Pantai Klayar Pacitan 2022 : HTM, Lokasi & Seruling Samudera

Pantai Klayar Pacitan
Pantai Klayar Pacitan
0
(0)

Alamat : Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554
Maps : Klik Disini
Jam Buka : 24 Jam
No Telp :

Bukan hanya musik dangdut yang punya suling, Pantai Klayar di Pacitan, Jawa Timur juga punya!

Pantai Klayar berlokasi di Dusun Kendal, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi sama kamu, para pelancong atau pecinta wisata pantai.

Pesona Wisata Pantai Klayar

Pesona Wisata Pantai Klayar
Pesona Wisata Pantai Klayar

 Pantai Klayar memiliki pasir pantai yang putih dengan tebing batu dan batuan karang yang mengelilingi pantai serta tumbuh berderet pula pohon kelapa. Bukit-bukit yang terletak di sekitar pantai sering kali didaki oleh pengunjung untuk mendapatkan keindahan pemandangan terbaik dari Pantai Klayar yang konon sangat indah jika dilihat dari atas bukit.

Pantai Klayar berjarak satu jam ke arah barat kota Pacitan. Anda juga bisa menemukannya di jalur lokasi yang sama dengan Pantai Teleng Ria Pantai. Di bibir Pantai Klayar juga terdapat gubuk-gubuk mungil yang atapnya terbuat dari daun-daun kering. Di sepanjang tepi pantai yang kita lewati, kita juga bisa melihat kerang-kerangan seperti Mollusca dan bintang laut serta rumput laut.

Yang membuat pantai ini tetap populer di kalangan pecinta alam adalah suara “seruling” lautnya. Menyebut ini sebagai “fenomena” di pantai Klayar adalah pernyataan yang berlebihan. Itu benar-benar hanya suara gelombang yang menghantam batu demi batu, jadi itu terjadi dari waktu ke waktu tergantung pada kekuatan masing-masing gelombang. Gelombang air tersebut menimbulkan suara seperti seruling serta semburan air yang cukup tinggi dari sela-sela batu karena daya semburnya yang cukup kuat sehingga mirip air mancur.

Jam Buka Pantai Klayar 2022

Pantai Klayar buka dalam 24 jam alias sepanjang hari, selama pandemi Covid-19 pantai ini sempat di tutup beberapa kali sesuai dengan kebijakan pemerintah. Akan tetapi sekarang saat mulai mereda pantai ini sudah dibuka terus dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Kalian bisa datang kapan saja ke objek wisata ini, jika kalian ingin melihat sunrise dan menginap disini kalian pun bisa datang saat malam hari untuk camping di pantai klayar, akan tetapi harus tetap waspada karena ombak yang cukup besar di pantai ini.

Baca juga tentang Pantai Nampu Wonogiri.

Ide 3 Kegiatan Menarik di Pantai Klayar

  • Seru-seruan dengan ATV

Lokasi tempat beradanya seruling samudera ini dapat kita tempuh dengan cara berjalan kaki melewati pantai. Kita merasa kelelahan atau malas berjalan menyusuri pantai selain karena cukup jauh, cuaca panas serta beratnya melangkah diatas pasir maka jangan khawatir, kita bisa kok menyewa ATV. Apakah itu ATV? ATV adalah sebuah kendaraan yang memiliki roda tiga yang bisa dinaiki dua sampai dengan tiga orang.

Tariff sewa sebuah kendaraan ATV dari pantai hingga ke tempat seruling samudera adalah sejumlah 50,000 rupiah per kendaraan dengan rute pergi pulang. Tidak malas berjalan namun ingin mencoba keseruan naik ATV ini pun juga boleh saja, kita bisa naik ATV menyusuri pantai dengan suara ombak merdu dan dibelai angin sepoi khas pantai.

  • Camping

Keunikan pantai ini memang sangat menggoda. Untuk menikmati tempat ini lebih lama maka membuka tenda untuk berteduh di tengah dinginnya malam adalah sesuatu yang tak dilarang di wisata pacitan ini.

  • Membakar Api Unggun Sambil Membakar Ikan

Nah, ini adalah bagian dari kegiatan berkemah diatas. Memang tak lengkap rasanya jika hanya berkemah saja tanpa membakar api unggun. Dan tentu saja akan lebih nikmat lagi jika juga sambil membakar ikan di api unggun tersebut. Bernyanyi riang bersama teman dan diiringi gitar di tempat seeksotis ini dijamin akan membuat memen liburanmu di Pacitan lebih berkesan.

Wijib Tahu! Larangan Disekitar Pantai

Keindahan Pantai Klayar
Keindahan Pantai Klayar

Pantai Klayar memiliki garis lokasi yang sama seperti pantai Indrayanti yang terdapat di Gunung Kidul Provinsi Yogyakarta. Yang berarti Pantai Klayar juga termasuk pantai yang berada di sebelah selatan pulau Jawa. Sama seperti garis pantai lain di sebelah selatan Jawa, Pantai Klayar juga memiliki ombak yang tidak beraturan juga sangat kuat dengan gulungan yang besar-besar. Maka jika kita sedang berkunjung ke pantai ini, tetaplah untuk mengikuti petunjuk-petunjuk atau rambu yang dipasang di setiap spot rawan di pantai.

Petunjuk-petunjuk itu biasanya dipasang dalam bentuk bendera dengan warna merah ataupun tulisan agar pengunjung tidak boleh mandi di spot tersebut dan sebagainya. Jika sudah sore, ada pengumuman dari penjaga pantai agar semua pengunjung untuk bersiap segera meninggalkan karang karena semakin gelap tentu saja air laut akan pasang.

