Pantai Ria Kenjeran 2022: Tiket Masuk & Fasilitas

Jembatan Pantai Ria Kenjeran by @greencitysuroboyo
Jembatan Pantai Ria Kenjeran by @greencitysuroboyo
0
(0)

Lokasi:  Jalan Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Kota SBY, Jawa Timur 6012280581
Map: Klik Disini
HTM: Rp 15.000,-
Buka / Tutup: Setiap Hari (08.00 – 16.00)
No. Telepon: 

Wisata di Pantai Ria Kenjeran? Mau apa di sana? Pertanyaan itu barangkali terlintas di benak Anda ketika ingat bahwa ada banyak sekali kawasan wisata pantai yang tersebar di Indonesia.

Jadi, wajar kalau kita mencoba membanding-bandingkan seperti apa sih wujud dari pantai yang berada di Kota Surabaya ini, serta apa saja kelebihannya sehingga Anda punya alasan untuk berkunjung ke sana.

Pesona Wisata Pantai Ria Kenjeran

Pesona Wisata Pantai Ria Kenjeran @arywidiastutik
Pesona Wisata Pantai Ria Kenjeran @ary_widiastutik

Kawasan ini terdiri dari dua tempat, yaitu Kenjeran Lama dan Baru. Dua-duanya merupakan pantai yang tenang dengan hembusan angin menyejukkan. Cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan kepenatan dan menjauhkan diri dari hiruk pikuk kota. Ombak di kedua pantai tersebut juga tidak terlalu besar sehingga akan sangat aman bagi anak-anak.

Bukan hanya suasananya yang teduh dan menenangkan, beragam fasilitas hiburan keluarga pun disediakan di sana. Mulai dari arena pacuan kuda, lokasi memancing, kolam renang, taman bermain, kompleks pertokoan dan kuliner, serta masih banyak lagi spot-spot yang asyik untuk dikunjungi. Oh ya, bila cuaca sedang cerah-cerahnya, Anda bisa bermain layang-layang di sepanjang garis pantai.

Biasanya, pada hari-hari tertentu diselenggarakan beberapa acara khusus seperti barongsay, drag race, pacuan kuda, serta beberapa turnamen olahraga. Anda bisa menikmati acara-acara tersebut di akhir pekan

Kekhasan pantai ini juga ditandai oleh patung Dewi Kwan Im berukuran dua puluh meter. Untuk melihatnya lebih dekat, Anda bisa naik perahu dan menuju ke arah tengah laut.

Lokasi Pantai Ria Kenjeran

Pemandangan Pantai Ria Kenjeran by @ulung tri topan
Pemandangan Pantai Ria Kenjeran by @ulung_tri_topan

Tidak susah untuk mengakses pantai ini terutama jika Anda berangkat dari arah Surabaya. Lokasinya kira-kira sembilan kilometer dari Surabaya dan bisa ditempuh dengan berbagai alat transportasi yang tersedia.

Kawasan ini juga berdekatan dengan Jembatan Suramadu sehingga kalau Anda penasaran dengan wujud jembatan itu bisa segera mampir ke sana.

Baca juga 17 Tempat Wisata di Surabaya Yang Wajib Anda Kunjungi

Rute Menuju Pantai Ria Kenjeran

Masih bingung dengan rute perjalanan ke sana? Nah, kita ambil contoh seandainya Anda turun di Terminal Bungurasih. Dari terminal, segeralah cari Bus Damri yang menuju ke Terminal Joyoboyo.

Sesampainya di sana, pindah ke angkutan umum Lyn R yang menuju ke arah pantai. Kalau masih ragu, tanyakan pada sopir dan bilang kalau mau turun di Pantai Ria Kenjeran. Nah, tidak rumit kan?

Fasilitas Wisata

Sudah sempat kita singgung di atas bahwa ada banyak sekali spot dan acara menarik di sana. Umumnya, yang berkunjung di sana adalah para keluarga yang menyempatkan diri berlibur di akhir pekan. Pasalnya, berbagai kawasan hiburan di sana memang dikelola untuk segmen keluarga dan anak-anak.

Tapi beberapa acara khusus seperti balapan kuda dan layangan juga sangat sayang untuk dilewatkan. Para wisatawan juga berkesempatan berenang di kolam yang disediakan sambil bersantai bersama anggota keluarga.

Anda bisa menunggang kuda dan menyisir garis pantai sambil menghirup udara segar. Bagi Anda yang doyan mencipi sajian kuliner khas tempat-tempat wisata, lokasi ini juga akan memanjakan dengan sejumlah kompleks pertokoan yang menyediakan santapan-santapan lezat.

Baca juga Waterpark Kenjeran Surabaya, Harga Tiket Januari 2022, Jam Buka dan Spot Foto

Surabaya punya banyak santapan khas yang layak Anda nikmati dalam suasana yang santai dan menyehatkan. Jadi, Anda bisa menikmati beragam sajian khas seperti rujak cingur, lontong balap, kupat lontong, sate kerang, dan sebagainya.

Lokasi ini juga menyediakan sejumlah tempat penginapan. Jadi jangan khawatir bagi Anda yang berasal dari luar kota dan ingin bermalam di dekat sana. Pantai Ria Kenjeran sangat indah saat matahari terbit dan terbenam. Makanya, jangan sia-siakan pengalaman tersebut.

Tips dan Informasi Tambahan

Jembatan Pantai Ria Kenjeran by @greencitysuroboyo
Jembatan Pantai Ria Kenjeran by @greencitysuroboyo

Selain fasilitas alam seperti keindahan Pantai, kesejukan angin, meriahnya ombak dan hamparan pasir yang luas serta fasilitas umum seperti taman bermain, di Pantai Ria Kenjeran ini juga menyediakan berbagai fasilitas umum lain yang membuat para pengunjung semakin betah dengan kemudahan akses seperti mushola, kamar mandi, parkiran luas hingga berbagai jajaran rumah makan.

Jangan lewatkan juga kompleks penyedia suvenir dari hasil-hasil laut. Anda bisa membeli suvenir yang sudah jadi atau membeli bahan-bahannya dan merangkainya sendiri. Nah, demikianlah beberapa hal menarik yang akan Anda jumpai di Pantai Ria Kenjeran. Dijamin Anda akan sangat puas dan semakin memperkaya wawasan pengetahuan wisata pantai di Indonesia.

Baca juga 35 Tempat Wisata Di Jember Yang Wajib Dikunjungi Saat Ke Jember

Peta Lokasi Pantai Ria Kenjeran

Tiket Masuk Pantai Ria Kenjeran

Kawasan wisata ini tergolong cukup murah apalagi memang dikhususkan sebagai destinasi liburan keluarga yang selalu ramai di akhir pekan. Tiket masuknya sebesar 15 ribu dan kadang ada potongan harga di hari tertentu. Untuk tarif parkir kendaraan roda empat sebesar 10 ribu rupiah, sedangkan sepeda motor sebesar 8 ribu rupiah.

Pengunjung dapat merelaksasikan diri di tengah gumparan pasir dan ombak dengan angin yang sejuk dengan ditemani es kelapa muda seharga kurang lebih Rp 10.000 per buah. Harga tiket untuk hari libur atau akhir pekan dapat naik namun hal itu wajar karena keindahan yang ditawarkan Pantai Ria Kenjeran dan berbagai fasilitas hiburan umum ini memang menakjubkan.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0