Tiket Masuk Pantai Kartini Jepara Juli 2021, Alamat Lengkap, Jam Buka

Pemandangan Pantai Kartini by @deferino
Pemandangan Pantai Kartini by @deferino
0
(0)

Lokasi: Rw. IV, Bulu, Jepara Regency, Central Java 59418, Indonesia
Map: Klik Disini
HTM: Senin – Jum’at Gratis | Sabtu – Minggu dan Hari Libur Rp 10.000 Dewasa, Rp 5.000 Anak
Buka/Tutup: 08.00 – 18.00 WIB
Telepon: –

Untuk warga Jepara dan sekitarnya, mendengar nama Pantai Kartini tentu familiar sekali. Pantai yang memiliki fasilitas cukup lengkap tersebut tidak pernah sepi pengunjung apalgi saat weekenda dan hari libur.

Puncak meningkatnya wisatawan tentu saat libur lebaran dan juga syawalan atau ‘kupatan’. Anda jangan kaget jika pengunjung yang datang ke pantai tak terhitung jumlahnya. Berikut ini profil lengkap

Pesona Pantai Kartini

Pantai Kartini by @king stard171
Pantai Kartini by @king_stard171

Pantai Kartini menjadi sarana rekreasi wisata bahari dan juga edukasi untuk warga Jepara dan sekitarnya. Di sini tidak hanya sebagai tempat bersantai menikmati keindahan suasana pantai kala sunset atau sunrise datang namun juga tempat asik untuk wisata keluarga.

Ketika menjelang senja pengunjung yang datang semakin banyak karena ingin mengabadikan moment sunset bersama teman atau pasangan. Moment sunset ini yang diburu para pengunjung untuk foto tentunya.

Keberadaan Kura2 si aquarium raksasa menjadikannya magnet tersendiri terutama untuk anak-anak. Kura Kura Ocean Park ini terdiri dari 2 lantai yaitu lantai 1 sebagai aquarium dan lantai 2 sebagai ruang teater 3D.

Kura-kura raksasa ini menjadi spot foto2 favorit pengunjung karena sangat unik sekali. Selain itu, spot untuk pengambilan gambar favorit selanjutnya adalah tulisan ‘Pantai Kartini’ besar.

Tempat ini juga menjadi tempat favorit untuk mancing. Anda akan melihat pemandangan orang mancing berjejeran.

Untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan paket wisata ke Karimunjawa dapat menyeberang melalui Pelabuhan Kartini. Destinasi wisata pantai di Jepara yang lain juga tak kalah indah.

Harga Tiket Masuk

Berikut info daftar harga tiket dan sejumlah fasilitas disini, antara lain:

  • HTM Weekday (Senin – Jum’at) Gratis
  • HTM Weekend/ Hari Libur untuk Dewasa Rp. 10.000, Anak – anak Rp. 5.000
  • HTM Event Khusus Natal-Tahun baru – Syawalan, dll untuk Dewasa Rp. 15.000, Anak – anak Rp. 10.000
  • Parkir motor Rp. 1.000
  • Parkir Mobil Sedan dan sejenisnya Rp. 2.000
  • Parkir mini bus Rp. 4.500
  • Parkir bus Rp. 7.000
  • Bilas dan toilet Rp.3.000
  • Sewa tikar Rp. 10.000
  • Sewa ban Rp. 10.000
  • Naik odong – odong Rp. 5.000
  • Sewa motor kecil Rp. 25.000/ 30 menit
  • HTM Kura – Kura Ocean Park saat weekday untuk Dewasa Rp. 15.000, Anak – anak sebesar Rp. 10.000.
  • HTM Kura – kura Ocean Park saat weekend untuk Dewasa Rp. 20.000 dan Anak – anak sebesar Rp. 15.000.

*Harga tiket tidak menutup kemungkinan dapat berubah sewaktu-waktu.

Alamat Lengkap

Bagi Anda yang tertarik mengunjunginya, letak Pantai Kartini ada di Desa Bulu, Kecamatan jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Jam buka adalah dari 8 pagi hingga 6 sore.

Fasilitas Pendukung

Senja di Pantai Kartini by @iqbalvisuals
Senja di Pantai Kartini by @iqbalvisuals

Fasilitas lain yang bisa Anda nikmati saat di pantai Kartini adalah area parkir yang luas, tepat ibadah, wahana bermain anak, gazebo, taman, tempat accessoris, pusat oleh-oleh dan juga banyak sekali tempat makan atau restoran.

Bagi para pecinta kuliner laut, Anda akan sangat menikmati sajian masakan di sini seperti ikan bakar, kepiting dan beragam olahan seafood lainnya.

Di Pantai Kartini juga tersedia penyewaan perahu motor kurang lebih Rp 50.000 – Rp 70.000 untuk bisa berkeliling di Pantai dan beberapa lokasi wisata di sekitar sini seperti Pulau Panjang yang jaraknya lumayan dekat.

