Pantai Pok Tunggal September 2021: Tiket Masuk, Lokasi dan Penginapan

Pantai Pok Tunggal Jogja via Gmap
Pantai Pok Tunggal Jogja via Gmap
0
(0)

Lokasi: Pantai pok tunggal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
MAP: Klik Disini
Tarif: Rp. 10.000 / orang
Jam Operasional: 24 Jam
Nomor Telepon:

Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul – Wisata pantai, wisata yang dapat dikatakan sangat biasa untuk dipilih wisatawan. Pantai merupakan salah satu lokasi wisata yang tidak pernah luput dari daftar. Secara kasat mata, panorama pantai adalah air, pasir pantai, kapal nelayan, tenda orang-orang yang menjual hasil tangkapan laut, pepohonan, dan batu karang.

Namun ketika Anda berwisata ke pantai yang satu ini, ada satu aktivitas yang terbilang menarik. Sebelum membahas aktivitas apa itu, ketahui dahulu nama pantai yang dimaksud. Pantai Pok Tunggal, itulah tempat wisata yang ada di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta yang juga dikenal karena adanya pohon Duras yang tumbuh tidak jauh dari pantai.

Gunung Kidul tak melulu hanya tentang keindahan Goa Kalisuci dan Goa Jomblang saja. Kawasan Gunung Kidul sudah lama dikenal memiliki banyak pantai sebagai tempat wisata. Namun untuk Pok Tunggal sendiri terbilang sebagai pantai yang baru diresmikan di tahun 2012.

Nah, pada pertengahan tahun lalu penulis bersama rombongan berkesempatan menyambangi salah satu tempat yang cukup terpencil ini. Memang suasananya belum terlalu ramai, tapi inilah yang menjadi kelebihan Pok Tunggal terutama bagi kalian yang ingin menghindar dari ramainya kota dan sejenak ingin menikmati waktu sendiri bareng pacar atau pun teman-teman.

Aktivitas di Pantai Pok Tunggal

Tebing di Pantai Pok Tunggal via Gmap
Tebing di Pantai Pok Tunggal via Gmap

Pantai ini dikelilingi oleh tebing, mungkin akan terlihat agak mirip dengan Pantai Dreamland di Bali. Bedanya pantai ini tak terlalu panjang. View paling bagus untuk berfoto-foto adalah dari atas tebing, tapi tetap harus berhati-hati mendaki ke atas tebing ini. Anda bisa berfoto-foto dari atas tebing ini

Di pantai Pok Tunggal adalah wisatawan dapat melakukan aktivitas yang menarik. Aktivitas yang dimaksud adalah camping. Selain itu, berwisata di Pok Tunggal, wisatawan dapat melakukan olahraga yang menantang adrenalin, yaitu panjat tebing.

Di sekitar pantai ini memang berdiri tebing-tebing tinggi menjulang. Pok Tunggal juga pantai yang memiliki kelebihan karena adanya sumber mata air. Mata air tawar dapat Anda jumpai ketika berwisata di pantai ini. Tidak terkecuali dengan keberadaan fauna liar yang dibiarkan ikut mengisi suasana wisata Anda di Pok Tunggal. Hewan primata seperti monyet begitu mudah Anda jumpai di beberapa pohon yang tumbuh tidak jauh dari Pok Tunggal.

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Indahnya Pantai Pok Tunggal via Gmap
Indahnya Pantai Pok Tunggal via Gmap

Pok Tunggal merupakan pantai yang berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, satu kawasan dengan Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Letaknya memang berada di pegunungan, namun untuk berwisata ke Pok Tunggal, akses jalannannya sudah tertata rapi.

Letaknya pun tak begitu jauh dari pantai Indrayanti yang sudah lebih dulu dikenal namanya. Anda dapat melihat rambu atau petunjuk jalan yang mengarahkan wisatawan untuk ke pantai di Gunung Kidul ini.

Peta Lokasi

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke pantai Pok Tunggal 2021 hanya Rp. 10.000 saja itu sudah termasuk dengan pantai-pantai lain di dekatnya. Pantai ini banyak warung makan, tersedia juga penginapan dan tempat parkir yang luas serta toilet.

