Pantai Nampu: Tiket Masuk, Lokasi & Bisa Dipakai Camping

Tebing Karst Pantai Nampu 1
Tebing Karst Pantai Nampu 1
0
()

Lokasi: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57678
Map: Klik Disini
HTM: Rp5000-Rp10.000

Siapa sangka Wonogiri ternyata memiliki pantai yang begitu indah. Meski belum populer untuk kalangan wisatawan. Namun, objek wisata ini tidak boleh dianggap remeh karena memiliki keindahan seperti pantai lainnya. Warga sekitar menyebutnya dengan sebutan pantai Nampu. Pantai ini memiliki karakter yang kuat serta memiliki ke identikkan sama dengan pantai lainnya yakni sama-sama dikelilingi oleh bukit Karst.

Pantai Nampu memiliki pasir putih yang indah serta garis lintas pantai yang panjang menjadi poin tambahan bagi keindahan pantainya. Pantai ini menjadi salah satu yang sangat populer di Wonogiri akhir-akhir ini. Jika anda sedang dalam perjalanan wisata ke Wonogiri, alangkah baiknya anda juga mengunjungi pantai yang sangat unik dengan penawaran pemandangan yang elok ini.

Keindahan Pantai Nampu dan Bukit Kapur/Karst

Hal unik dari pantai ini yakni dipisahkan oleh bukit karst dan juga pantai ini terdiri dari 3 bagian. Namun, pantai utama merupakan salah satu spot terbaik dan menjadi lokasi yang banyak di kunjungi oleh wisatawan. Pantai Nampu ini merupakan pantai indah dengan rute jalan yang mudah dijangkau.

Sebelum adanya pantai ini, pengunjung dari luar daerah biasanya selalu berkunjung ke pantai Wonosari yang berada di Yogyakarta. Namun, untuk saat ini di Wonogiri juga ada objek wisata yang tidak kalah bagusnya dengan pantai lainnya yang selalu dikunjungi oleh pengunjung dari luar daerah.

Pantai Nampu ini memiliki daya tarik sendiri yang dapat menghipnotis siapa saja yang mengunjunginya. pantai ini memiliki air bersih dan pasir yang putih sehingga cocok ketika berpadu dengan nuansa biru langit dan pohon dengan daun hijau yang eksotis. Pantai ini berlokasi di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga :   Pura Lempuyang [year]: Jam Buka, Tiket Masuk & Instagramable

Simak juga tentang Bukit Cumbri Wonogiri.

Rute Jalan Menuju Pantai Nampu

Jarak yang harus ditempuh oleh anda jika menggunakan rute selatan dari kota Yogyakarta yakni sekitar 2 jam. Jika anda berangkat dari pusta kota Wonogiri bisa Jl. Raya Solo-Pacitan maka akan memakan waktu 2 jam 9 menit dengan jarak tempuh 78 km. Jika anda berangkat dari pusat kota Solo melalui Jl. Raya Solo – Pacitan dengan perjalanan normal dan tidak adanya hambatan maka akan memakan waktu 2 jam 43 menit dengan jarak tempuh 92 km.

Rute jalan ini sudah terbilang baik karena melewati jalan daerah kabupaten yang telah diperbaiki. Dulunya pantai Nampu ini masih memiliki pengunjung yang terbilang sedikit, namun sekarang ini sudah memiliki banyak pengunjung meskipun tidak seramai pantai yang ada di deretan Pulau Jawa.

Jika anda berkunjung ke pantai Nampu pada hari biasa, anda dapat menikmati betapa indahnya pantai Nampu seperti “private beach”. Anda tidak perlu risau jika membawa kendaraan roda dua dan empat karena area parkir kendaraan pun dapat menampung kendaraan anda.

Pantai Nampu ini terletak dari daerah yang jauh dari jangkauan kota. Namun anda jangan khawatir, karena meskipun jauh dari perkotaan jalannya pun sudah bagus dan nyaman digunakan oleh kendaraan. Jika anda menginginkan kenyamanan, maka disarankan anda menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi umum yang belum memadai. Di bawah ini merupakan beberapa akses yang dapat mengantarkan anda untuk bisa sampai di pantai Nampu. Di anataranya adalah:

  1. Akses dari Kota Solo

Ketika anda berangkat dari Kota Solo, Karanganyar dan sekitarnya. Anda dapat menggunakan jalan yang menuju Kabupaten Wonogiri dengan melewati jalan Sukoharjo dan akan sampai di Waduk Gadjah Mungkur. Ketika anda melanjutkan perjalanan, anda akan menemukan percabangan jalan dengan rambu-rambu lalu lintas lalu anda pilih arah yang akan menuju ke Yogyakarta atau Pracimantoro.

