Pantai Sine Tulungagung: Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk

Pantai Sine
Pantai Sine
5
(1)

Lokasi: Sine, Kalibatur, Kec. Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66281
Map: Klik Disini
HTM: Rp10.000
Jam Buka: 24 Jam

Pantai Sine merupakan tempat yang cocok buat kalian yang ingin melepas penat ketika liburan. Suasana yang nyaman serta pemandangan indah siap menyambut anda yang sedang ingin merasakan keindahan alam pantai ini. Jika anda berlibur di sini maka akan membuat pikiran menjadi lebih tenang untuk sejenak menjauh dari rutinitas sehari-hari.

Pantai ini merupakan salah satu destinasi primadona yang terletak di Tulungagung, Jawa Timur. Selain suasana dan pemandangannya yang indah, anda juga tidak usah bingung jika berlibur di sini, karena fasilitasnya sudah cukup lengkap. Jadi kebutuhan anda untuk menginap dan makan itu sudah pasti ada.

Fasilitas sebuah tempat wisata memang menjadi pertimbangan pertama kali ketika akan liburan. Hal ini karena pasti anda tidak ingin kesusahan untuk mendapatkan kebutuhan yang utama seperti toilet, tempat makan, dan juga penginapan. Selain itu juga, anda akan menemukan area parkir yang cukup luas untuk kendaraan.

Menemukan wisata alam yang sudah banyak fasilitas lengkap memang lumayan sulit. Namun, anda bisa menemukan itu di pantai ini. Jadi jangan khawatir ketika anda dan keluarga atau teman-teman sudah berencana ingin berlibur ke pantai yang ada di daerah Tulungagung, Jawa Timur.

Pantai ini juga memiliki aliran mata air alami di tebing sebelah utara. Selain itu juga, anda bisa menemukan hutan lindung di sekelilingnya sehingga akan mendapatkan kesan yang lebih alami dan asri. Pantai ini memiliki keindahan yang cukup lengkap untuk dikunjungi para pendatang. 

Pantai ini sampai disebut sebagai Balinya Tulungagung. Hal ini karena banyak orang yang merasa puas atas keindahan pantai ini. Selain pantai yang indah, tebing, dan juga hutan lindung, hamparan pasir putihnya pun pasti membuat anda tidak ingin beranjak.

Baca Juga :   Bukit Jamur Gresik : Lokasi, Tiket dan Pesona Batu Bentuk Jamur

Maka dari itu tidak heran jika Pantai ini menjadi salah satu destinasi pantai yang indah di Tulungagung. Jadi, berikut ini sudah ada ulasan lengkap mulai dari lokasi, rute, hingga harga tiket masuk ke pantai Sine Tulungagung, Jawa Timur.

Lokasi dan Rute ke Pantai Sine

Lokasi pantai Sine ini berada di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Jika masih belum terbayang lokasinya maka bisa klik tautan diatas untuk melihat petanya dari Google Maps.

Rute untuk menuju ke pantai Sine dari pusat Kabupaten Tulungagung ini sekitar 29km dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Selain itu juga anda bisa menggunakan dua rute yang menjadi jalan utama menuju pantai Sine.

Rute pertama anda bisa melalui jalan ke perempatan Gragalan, setelah itu ke arah kiri sampai menemui Kecamatan Kalidawir. Dari Kecamatan Kalidawir anda bisa mengikuti petunjuk jalan yang tersedia karena sudah cukup dekat.

Lalu rute kedua ini khusus anda yang berasal dari arah Tulungagung. Rute ini akan melalui pasar Campur Darat. Jadi dari arah Tulungagung ini anda terus saja mengikuti jalan raya hingga menemui lampu lalu lintas pasar Campur Darat. Setelah itu, belok kiri untuk menuju Kecamatan Tanggung Gunung dan pilih jalur pantai Sine.

Jadi intinya anda tidak usah bingung untuk memutuskan rute perlajanan ke pantai Sine ini. ada beberapa rute yang bisa anda tempuh. Selain itu juga anda tidak akan tersesat karena sudah ada petunjuk jalan bisa anda ikuti agar bisa sampai tepat sampai tujuan tanpa tersesat.

