Pantai Pakis 2022: Harga Tiket Masuk, Akses dan Rute

Pantai Pakis Foto By Irwan TSB
Pantai Pakis Foto By Irwan TSB
0
(0)

Lokasi: Tanjungpakis, Kec. Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat 41355
Map: Klik Disini
HTM: Rp5000-Rp10.000
Jam Buka & Tutup: 07.00 – 19.00

Negara Indonesia tercinta merupakan negara yang kaya akan kepulauan dan juga keindahan alamnya dengan memiliki ratusan objek wisata di setiap daerahnya. Dari keindahan gunung dan pantainya. Berbagai objek wisata yang ada di setiap daerah di Indonesia juga sangat berpengaruh pada sektor pariwisata di Indonesia termasuk pantai Pakis.

Pantai merupakan salah satu objek wisata yang diburu oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara ketika mereka sedang berkunjung ke Indonesia. Keindahan pantai yang ada di Indonesia sudah tak terhitung jumlahnya. Banyak pantai yang masih belum terjamah oleh pemerintah dan juga wisatawan.  Selain pulau Bali yang terkenal akan keindahan pantainya, Pulau Jawa juga masih mempunyai banyak pantai yang tidak kalah indahnya.

Pantai di wilayah selatan merupakan salah satu objek wisata yang menjadi pilihan dan memang sudah terkenal. Tetapi, pantai yang berada di utara pun tidak kalah indahnya. Salah satu pantai yang menjadi tujuan ini ada di Jawa Barat yaitu pantai Pakis atau sering juga disebut pantai Tanjung Pakis karena posisinya yang menjorok ke laut.

Letak Pantai Pakis

Panta Pakis Foto By Ngaprak Channel 1
Pantai Pakis | Foto By Ngaprak Channel 1

Pantai Pakis merupakan pantai yang ada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat lebih tepatnya di Daerah Tanjung Pakis. Pantai ini terbilang cukup jauh dari pusat kota dan jaraknya sekitar 70 km dari pusat kota Karawang. Pantai ini mempunyai panjang 7 km yang terdapat di Blok Bungin, karangjaya, dan mempunyai luas sekitar 350 hektar.

Dalam letak geografis, pantai Pakis ini letaknya berdekatan dengan Ibukota Jakarta yang berada di perbatasan antara Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang. Pantai Tanjung Pakis ini letaknya bergandengan dengan Kabupaten Bekasi yang bertempat di pedalaman Karawang. Sehingga, akses untuk mencapai pantai ini cukup sulit serta belum adanya kesiapan seperti pantai lainnya yang sudah siap disambangi oleh wisatawan.

Meskipun pantai ini tidak seterkenal obyek wisata lainnya seperti Pantai Ancol dan Pantai Anyer, pantai Pakis tetap memiliki pengunjung sejatinya, yakni warga lokal yang ada di karawang dengan menghabiskan akhir pekan mereka di pantai ini. Pantai Tanjung Pakis ini sangat cocok digunakan untuk berkumpul dengan keluarga maupun pasangan.

Hal yang kurang dari pantai Pakis ini yakni masih minimnya angkutan umum serta akses untuk menuju pantai ini rusak dan banyak lubang. Jika anda akan berkunjung ke pantai ini, disarankan anda menggunakan kendaraan pribadi supaya tidak sulit untuk menjangkau pantai.

Simak juga tentang ulasan Curug Cigentis Loji Karawang, tempat wisata air terjun di Karawang.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Pakis

Harg Tiket Masuk pantai Pakis ini dikategorikan cukup murah untuk objek wisata yakni Rp5000/orang. Tarif yang dikenakan untuk parkir kendaraan roda dua itu adalah Rp5000 dan untuk kendaraan roda empat Rp10.000. Untuk jam buka tutup pantai ini yakni dibuka jam 07.00 waktu Karawang serta berlaku pada hari biasa maupun libur dan tututp pada jam 19.00.

Akses dan Rute Menuju Pantai

PantaiTanjung Pakis ini berkolasi di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakis jaya, Kabutapen Karawang, Jawa Barat. Jalur yang bisa anda lewati dengan mudah yakni melalui kota bekasi yang bisa diakses dari Kabupaten Bekasi dengan mengambil jalan menuju Masjid At-Taqwa. Perjalanan ini bisa di ambil dari jalur lurus kemudian nanti akan sampai ke Babelan. Dari daerah Babelan anda bisa mencari petunjuk jalan yang akan mengarahkan anda untuk bisa langsung ke pantai Pakis.

