Pulau Tabuhan Banyuwangi 2021 : Tarif ke Lokasi Wisata + Snorkeling

Keindahan Pulau Tabuhan Banyuwangi
Keindahan Pulau Tabuhan Banyuwangi
0
(0)

Lokasi: Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jatim
MAP: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/tutup: 08.00 – 15.00 WIB
Telepon: N/A

Begitu banyak pantai wisata di Indonesia yang memiliki keindahan pemandangan pantai spektakuler. Pantai Tabuhan adalah salah satu dari pantai wisata di Banyuwangi yang terletak di Pulau Tabuhan yang akhir-akhir ini di bicarakan banyak orang khususnya para pemerhati lokasi wisata Indonesia.

Seperti kita ketahui bahwa Banyuwangi adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur.

Kabupaten yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Bali ini banyak di kunjungi baik oleh turis lokal maupun turis manca. Selain itu, ada daerah Lampung, Menjangan, dan Probolinggo memiliki pesona alam tak kalah dari pulau ini.

Kabupaten Banyuwangi memiliki potensi wisata luar biasa. Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di palau jawa. Kabupaten satu ini memiliki potensi alam luar biasa.

Topografi kabupaten Banyuwangi yang memiliki dataran tinggi, dataran rendah dan pantai memungkinkan Banyuwangi memiliki potensi wisata sangat luar biasa. Selain keadaan alam yang spektakuler, Banyuwangi juga memiliki originalitas budaya yaitu kebudayaan osing.

Kebudayaan orang osing ini jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan manca. Kebudayaan Masyarakat osing masih penuh dengan hal-hal mistis dan mitos-mitos lokal menjadi daya tarik tersendiri untuk diperbincangkan.

Pantai Pasir Putih Pulau Tabuhan Banyuwangi
Pantai Pasir Putih Pulau Tabuhan Banyuwangi

Banyuwangi merupakan kota yang sangat tua dan sudah ada sejak jaman Mojopahit. Dulu kita ini di kenal dengan sebutan Blambangan. Banyak peninggalan di masa lalu bisa di temukan di Banyuwangi.

Gabungan antara potensi wisata alam dan wisata budaya bisa membuat Banyuwangi menjadi destinasi wisata utama nasional. Hal ini perlu dukungan dari para pemangku kepentingan dalam hal ini Pemerintah kabupaten Banyuwangi dan harus di dukung oleh Pemerintah Pusat.

Masyarakat Banyuwangi sangat mengapresiasi kerja nyata dari pemerintah daerah kabupaten Banyuwangi. Salah satu upaya pemerintah lokal dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Banyuwangi adalah dengan memperkenalkan beberapa tempat wisata baru.

Tempat wisata seperti wisata pantai misalnya, bukanlah sesuatu yang benar-benar baru. Pantai pantai yang di perkenalkan oleh pemerintah daerah pada dasarnya sudah ada sejak dulu.

Pantai-pantai yang memang dari dulu sudah indah menjadi lebih banyak dikenal setelah di lakukan promosi oleh pemerintah Daerah Banyuwangi.

Camping di Pulau Tabuhan Banyuwangi
Camping di Pulau Tabuhan Banyuwangi

Kamu sebagai generasi muda harus mendukung pengembangan wisata di Banyuwangi. Beberapa objek wisata terkenal di Banyuwangi meliputi: Pantai Plengkung, Kawah Ijen, Watu Dodol, Pantai Blimbing Sari, Taman Sritanjung dan lain sebagainya.

Lokasi wisata yang sudah terkenal tersebut saat ini juga ada beberapa destinasi wisata baru yang harus kamu explore.

Destinasi wisata yang masuk kategori baru tersebut adalah: Pantai Boom, Pulau Merah, Teluk Hijau, pantai Bangsring, pantai Lampon dan masih banyak pantai pantai lainnya yang mungkin akan diperkenalkan ke depanya.

Kamu bisa menikmati keindahan dan explore pulau dengan Tanggamus Tour dan trip menjadi menyenangkan.

Saat ini keindahan lokasi wisata Banyuwangi mulai banyak di kenal baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan manca. Bahkan menurut info terakhir jumlah wisatawan manca yang datang ke Banyuwangi meningkat dengan tajam.

Hal ini tentunya tak terpisah dengan banyaknya agen wisata yang menjual paket wisata ke Banyuwangi. Selain itu juga banyak pengujung yang merekam foto, gambar dan video keindahan Banyuwangi di youtube.

Banyak majalah travel yang berisi tentang resort review yang di dalam deskripsi mengulas keindahan Palau Tabuan. Hal ini tentu malah membuka mata masyarakat internasional tantang keindahan aneka lokasi wisata di Banyuwangi.

