Pantai Tanjung Lesung 2022: Tiket Masuk dan Rute Perjalanan

Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung
0
(0)

Lokasi: Tanjung Lesung, Kec. Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten 42281
Map: Klik Disini
HTM: Rp25.000 – Rp40.000
Jam Buka-Tutup: 24 Jam

Negara Indonesia tercinta tentunya memiliki berbagai panorama dan keindahan alam yang beragam. Sehingga, banyak memikat mata siapa saja yang melihat salah satunya yakni pantai tanjung lesung yang terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Jika sudah musim libur sekolah dan libur tahunan bagi pegawai, biasanya mereka mengajak sanak saudara dan keluarga besar untuk berlibur ke alam dan pantai hanya untuk sekedar menyegarkan badan serta pikiran.

Meskipun pantai di Jawa Barat memiliki berbagai destinasi wisata yang amat banyak, pantai di ujung barat kabupaten Banten ini pun tidak kalah saing, salah satu pantai yang memiliki keindahan tersebut yakni pantai tanjung lesung. Pantai ini menyuguhkan keindahan yang sangat mempesona serta memberikan kesan yang tidak akan terlupakan bagi siapa saja yang berkunjung kesana.

Ketika wisatawan sampai di pantai ini, mereka akan terpana dengan keindahan yang memikat pemandangan dari awal sampai ujung pantainya. Meskipun pantai ini berada di ujung barat pulau Jawa, namun pantai ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh pantai lain.

Di pantai tanjung lesung ini anda dapat melihat keindahan alam yang sangat elok, yakni anda dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam dari berbagai sudut yang nantinya tidak dapat anda jumpai di pantai daerah lain.

Lingkungan Alam Tanjung Lesung Masih Terjaga

Pasir Putih Pantai Tanjung Lesung
Pasir Putih Pantai Tanjung Lesung | Foto by budi masrianto

Masyarakat sekitar pantai ini mengungkapkan bahwa pantai ini merupakan pantai yang dilindungi oleh pemerintah serta masyarakat setempat. Karena, pantai ini memiliki berbagai keunikan tersendiri serta memiliki satwa yang masih terbilang langka.

Pantai tanjung lesung ini termasuk dalam kategori salah satu pantai yang indah di daerah Banten yang berharga dan juga jangan sampai terlewatkan oleh anda jika sedang ada dalam masa libur bekerja atau libur sekolah. Jika anda pendatang dan bukan asli warga Banten, di bawah ini anda dapat melihat rute atau jalan yang menuju pantai tanjung lesung.

Simak juga tentang Pantai Sawarna yaitu pantai lain di Banten yang sama indahnya.

Rute Menuju Pantai Tanjung Lesung

Anda tidak perlu merasa risau untuk berkunjung ke pantai ini karena jarak yang ditempuh serta tata letak lokasinya pun mudah dijangkau. Pantai ini dapat di akses melalui jalur ibu kota Jakarta atau bisa juga melalui jalur Serang.

Jika anda melalui jalur Serang maka jalur yang akan ditempuh yakni Serang – Pandeglang – Panimbang – Pantai tanjung lesung. Jalur yang ditempuh hanya 174 km. Namun berbeda, jika anda melewati jalur Jakarta maka akan disuguhkan dengan dua jalur pilihan yakni Tol Jakarta Merak – Serang Timur – Serang – Pandeglang – Labuan – Pantai Tanjung Lesung.

Di luar itu jika anda menggunakan Tol Serang, anda dapat memilih Tol Merak dengan menggunakan pintu keluar Cilegon yang nantinya akan melewati jalur Pantai Anyer dan Carita hingga menggunakan Labuan sampai pda akhirnya anda akan sampai di Pantai Tanjung Lesung.

Kunjungi juga tentang Keindahan Pantai Jayanti dan Informasi Rute, Hingga Harga Tiket Masuk.

Harga Tiket Masuk

Panorama Senja di Pantai Tanjung Lesung
Panorama Senja di Pantai Tanjung Lesung | Foto by Aleevaldy Mardianto

Sebelum masuk ke pantai ini, anda akan dikenakan biaya tiket masuk untuk masuk ke dalam area pantai. Pantai di daerah Pandeglang ini memiliki tingkatan harga yang cukup terjangkau serta bersahabat di dompet anda. Namun sudah menjadi rahasia umum jika terdapat sedikit perbedaan harga antara “weekday” dan “weekend”.

Di pantai Pandeglang ini ada hal yang unik dari pantai-pantai lainnya. Jika di pantai lain hari sabtu-minggu selalu penuh dan dipadati oleh wisatawan, berbeda hal nya dengan pantai di daerah ini. Justru di pantai ini hari minggu lebih sepi dari pada hari sabtu karena banyak pengunjung yang telah bermalam di pantai tanjung lesung dan memilih untuk meninggalkan pantai ini pada minggu pagi atau sabtu malamnya.