Pulau Panjang adalah sebuah Pulau kecil yang juga menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan karena di sana selain pasir putih, ombak yang tenang juga terdapat sebuah makam wali. Jadi tidak hanya berwisata namun juga berziarah.

1 perahu motor bisa mengakomodir sampai 15 penumpang. Untuk rombongan ini cocok sekali karena hitungannya jauh lebih murah.

Selain itu juga terdapat beberapa penginapan hotel, homestay, hingga resort sekitar Pantai kartini seperti Homestay Kotabaru, Samudra Hotel & Resto, dan lain-lain.

Untuk yang datang dari arah Kota Semarang, jalur yang harus dilalui adalah Semarang – Demak – Pantai Kartini. Jarak tempuhnya sekitar 85 km atau kurang lebih 2 jaman. Anda tidak hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi namun jura transportasi bus.

Bagi wisatawan dari arah Pati, jarak tempuhnya sekitar 2 jam juga melalui Jl. Raya Tuban menuju Semarang kemudian ke Jl. Lingkar. Utara Kudus – Jl. Raya Jepara – Jl. Dr. Wahidin – Rawa IV – Lokasi.

Jika dari pusat Kota Jepara hanya 3 kilometer saja jaraknya. Terdapat denah petunjuk jalan untuk bisa sampai di lokasi, Anda tinggal ikuti saja. Untuk pengguna smartphone, langsung buka saja aplikasi GPS atau google maps dan ikuti saja langkah-langkah peta tersebut.

Sejarah Pantai Kartini

Kura kura Ocean Pantai Kartini by gmap 2
Kura kura Ocean Pantai Kartini by gmap 2

Kabupaten Jepara Jateng memiliki hubungan erat dengan tokoh emansipasi wanita Indonesia, Raden Ajeng Kartini. Kemudian apa hubungan Pantai Kartini dengan R.A Kartini?

Pantai Kartini juga memiliki sebutan lain yaitu Pemandian karena merupakan tempat mandi para pengunjung yang ingin sembuh dari penyakit.

Asal usul cerita pemandian di sini yang berkhasiat telah ada sejak dahulu dan tetap dipercaya hingga kini. Selain itu, RA Kartini sering mandi di tempat ini sehingga masyarakat percaya jika berkhasiat.

Air pemandian berupa air laut dan sangat jernih. Letaknya ada di bagian paling barat dengan sebutan Poncol dan cukup jauh dari keramaian para pengunjung.

Biasanya pemandian didatangi oleh pengunjung saat pagi atau sore hari. HTM kesini gratis karena termasuk biaya masuk di Pantai Kartini.

Pantai Kartini memang salah satu bukti sejarah yang mempunyai kaitan erat dengan kehidupan pribadi Raden Ajeng Kartini karena merupakan area bermain beliau dengan saudara-saudaranya saat kecil.

Itulah asal mula alasan pemberian nama pantai ini dengan nama beliau. Terlepas apakah air di pemandian benar-benar memiliki khasiat menyembuhkan atau hanya legenda mitos belaka, Pantai Kartini merupakan objek wisata andalan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Apakah ada kisah mistis atau misteri yang menyelimuti tempat ini? Tidak ada kisah seperti itu hanya pemandian saja yang mempunyai hubungan dekat sekali dengan RA Kartini.

Selain pantai Kartini, Jepara juga mempunyai banyak obyek wisata Pantai dengan pasir putih bersihnya dan pemandangan indah seperti Pantai Bandengan, Pantai Bondo, Pantai Teluk Awur, dan banyak lainnya.

Kura kura Ocean Pantai Kartini by Gmap
Kura kura Ocean Pantai Kartini by Gmap

Tips berwisata ke pantai tentunya lihat cuaca hari ini apakah mendukung atau tidak terutama untuk Anda yang ingin berenang di pantai. Karena saat cuaca buruk, ombak yang datang terlalu besar dan tidak memungkinkan Anda untuk berenang di pantai.

Bulan April tahun 2019 yang lalu ada kejadian yang mencoreng nama baik dari tempat wisata ini yaitu adanya acara yang diprakarsai oleh Komunitas Motor namun menyalahi perijinan.

Dalam surat izin hanya mencantumkan isi acara dengan hiburan orgen tunggal. Akan tetapi kenyataannya ada tiga penari erotis di mana mereka menari dengan cara tidak pantas dan ditonton ratusan pengunjung bahkan videonya sudah tersebar banyak di YouTube.

Semoga saja kejadian tersebut tidak terulang kembali dan tempat wisata ini semakin diminati dan maju dari tahun ke tahun.

Demikian artikel tentang review objek wisata kebanggaan masyarakat Jepara, semoga membantu Anda.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0