Mengapa Pantai Nglambor Jadi Lokasi Snorkeling Teraman Di Pantai Jogja

Pantai Nglambor
Pantai Nglambor
0
()

Mengapa wisata Pantai Nglambor merupakan pantai di Jogja yang aman dan terbilang cukup unik, bagaimana tidak seperti yang telah diketahui khalayak umum bahwasanya banyak pantai yang notabene terletak di pesisir selatan pastinya akan memiliki ombak yang besar dan kuat bukan? namun berbeda halnya dengan pantai yang satu ini, meskipun terletak di bagian selatan pulau Jawa, tidak serta merta membuat Pantai Nglambor memiliki ombak yang ganas. 

Snorkling di Pantai Nglambor

Bukan rahasia umum lagi, jikalau banyak sederet catatan kelam pariwisata Indonesia yang menyiratkan duka mendalam, banyaknya peristiwa para wisatawan yang harus kehilangan nyawa saat bermain di sekitar kawasan pantai. Mengapa demikian? memang di akui banyak faktor yang menjadi penyebab.

Bisa dari kelalaian dari segi keamanan, kecerobohan individu hingga fenomena alam yang dapat menyebabkan hilangnya nyawa seseorang. Namun, semua itu tentulah tak ada kaitannya dengan dunia magis atau mistis, sebagai manusia yang hidup di zaman modern tak perlu rasanya terlalu mempercayai pendapat dari orang-orang pelaku metafisika.

Sebagai seorang muslim, saya memang mengakui adanya dunia alam lain, namun saya tidak tak percaya akan adanya kekuatan-kekuatan gaib yang mampu mengalahkan kekuatan Tuhan dan tiada mungkin ada yang bisa menandingi akan kebesaranNya. Mungkin bagi kamu atau para pembaca budiman lainnya yang memiliki kepercayaan Agama lain, tentulah sependapat bukan? dari semua Agama yang ada, pastilah mempunyai keyakinan tiada hal-hal lainnya yang mampu menandingi kekuatan dari Sang Pencipta. 

Pantai Nglambor Yogyakarta
Pantai Nglambor Yogyakarta. Foto: @babusgooglelens

Dari banyak kejadian tragedi di berbagai tempat wisata tentulah ada penjelasan secara ilmiah akan peristiwa tersebut. Sebagai contoh sebenarnya banyak hal yang dapat memicu kecelakaan di banyak wisata pantai Jogja khususnya, dimana terdapat beberapa hal bahaya akan fenomena alam di sekitar kawasan pantai tersebut.

Baca Juga :   Candi Sambisari Tempat Wisata Alam Jogja Terbaru Yang Harus Kamu Kunjungi

Bagi kamu yang belum mengetahui akan bahaya apa saja yang terdapat di sekitar pantai, ada baiknya kamu simak terlebih dahulu potensi Kejadian Bahaya Di Pantai.

Namun dari sederet nama pantai yang terdapat di tempat wisata Yogyakarta yang terkenal dengan arus ombak yang kuat, dewasa ini telah hadir pilihan wisata pantai yang sangat aman untuk kamu berenang atau snorkeling, dimana kamu dapat merasa nyaman kala berwisata di Pantai Nglambor. Mengapa demikian? kamu dapat menyimak ulasan secara detail tentang pantai ini dalam artikel dibawah ini.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan memaparkan secara detail perihal mengapa Pantai Nglambor jadi lokasi snorkeling teraman di pantai Jogja. Semoga dari segala informasinya yang akan disampaikan dapat dijadikan sumber referensi tambahan bagi kamu atau pun para pembaca budiman sekalian.pemandangan Pantai Nglambor dari atas jalan 

Selain terkait sebagai spot snorkeling, alasan lainnya yang menjadikan Pantai Nglambor dewasa ini menjadi bahan perbincangan di kala para traveller ialah bila kamu yang ingin mencari destinasi pantai di Gunungkidul terbaru, maka kamu saya rekomendasikan untuk datang ke pantai ini.

Kendati terbilang masih baru, namun keindahannya mampu untuk menenggelamkan pamor dari pantai-pantai yang sudah populer. Terletak agak tersembunyi membuat keindahan alam bawah lautnya masih cukup alami, sehingga cukup memiliki beberapa ekosistem biota laut. 

Lokasi Pantai Nglambor

Lokasi Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul atau tepatnya berada di sebelah barat dari Pantai Siung dan sebelah timur dari Pantai Jogan. Jika kamu ingin berkunjung, kamu dapat mengarahkan kendaraan jika dari arah Jogja, kamu dapat menuju Wonosari dengan menggunakan jalur yang sama dengan ke arah Pantai Baron.

