Pantai Plengkung Banyuwangi Oktober 2021 & Rute Akses ke Lokasi Wisata

Pantai Plengkung
Pantai Plengkung
0
(0)

Lokasi: Pantai Plengkung, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur
Map: Klik Disini
HTM: Rp 5.000,-
Buka / Tutup: 12:00 – 17:00
No. Telepon:

Siapa yang tidak mengenal banyuwangi, kota wisata di jawa timur ini memang berdekatan dengan Pulau Dewata Bali. Kota paling ujung di pulau jawa ini, menyimpan bermacam keindahaan yang tidak bisa dihindari

Banyuwangi dijuluki sunrise of java memang memiliki keunggulan tak biasa perihal matahari terbitnya. Keindahan inilah, perlahan mulai diketahui oleh sobat pelancong lain dan menjadi daya tarik berbeda.

Salah satunya adalah Pantai Plengkung, Banyuwangi. Pantai yang menjadi favorit bagi warga mancanegara ini memiliki pesona yang tidak kalah dengan beberapa pantai di pulau dewata. Sehingga, mengunjungi kawasan ini adalah sebuah kewajiban.

Daya Tarik Pantai Plengkung

Indahnya Pantai Plengkung
Indahnya Pantai Plengkung

Pantai Plengkung atau disebut dengan G-land beach berada di wilayah taman nasional alas purwo. Dimana, pesona objek wisata satu ini tidak kalah dengan beberapa pantai yang namanya sudah meluas seperti pulau merah atau tiga warna.

Sejarah mencatat, nama objek wisata ini dinamakan plengkung lantaran bentuk ombak yang dihasilkan di kawasan ini berbentuk lengkung. Oleh karena itu, kawasan ini sering digunakan teman traveler untuk surfing.

Menurut wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Ada beberapa fakta yang bisa disimak mengenai keunikan pantai plengkung. Di mana, salah satu cerita yang kerap terdengar oleh wisatawan mengenai G-land ini adalah tempat surfing terbaik di dunia.

Nuansa asri nan eksotis bisa wisatawan rasakan. Sulitnya menuju ke tempat ini, membuat banyak wisatawan sedikit berpikir panjang. Tetapi, rasa lelah dan keringat bercucuran akan terbayarkan dengan pemandangan elok.

Bila dilihat secara mendalam, pantai plengkung mempunyai tiga warna yaitu, putih, biru dan juga hijau. Tempat ini disarankan bagi wisatawan yang mempunyai jiwa petualang. Karena, perjalanan masuknya sangat menggemaskan.

Terlebih lagi, nuansa hutan seperti halnya naik gunung akan sangat terasa. Jadi, siapkan fisik agar bisa sampai di kawasan ini. Selain itu, teman traveler pun akan bertemu dengan berbagai hewan hutan yang bersembunyi dibalik pepohonan.

Tidak hanya hewan yang cukup familiar saja melainkan hewan langka yang benar-benar harus dilindungi menjadi daya tarik tersendiri. Selain hewan langka, sobat traveler pun bisa menemukan beberapa goa-goa yang masih alami.

Baca juga Pantai Bama Banyuwangi pantai lain yang eksotis di Banyuwangi.

Goa-Goa ini mempunyai sendang-sendang atau mata air yang memiliki manfaat mampu membuat awet muda. Entah benar atau tidak, semua itu hanya percaya nggak percaya wisatawan bisa langsung membuktikannya sendiri.

Waktu berkunjung paling tepat ke kawasan ini adalah april – september. Pada bulan ini, wisatawan akan melihat bagaimana ombak-ombak yang datang ini begitu menggemaskan. Ombak ini merupakan surga bagi para surfer.

Biasanya, pantai plengkung digunakan sebagai kawasan lomba surfer. Lomba ini diadakan sebagai salah satu cara agar kawasan ini selalu banyak pengunjung.

Alamat Dam Lokasi wisata

Keindahan Pantai Plengkung
Keindahan Pantai Plengkung

Alamat lokasi tempat ini berada di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur. Jarak tempuh yang harus dilalui menuju ke tempat ini kurang lebih 60 km. bisa ditempuh dengan berbagai macam cara.

Bila wisatawan menggunakan cara backpacker, wisatawan bisa menggunakan transportasi umum. Dengan menggunakan bus dari banyuwangi menuju ke kalipait. Kemudian, sesampainya di kalipait sobat pelancong bisa naik ojek menuju ke pasar anyar dan pos pancur.

Setelah melewati pos pancur, perjalanan akan diteruskan dengan jalan kaki. Dengan melintasi hutan alas purwo yang dikenal dengan cerita misteri. Kurang lebih teman traveller harus berjalan kaki sepanjang 1, 5 jam lamanya.

Akses lain menuju ke kawasan ini bisa menggunakan perahu atau speedboat. Dengan waktu yang harus dilalui kurang lebih 1 jam. Cara ini juga bisa di akses dari pulau Bali atau juga Lombok karena, letak pantai ini berada di ujung pulau jawa.

Apabila wisatawan berasal dari kota jember dan hendak menggunakan kendaraan pribadi. Wisatawan bisa melihat rute tempat ini dengan menggunakan maps atau peta online.

Dengan aplikasi ini, wisatawan akan mendapatkan berbagai penjelasan mengenai titik koordinat, arah, dan jalan sehingga mencapai di objek wisata Pantai Plengkung.

Baca juga Pantai Bangsring Banyuwangi pantai lain di Banyuwangi yang indah untuk snorkling.

Harga Tiket Masuk

Pantai Plengkung by Gmap
Pantai Plengkung by Gmap

Harga Tiket Masuk Kawasan ini adalah 5 ribu rupiah. Tiket ini dikenakan untuk membayar harga taman nasional alas purwo. Jika, ingin menggunakan perahu, wisatawan harus merogoh kocek lebih dalam yaitu 35 ribu rupiah.

Menikmati kawasan ini memang tidak bisa sehari atau dua hari saja. Wisatawan wajib mencari penginapan berupa hotel, resort, dan Villa. Atau jika ingin lebih murah, wisatawan bisa memanfaatkan area camping yang menjadi fasilitas dari alas purwo.

Tidak hanya di Banyuwangi saja yang mempunyai karakter pantai seperti ini. Melainkan, di Malang pun mempunyai karakter pantai yang sama. Tetapi, nama kawasan ini bernama pantai Batu bengkung atau watu bengkung. Keindahnnya sungguh mampu mengalihkan perhatianmu.

Cukup sekian review yang bisa diberikan untuk wisatawan. Masih kurang? Wisatawan bisa membuka beberapa situs internet terutama Wikipedia. Di mana, ada banyak sekali deskripsi lengkap tentang eloknya pantai plengkung.

Atau, wisatawan juga bisa menggunakan channel youtube untuk melihat keindahan pantai ini dari sudut ke sudut. Sehingga, sebelum berkunjung ke tempat ini, wisatawan punya gambaran bagaimana suasana kawasan ini.

Pantai Plengkung adalah pantai kelas internasional , mempunyai beragam keindahan. Berkunjung ke sini wajib mengambil foto dan gambar. Ayo berkunjung ke tempat ini, dan rasakan suasana menarik bersama teman, sahabat, dan keluarga.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0