Kemudian, sebelum anda bisa masuk ke pantai Pakis, anda harus melewati perbatasan antara Kabupaten Bekasi dan Karawang. Nanti anda akan menemukan sungai yang cukup besar dengan ciri khas jembatan besi di tengahnya di mana warga lokal menyebutnya dengan Muara Gembong. Setelah anda sampai di Muara Gembong, anda nantinya akan ditawari dengan menggunakan rakit perahu, nantinya warga di tempat akan membantu anda untuk membantu anda menyeberang pantai Tanjung Pakis dengan biaya Rp2000.

Jika anda yang akan berkunjung ke pantai Pakis, maka sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Hal ini karena karena tidak tersedianya angkutan umum yang menjangkau ke jalur pantai Tanjung Pakis.

Meskipun akses terbilang susah, namun tidak menyurutkan semangat wisatawan dan warga lokal untuk datang ke pantai Pakis ini untuk sekedar menghabiskan akhir pekan atau liburan. Masyarakat sekitar menamai pantai Tanjung Pakis karena lokasinya ada di sebuah tanjung atau daratan yang menjorok ke laut.

Panjang dari pantai Tanjung Pakis ini sekitar 7 km di mana ini sangat cocok sekali dijadikan tempat untuk berolahraga lari pagi di pinggir pantai. Pantai Tanjung Pakis ini sangat terjaga kebersihannya. Meskipun beberapa tahun belakang ini pantai Tanjung Pakis sempat mendapatkan nilai buruk dari media sosial.

Namun komentar buruk tersebut lama-lama berubah menjadi komentar baik dari sosial media karena mereka perlahan menyadari bahwa pantai Pakis merupakan sebuah kawasan wisata terbaik yang ada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Pantai Tanjung Pakis ini pernah menjadi perbincangan hangat karena pernah menjadi lokasi kecelakaan pesawat lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 yang jatuh di kawasan perairan Karawang pada tahun 2018 lalu.

Selain pantai Pakis ada juga pantai lain di Karawang seperti pantai Samudera Baru.

Beraktivitas di Keindahan Pantai Pakis

Aktivitas yang dapat anda nikmati di pantai Tanjung Pakis ini yaitu:

  1. Menikmati pemandangan alam yang terjaga

Pantai Pakis ini memiliki pasir putih yang menghampar setengah coklat dengan garis pantai yang luas. Pantai ini mempunyai ombak yang tidak terlalu besar, jadi jika cuaca sedang bagus maka sangat indah untuk dinikmati.

  1. Outbound

Pengelola pantai juga menyediakan dermaga kayu untuk sarana outbond yang disediakan untuk anak-anak dan juga untuk sarana belajar untuk melatih sistem motorik mereka ketika bermain di pantai.

  1. Kuliner

Ada banyak tempat makan yang menyediakan berjejeran dengan memberikan penawaran makanan hasil laut kepada semua pengunjung yang datang. Mulai dari olahan ikan, kepiting, udang bahkan cumi-cumi yang ditawarkan oleh pedagang. Bahan makanan tersebut sudah diolah menjadi makanan yang lezat dan siap santap.

Fasilitas yang anda di pantai Pakis telah disediakan ini cukup memadai. Fasilitas yang ada meliputi toilet, mushola, tempat hiburan keluarga dan juga tempat makan yang menyediakan bermacam olahan laut ketika anda sudah merasa lapar. Jadi anda sudah tidak usah bingung terhadap fasilitas setempat jika sedang bermain ke pantai ini

Ada juga penginapan sederhana yang disediakan oleh masyarakat sekitar ketika anda ingin menginap di pantai Tanjung Pakis. Harga yang dipatok pun beragam dari yang murah sampai termahal dari harga Rp100.000 – Rp700.000/malam.

Jika ingin liburan ke kota tetangga Karawang yaitu Purwakarta bisa kunjungi salah satu objek wisata yang terkenal disana seperti Waduk Cirata. Kampung Sadang Purwakarta, atau di Situ Wanayasa Purwakarta.

Penutup

Demikian ulasan tentang pantai Pakis yang berada di Karawang, Jawa Barat dengan keindahan pantai yang indah dan harga terjangkau. Semoga ini menjadi sebuah referensi untuk anda jika sedang bingung mencari obyek wisata yang bertema pantai selain seluruh pantai yang berada di jajaran sebelah selatan. Maka pantai ini bisa menjadi pilihan ketika anda mencoba pantai di sebelah utara.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0