Pantai Suwuk Kebumen, Tiket Masuk Juli 2021, Sejarah Misteri, Lokasi Hotel Penginapan, Rute Jalan Menuju Alamat

Pintu Masuk Pantai Suwuk Kebumen
Pintu Masuk Pantai Suwuk Kebumen
0
(0)

Lokasi: Pantai Suwuk, Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54383
MAP: Klik Disini
HTM: Rp 6.500/ per orang dewasa dan Rp 3.500/ per orang anak
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: N/A

Kebumen menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki pesona alam luar biasa. Banyak tempat wisata alam yang dapat kita jumpai, mulai dari pegunungan, air terjun dan masih banyak lagi. Sulit memang memilih tempat terbaik untuk berwisata, tapi cobalah untuk datang ke Pantai Suwuk.

Secara administrasi, peta pantai Suwuk berada di Dusun Suwuk, Tambak Mulyo, Puring, Kab Kebumen, Jawa Tengah dengan letak sekitar 50 km dari pusat kota Kebumen, 35 km di sebelah Barat Daya Karanganyar, dan 22 km di jalur Selatan Kota Gombong sesuai denah.

Pemandangan Pantai Suwuk
Pemandangan Pantai Suwuk by Gmap

Pantai Suwuk memiliki pemandangan yang begitu menakjubkan. Perpaduan antara bukit-bukit yang asri dan jernihnya air di pantai membuatnya sempurna sebagai spot foto. Nikmatilah kesegaran udara di sekitar pantai dan Anda akan mendapatkan pengalaman menyenangkan.

Keadaan pantai Suwuk hampir sama dengan pantai Karang Bolong karena memang jaraknya yang sangat berdekatan, bahkan rute jalan dapat ditempuh dengan waktu 5 menit saja. Keindahan alamnya pun sama-sama membuat kita takjub.

Perbedaan mencolok dari kondisi keduanya adalah pantai karang bolong sengaja dibiarkan untuk mendapatkan kesan alami sedangkan pantai suwuk memiliki fasilitas dan sarana yang sengaja dibangun masyarakat untuk menambah daya tarik para wisatawan.

Jadi, pantai ini sangat cocok untuk destinasi berlibur karena memiliki fasilitas lengkap, tidak hanya pesona alam yang luar biasa, tapi juga wahana edukasi dan rekreasi yang bisa didapatkan hanya dalam satu tempat. Mitos dan legenda mengenai tempat ini sempat menyebar di masyarakat.

Baca juga Pantai Ayah Logending Kebumen pantai menarik lain di kebumen.

Pesona Pantai Suwuk

Pemandangan Pantai Suwuk Kebumen
Pemandangan Pantai Suwuk Kebumen

Pantai ini memiliki ombak yang cukup kuat dan pesisir pantainya cukup curam, yakni mencapai 35 derajat jadi para wisatawan tidak diperbolehkan mandi atau berenang di pantai. Meskipun demikian, kita bisa menikmati pemandangan di sekitar pantai yang begitu menakjubkan.

Perpaduan antara ombak laut yang besar dan perbukitan dari batuan sedimen gunung berapi ditambah dengan hijaunya pepohonan di tepi pantai membuat pemandangan begitu menakjubkan.

Bibir pantai yang cukup lebar membuat pantai ini menjadi tempat yang cocok untuk melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, seperti bola pantai, volley pantai dan aktivitas lainnya. Tapi, Anda harus bergati-hati karena gelombang atau ombak laut cukup tinggi.

Anda juga bisa merasakan sensasi menunggang kuda yang disewakan di tepi pantai. Jika Anda merasa takut naik kuda dan ingin ditemani oleh orang lain, ada juga persewaan tandem untuk 4 sampai 6 orang. Tandem ini dihiasi lampu beraneka warna yang begitu menarik.

Tidak lengkap rasanya jika kita berkunjung ke pantai tapi tidak menikmati indahnya cahaya sunset. Jangan pernah melewatkan pemandangan luar biasa malam hari dari pancaran sunset yang dipantulkan oleh jernihnya air di objek wisata ini.

Setelah sampai di pantai, mungkin Anda akan menemui beberapa orang yang membawa peralatan pancing. Karena memang banyak pengunjung dengan hobi mancing yang membawa peralatannya untuk mendapatkan ikan. Daerah muara Suntai Telomoyo menjadi tempat yang tepat memancing.