Jadi biasanya warga lokal di sana menyarankan kepada wisatawan yang sedang “benar-benar” dalam liburan dan tidak terburu-buru oleh waktu,  warga di sana selalu menyarankan untuk datang pada hari minggu karena situasi yang tidak padat seperti hari sebelumnya.

Harga tiket untuk masuk ke pantai tanjung lesung ini tidak diberlakukan biaya lebih untuk wisatawan yang membawa balita. Jadi biaya untuk masuk ke pantai hanya di berlakukan untuk anak-anak serta orang dewasa.

Harga tiket masuk ke pantai tanjung lesung ini mematok harga Rp. 25.000/orang pada hari biasa (weekday) sedangkan untuk akhir pekan (weekend) sebesar Rp. 40.000/orang dan untuk parkir kendaraan dengan harga Rp. 5000/kendaraan.

Dengan adanya tarif tersebut anda dapat langsung menikmati berbagai keindahan yang disuguhkan oleh pantai tanjung lesung. Anda dapat menyegarkan kembali otak dan pikiran anda setelah penat bekerja serta perjalanan yang cukup lama untuk bisa sampai di pantai tanjung lesung ini.

Jam operasional pantai tanjung lesung ini tentunya ada sedikit perbedaan dengan pantai lainnya, pantai ini melayani wisatawan selama 24 jam non-stop sejak tahun 2020 terakhir ini. Dengan adanya jam operasional yang tiada henti, tentunya anda sebagai wisatawan akan semakin leluasa untuk menikmati pantai dengan suasana yang menarik serta menikmati sunset dengan pasangan ataupun keluarga.

Dengan adanya jam operasional 24 jam non-stop, pantai tanjung lesung ini sering digunakan untuk aktivitas seperti camping atau berkemah. Biasanya wisatawan yang berkemah di pantai tanjung lesung ini kebanyakan mahasiswa yang sedang dalam kegiatan kampus, out-bond dengan suguhan panorama yang berbeda.

Fasilitas di Pantai Tanjung Lesung

Fasilitas di Pantai Tanjung Lesung 1
Fasilitas di Pantai Tanjung Lesung | Foto by NKN Multimedia

Adanya fasilitas yang terbilang cukup komplit akan menarik berbagai wisatawan dari berbagai daerah untuk berbondong-bondong datang ke pantai ini karena mereka ingin menikmati keindahan pantai tanjung lesung.

Obyek wisata di pantai tanjung lesung pun beragam, yang nantinya akan digunakan untuk berbagai aktivitas yang dilakukan oleh wisatawan. Wilayah pantai tanjung lesung inipun mempunyai berbagai spot alami maupun buatan yang sangat cocok untuk dinikmati. Ada beberapa pilihan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di obyek wisata pantai tanjung lesung ini. Di antaranya adalah :

Menikmati pemandangan

Jika anda sedang dalam pemikiran yang cukup ruwet dan mumet, pantai tanjung lesung merupakan salah satu solusi terbaik. Sekedar menikmati pemandangan dan deburan ombak jelas akan memberikan kesan damai dan nyaman dan mengembalikan pemikiran dan hati yang tadinya ruwet jadi segar kembali

Menyaksikan matahari terbit dan tenggelam

Hal yang ingin berkali-kali pergi ke pantai yakni dengan melihat matahari terbit dan terbenam. Apalagi pantai tanjung lesung ini dekat dengan gunung krakatau jadi keindahan untuk menyaksikan matahari terbit dan tenggelam pun menjadi hal yang spesial. Anda bisa menginap dengan membangun tenda di dekat pantai atau sekedar menginap di penginapan yang sudah tersedia disana. Ini merupakan momen yang sayang jika terlewat begitu saja.

Memancing

Berkumpul bersama keluarga yang jarang bertemu merupakan hal yang paling tepat untuk reuni kembali di pantai tanjung lesung ini. Kehangatan yang tadinya sudah padam kini di bangun kembali supaya lebih mempererat dan memperkokoh sebuah benteng keluarga. Salah satu yang dapat menghangatkan kembali suasana yaitu dengan memancing ikan, meskipun pada akhirnya membeli, namun momen yang diperoleh sangat berharga.

Simak ulasan tentang Hutan Kota BSD Tangerang.

Demikian rekomendasi pantai Tanjung Lesung di daerah Pandeglang Banten yang wajib menjadi list liburan anda bersama keluarga, teman dan pasangan. semoga bermanfaat.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0