Rumah Hobbit Bandung, Tiket Masuk 2021, Sejarah Dan Akses Lokasi

Rumah Hobbit Bandung Grafika Cikole by Gmap.
Rumah Hobbit Bandung Grafika Cikole by Gmap.
0
(0)

Alamat: Jalan Raya Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Google Maps: Klik Disini
Harga Tiket Masuk (HTM): Rp. 20.000
Jam Operasional: Setiap Hari, Buka Pukul 09.00 – 20.00 WIB
Nomor Telepon: 022-827-824-41

Rumah Hobbit Bandung, The Lord of the Rings dan The Hobbit, adalah film fantasi petualangan yang sangat menarik. Bahkan, filmnya memiliki beberapa sequel yang semuanya seru untuk ditonton. Tak heran, banyak sekali penggemar film ini, termasuk juga di Indonesia.

Para penggemar film The Lord of the Rings dan The Hobbit tentu sudah tidak asing lagi dengan Hobbit, makhluk kecil botak bertelinga runcing. Keunikan justru bukan pada Hobbit, tapi pada rumah – rumah di film tersebut.

Di mana rumah tersebut berukuran kecil dan menyatu dengan tanah. Tidak hanya itu, atapnya pun biasanya ditumbuhi dengan tumbuhan merambat yang justru menambah kesan alami dari rumah tersebut.

Di dunia sendiri, sudah terdapat kampung Hobbit yang disebut dengan Hobbiton. Di mana di sana terdapat rumah – rumah Hobbit seperti di film The Lord of the Rings. Tepatnya berada di New Zealand.

Namun ternyata, penggemar film The Lord of the Rings maupun The Hobbit tidak perlu datang jauh – jauh ke New Zealand untuk mengunjungi rumah Hobbit. Karena di daerah Bandung, terdapat rumah – rumah Hobbit seperti di film, tepatnya terletak di Grafika Cikole.

Sejarah Asal Usul

Grafika Cikole Rumah Hobbit Bandung.
Grafika Cikole Rumah Hobbit Bandung.

Rumah Hobbit di Bandung ada beberapa tempat, ada di Grafika Cikole, ada juga di Farm House Lembang. Kali ini, akan dibahas yang terletak di Cikole. Sejarah asal usul objek wisata ini tidak berhubungan dengan mitos maupun kisah misteri.

Terminal Wisata Grafika Cikole berdiri tahun 2006, yang mana awal mulanya merupakan Rest Area Grafika Cikole. Terminal Wisata Grafika Cikole sendiri menyediakan fasilitas outbound, restoran, penginapan, dan berbagai wisata.

Tempat ini berdiri di lahan seluas 9 hektar di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Di mana ketinggiannya 1.400 meter di atas permukaan laut dan memiliki suhu sejuk yaitu 20 derajat celcius.

Berkelana di Negeri Dongeng Dunia Hobbit

Rumah Hobbit Bandung Grafika Cikole by Gmap.
Rumah Hobbit Bandung Grafika Cikole by Gmap.

Rumah Hobbit Bandung milik Grafika Cikole berada di kaki gunung Tangkuban Perahu. Tentu saja, hawa di sini begitu sejuk, seperti ketika berada di Bandungan, Semarang. Kadang, jika cuaca sedang mendung, akan turun kabut. Hal ini akan membuat suasana rumah Hobbit ala The Lord of the Rings begitu terasa.

Pengunjung yang datang kebanyakan berfoto dan mengabadikan momen dengan latar belakang gambar Rumah Hobbit. Memang sangat unik, dan jarang ada di Indonesia. Kesan natural dan alami tergambar dalam foto yang dihasilkan.

Keindahannya ini tidak hanya dijadikan objek foto para wisatawan, tapi juga pasangan calon pengantin pun menjadikan tempat ini sebagai objek pengambilan foto prewedding.

Baca juga Tiket Masuk Tebing Keraton Bandung dan Lokasinya.

Dikelilingi oleh pepohonan pinus yang tinggi menjulang, menjadikan tempat ini sangat cocok dijadikan wisata alam. Bangunan rumahnya pun dibuat kecil seperti rumah kurcaci. Bahkan, ada beberapa patung kurcaci di depan pondok.

Meski begitu, Rumah Hobbit ini tetap dapat dimasuki oleh orang dewasa. Hanya saja, desainnya dibuat kecil. Namun terlihat sangat nyaman ketika ditempati.

Tiket Masuk Ke Rumah Hobbit

Tiket masuk ke Rumah Hobbit ini sebesar Rp. 20.000 per orang, harga yang masih cukup terjangkau untuk rekreasi bersama keluarga, di sana ada beberapa wahana yang menyenangkan untuk di coba, seperti flying fox, mengendarai ATV, bermain tembak-tembakan dengan menggunakan paint ball atau bagi anda yang ingin strawberry bisa memetik sendiri.

Aktivitas di Rumah Hobbit Bandung

Objek wisata ini bisa dikatakan sebagai wisata yang lengkap. Karena, tidak hanya terdapat Rumah Hobbit saja, tapi juga berbagai wahana menarik yang dapat dicoba oleh pengunjung.

