Pantai Wedi Ireng Banyuwangi, Harga Tiket Masuk 2021, Akses Jalan Menuju ke Lokasi Wisata

Panti Wedi Ireng Banyuwangi by @gnfi
Panti Wedi Ireng Banyuwangi by @gnfi
0
(0)

Lokasi: Desa Pancer, Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur 68488
Map: Klik Disini
HTM: Free
Buka / Tutup: 24 Jam
No. Telepon:

Banyuwangi adalah kota yang tidak akan pernah habis soal pariwisata. Tempat ini seakan menjadi surga terindah di jawa. Pesonanya tidak mau kalah dengan pulau dewata yang menjadi tetangga terdekatnya.

Salah satu keindahan di Banyuwangi berada di Pantai Wedi Ireng. Kawasan ini menjadi idaman dan tujuan wajib sobat pelancong yang sedang berada di Banyuwangi. Tempat ini menyajikan kenangan yang akan selalu terpendam di dalam hati.

Pantai Wedi Ireng

Panti Wedi Ireng Banyuwangi by @gnfi
Panti Wedi Ireng Banyuwangi by @gnfi

Bisa dikatakan kawasan ini merupakan pantai baru yang berada di banyuwangi. Keberadaannya baru dikenal oleh nitizen dan menjadi alternatif bila pulau merah atau G-land penuh sesak dengan pengunjung yang lain.

Dilihat dari segi jalannya memang tidak sebaik pulau merah. Maklum saja, nama pulau merah memang sudah banyak dikenal terlebih dahulu. Lantaran keunikan kawasan ini. sebenarnya, wedi ireng pun juga punya keunikan pasirnya berwarna hitam.

Asal-Usul

View Pantai Wedi Ireng by @ekogatan
View Pantai Wedi Ireng by @ekogatan

Inilah dia salah satu hal menarik untuk di simak. Asal-usul dari kawasan ini di mana, menurut cerita para warga berasal dari dua orang anak yang sangat menyukai hewan peliharaannya, bernama asih. Nama kucing betina yang dia temukan.

Pemuda tersebut bernama hasan dan mustofa. Seperti biasa keduanya mengambil kayu di dekat pantai. Nah, pada saat hasan dan mustofa ingin mengambil kayu. Kucing ini pun berubah menjadi seorang putri cantik.

Putri ini memberikan banyak kayu bagi kedua bocah ini. dia pun juga menyuruh hasan dan mustofa untuk tidak lagi mengambil kayu di sekitar pantai. Karena dilarang, hasan dan mustofa pun memutuskan untuk bunuh diri.

Sang puti bersedih dengan kenyataan terjadi dan sedikit menyesal dengan apa yang telah menimpa mereka berdua. Sang putri menguburkan jasad keduanya di pasir agar tidak terhanyut di laut.

Tidak hanya itu, dia juga merubah pasir pantai dari putih menjadi hitam. Inilah cerita yang diyakini sebagai asal mula, misteri, serta sejarah adanya pantai wedi ireng. Di mana, arti dari wedi ireng adalah pantai dengan pasir berwarna hitam.

Baca juga Pantai Bama Banyuwangi tempat snorkeling lain di Banyuwangi.

Snorkeling

Keindahan kawasan ini berada di bawah lautnya. Jadi, jangan lewatkan untuk snorkeling bila berada di kawasan ini. Di sini sudah banyak tempat menyewakan alat untuk snorkeling dan juga menyediakan fasilitas bagi mereka yang ingin belajar snorkeling.

Jangan lupa untuk membawa kamera bawah laut. Karena, ikan-ikan dan terumbu karang ini sudah siap untuk diajak mengambil foto dan gambar. Sayang sekali bila keindahan yang tersedia di depan mata diabaikan begitu saja

Saat masuk ke dalam air saja, sobat pelancong akan disambut dengan terumbu karang dan hewan-hewan kecil nan imut. Seakan mereka sudah siap untuk diajak berfoto. Tingkah laku mereka memang menggemaskan.

Sayangnya, belum ada fasilitas ramah untuk sobat pelancong yang datang. karena, masih kontroversi dengan pihak perhutani. Jadi, sobat pelancong bisa membawa beberapa bekal agar tidak merasa kelaparan dan kehausan. Karena tidak adanya warung.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat lokasi kawasan ini berada di Desa Pancer, Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Akses menuju ke kawasan ini pun sebenarnya cukuo mudah.

Mempunyai jarak kurang lebih 65 km dari pusat kota Banyuwangi. Membutuhkan waktu kurang lebih 4 – 5 jam perjalanan. Maklum saja, jalan menuju ke tempat ini memang belum diperhatikan secara baik.

Ada dua cara bisa dipilih oleh wisatawan menuju ke pantai, dengan cara jalan kaki atau dengan cara naik perahu. Tetapi, setelah di tutup akses menuju ke rute ini hanya bisa menggunakan perahu nelayan saja.

Dari pusat kota Banyuwangi menuju kearah rogojampi. Kemudian, arahkan kendaraan menuju ke arah pantai pulau merah. Kemudian, ikuti beberapa papan petunjuk yang sudah disediakan menuju ke kawasan ini.

Bagi wisatawan yang masih bingung dengan kawasan ini bisa menggunakan layanan peta atau aplikasi map online. Dengan menggunakan aplikasi ini wisatawan akan diarahkan menuju jalan, dan letak kawasan ini. dengan perjalanan aduhai di setiap jengkalnya.

Baca juga Pantai Bangsring Banyuwangi

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk kawasan ini adalah 0 rupiah saja alias gratis. Tetapi masih akan dikenakan harga parkir motor sebesar 5 ribu rupiah. Bagi yang menggunakan mobil, akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah.

Kawasan Lain

Tidak hanya ada di banyuwangi saja, beberapa kota pun juga punya kawasan sama dan mungkin dengan nama sama pula. Salah satunya berada di daerah Kebumen yaitu Pantai wedi Putih.

Tidak ketinggalan pula berada di Tulungagung mempunyai nama sama pula. Begitu pula dengan dua kota cukup ternama yaitu Blitar dan malang, juga mempunyai kawasan serta nama sama pula.

Berita Terkait

Menurut berita, kawasan wisata ini di tutup oleh pihak perhutani bwi, east java. Hal ini dikarenakan ketakutan oleh pihak perhutani akan merusak lingkungan terutama hutan. Semenjak ditutup, banyak pengunjung datang memanfaatkan jasa perahu nelayan.

Mereka rela untuk membayar mahal agar bisa menikmati kawasan ini. ada juga berita mengenai kawasan ini yang ternyata menelan korban. Di mana, pada waktu itu korban sedang berendam di kawasan terlarang hingga nyawanya pun tidak dapat di selamatkan.

Baca juga Wisata Alam Ala Afrika di Taman Nasional Baluran Banyuwangi Jawa Timur

Beginilah akhirnya kisah deskripsi kawasan ini. bagi wisatawan yang masih membutuhkan banyak info bisa saja mencari beberapa informasi lengkap di situs internet. Atau bisa juga melihatnya di berbagai video yang juga sudah hadir di berbagai channel youtube.

Mengunjungi kawasan di Banyuwangi memang menyenangkan. Apalagi, pantai wedi ireng yang pesonanya tidak usah diragukan. Jadi, kapan sobat pelancong akan datang dan menyaksikan keindahan nyata dari tempat ini?

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0