Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng 2021: Tiket Masuk dan Spot Foto

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
0
(0)

Lokasi: Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Bogor, Jawa Barat 16330
Map: Klik Disini
HTM: Rp.15.000/ Orang
Buka/Tutup: 07.00–17.00
Telepon: –

Telah menjadi rahasia umum tentang banyaknya destinasi wisata alam di kota Bogor. Faktor keadaan alam disana dengan banyaknya bukit serta pegunungan sehingga membuatnya memiliki sejumlah tempat wisata alam.

Selain bawaan alam, pengelolaan yang baik serta kondisi medan jalan untuk mencapai lokasi wisata merupakan pertimbangan penting juga. Bogor merupakan salah satu kota wisata alam yang juga perduli akan hal itu.

Itulah kenapa banyak sekali orang-orang datang berkunjung ke Bogor untuk menghabiskan waktu libur mereka daripada stay di Jakarta bertemu macet dan polusi udara.

Satu lokasi wisata alam yang juga tak kalah populer di Bogor adalah Pemandian Air Panas Tirta Sanita di Ciseeng. Berendam di air panas sembari menikmati udara segar dan dingin kota Bogor membuat lelah langsung sirna seketika.

Bagi Anda yang ingin berakhir pekan atau berwisata alam, Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng bisa jadi alternatif.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang segalanya di Pemandian Air Panas Ciseeng seperti adakah legenda atau sejarah dibaliknya, berapa harga tiket masuk, jadwal jam buka operasional, fasilitas, rute jalan, dan lain-lain, simak review berikut ini.

Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng kolam anak via gmap
Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng kolam anak via gmap

Pemandian Air Panas ini memiliki nama populer lainnya yaitu Tirta Sanita. Sumber air disini diperoleh dari Gunung kapur dengan kandungan belerang alami sehingga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit kulit atau tulang.

Disamping itu, Air Panas Ciseeng Bogor Jawa Barat juga mengandung air garam sehingga bisa membuat lebih mulus sehabis berendam disini.

Setelah sampai di area pintu masuk Tirta Sanita terapat loket karcis yang bedara di sisi kanan gapura.

Kemudian Anda akan melintasi deretan pohon palm dan playground untuk anak-anak disisi kiri. Terdapat sejumlah kios ikan cupang berukuran kecil dan warna-warni disisi kanan jalan.

Luas area Pemandian Air Panas Tirta Sanita adalah 8 hektar dan didalamnya juga terdapat beragam fasilitas dan wahana seperti penginapan dan outbound sehingga tidak hanya ada kolam mandi atau berendam saja.

Areal tempat wisata ditumbuhi banyak pepohonan yang hijau dan rindang. Desai tempat pemandian pun ditata senyaman dan sebaik mungkin sehingga pengunjung merasa betah selama berada disini.

Anak-anak juga akan senang ketika bertamasya kesini dikarenakan tersedia pula arena mereka untuk bermain. Selain itu terdapat juga kios-kios yang jual berbagai souvenir khas daerah sini untuk oleh-oleh yang di rumah.

Pemandian disini tidak hanya untuk umum namun tersedia pula Pemandian VIP yang hanya untuk satu orang per ruangan sehingga terasa lebih nyaman karena memang tidak diperbolehkan berdua dalam bak VIP meskipun pasangan suami istri.

Untuk masuk di kolam VIP ada harga sendiri yaitu Rp. 10 ribu. Anjuran berendam disini untuk setiap pengunjung adalah 15 sampai 20 menit. Tidak boleh terlalu lama berendam di air hangat yang mengandung belerang ini.

Seusai berendam di bak ini, setiap pengunjung akan diberikan 1 botol air minum dingin sehingga dapat menyegarkan tenggorokan.

Dalam kamar bak VIP juga disediakan keran air tawar. Untuk yang ingin langsung bilas dapat melakukannya sekalian. Meskipun anjurannya adalah menunggu beberapa jam lagi setelah berendam di air hangat agar manfaat yang diperoleh bekerja maksimal.

Untuk yang rutin berendam dengan durasi pas akan membuat penyakit kulit sembuh dan kulit lterasa jauh lebih halus. Selain kolam bak VIP juga tersedia kolam air panas yang bisa di pakai beserta seluruh anggota keluarga.

Untuk yang ingin menaiki kawasan puncak bukit kapur mencari spot foto terbaik agar gambar yang dihasilkan juga keren terdapat jalan setapak sebagai akses utama kesana.

Saat berjalan ke bukit terik matahari tidak akan terasa akan terhalang oleh beberapa pohon-pohon besar dan rindang sekali. Ketika akhir pekan, pihak pengelola juga memberikan tambahan fasilitas berupa pertunjukan musik seperti lagu popo atau juga dangdut.