Hal lain yang harus diwaspadai pengunjung adalah bahwa kita tidak boleh masuk ke dekat lokasi tempat berlangsungnya fenomena seruling samudera jika tidak ada pengawal atau menjaga yang bersama kita. Mengapa dilarang? Karena tentu saja kita tidak tahu lubang di karang yang mana saja letaknya yang hendak menyemburkan air laut untuk bersuara seperti seruling. Sementara kita tahu bahwa suara seruling tersebut dihasilkan oleh ombak yang besar dan kuat, semburan air laut dari sela sela bat karang ini mampu membuat tubuh manusia terlempar jauh bahkan hingga puluhan meter. Hal ini karena semburan air laut tersebut merupakan akibat dari dorongan ombak berkekuatan hitungan ton.

Karang-karang di sekitar pantai juga layak kita perhatikan karena keunikan bentuknya, ada yang mirip dengan patung Sphinx di Mesir dan lain sebagainya. Pemandangannya indah namun jika naik ke salah satunya jangan lupa untuk tetap berhati-hati pada ketinggian dan kecuraman tebing. Jalan melewati karang pun juga jangan lupa untuk waspada, karang mungkin terlihat tidak berbahaya namun tumbuhnya lumut yang menyelimuti karang membuat permukaan karang menjadi licin dan dapat menyebabkan kita terpleset.

Peta dan Panduan Perjalanan ke Lokasi

  • Dari Surabaya

Untuk sampai ke Pantai Klayar dari Surabaya dan sekitarnya, kita bisa lebih cepat sampai jika melewati Mojokerto kemudian dilanjutkan dengan rute Jombang – Kertosono – Nganjuk – Caruban – Madiun – Ponorogo – Pacitan. Jarak antara Surabaya dan Pacitan adalah sejauh 350 kilometer. Jika memakai arahan petunjuk rute ini kita dapat menempuh jarak perjalanan nonstop selama kurang lebih 7 jam. 7 jam ini sudah termasuk dengan ke toilet, makan di perjalanan serta isi bensin di pom.

  • Dari Kota Yogyakarta

Jika kita memulai perjalanan dari Yogyakarta, untuk menuju Pantai Klayar kita bisa mengambil start rute dari Jalan Malioboro, setelah bertemu dengan perempatan kantor pos ambil jalur kiri dan ikuti jalan sampai di jalan Wonosari Yogyakarta. Setelahnya ikuti jalan hingga sampai di Piyungan – Pathuk – Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – Punung dan kemudian sampailah kita di Pantai Klayar.

Waktu tempuh dari kota Yogyakarta ke Pantai Klayar ini memerlukan waktu sebanyak kurang lebih 3,5 jam saja. Bahkan bisa kurang, jika kita memulai start perjalanan dari Wonosari Yogyakarta kita hanya membutuhkan waktu sebanyak 2,5 jam untuk sampai di Pantai Klayar.

Jalan menuju Pantai Klayar dari Yogyakarta mulus dan mudah untuk diakses lho, namun jangan turunkan kewaspadaan meskipun tengah menikmati berkendara dengan jalan yang mulus seperti ini karena pada tikungan-tikungannya kadang-kadang terdapat pasir di permukaan jalan. Pasir-pasir di permukaan jalan ini dapat menyulitkan kita, tetap waspada agar kita tetap aman dalam berkendara. Utamakan keselamatan diri sendiri, penumpang dan pengguna jalan lain pastinya ya.

Baca juga tentang Rekomendasi Pantai Di Gunungkidul Terbaik Dan Terbaru Untuk Liburan.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas Pantai Klayar
Fasilitas Pantai Klayar

Akses jalan menuju pantai Klayar meskipun bagus dan mulus namun tidak dapat dicapai menggunakan kendaraan pariwisata berbentuk besar seperti misalnya bus karena sempit dan kepadatan lalu lintas di area jalan. Kondisi padat pengguna jalan ini berlangsung di sepanjang jalan sampai di lokasi pembelian tiket masuk di Pantai Klayar.

Dekat dengan tepian pantai terdapat warung yang menjual kelapa muda. Kelapa muda tersebut sering berasal dari pohon kelapa disekitar pantai yang dipanjat dan diambil buahnya oleh pemilik warung dan bahkan oleh penduduk sekitar pantai. Pohon kelapa juga sering dimanfaatkan penduduk untuk diambil deresannya. Air deresan adalah air yang menjadi bahan baku dari gula Jawa. Memang gula jawa yang dijual di Pacitan memiliki rasa yang enak.

Untuk penginapan, ada beberapa yang cukup dekat dengan tempat ini. Misalnya:

  • Homestay Larasati
  • Platar Ombo Homestay
  • Amanah Homestay
  • Homestay Nova

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Tebing Karang di Pantai Klayar
Tebing Karang di Pantai Klayar

Tiket masuk ke Pantai Klayar ini hanya sejumlah 15000 rupiah saja per orang selain itu kalian juga harus menyiapkan biaya parkir motor sebesar Rp 2000 dan parkir mobil Rp 5000 saja. Jadi bisa saja sekiranya kita ingin mentraktir keluarga atau teman-teman untuk masuk kesini. Tidak memerlukan biaya yang mahal kan?!

Merasa petualang? Saya akan merekomendasikan menyewa APV. Bosan jalan-jalan? Ada banyak kios yang menjual makanan laut pra-olahan di sekitar pantai. Adapun jika ingin tempat yang lebih sepi dengan pemandangan lebih indah kalian bisa naik ke Klayar Hill atau bukit klayar hanya dengan membayar Rp 3000.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0