Puncak Becici Jogja 2021: Tiket Masuk Dan Menikmati Keindahan Puncak Hutan Pinus

Selamat Datang Di puncak becici jogja
Selamat Datang Di puncak becici jogja
0
(0)

Alamat: Dusun Gunung Cilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta, Indonesia 55783
Google Maps: Klik Disini
Harga Tiket Masuk (HTM): Rp5.000
Jam Buka: Selasa – Minggu, 07.00 – 23.00 WIB
Nomor Telepon: +6282329077770

Semua ada di Jogja, bisa dikatakan jika Jogja merupakan tempat one stop holiday. Wisata apa yang Anda inginkan ada di sini. Mulai dari pantai, gunung, buki, dataran tinggi, air terjun, goa, danau, sungai, wisata belanja, wisata kuliner, hingga wisata sejarah pun ada.

Ini yang membuat Daerah Istimewa Yogyakarta begitu istimewa. Masyarakat dan pemerintah tak pernah lelah mengelola sumber pariwisatanya semenarik mungkin. Dan baru – baru ini, di tahun 2019 muncul sebuah tempat wisata hits bernama Puncak Becici yang berada di antara hutan pinus. Seperti apa keindahan objek wisata ini? Yuk, simak artikel di berikut!

Keindahan Pemandangan dari Atas Puncak Becici

Menikmati Pemandangan malam di puncak becici jogja
Menikmati Pemandangan malam di puncak becici jogja

Jika melihat dari artikel di Wikipedia, Puncak Becici atau Hutan Pinus Becici adalah objek wisata alam yang ada di Desa Muntuk, Kabupaten Bantul. Sebenarnya, di Jogja sendiri Hutan Pinus bukan hanya di Puncak Becici.

Ada juga Hutan Pinus Mangunan di Imogiri, di mana lokasinya masih berada di Kabupaten Bantul. Meskipun Hutan Pinus Mangunan lebih banyak dikunjungi wisatawan, namun Puncak Becici pun tak kalah memiliki pemandangan nan indah.

Puncak Becici atau dikenal dengan nama Hutan Sudimoro I atau Becici Asri ini adalah hutan lindung yang pengelolaannya berada di bawah RPH Mangunan.

Sebelum mencapai Puncak Becici, perjalanan yang terasa sangat menyenangkan. Hal ini dikarenakan di kanan kiri jalan terdapat deretan pohon sehingga membuat jalanan teduh. Tidak hanya itu, semilir angin yang menerpa seolah menyambut kedatangan para pengunjung menuju Puncak Becici.

Berjalan kaki tidak akan terasa lelah meskipun jalanan yang dilalui menanjak. Jika lelah dalam perjalanan, pengunjung bisa duduk di kursi – kursi panjang dari kayu yang ada di sepanjang jalur trek pendakian.

Di spot titik utama, pengunjung dapat melihat pemandangan deretan pepohonan hijau dengan deretan tumbuhnya yang rapat – rapat. Dari Puncak Becici, Anda pun dapat melihat latar belakang gambar pemandangan indah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Ditambah lagi, ketika cuaca sedang cerah, wisatawan dapat melihat panorama goresan air memanjang lurus, di mana itu adalah garis pantai selatan di daerah Gunung Kidul. Keindahan ini akan segera ditemui setelah melakukan perjalanan kurang lebih 15 menit. Tentu bukan waktu yang lama untuk dapat menikmati keelokan ini.

Di sini, terdapat gardu pandang yang berbentuk tangan yang membuka, berdiri di atasnya seolah – olah sedang berdiri di atas tangan raksasa. Dari gardu pandang ini selain melihat pemandangan Kota Jogja di bawah, wisatawan juga dapat menyaksikan semburat keelokan cahaya mentari di pagi dan sore hari.

Di pagi hari, Anda dapat menyaksikan sunrise dari ufuk timur, memancarkan rona cahaya kuning, menghapuskan kabut dan mengusir hawa dingin yang menyelimuti. Di kala sore hari, Anda juga dapat menyaksikan sunset, menunggu matahari turun ke peraduan dengan meninggalkan secercah cahaya oranye yang berpendar kala senja.

Jangan lupa mengabadikan momen keindahan ini dengan berfoto dan mengambil video. Sudah banyak juga foto pengunjung yang di upload ke akun Instagram dan video di YouTube. Bahkan, sudah masuk ke official account wisata Jogja. Sertakan caption dan cerita dari perjalanan Anda, untuk menambah keseruan foto yang diunggah.

Berbeda dengan Bukit Bintang, di sini wisatawan tidak bisa terlalu malam. Jika ditanya, buka jam berapa? Objek wisata ini buka dari pukul 5 pagi hingga 7 malam, jadi waktu malam hari di sini hanya sampai pukul 7.

Kunjungi juga tempat wisata lain di Jogja seperti Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja, atau pantai-pantai di Jogja.