Baca Juga :   Makam Bung Karno: Sejarah dan Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Sine

Harga tiket masuk ke Pantai Sine ini cukup murah, yaitu hanya Rp10.000 saja per orangnya. Lalu untuk parkir akan dikenakan biaya sebesar Rp3000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Harga yang tertera disini bisa saja sewaktu-waktu berubah sesuai dengan keputusan pengelola tempat.

Pantai ini buka selama 24 jam. Jadi anda bisa datang kapan saja untuk menikmati salah satu keindahan alam di Tulungagung, Jawa Timur ini. Maka dari itu jangan khawatir jika anda sampai di pantai pada waktu tengah malam atau dini hari.

Fasilitas yang Ada di Pantai Sine

Area Parkir
Area Parkir | Foto by Nyoman Afinda Nirmala Tirta

Fasilitas yang ada di pantai Sine Tulungagung ini cukup lengkap untuk ukuran destinasi wisata. Mulai dari area parkir hingga wahana permainan ATV. Maka dari itu cocok sekali untuk berlibur bersama keluarga di pantai yang terletak di Jawa Timur ini. Berikut daftar fasilitas yang ada di pantai Sine:

  1. Area parkir luas
  2. Toilet
  3. Mushola
  4. ATV
  5. Rumah makan
  6. Spot selfie instagramable

Berlibur dengan Keindahan Pantai Sine

Hutan Lindung
Hutan Lindung | Foto by Irham Faqih

Pantai Sine ini memiliki hamparan pasir putih yang siap menyambut anda ketika liburan. Garis pantai dengan pasir putih ini bisa anda nikmati sekeluarga dengan bebas karena luas. Lalu, di pantai dengan pasir putih ini juga anda bisa bermain ATV serta wahana permainan lainnya yang tersedia.

Selanjutnya, anda dapat menemukan tebing atau bukit di area tepian pantai yang terdapat aliran mata air. Jadi anda bisa ke bukit ini untuk menikmati pantai dari atas. Bukit ini bisa membawa anda untuk merasakan keindahan pantai dan hamparan laut luas serta deburan ombak di bawahnya. Maka dari itu inilah salah satu sebab mengapa pantai Sine disebut sebagai Balinya Tulungagung.

Baca Juga :   Gunung Ciremai Kuningan | Pendakian Gunung Ciremai Via Palutungan

Acara Tradisional

Di pantai ini juga anda bisa menemukan acara tradisional yang rutin dilakukan. Ada banyak acara yang bisa anda saksikan jika waktunya berbarengan dengan waktu liburan. Acara yang biasa dilakukan itu adalah pagelaran wayang kulit dan upacara adat larung sesaji.

Pagelaran wayang kulit ini biasa dilakukan pada tanggal satu suro. Jadi jika anda berlibur pada tanggal pas satu suro, maka bisa ikut menikmati wayang kulit yang dilakukan oleh warga setempat. Tetapi meskipun dilakukan oleh warga setempat, anda bisa ikut menyaksikan pagelaran tersebut.

Selain itu, ada juga upacara adat larung sesaji yang biasa dilakukan oleh warga setempat dengan tujuan mengusir hal-hal buruk. Jadi ketika berlibur ke pantai Sine, selain bisa merasakan indahnya pemandangan, maka ada juga beberapa acara tradisional yang bisa anda nikmati.

Spot Selfie

Salah satu hal yang paling penting ketika liburan adalah berswafoto dan membuat vlog layaknya influencer. Dengan berbagai macam platform yang ada, anda bisa mengabadikan semua kenangan anda di media sosial.

Termasuk kenangan anda ketika berkunjung ke pantai Sine. Di sini anda bisa menemukan banyak spot foto terbaik yang banyak. Latar yang paling menjadi kegemaran para pengunjung itu tentu saja pantai Sine. Lalu anda juga bisa berfoto di area hutan lindung dan juga tebing.

Penutup

Jadi demikian ulasan dan penjelasan lengkap terkait pantai Sine yang berada di Tulungagung, Jawa Timur. Liburan ke pantai akan lebih seru jika berangkat bersama keluarga, kerabat, atau sahabat. Suasana indahnya pemandangan akan semakin lengkap jika ditemani oleh orang-orang terdekat.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

5 / 5. 1