Tiket Masuk

Pantai Jayanti
Pantai Jayanti
0
()

Lokasi: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43275
Map: Klik Disini
HTM: Rp5.000-Rp15.000
Jam Buka-Tutup: 24 Jam

Daerah Jawa Barat sudah tidak asing lagi jika sering diperbincangkan terkait wisata dan keindahan pantainya. Salah satu pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai–pantai di daerah Selatan adalah pantai Jayanti.

Pantai Jayanti berlokasi di kabupaten Cianjur Selatan, lebih tepatnya di Desa Cidamar Kecamatan Cidaun. Jarak untuk sampai di pantai ini kurang lebih sekitar 140 km dari pusat kota kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Biasanya wisatawan yang datang untuk berkunjung ke pantai Jayanti ini selalu terhitung lonjakannya jika sudah memasuki masa hari raya lebaran dan libur nasional. Namun juga sering terjadi lonjakan wisatawan yang dapat memenuhi sekitar area pantai ini yakni ketika H+3 lebaran idul fitri. Ini sebuah pembuktian bahwa pantai ini menjadi tujuan warga lokal dan wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantainya secara nyata.

Meskipun fasilitas yang masih kurang, namun tidak sama sekali menyurutkan wisatawan yang datang ke pantai ini. Anda bisa menemukan tempat makan dengan fasilitas yang sederhana namun berkesan dan biasanya selalu disediakan seperti “saung’ untuk menikmati makanan khas seperti ikan bakar dan jenis seafood lainnya.

Di pantai Jayanti belum tersedia hotel maupun tempat menginap. Namun jangan khawatir, warga lokal di daerah pantai ini kreatif, mereka menyewakan rumah yang tidak mereka tempati untuk disewakan kepada wisatawan dengan harga yang bersahabat yakni kisaran Rp50.000/malam. Jika bagi anda yang tidak akan menginap, anda akan di sediakan saung-saung lesehan untuk berteduh yang disewakan oleh pengelola pantai.

Simak juga tentang Waduk Cirata Purwakarta Jadi Bendungan Terbesar Di Asean.

Keindahan Pantai Jayanti

Karang Pantai Jayanti Foto By Mastri Ridwan S
Karang Pantai Jayanti | Foto By Mastri Ridwan S

Keindahan pantai Jayanti ini sudah terkenal dengan keelokannya di ujung Selatan Cianjur Jawa Barat. Namun, mungkin anda pernah mendengar beberapa kali selalu ada kabar atau berita bahwa ada beberapa orang yang terbawa arus hingga tergulung ombak di pantai ini.

Jadi untuk wisatawan dihimbau untuk tidak berenang di area pantai karena kurang aman dan ombaknya yang selalu besar. Namun, jangan khawatir meskipun tidak cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk berenang, anda bisa menikmati keindahan pantai ini dengan bersantai di saung-saung yang telah disediakan.

Meskipun pantai ini tidak bisa dinikmati untuk berenang, karena arus yang deras dan terumbu karang yang besar–besar, di pantai ini anda bisa menikmati matahari tenggelam yang selalu dinantikan oleh warga lokal maupun wisatawan lainnya. Ada hal yang sangat unik di pantai ini, yakni di sebelah selatan pantai ini ada pantai batu kukumbung yang ceritanya ini merupakan tempat persinggahan dari Prabu Siliwangi dan Prabu Kian Santang bahkan ada tanda telapak kaki yang besar.

Baca juga tentang Curug Sawer Di Sukabumi Majalengka & Bogor: Tiket Masuk Penginapan Villa Rute Ke Lokasi Alamat.

Dari luasnya pantai ini ada sebagian yang membentuk palung dalam, makanya tidak heran jika nantinya anda dapat melihat banyak bahkan puluhan perahu yang dijangkarkan. Warga lokal disini menyebutnya dengan “lawang” yang berarti pintu. Warga disini juga menyebutkan bahwa ini merupakan tempat untuk keluar masuk pelabuhan. Sementara area yang menjorok disebut dengan “legon” atau tanjung.

Perahu di Pantai Jayanti Foto By Asep Eri
Perahu di Pantai Jayanti | Foto By Asep Eri

Untuk pembangunan dermaga di pantai Jayanti ini mengalami pembangunan yang tergolong cepat dan juga sudah nyaman untuk digunakan. Berbagai perahu yang terbuat dari kayu dan sebagian besar ada juga yang diganti dengan perahu fiber. Pantai ini memang banyak yang mengenalinya akhir-akhir ini karena banyak yang bercerita dari mulut ke mulut.