Baca Juga :   Pantai Kejawanan Cirebon City, Jalan Menuju Lokasi Wisata dan Tiket Masuk

Setelah itu arahkan kembali kendaraan kamu menuju Pantai Siung, lewati pos retribusi masuk Pantai Siung dan arahkan menuju Pantai Jogan. Lewati pintu masuk Pantai Jogan, maka akan ada sebuah sebuah jalan kecil berbatu disisi kanan jalan. Masuk ke jalan tersebut, maka Pantai Nglambor suda nampak dari kejauhan.

Kemudian ikuti jalan menurun hingga menuju lokasinya, karena memang pantai terletak tepat dibawah tebing. 

Mungkin dari beberapa kamu mempunyai pertanyaan, apa menariknya Pantai Nglambor? dikarenakan letaknya yang terhalang oleh dua buah pulau karang, sehingga memiliki perairan yang terjaga dari terjangan arus ombak dari Samudera Hindia. Oleh karena alasan tersebutlah maka pantai ini aman untuk snorkeling ria.

Selain itu hal yang menjadi keunikannya ialah jika diperhatikan bentuk ke dua pulau tersebut memiliki bentuk menyerupai kura-kura. Cukup unik bukan? pantai ini memang tak memiliki bentang garis pantai yang cukup panjang dan perairannya pun terbilang cukup dangkal, sehingga kamu pun dapat menyebrang ke pulau kura-kura tersebut. Pulau karang yang menyerupai kura-kura snorkeling di Pantai Nglambor

Paket Harga Snorkling

Snorkling di Pantai Nglambor
Snorkling di Pantai Nglambor. Foto: @shepthipuspitasari

Bagi kamu penggemar berenang/snorkeling, maka dipantai ini kamu dapat menyalurkan hobi tersebut. Tak punya peralatan snorkeling? tak perlu khawatir dimana sudah ada dua jasa penyewaan yaitu Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) dan Pokdarwis Nglambor Lestari. Dimana kamu bisa menggunakan jasa paket snorkeling dengan biaya sekitar Rp. 50.000/orang, maka kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas sebagai berikut

  • Masker + Snorkel
  • Sepatu karet
  • Life jacket (pelampung)
  • Guide
  • Dokumentasi (include under water)
  • Es Tea
  • Ruang Ganti
  • Penitipan Barang

Selain memang memiliki alam bahari yang masih terjaga, terdapat lagi potensi wisata lainnya yakni berupa sumber mata air yang terletak di tebing karang sisi barat. Menurut salah seorang petugas penyewaan alat snorkeling, setiap harinya sumber mata air tersebut sering digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari termasuk untuk minum. Sebagai salah satu tempat wisata di Jogja, pantai ini pun sudah dilengkapi beberapa fasilitas meskipun masih belum terlalu lengkap. Berikut fasilitas tersebut,

  • Warung-warung makan
  • Toilet bersih
  • Musholah 
Baca Juga :   Pantai Samudera Baru Karawang, Harga Tiket Masuk [year] dan Rute ke Lokasi

Bagi kamu yang ingin bermalam/menginap, memang belum lah dilengkapi dengan penginapan di Pantai Nglambor, sehingga kamu mau tidak mau diharuskan mencari penginapan di sekitar Pantai Indrayanti. Jika dilihat secara keseluruhan maka memang pantai ini layak untuk dijadikan salah satu tempat wisata Yogyakarta yang sangat sayang bila dilewatkan.

*Tips

  • Dikarenakan memang jalur menuju lokasinya melalui kawasan wisata, maka akan lebih baik bila kamu tak datang pada high season. Karena jalan pastinya akan macet menuju kawasan wisata ini.
  • Pastikan bbm kendaraan yang digunakan cukup, karena SPBU hanya ada di pusat kota Wonosari.

Duduk bersantai menikmati keindahan Pantai Nglambor, membuat mata ini takjub akan kebesaran dari Sang Khalik dan sesekali mengucap syukur terhadapNya. Moment ini rasanya sangat pas bilamana digunakan sebagai moment untuk berkaca diri agar kelak tentunya dapat menjadi pribadi yang lebih arif. Maka kenali lah diri mu sendiri, maka pasti perubahan postif akan kamu dapatkan.

Demikian lah ulasan saya kali ini perihal mengapa Pantai Nglambor jadi lokasi snorkeling teraman di pantai Jogja. Terima kasih dan semoga dari segala yang disampaikan dapat bermanfaat dan membantu bagi kamu atau para pembaca budiman dimana pun anda berada.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

/ 5.