Konon, sempat ada news pada bulan Juni tentang bencana banjir rob, pasang, tsunami, dan tanaman rusak karena abrasi. Tapi kabar berita terkini menjelaskan bahwa tidak semuanya benar. Jadi, Anda harus pintar dalam mencerna berita yang beredar agar tidak termakan berita hoaks.

Baca juga Pantai Menganti Kebumen sebagai alternatif pantai lainnya.

Harga dan Fasilitas Pantai

Pantai Suwuk View
Pantai Suwuk View

Salah satu daya tarik pantai Suwuk yang membuatnya selalu ramai adalah fasilitas permainannya. Di sini, kita tidak hanya bisa menikmati keindahan ombak dan pemandangan sekitar obyek wisata. Tapi, juga bisa menikmati berbagai wahana. Cocok bagi Anda ketika mencari tempat berlibur keluarga.

Fasilitas tersebut berupa wahana edukasi dan rekreasi. Meskipun cukup lengkap, harga yang ditawarkan relatif murah, yaitu Rp 4.500 untuk dewasa dan Rp 2.500 untuk anak-anak. Tarif ii terbilang murah sehingga kantong Anda akan tetap aman.

Anda masih bisa menghemat pengeluaran dengan membawa sendiri bekal makanan dan minuman dari rumah. Bahkan, peralatan bermain sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa alat-alat bermain ketika berlibur.

Tempat wisata ini sudah dikelola oleh pihak atau petugas profesional, jadi sarana dan prasarananya lengkap dan terjaga dengan baik. Dijamin liburan Anda akan begitu nyaman dan menyenangkan, terlebih dengan gambar atau foto bersama orang terkasih.

Adanya petugas profesional membuat kita merasa lebih aman saat berlibur di kawasan ini.

Tempat ini tidak hanya memberikan kegembiraan saat berlibur, tapi juga bisa memberikan pengetahuan bagi anak-anak Anda. Wahana rekreasi di pantai antara lain kolam renang. Beberapa wahana dapat Anda nikmati secara gratis, tapi ada juga yang berbayar.

Wahana edukasi yang tersedia adalah Pesawat Boeing 737 dan Helikopter C100. Anda dapat menjelajahi bagian pesawat dan helikopter, bahkan sampai ke ruang pilot dan co-pilot. Anak-anak Anda akan mendapatkan pengalaman tidak terlupakan.

Pesawat dan helikopter tersebut didatangkan dalam kondisi terbelah-belah oleh Dinas Pariwisata. Bagian tersebut kemudian di satukan oleh tenaga ahli hingga membentuk pesawat dan helikopter secara utuh seperti yang bisa Anda lihat sekarang ini.

Untuk bisa menjelajahi bagian per bagian pesawat dan helikopter, Anda akan dimintai biaya sebesar Rp 5.000 per orang. Anda akan diberikan waktu selama 20 menit untuk melihat-lihat bagian dalamnya karena Anda harus bergantian dengan pengunjung lain.

Sewa Kuda di Pantai Suwuk
Sewa Kuda di Pantai Suwuk

Tidak hanya bagian-bagian pesawat, Anda akan disuguhi film 3D menarik yang tentunya sangat menyenangkan bagi anak-anak.

Wahana edukasi lainnya berupa kebun binatang mini dengan beberapa koleksi, seperti kera, rusa, landak, tapir, beberapa jenis burung dan hewan lainnya. Anda bisa menemukan kebun binatang ini di sebalah Barat pantai.

Baca juga Pantai Bopong Kebumen

Fasilitas lain yang akan memudahkan Anda dalam berwisata adalah toilet, kamar kecil dan mushola. Semua fasilitas tersebut terjaga dengan baik. Adapula Information Center yang akan memberikan berbagai info penting tentang obyek wisata ini.

Area parkir juga disediakan cukup luas dan lebar sehingga bisa menampung banyak kendaraan. Tarif parkir untuk sepeda motor adalah Rp 3.000, untuk mobil Rp 5.000 dan untuk bus sebesar Rp 15.000.

Bagi Anda yang merasa lapar, Anda bisa membeli berbagai camilan, minuman atau makanan di tepi pantai.

Begitu juga, jika Anda ingin membeli oleh-oleh karena di sekitar pantai terdapat berbagai penjual yang menjajakan souvenir khas Kebumen.

Tempat wisata ini tidak dapat lepas dari cerita asal usul air alam dan bagaimana awal mula terbentuknya karang bolong. Konon, pernah terjadi kecelakaan pesawat dan kemudian terdampar di dekat objek wisata.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0