Di seberang lokasi pemandian juga ada sebuah bukit yang terpisah oleh area parkir kendaraan. Tepat diatas lokasi parkir terdapat jalan setapak yang bisa dilintasi untuk mencapai sebuah pemandian terbuka namun agak kecil.

Tempat pemandian ini bukan termasuk pengelolaan Tirta Sanita. Disini tidak ada batas ketentuan berendam berapa lama dan htm jauh lebih murah.

Untuk yang ingin berendam di air panas dengan harga terjangkau, Anda dapat langsung ke sini saja. Pemandian ini seperti kolam terbuka di tengah alam.

Area parkir yang disediakan Tempat Wisata Pemandian Air Panas Ciseeeng sangat luas namun ketika di khir pekan atau musim libur, tempat parkir akan begitu sesak karena banyaknya pengunjung yang datang untuk menghabiskan liburang mereka disini.

Oleh sebab itu jika Anda datangnya agak siangan mungkin cukup kesulitan memperoleh tempat parkir sehingga lebih baik datanggnya agak pagi untuk menghindari hal tersebut.

Kunjungi juga tempat wisata lain di Bogor seperti Camping Ground di Gunung Bunder Bogor jika ingin berwisata alam di pegunungan.

Fasilitas

Batu Putih Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Batu Putih Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Selain bak kolam mandi air panas, di areal seluas 8 hektar tersebut juga disediakan beragam fasilitas lengkap lainnya yang akan membuat pengunjung semakin betah dan ingin berlama-lama disini.

Fasilitas tersebut antara lain Flying Fox, High Rope, Motor Cross, Fancy Trans, Monorel, Paint Ball, Fun Kart, Motor ATV, Rumah Balon, Bola Air, Sepeda Air, Pesawat, Kolam Renang anak, Bom Bom Car, Terapi Ikan, dan Gedung serbaguna.

Alamat & Jam Buka

Pemandian air Panas Tirta Sanita Ciseeng terletak di Jalan Cogreg, Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor, Jawa Barat. Dibuka pada pukul 7 pagi dan ditutup pada pukul 5 sore.

Untuk info nomer telepon sebenarnya tidak ada website resmi Tirta Sanita atau Ciseeng namun jika di lihat di http://dinkes.bogorkab.go.id (website resmi Pemerintah Kabupaten Bogor) no telp Pemandian Air Panas Ciseeng adalah Telp/Fax. 0251-542551/0251-542550.

Rute Jalan

Letak Pemandian air Panas Tirta Sanita Ciseeng lumayan strategis. Cara ke Pemandian air Panas Tirta Sanita Ciseeng selain dengan kendaraan roda dua juga dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat.

Anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bus, angkutan atau angkot dari terminal ataupun stasiun kota Bogor.

Dari arah Tangerang sekitar 40 menit berkendara yaitu lewat tol keluar Serpong, Tangerang, hanya sedikit keluar area Kota Jakarta.

Untuk Rute perjalanan dari Depok dalah arahkan kemudi ke Jalan Sawangan dan lurus saja mengikuti jalur Jakarta – Bogor hingga mencapai Payung.

Jika sudah sampai di Payung, pilih jalan menuju ke ke Jl. H. Mawi sampai bertemu simpang empat Ciseeng. Dari sini pilih rute sebelah kanan dan ikuti saja nanti Anda akan sampai di lokasi Pemandian Tirta Sanita Bogor.

Untuk memudahkan perjalanan Anda ke sana denah dan peta sudah di input di bagian map paling atas artikel, tinggal klik saja.

Baca juga 10 Kolam Renang di Bogor.

Harga Tiket Masuk 2021

Harga tiket masuk anak dan orang dewasa berbeda yaitu Rp.15.000 untuk dewasa di hari biasa sedangkan hari libur Rp.25.000 saat hari libur/ weekend. Sedangkan anak-anak sebesar Rp.12.000.

Sedangkan biaya retribusi parkir atau masuk wahana outbond dan kolam VIP terdapat biaya sendiri. Disekitar tempat wisata juga banyak tersedia penginapan, hotel, dan villa.

Di dekat sini juga ada Pemandia Air Panas Tirta Sayaga yang buka dari pagi hingga malam hari atau 24 jam, jika Anda tertarik ingin mencoba.

Selain itu masih di Ciseeng juga terdapat Pemandian air panas gunung hitam (Gunung Peyek), dan Gunung Panjang. Untuk melihat review lengkapnya, di kaskus juga banyak info mengenai pemandian air panas dekat dengan Jakarta.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0