Pantai Watu Bale Harga Tiket Masuk Juli 2021 + Akses Menuju ke Lokasi Wisata

Pantai Watu Bale
Pantai Watu Bale
0
(0)

Lokasi: Desa Pasir, Kec.Ayah, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah 54473 Indonesia
MAP:  Klik Disini
Tarif: Rp 10.000,-
Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB
Nomor Telepon: +6285326976113

Bagi kalian penduduk kabupaten Jawa Tengah, khususnya yang tinggal di sekitar Banyumas, Purbalingga, Cilacap dan Kebumen, jika ingin mencari tempat wisata indah tak perlu jauh-jauh.

Karena ada satu tempat wisata yang memang namanya sedang hitz, banyak diperbincangkan, dan foto-fotonya banyak tersebar di sosial media.

Namanya adalah pantai watu bale. Lokasinya ada di Kebumen, Jawa Tengah. Walaupun memang keindahannya berada di urutan kedua jika dibandingkan dengan pantai menganti, namun memang namanya sedang hitz akhir-akhir ini di sosial media terutama.

Keindahan apa saja yang ditawarkan ? Yuk simak informasi penjelajahannya di bawah ini.

Sejarah

Pantai Watu Bale by @angga1219
Pantai Watu Bale by @angga1219

Hampir di semua tempat maupun bangunan pasti ada ceritanya sendiri-sendiri, ada sejarah yang membuat kawasan wisata ini menjadi seperti sekarang. Sama halnya dengan pantai watu bale ini.

Menurut mitos beredar, di lokawisata ini terdapat sebuah batu karang yang bentuknya menyerupai tempat peristirahatan serta persinggahan atau biasa disebut dengan bale.

Watu bale tersebut dipercaya menjadi tempat peristirahatan sekaligus persinggahan raden mas panduruan, salah satu tokoh legenda yang terkenal pada saat itu.

Kemudian sejarah atau mitos lainnya beredar lagi yaitu tentang jejak telapak kaki yang bentuknya sangat besar (raksasa) di bagian kaki bukit berbatasan langsung dengan laut.

Saking besarnya ukurannya mencapai 1.5 meter dengan lebar 1 meter.

Masyarakat sekitar mempercayai bahwa jejak kaki raksasa tersebut merupakan jejak dari telapak kaki bima. Salah satu tokoh cerita wayang dalam cerita mahabarata yang merupakan salah satu anggota pandawa lima.

Di bagian telapak kaki tersebut kini telah banyak ditumbuhi rumput laut, yang anehnya rumput laut tersebut hanya akan tumbuh di musim kemarau saja.

Masyarakat sekitar memanfaatkan rumput laut tersebut sebagai campuran ke dalam minuman es yang sudah dalam bentuk agar-agar. Pastinya akan sangat menyegarkan.

Baca juga Pantai Ayah Logending Kebumen pantai lain di Kebumen.

Alamat Dan Rute Perjalanan

Pantai Watu Bale
Pantai Watu Bale Foto by Gmap

Tidak sulit untuk menemukan destinasi wisata satu ini. Kalian bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Rute perjalanan bisa dimulai dari pusat kota kebumen, yang kemudian arahkan langsung kendaraan kalian menuju ke arah pantai karang bolong.

Kemudian ikuti saja plang petunjuk arahnya karena papan informasi untuk menuju ke pantai satu ini sudah cukup lumayan banyak. Tentunya sangat membantu.

Nah jika sudah sampai di pantai karang bolong, perjalanan kalian sudah tinggal 45 menit lagi untuk sampai ke pantai watu bale.

Dari pantai karang bolong, lurus saja terus mengikuti jalan, menuju ke kompleks pantai selatan kebumen, sampai kalian menemui desa pasir.

Nah setelah itu, akses jalanan untuk sampai ke pantai watu bale akan sedikit mengguncang adrenaline anda, dikarenakan masih belum bagus, serta sempit dan agak sedikit berkelok-kelok.