Sebagai informasi tambahan, tiket masuk yang Anda bayarkan belum termasuk sebagai parkir. Sehingga Anda tidak perlu membayar lagi untuk tarif parkir.

Cukup tiga ribu rupiah untuk motor, lima ribu rupiah untuk mobil, serta lima belas ribu rupiah untuk minibus. Namun tiket masuk tersebut dapat berubah untuk waktu yang tidak dapat ditentukan.

Cara Menuju ke Pantai Pok Tunggal

Senja di Pantai Pok Tunggal via Gmap
Senja di Pantai Pok Tunggal via Gmap

Untuk menuju Pok Tunggal, jika tidak ingin terlalu lelah di perjalanan, naiklah mobil atau bersama rombongan dengan bis wisata. Ketimbang harus naik kendaraan roda dua. Untuk angkutan umum seperti bis, masih jarang-jarang yang dapat mengantar hingga dekat kawasan pantai ini.

Dari kota Yogyakarta, Anda akan menempuh jarak kurang lebih tujuh puluh kilometer. Rute yang dapat ditempuh yaitu, dari kota Yogyakarta menuju Piyungan melewati Patuk. Kemudian dari Sambipitu menuju Siyono-melewati bunderan Tugu BPD.

Dilanjutkan ke jalan Kyai Legi-jalan Lingkar Selatan-jalan KRT Djojodiningrat-jalan Girisubo-Wonosari-jalan Saptosari. Maka Anda sudah dekat dengan Tepus yang mengarah ke pantai Baron. Jika Anda menjumpai pertigaan sebelum menuju pantai Baron, beloklah kiri ke Pantai Indrayanti.

Berjumpa pertigaan lagi, beloklah kiri, Anda tinggal mengikuti jalan aspal sampai pos retribusi dan lihatlah petunjuk jalan ke pantai bernama Pok Tunggal. Walaupun jalan masuk menuju pantai ini masih berupa jalan tanah berbatu, tapi tak begitu sulit untuk mencapainya.

Fasilitas dan Akomodasi di Pantai Pok Tunggal

Camping di pantai pok tunggal via Gmap
Camping di pantai pok tunggal via Gmap

Fasilitas yang disediakan di Pantai Pok Tunggal adalah payung pantai. Jika wisatawan ingin bersantai tanpa harus merasa kepanasan, maka dapat duduk-duduk di bawah payung pantai. Tersedia pula fasilitas tempat ibadah wisatawan Islam, Mushola.

Selain itu terdapat kamar kecil bagi wisatawan yang ingin membasuh tangan, kaki, ataupun buang air. Tempat parkir kendaraan pun cukup lengang di sediakan di kawasan wisata Pok Tunggal sehingga wisatawan tidak akan jauh berjalan kaki dari parkiran menuju pantai.

Sebagai akomodasi, wisatawan yang ingin menginap di Pok Tunggal dapat menyewa tenda dome. Inilah camping di pantai yang jarang-jarang Anda jumpai. Selain itu, wisatawan juga mudah menemukan warung penjaja kuliner di Pok Tunggal.

Tips Lainnya Wisata di Pantai Pok Tunggal

Bawalah payung ketika berwisata di pantai yang ada di Gunung Kidul ini. Jika Anda kepanasan atau turun hujan, maka tidak akan susah mencari tempat berteduh. Jika Anda membawa bekal sendiri, usahakan untuk menyimpan sampahnya.

Jangan membuang sampah sembarangan agar pantai tetap bersih. Lebih baik bermain air di bagian pinggir pantai. Jika mengajak anak kecil, ajaklah di bagian bibir pantai untuk bermain air. Dan lihat apakah ombak sedang pasang atau tidak. Jangan lupa pula karena tempat wisata yang Anda pilih berkaitan dengan air, selalu bawa pakaian ganti.

Cobalah untuk berwisata di Pantai Pok Tunggal. Pantai yang elok serta jauh dari keramaian kota. Jika ingin merasakan sensasi seperti berada di pantai pribadi yang sepi, maka datanglah ke tempat wisata di Gunung Kidul ini. Tentunya sebelum Pantai Pok Tunggal ini semakin ramai ke depannya.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0