Pulau Abang Batam September 2021: Snorkeling, Pantai Indah & Aktivitas

Indahnya Pantai di Pulau Abang Batam
Indahnya Pantai di Pulau Abang Batam
0
(0)

Alamat: Pulau Abang, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444
Google Maps: Klik Disini
Harga Tiket Masuk (HTM): Gratis
Jam Buka: Setiap Hari, 24 Jam

Kota Batam tentu tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, Batam terkenal dengan pusat elektronik serta gadget, bahkan orang Indonesia dari luar Batam rela memesan produk elektronik atau gadget bahkan datang ke Batam untuk membelinya.

Namun ternyata, Batam tidak hanya terkenal dengan pusat elektronik dan gadget, loh! Kota yang dekat dengan Negara Singapura ini ternyata memiliki kekayaan alam yang sangat indah. Salah satu yang tengah menjadi incaran wisatawan adalah Pulau Abang.

Sekilas Tentang Pulau Abang

Perahu Kecil di Pulau Abang Batam
Perahu Kecil di Pulau Abang Batam

Pulau Abang saat ini tengah dikembangkan oleh Pemerintah Kota Batam sebagai tempat wisata laut. Selain itu, objek wisata ini juga digunakan sebagai daya tarik program Visit Batam 2010.

Saat ini, pariwisata tersebut sedang dibangun oleh PT Huafa Aset Indonesia, dimana lokasinya berada di Nagoya Hill, Batam. Letak Pulau Abang sendiri berada di sebelah selatan Kota Batam.

Ukuran pulau ini seluas 2.000 meter x 5.000 meter. Jaraknya kurang leih 50 kilometer dari daerah Muka Kuning. Untuk berkunjung ke objek wisata ini, dapat menggunakan perahu bot dari Jembatan 6 Barelang yang berjarak 12 kilometer.

Pesona Keindahan Laut Pulau Abang

Keindahan pantai di Pulau Abang Batam
Keindahan pantai di Pulau Abang Batam

Pulau Abang memiliki air laut yang jernih. Alam bawah lautnya masih sangat asri, dipenuhi dengan terumbu karang dan ikan berwarna – warni. Di atas laut pun keindahannya tidak tertandingin. Pasir pantai yang putih bersih, serta pepohonan yang melambai syahdu, melengkapi indahnya pemandangan pulau ini.

Tak heran jika Pulau Abang kerap kali disandingkan dengan Bunaken di Manado atau Raja Ampat di Papua. Perjalanan Anda menuju ke objek wisata ini akan terbayar dengan indahnya pemandangan yang terhampar luas di hadapan Anda.

Jika masih ragu, Anda bisa melihat gambar mengenai objek wisata ini di Google. Tak hanya itu, sudah banyak pula video di YouTube yang memperlihatkan keindahan bawah laut objek wisata ini.

Bagi para diver mania, alam bawah laut Pulau Abang menjadi surga dunia yang begitu indah. Keberadaan terumbu karang yang masih alami membuat banyak hewan laut berkumpul di sekitarnya. Anda bisa dengan mudah melihat ikan warna – warni berenang ke sana kemari dengan lincah.

Keunikan di Pulau Abang ini adalah adanya terumbu karang langka yang sulit ditemukan di perairan lainnya. Terumbu karang ini bernama Blue Coral. Selain terumbu karang, di sini pun terdapat ikan teri hijau yang juga langka. Tidak semua perairan terdapat jenis ikan ini.

Itulah mengapa Pulau Abang menjadi pilihan tempat bagi mereka yang senang dengan diving maupun snorkeling. Dijamin, Anda akan puas menikmati keindahan alam bawah lautnya. Waktu yang pas untuk berkunjung adalah bulan Maret sampai Agustus, serta September sampai November, karena keadaan laut sangat pas untuk liburan di sini.

Baca juga Bukit Senyum Batam Lokasi Alamat + Rute Jalan ke Wisata.

Sejarah Pulau Abang

Pantai Pasir Putih Pulau Abang Batam
Pantai Pasir Putih Pulau Abang Batam

Keberadaan Pulau Abang erat kaitannya dengan sejarah kerajaan di Tanah Melayu. Sekitar tahun 1810, terjadi perebutan kekuasaan antara kerajaan Penyengat dengan tentara Belanda. Ini dikarenakan, telah mangkatnya Raja Penyengat, sehingga Belanda merasa ini waktu yang tepat untuk mengambil alih kekuasaan.

Peristiwa ini membuat beberapa anak raja memutuskan untuk berlindung di tempat jauh, dimana Belanda tidak bisa menjangkaunya. Raja tersebut diantaranya Raja Tak dan Raja Teleng. Mereka memutuskan untuk tinggal di wilayah paling selatan, dimana itu adalah Pulau Abang Besar.

Pulau Abang Besar dihuni oleh keluarga dari Raja Tak, sementara keluarga dari Raja Teleng menghuni Pulau Petong. Jika ingin berkunjung ke tempat Raja Tak, Raja Teleng sering menyebut dengan “Pulau Abang”, yang maksudnya pulau saudaranya. Dari sanalah, nama Pulau Abang mulai digunakan.

Aktivitas di Pulau Abang

Biasanya, wisatawan datang ke sini menggunakan jasa biro tour and travel, atau ikut open trip dari jasa paket wisata. Karena dengan ini, wisatawan dapat menikmati objek wisata dengan puas tanpa harus pusing memikirkan apa yang harus dilakukan di sini.foto by instagram.com/yogi_statham/

Perairannya yang jernih menjadikan tempat ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat snorkeling dan diving. Ini menjadi aktivitas utama wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini.

Jika tidak ingin menyelami kehidupan bawah laut, Anda juga bisa bersantai di pinggir pantai sambil bermain di atas pasir putih nan halus. Sambil bersantai di bawah pohon kelapa, menikmati angin sepoi – sepoi, sambil meminum air kelapa yang segar.

Tidak hanya itu, bagi Anda seorang mania dalam memancing, di sini juga terdapat spot – spot memancing. Tak perlu khawatir dengan peralatan, karena di sekitar pun ada yang menyewakan peralatan memancing.

Kunjungi juga Spot Foto Fenomenal di Jembatan Barelang Batam.

Fasilitas di Pulau Abang

Pulau Abang Batam
Pulau Abang Batam

Meski menjadi ikon wisata Kota Batam, sayangnya fasilitas di Pulau Abang belum sepenuhnya lengkap. Namun tak perlu khawatir, di sekitar objek wisata sudah terdapat penginapan. Beberapa warga sekitar menjadikan rumah mereka sebagai homestay, jadi bisa disewa oleh pengunjung.

Di sekitar objek wisata pun terdapat resort serta hotel. Kabar baiknya, resort dan hotel sudah bisa diakses melalui internet, sehingga dapat melakukan booking secara online.

Untuk makanan, di sekitar objek wisata terdapat penjual makanan berat maupun ringan. Serta paket wisata perjalanan juga disediakan oleh warga setempat. Untuk biaya masuk ke objek wisata sendiri adalah gratis, tapi jika menggunakan paket wisata, maka harga tersebut hanya harga untuk kegiatannya.

Dari pusat kota, menuju titik objek wisata, yaitu Jembatan Balerang sekitar 2 jam berkendara. Anda bisa mengaktifkan peta online sebagai pemandu jalan menuju Pulau Abang.

Untuk menuju ke Pulau Abang, Anda harus menyeberangi laut sejauh 12 kilometer. Caranya dengan menggunakan transportasi kapal pompong. Tidak lama, hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit hingga Anda sampai ke objek wisata.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0