Jadi sangat disarankan kondisi kendaraan anda sebelum dibawa untuk menempuh perjalana ke pantai watu bale yaitu sedang dalam keadaan sehat. Jadi setidaknya meminimalisir kejadian yang tidak di duga-duga.

Jika masih belum yakin, kalian bisa menggunakan google maps saja dengan mengeklik titik koordinat yang sudah disematkan di atas. Ikuti saja petunjuknya untuk sampai di lokasi tujuan.

Keindahan Pantai Watu Bale

Keindahan Pantai Watu Bale by @imasy.o
Keindahan Pantai Watu Bale by @imasy.o

Saking favoritnya, berdasarkan data pengunjung, setiap hari biasa pantai watu bale kebumen ini didatangi oleh 500-800 wisatawan setiap harinya. Kemudian di akhir pekan lonjakan pengunjung terus terjadi sampai di angka 2000 pengunjung setiap weekend.

Keindahan pertama yang akan kalian dapatkan yaitu suasana pantai yang begitu tenang, dengan desiran ombak perlahan menyapu serta merefresh pikiran kalian yang sudah suntuk dengan urusan pekerjaan serta lain-lainnya.

Pasirnya tidak berwarna putih, namun teksture butirannya sangat halus dan lembut dikaki sehingga untuk main-main pasir disekitar bibir pantai sangatlah aman.

Baca juga Pantai Suwuk Kebumen pantai indah lain yang ada di kebumen.

Apalagi jika kalian bawa anak-anak. Kawasan wisata pantai watu bale ini sangat ramah akan anak-anak di bibir pantai.

Kemudian keindahan lainnya bisa kalian temui bukit titanic. Mengapa bukit tersebut dinamai demikian ?

Karena bukit di sekitar pantai watu bale ini bukan sekedar bukit. Melainkan di bagian ujungnya ada sebuah gardu pandang berbentuk kapal terbuat dari kayu.

Gardu pandang kapal yang terbuat dari kayu tersebut sering dimanfaatkan para wisatawan untuk berfoto serta menikmati keindahan pantai dari atas.

Bahkan bisa dibilang bukit titanic tersebutlah yang membuat kawasan wisata watu bale ini sangat terkenal dan banyak wisatawan penasaran akan hal tersebut.

Kemudian disisi lainnya kalian juga akan menemukan spot foto yang tidak kalah kerennya. Berkonsep seperti rumah pohon sekaligus gardu pandang.

Pemandangan pantai yang bisa kalian lihat hampir sama seperti di bukit titanic tadi, namun ini dari sisi yang berbeda.

Dan terakhir ada jembatan segitiga. Salah satu spot foto favorite terakhir.

Sensasi melewati jembatan di atas hamparan lautan biru sepertinya akan sangat bagus untuk dijadikan spot foto ala instagramable.

Namun sayangnya, jika kawasan wisata sedang ramai, anda bersama teman-teman yang sedang foto-foto di 3 gardu pandang tersebut dilarang berlama-lama. Jadi harus cepat dan tepat karena gentian dengan wisatawan lainnya.

Fasilitas Serta Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Seiring berjalannya waktu, fasilitas di pantai watu bale ini semakin lengkap dan sudah banyak yang diperbaiki.

Seperti akses jalan masuk sampai ke kawasan wisata, penambahan beberapa fasilitas seperti gazebo, tempat duduk serta beberapa tempat sampah dan masih banyak yang lainnya.

Area parkir yang disediakan untuk kendaraan pribadi seperti motor dan atau mobil juga sudah ada cukup luas.

Kemudian aktivitas yang bisa dilakukan ada banyak sekali.

Berburu banyak spot foto keren tentunya, berenang dan bermain air dipinggiran bibir pantai, duduk santai menikmati keindahan alam yang sekitarnya dikelilingi oleh pepohonan hijau nan subur.

Dijamin suasana seperti itu akan membuat kalian betah berada berlama-lama di pantai watu bale.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0