Pantai Tambakrejo Blitar | Rute Akses Ke Lokasi dan HTM 2021

Pemandangan Pantai Tambakrejo Blitar by Gmap
Pemandangan Pantai Tambakrejo Blitar by Gmap
0
(0)

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66173
Map: Klik Disini
HTM: Rp 7000,-
Buka / Tutup: 24 jam
No. Telepon:

Sunset di Pantai Tambakrejo Blitar by Gmap
Sunset di Pantai Tambakrejo Blitar by Gmap

Terkadang membutuhkan sebuah perjuangan untuk mencapai sesuatu yang indah. Seperti sebuah perjalanan yang selalu menghadirkan cerita tentang keindahan negeri ini. Tetapi, lelahnya perjalanan tidak akan terasa karena, keindahan itu hadir sejak awal hingga akhir perjuangan.

Salah satu keindahan itu adalah Pantai Tambakrejo, Blitar yang pesonanya memang tidak diragukan lagi. Keindahannya mewajibkan wisatawan untuk foto dengan kamera DSLR agar photo dan gambar yang dihasilkan benar-benar keren.

Pantai Tambakrejo juga digunakan sebagai sebuah judul lagu, dengan judul yang sama dalam versi campursari. Lagu ini pernah disajikan dengan versi koplo. Bagi wisatawan yang ingin mendegarkan lagu tersebut bisa langsung download versi mp3 nya.

Rute, Lokasi, Harga Tiket Masuk

Pantai Tambakrejo Blitar by Gmap
Pantai Tambakrejo Blitar by Gmap

Alamat pantai ini berada di Dusun Krajan, Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, East Java, Indonesia. Wisatawan yang berasal dari arah Kediri, kab. Jombang dan Tulungagung bisa diakses dengan kendaran pribadi dengan titik poin adalah kota Blitar.

Jarak dari kota blitar menuju ke Pantai Tambakrejo ini kurang lebih 30 km. ke arah selatan menuju kademangan. Di jembatan kademangan belok ke kiri. Dari sini wisatawan akan dipandu dengan papan petunjuk yang akan menunjukkan letak pantai ini.

Agar lebih mudah wisatawan bisa menggunakan peta online. Map ini akan mengarahkan jalur menuju ke pantai ini. Jadi, jalan wisatawan menuju ke lokasi wisata ini tidak akan kesasar.

Harga tiket masuk ke pantai Tambakrejo Blitar ini adalah 6000 rupiah. Harga yang cukup murah untuk tempat wisata yang begitu mengesankan. Apalagi, wisatawan akan disuguhkan dengan upacara adat larung sesaji yang begitu aduhai.

Daya Tarik

Pemandangan Pantai Tambakrejo Blitar by Gmap
Pemandangan Pantai Tambakrejo Blitar by Gmap

Kawasan wisata ini mempunyai 3 bagian. Diujung timur berupa pasir. Tengah adalah pemecah ombak dan di paling barat adalah sebuah dermaga yang sedang dalam proses pembangunan. Pantai ini berwarna biru seperti halnya langit di atasnya yang selalu biru.

Ada larangan untuk tidak mandi di pantai. Karena, tempat wisata ini termasuk di bagian pantai selatan yang memang terkenal dengan ganasnya ombak yang bisa menyeret wisatawan. Jadi, harus benar-benar berhati-hati dan benar-benar diperhatikan.

Di sini ada beberapa kapal nelayan yang bisa wisatawan sewa. Dengan harga 10 ribu rupiah. Wisatawan akan dibawa berkeliling pantai dan merasakan keindahan serta kesejukannya. Semilir angin yang menerpa membuat wahana ini wajib untuk dicoba.

Selain sewa kapal nelayan, wisatawan juga bisa rental ATV dengan harga 50 ribu rupiah. Rasakan keseruan menyusuri setiap sudut pantai dengan menggunakan ATV ini. Dijamin bakal nagih dan enggan untuk berhenti.

Bagi yang suka sekali soal memancing. Pantai ini memang bisa dibilang sebagai surganya mancing. Aktifitas ini bisa wisatawan lakukan di dermaga kapal dan menikmati indahnya pantai ini.

Lapar? Tenang saja, wisatawan bisa menikmati sajian kuliner ikan-ikan yang masih segar. Karena, ikan-ikan ini langsung diambil dari laut, dari nelayan-nelayan yang pulang dari memancing. Dijamin rasanya pasti sungguh nikmat.

Tidak jauh dari tempat ini terdapat sebuah desa bernama jimbe. Desa ini memproduksi berbagai macam gamelan. Wisatawan bisa berkunjung dan melihat langsung bagaimana pembuatan gamelan di sini.

Tidak perlu jauh-jauh untuk mencari pesona sunset dan juga sunrise. Di pantai ini keduanya hadir dengan pesona yang luar biasa indahnya. Kedua momen ini memang selalu ditunggu oleh kebanyakan wisatawan.

Kedua pesona alam ini memang menghadirkan decak kagum. Seakan enggan untuk berkedip sedetik pun. Bulatnya sinar matahari yang tidak terlalu terik membuat nuansa dari hembusan angin begitu dinikmati.

Fakta Unik

Pantai Tambakrejo Blitar by Gmap 1
Pantai Tambakrejo Blitar by Gmap 1

Ada beberapa fakta yang harus wisatawan tahu tentang pantai ini. yang unik di pantai yang berada di Blitar selatan ini. Nama Tambakrejo adalah sebuah nama tempat yang berada di Malang.

Pantai Tamban yang berada di Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang 65176. di sekitar pantai ini ada pantai sendiki . dan pantai tiga warna yang pesonanya sudah tidak diragukan lagi.

Penginapan

Di sekitar pantai sudah banyak penginapan yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk menginap seperti hotel yang memberikan berbagai macam fasilitas yang akan disesuaikan dengan harga yang harus wisatawan bayar.

Bila, wisatawan yang datang dengan backpacker, wisatawan bisa memanfaatkan area camping untuk mendirikan tenda. Untuk hotel, wisatawan bisa memilih hotel Patria Plaza yang berada di Jl. Kartini No 10, Kepanjen lor, kepanjen kidul, blitar.

Dekat dari pantai Tambakrejo, ada sebuah kawasan pantai bernama Pantai Pasir Putih Paseran Gondo Mayit. Menurut cerita rakyat setempat, pantai ini dinamakan pantai gondo mayit karena sejarahnya pantai ini banyak mayat yang berserakan di tempat ini.

Cerita ini terus berkembang dan menjadi sebuah legenda yang berhubungan dengan ratu pantai selatan seperti halnya pantai selatan pada umumnya. Jadi, wisatawan harus hati-hati karena, dahulu pernah menghadirkan korban yang terseret arus.

Pesisir pantai ini pernah bergejolak dengan hadirnya banjir rob pada tahun 2017 lalu. Cuaca yang memang tidak bersahabat membuat ombak di pantai ini ganas. Banjir rob pun tidak bisa dihindarkan. Banyak para pedagang dan wisatawan berlarian menyelamatkan diri.

Sekian, review yang bisa diberikan. Untuk info lebih lanjut wisatawan bisa membuka beberapa situs yang sudah mengulas banyak tentang tempat ini. Atau juga bisa melihat videonya di youtube.

Pantai Tambak rejo, jatim adalah kawasan wisata yang sampai sekarang masih dalam tahap observasi dan akan dikembangkan lebih jauh lagi. Walau masih tahap pengembangan tetapi, pantai ini layak untuk dikunjungi. Ayo berkunjung ke pantai ini bila berada di blitar.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0