Aktivitas di Puncak Becici

1. Menikmati Matahari Terbenam

Puncak Becici menawarkan pemandangan matahari terbenam yang begitu memukau. Dari segala penjuru, Anda dapat menyaksikan keelokannya. Ketika cuaca cerah, Anda dapat menyaksikan indahnya matahari pulang ke peraduan sambil menyapu puncak pegunungan dan pepohonan hingga hilang di garis pantai.

2. Menikmati Pemandangan di Gardu Pandang

Seperti di Kalibiru, Kulon Progo, Anda juga bisa menikmati pemandangan dari atas gardu pandang di Puncak Becici. Sayangnya, di sini tidak disediakan alat pengaman khusus ketika berada di gardu pandang. Jadi, dianjurkan untuk sangat berhati – hati dan tidak melebihi muatan.

3. Bermain Ayunan

Camping di puncak becici jogja
Camping di puncak becici jogja

Di ketinggian tentu saja akan menantang ketika dapat bermain ayunan. Tiduran di atas ayunan atau hammock dengan latar belakang pemandangan alam nan indah akan menjadi pengalaman seru tersendiri dalam liburan ini.

Sayangnya, di sini belum menyediakan fasilitas hammock. Jadi, bagi pengunjung yang ingin bersantai di hammock atau ayunan, bisa membawa sendiri dari rumah.

4. Camping

Ketika jiwa petualang memanggil untuk menyatu dengan alam, inilah saatnya untuk menikmati camping di Puncak Becici. Di sini telah disediakan camp ground bagi pengunjung yang hendak ngecamp.

Untuk dapat camping di sini, Anda harus membayar tarif sebesar Rp 5.000. Tentu bukan harga yang mahal, dan Anda akan disuguhkan pemandangan indah dari Puncak Becici.

5. Hunting Foto

Theater di puncak becici jogja
Theater di puncak becici jogja

Ada view pemandangan alam yang indah, apa lagi kalau bukan berburu foto? Aktivitas foto sudah menjadi hal wajib saat berwisata. Siapkan kamera dengan kualitas mumpuni untuk dapat menghasilkan gambar yang bagus dari setiap jepretan.

Jika ingin melakukan sesi foto prewedding, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 30.000.

Meskipun termasuk dalam wisata alam, namun objek wisata ini tidak memiliki sejarah tentang kisah angker. Review dari pengunjung dan masyarakat sekitarnya pun tidak mengaitkan pada kisah – kisah mistis atau mitos tertetu.

Imogiri pun terkenal dengan makam para raja, namun tidak ada kesan menyeramkan

di daerah ini. Justru, keindahan lah yang nampak dari sini.

Bahkan, Presiden Obama pun pernah tertarik dengan objek wisata ini ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Sayangnya, fasilitas dan area outbound di sini belum sepenuhnya dikembangkan. Jadi, masih outbound sederhana yang tersedia.

Jika ingin menyewa sepeda motor bisa cek di daftar sewa motor Jogja yang lengkap, murah dan banyak pilihan motornya.

Tiket Masuk Ke Puncak Becici Jogja

Untuk harga tiket masuk ke Puncak Becici yaitu sebesar Rp 5.000 saja. Selain itu juga diharuskan membayar untuk biaya parkir kendaraan dan kegiatan lainnya di sini.

Tarif parkir motor Rp 3.000, tarif parkir mobil Rp 10.000, tarif parkir bus Rp 20.000. Sedangkan jika ingin mendirikan tendang camping harus membayar Rp 5.000, serta untuk menikmati gardu pandang diharuskan membayar Rp 2.000.

Tempat Wisata di Dekat Puncak Becici

Rute menuju Puncak Becici
Rute menuju Puncak Becici

Selain Puncak Becici, di daerah Dlingo, Bantul, ini terdapat tempat wisata lain yang tak kalah serunya. Di antaranya Kebun Buah Mangunan atau Taman Buah Mangunan, Hutan Pinus Mangunan, Gua Cerme, dan Air Terjun Lepo.

Jika ingin menikmati semua objek, Anda bisa menggunakan jasa paket tour wisata sehingga tidak bingung memikirkan kendaraan dan jadwal trip.

Puncak Becici berada di daerah mana? Anda bisa langsung mengetikkan lokasi di denah atau peta online. Meski terletak di pegunungan, akses untuk menuju lokasi cukup mudah.

Dari luar kota Jogja, seperti Klaten, Solo, atau lokasi lain, bisa langsung menuju ke arah Jogja. Rute dari Jogja – Wonosari, dimulai dengan mengambil jalan menyusuri Piyungan – Bukit Bintang – Perempatan Patuk.

Dari Perempatan Patuk, belok kanan ke arah Dlingo dan ikuti jalan utama hingga bertemu Hutan Pinus Sudimoro 1. Lalu, ikuti petunjuk menuju Puncak Becici.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0