Diantaranya terdapat arena outbound, penginapan, serta restoran yang siap memuaskan cita rasa Anda.

Untuk masuk ke objek wisata, pengunjung tidak dikenakan tarif tiket masuk. Namun, jika ingin menikmati wahana permainan atau outbound, pengunjung harus membayar sejumlah biaya.

Flying Fox

Jika Anda penyuka tantangan, Anda dapat mencoba wahana flying fox. Untuk mencoba satu kali jalan, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 15.000. Sementara jika ingini mencobanya bolak – balik, maka dikenakan biaya sebesar Rp 25.000.

Berkendara Dengan ATV

Petunjuk Arah dan ATV di Rumah Hobbit Bandung Grafika Cikole by Gmap.
Petunjuk Arah dan ATV di Rumah Hobbit Bandung Grafika Cikole by Gmap.

Di sini, Anda juga dapat berkeliling di sekitar track ATV. Untuk jenis ATV 110cc, dikenakan biaya Rp 30.000 untuk dua kali putaran.

Sementara untuk ATV 200cc dengan dua kali putaran, biayanya lebih mahal yaitu Rp 50.000.

Arena Paint Ball

Satu lagi arena penuh tantangan adalah di arena paint ball. Anda dapat mengajak teman atau keluarga beradu ketangkasan saling tembak. Tentunya pelurunya aman dan pemain pun mengenakan peralatan yang aman.

Untuk mencoba permainan ini, pengunjung dikenakan tarif Rp 85.000 per pax. Satu pax berisi 40 peluru.

Baca juga 10 Hotel Terbaik di Bandung Nyaman dan Terjangkau untuk Liburan

Memetik Strawberry

Jika ingin wisata yang santai, pengunjung juga dapat berwisata memetik buah strawberry di Strawberry Farm. Untuk satu pax dikenakan tarif Rp 5.000 saja. Dalam satu pax ini termasuk bonus 1 cup jus serta dapat melihat Rusa Timor dari dekat.

Sementara jika ingin membawa pulang buah strawberry, dikenakan biaya Rp 60.000 per kilogramnya. Sayangnya, di sini tidak tersedia susu srawberry, hanya jus strawberry saja.

Paket Wisata Lengkap di Grafika Cikole

Wahana Outbound di Rumah Hobbit Grafika Cikole by Gmap.
Wahana Outbound di Rumah Hobbit Grafika Cikole by Gmap.

Pengunjung juga dapat menggunakan jasa paket wisata dari Grafika Cikole. Ada paket prewedding dengan harga mulai dari Rp 500.000, harga sudah termasuk private venue sehingga tidak terganggu dengan pengunjung lain.

Ada juga paket outbound dewasa mulai dari harga Rp 85.000 – 125.000 per orang untuk peserta minimal 20 orang. Sementara paket outbound anak dikenakan tarif Rp 15.000 – Rp 65.000 per orang dengan peserta minimal 20 orang.

Selain itu, ada juga paket terusan dengan biaya sebesar Rp 50.000. Dengan paket terusan ini, pengunjung dapat mencoba wahana flying fox, jembatan tali 2, jembatan goyang, jembatan Elvis, serta turun tebing.

Ada juga paket tempat tinggal pohon dengan harga Rp 50.000 per orang untuk anak – anak. Jika ingin bermain alat musik, di sini terdapat angklung alternatif dengan biaya sebesar Rp 15.000 selama 1 jam.

Menginap Asyik di Grafika Cikole

Penginapan di Rumah Hobbit Bandung Grafika Cikole by Gmap.
Penginapan di Rumah Hobbit Bandung Grafika Cikole by Gmap.

Selain wahana permainan, di sini ada juga penginapan dengan konsep yang unik. Bukan seperti hotel atau villa pada umumnya. Bahkan, dengan adanya penginapan ini, Anda tidak perlu mencari tempat menginap lain di dekat objek wisata.

Rumah Hobbit yang ada di sini merupakan penginapan yang dapat disewa oleh pengunjung. Maksimal dalam satu pondok adalah 2 orang. Dimana di sini tersedia 8 unit pondok.

Dengan lingkungan alam seperti ini, tentu akan memberikan suasana menyenangkan tersendiri karena pemandangan yang didapatkan pun sangat unik. Ditambah lagi fasilitas yang disediakan juga lengkap.

Baca juga Backpacker ke Bandung? Ini 10 Pilihan Tempat Menginap Untuk Backpacker Di Bandung

Jika ingin berjalan – jalan di sekitar pondok, Anda dapat menyusuri jalan setapak di depan kamar. Jika kebingungan menentukan arah jalan, Anda dapat melihat denah wisata, sehingga tahu mana area yang akan dituju.

Untuk melakukan booking, dapat dilakukan melalui website resmi Grafika Cikole maupun website tiket pada umumnya. Pengunjung yang pernah menginap di pondok Hobbit ini memberikan review yang baik.foto by instagram.com/piknikagain/

Akses jalan menuju ke lokasi sangatlah mudah. Oleh karena itu, hanya dengan menggunakan petunjuk dari peta online saja, pengunjung dapat menemukan lokasi Rumah Hobbit Bandung ini.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0