  1. Akses dari Kota Semarang
Baca Juga :   Curug Cibaliung Sentul | Berenang Di Curug Sentul Bogor Terbaik

Ketika anda melalui akses ke Kabupaten Wonogiri nantinya anda dapat menghabiskan waktu sekitar 3 jam 46 menit. Namun, jika anda berangkat dari kota Semarang (Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah) jarak yang ditempuh sekitar 195 km. Akses ini terbilang lebih cepat jika anda mengambil jalan raya rute Semarang-Solo.

Ketika anda sudah sampai di Kabupaten Wonogiri maka tujuan anda selanjutnya yaitu Desa Gunturharjo di Kecamatan Paranggupito. Letak pantai tersebut yakni 61,2km. Jadi perjalanan anda memakan waktu sekitar 1 jam 58 menit.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke pantai Nampu ini yakni Rp5000/orang dengan parkir kendaraan roda dua yakni Rp5000 dan kendaraan roda empat Rp10.000. Dengan harga yang telah ditentukan, ini diartikan jika anda ingin melihat keindahan alam yang bagus dan tenang itu tidak harus mengeluarkan budget yang banyak. Di pantai ini, harga tiket untuk “weekday” dan “weekend” tetap sama.

Tata kelola pantai Nampu ini masih dikelola oleh warga sekitar dan belum ada campur tangan dari pemerintah Kabupaten Wonogiri. Maka dari itu, harga yang ditetapkan pun masih sangat terjangkau oleh kalangan manapun.

Dengan harga yang terjangkau, anda bisa melepas penat dengan berenang atau sekedar main air dan pasir. Namun anda juga harus tetap waspada terhadap kekuatan air dan cuaca yang biasanya tidak menentu.

Jika anda sudah melihat kekuatan air dan ombak yang cukup besar anda harus segera memberhentikan aktivitas berenang anda. Anda cukup bermain air atau pasir di pinggir pantai saja untuk menjaga keamanan bersama. Meskipun kekuatan air dan ombak yang cukup kuat, anda tidak akan merasa rugi karena masih bisa menikmati air yang sangat bersih.

Baca Juga :   Pantai Gondo Mayit Blitar Harga Tiket [year] & Rute Akses Lokasi

Jika ke timur terus anda bisa menuju ke Pacitan dan di sana ada beberapa pantai indah lain seperti Pantai Klayar dan Pantai Srau. Jika ke arah barat ke Gunung Kidul anda bisa menemui pantai-pantai di Gunung Kidul.

Fasilitas yang Tersedia

Di pantai Nampu ini sudah dibangun berbagai fasilitas lainnya yang dapat memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung yang datang. Di antaranya adalah :

  1. Tidak sulit menemukan warung

Selain menikmati pemandangan di sekitar pantai, anda tentunya selalu melakukan banyak hal seperti melakukan kuliner. Anda bisa mengunjungi tempat makan atau warung makanan yang sudah tersedia seperti makanan dan minuman. Ketika di pantai selalu identik dengan yang namanya kelapa muda. Di pantai ini nanti anda juga akan menjumpai warung yang menyediakan kelapa muda.

  1. Camping

Jika anda tidak akan menginap namun ingin rehat sejenak dengan melakukan rebahan dan membawa tenda, tentunya ini akan menjadi salah satu pengalaman yang seru dan sayang untuk dilewatkan. Anda cukup mendirikan tenda dan camping untuk beberapa jam sambil melihat suasana pantai yang cantik bersama orang tersayang di ahkir pekan.

  1. Gazebo

Pengelola pantai selalu ingin memberikan yang terbaik bagi setiap pengunjung salah satunya dengan menyediakan fasilitas gazebo. Jika anda selesai bermain pasir atau air dan berenang di pantai. Anda dapat bersantai sejenak di gazebo untuk beristirahat serta menikmati pemandangan serta melihat sunset yang selalu dinantikan ketika ke pantai.

Penutupan

Demikian penjelasan mengenai pantai Nampu yang berlokasi di Wonogiri Jawa Timur. jangan lupa abadikan momen bahagia anda dengan mengunjungi obyek wisata yang sangat indah di Indonesia. Semoga Pantai Nampu masuk dalam daftar liburan anda di akhir pekan.

Baca Juga :   Air Terjun Jumog Karanganyar [year] : Jam Buka & Tiket Masuk

Berapa penilaian untuk tempat ini?

/ 5.