Baca Juga :   Pelabuhan Bangsal [year] Rute Menuju Lokasi

Sehingga, pantai ini masih sangat alami seperti tidak terjamah oleh manusia. Namun, ternyata meskipun belum banyak wisatawan yang datang, pantai ini selalu dijadikan tempat untuk bersantai oleh warga lokal untuk sekedar mengabadikan foto dengan adanya sunset.

Pantai Jayanti ini memiliki bibir pantai yang di benteng dengan beton untuk mengurangi terkikisnya tanah dan pasir. Jika anda ingin mengabadikan momen dengan berfoto ataupun nantinya diselipkan di undangan pernikahan (pra-wedding) anda bisa memilih pantai ini. Jadi memang cocok untuk dijadikan momen bersejarah di hidup anda, namun tetap harus waspada karena kondisi air yang tidak stabil.

Simak juga tentang Pantai Sawarna Banten.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket untuk masuk ke pantai Jayanti ini sangat amat terjangkau yakni anda cukup membayar Rp5.000 untuk sepeda motor. Sementara harga tiket masuk untuk mobil yakni Rp15. 000. Anda bisa berkunjung ke pantai ini setiap hari karena buka 24 jam. Namun, anda harus tetap waspada dan harus mendengarkan peringatan dari penjaga pantai ataupun warga lokal jika air sudah mulai pasang dan ombaknya yang besar.

Rute Menuju Pantai Jayanti

Rute untuk masuk ke wisata pantai Jayanti anda bisa melakukan beberapa cara yakni jika anda merupakan wisatawan yang berasal dari kota Bandung, anda bisa melewati jalan Ciwidey-Naringgul-Cidaun dan sampai di Jayanti.

Jalan ini bisa dikatakan akses yang dapat memanjakan anda ketika sedang dalam perjalanan menuju pantai ini, karena anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang eksotik sepanjang perjalanan yang ditempuh. Jika anda menggunakan sepeda motor jarak yang ditempuh untuk sampai ke pantai ini yakni sekitar 2–3 jam perjalanan.-

Jika anda berangkat dari Jakarta, maka anda bisa langsung melalui jalur Cianjur-Sukanagara-Tanggeung-Sindangbarang-Cidaun lalu sampai di Jayanti. Ini terbilang akses yang sedikit jauh dari pilihan di atas. Banyak rute yang bisa ditempuh oleh anda tergantung posisi dimana anda berada.

Baca Juga :   Waterpark Ciperna (Kyai Masni) Cirebon [year]: Harga Tiket Masuk, Fasilitas & Lokasi

Tips Berkunjung ke Pantai Jayanti

Ada beberapa tips jika anda akan berkunjung ke pantai Jayanti. Anda perlu mengingat bahwa di pantai ini tidak tersedianya fasilitas yang memadai. Anda akan menemukan rumah warga lokal yang dijadikan sebagai tempat untuk menginap dan rumah makan.

Sebaiknya, anda harus membawa bekal dari rumah atau membeli terlebih dahulu di rumah makan rest area untuk dinikmati di perjalanan karena nantinya ini akan menjadi perjalanan yang jauh.

Jika anda ingin bermalam di pantai Jayanti, anda harus mencari penginapan di sekitar pantai karena nantinya anda tidak harus jauh untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Meskipun harga tiket masuk sangat murah, anda tetap harus menyiapkan uang lebih untuk nantinya membeli makanan disana dan jangan lupa membawa peralatan mandi dan makan, dan kebutuhan lainnya jika nantinya jaga–jaga ada warung yang tutup.

Garis Pantai Jayanti Foto By Aldi Renaldi
Garis Pantai Jayanti | Foto By Aldi Renaldi

Tetap awasi anak yang sedang aktif-aktifnya bermain dan berjalan. Anda harus memberikan perhatian lebih jika membawa anak ke tempat wisata apalagi ke pantai. Karena, tidak sedikit korban terbawa arus anak kecil akibat kelalaian orang tua dan arus yang tidak stabil. Anda harus membawa baju hangat karena angin pantai gampang masuk ke dalam tubuh. Demi keselamatan bersama anda harus tetap berada di bawah pengawasan rombongan dan jangan sampai terpisah.

Jika ingin mampir ke Bandung simak juga tentang Tempat Wisata di Bandung Paling Populer Saat Liburan 2022.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai pantai Jayanti yang berada di Selatan Cianjur, semoga bermanfaat dan menjadikan pantai ini masuk ke dalam daftar liburan anda. Tetap menjaga keselamatan agar suasana liburan anda bisa selalu menyenangkan.

Baca Juga :   Pantai Tanjung Lesung [year]: Tiket Masuk dan Rute Perjalanan

Berapa penilaian untuk tempat ini?

/ 5.