Potensi wisata tidak terbatas ini ternyata dilirik olah para investor baik investor nasional maupun luar negeri. Obyek wisata Banyuwangi yang saat ini mulai di lirik investor adalah Pulau Tabuhan

Keindahan Pulau Tabuhan

Indahnya Pantai Pulau Tabuhan Banyuwangi
Indahnya Pantai Pulau Tabuhan Banyuwangi

Adalah suami istri Jaron Vander Koiij dan istrinya Jannah yang memperkenalkan Pulau Tabuhan atau Tabuhan Island ke kancah dunia Internasional melalui Festival Kitesurfing yang diadakan oleh perusahaan Bangsring Breeze.

Perusahaan ini juga melatih penduduk lokal agar mereka bisa berpartisipasi dalam memajukan wilayahnya. Owner Bangsring tahu bahwa Pulau Tabuhan memiliki angin dan ombak sangat besar yang dijadikan syarat mutlak olahraga Kitesurfing.

Bukan hanya Bangsring yang tertarik dengan potensi pulai Tabuhan, tetapi juga PT Safari International Resort yang berasal dari Republik Maladewa.

Pulau Tabuhan atau sering juga di sebut dengan mutiara Banyuwangi sebenarnya bukan saja cocok untuk Kitesurfing tetapi juga bagus untuk windsurfing maupun mancing. Salah satu keistimewaan Pulau Tabuhan adalah airnya yang bersih.

Snorkling di Pulau Tabuhan Banyuwangi
Snorkling di Pulau Tabuhan Banyuwangi

Di mana kondisi air bersih ini memungkinkan bagi pengunjung untuk melakukan mincing, diving dan snorkeling dan menikmati keindahan laut.

Di sini kamu bisa menyaksikan aneka kehidupan di bawah laut sangat menarik dengan guratan cahaya sunset. Selain itu kamu juga bisa menyaksikan terumbu karang masih terjaga ke aslinya.

Sampai detik ini belum ditemukan cerita legenda misteri dari pulau tabuhan. Yang bisa kita dapat adalah asal usul nama pulau tabuhan. Menurut sejarah orang dulu merasa kagum dengan suara angin besar sampai menimbulkan suara seperti suara alat di tabuh atau tabuhan.

Kamu bisa mendapatkan berbagai info ini dari Wikipedia, begitu juga dengan ketentuan saat ingin camp di sana.

Pulau tabuhan adalah pulau terpencil dan tak berpenghuni. Meski tidak berpenghuni kamu masih bisa menemukan penjaga warung yang menawarkan makanan ringan untuk wisatawan yang hadir. Karena tak berpenghuni maka tidak ada penginapan ataupun hotel di sini.

Bila kamu ingin menginap kamu harus membawa tenda dan bisa melakukan camping di pulau ini. Banyak sekali backpacker melakukan hal sama jadi acara bermalam dengan ngecamp pasti akan menyenangkan.

Namun demikian kamu harus memahami bahwa tidak ada fasilitas lengkap di sini. Hanya ada ruang untuk ganti pakaian saja karena memang ini adalah pulau tidak dihuni.

Lokasi dan Rute Menuju Pulau Tabuhan

Pantai di Pulau Tabuhan Banyuwangi
Pantai di Pulau Tabuhan Banyuwangi

Lokasi atau alamat Pulau Tabuhan berada di Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur Indonesia. Bila anda perhatikan di dalam peta lokasi Pulau Tabuhan berada di tengah-tengah Selat Bali yaitu antara Pulau Jawa dan Pulau Bali.

Untuk bisa ke Pulau Tabuhan kau harus ke Banyuwangi dulu. Setelah berada di Banyuwangi kamu harus menuju pelabuhan Ketapang. Di pelabuhan ketapang kamu akan bertemu dengan Patung Gandrung.

Nah, bila sudah di sini kamu terus saja ambil jalur utama menuju ke arah utara sampai pada sebuah masjid di sebelah kiri. Di sana ikuti petunjuk menuju rumah apung. Lalu kamu akan bertemu dengan pantai Bangsring.

Dari Bangsring ini kamu harus menyewa kapal menjuju Pulau tabuhan. Perahu merupakan satu satunya moda transportasi untuk dapat akses ke pulau tersebut.

Biaya atau tarif ke Pulau Tabuhan dengan perahu adalah Rp.500.000 satu kali trip. Harga tiket segitu tidak terlalu mahal karena satu perahu bisa diisi oleh 10 orang.

Pulau Tabuhan adalah pulau sangat indah di Banyuwangi. Bila kamu ingin menyaksikan keindahan mutiara Banyuwangi yang sesungguhnya datanglah ke Pulau Tabuhan.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0