Sumber Air Panas Ciracas Purwakarta 2021: Tiket Masuk, Rute dan Fasilitas

Kolam Renang Sumber Air Panas Ciracas via Gmap
Kolam Renang Sumber Air Panas Ciracas
0
(0)

Lokasi: Desa Ciracas, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, 41175
Map: Klik Disini
HTM: Rp 10.000,-
Buka / Tutup: 24 Jam
No. Telepon:

Menikmati tempat wisata memang banyak hal. Selain pantai, gunung, dan perbukitan anda juga bisa menikmati sebuah pemandian air panas. Seperti yang diketahui, bila pemandian air panas memang mengandung belerang yang dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kulit.

Nah, di Purwakarta hadir Sumber Air Panas Ciracas dengan berbagai macam pesona alam nan elegan. Penasaran dengan keindahan di kawasan ini? Mari kita simak hasil penjelajahan di bawah ini,

Sumber Air Panas Ciracas

Indoor Sumber Air Panas Ciracas
Indoor Sumber Air Panas Ciracas

Inilah tempat wisata di purwakarta yang sering banyak dikunjungi oleh wisatawan. menurut pernyataan para warga sekitar konon katanya tempat ini sudah ada sejak zaman dahulu. Menariknya, objek wisata ini mempunyai 12 titik sumber air panas.

Beberapa di antaranya berada di sebuah pematang sawah milik warga sekitar. hanya saja, objek wisata ini belum mendapatkan perhatian khusus. Terbukti baru 2 dimanfaatkan untuk wisata Jadi, jangan heran bila anda datang ke tempat ini, maka fasilitas masih seadanya.

Pemandian ini biasanya lebih sering dimanfaatkan oleh para warga terutama anak-anak untuk mandi dan menikmati hangatnya tempat ini.

Keindahan

Sumber Air Panas Ciracas Sungai
Sumber Air Panas Ciracas Sungai

Menurut informasi beredar bila tempat ini merupakan mata air purba yang sudah mengesankan sejak dahulu lantaran, Saat anda menginjakkan kaki di sini. Pepohonan tinggi dan rindang menyambut dengan sangat ramah.

Hamparan sawah hijau pun terlihat begitu mempesona dan memanjakan mata. Siapa pun akan terbius dengan suguhan ini. Apalagi, kandungan sulfurnya cukup tinggi. Sehingga, anda bisa merasakan relaksasi maksimal disini.

Saat berada di sini, cobalah untuk merasakan bagaimana hangat air merasuk kedalam tubuh. Seakan semua badan pegal ini sedikit demi sedikit menghilang. Air panas ini memang sangat ampuh untuk meluruhkan beban berat tersebut.

Baca juga Fasilitas Istora Resort Jatiluhur Purwakarta.

Pesona Kuliner

Setelah puas menikmati kehangatannya, Saatnya untuk makan dengan sajian kuliner yang bakal menggoda lidah. Salah satunya adalah makanan khas yaitu sate maranggi. Udara dingin seperti di ciracas ini memang cocok makan sate ini.

Anda bisa memilih daging yang digunakan untuk membuat menu ini. Bisa menggunakan daging kambing atau juga sapi. Semuanya, tampak lezat. Apalagi, dagingnya begitu empuk dengan bumbu khas dari resep turun-menurun.

Makan disini memang sangat menyenangkan. Rasanya tidak bisa dungkapkan dengan kata-kata. Apalagi, bila menikmatinya bersama dengan kehangatan keluarga. Rasa itu akan bertambah sangat nikmat.

Satu hal membuat sate maranggi disini menjadi semakin special adalah penggunaan bahan rempah begitu kuat. Meresap hingga ke dalam dagingnya. Rempah ini membuat badan menjadi hangat.

Alamat Dan Rute Lokasi

Indor 2 Sumber Air Panas Ciracas via Gmap
Indor 2 Sumber Air Panas Ciracas via Gmap

Alamat lokasi tempat ini terletak di Desa Ciracas, Kecamatan kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, 41175. Titik lokasi ini tepatnya berada di kaki bukit. Sehingga, jalanan akan sedikit berkelok.

Jarak dari pusat kota purwakarta pun cukup jauh yaitu 60 km. Dengan waktu tempuh mencapai 1 hingga 2 jam. Tergantung kondisi jalanan menuju ke titik lokasi. Bila dari situ wanayasa, jaraknya hanya 8 km saja.

Anda bisa memulai perjalanannya dari purwakarta. Ambil jalur menuju ke situ wanayasa. Setelah melewati situ ini akan ada pertigaan. Bila lurus kearah bojong. Nah, kalau belok ke kiri menuju kearah subang.

Arahkan kendaraan belok ke kiri. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju ke sebuah pesantren kemudian, menemukan sebuah gang. Di sebelah kiri dan tidak jauh dari sana ada gapura pembatas antara purwakarta dan juga subang.

Simak juga tentang Skylodge Purwakarta.

Setelah melewati jalan ini anda akan ditemani dengan pemandangan persawahan, hutan, rumah-rumah penduduk hingga menuju ke kiarapedes. Hingga menuju ke titik lokasi. Disarankan anda untuk berhati-hati.

Lantaran jalan menuju ke objek wisata ini berkelok-kelok. Walau jalannya cukup mulus. Nah, jalanan ini pun juga sering dimanfaatkan untuk warga yang mencari kayu bakar. Jadi, anda juga harus rela berbagai jalan bila ada para pencari kayu ini ya.

Selama perjalanan menuju ke objek wisata anda akan disuguhkan dengan perkebunan teh, dengan pemandangan hijau-hijau menggemaskan. Selain itu, terkadang pengunjung juga bisa melihat bagaimana burung-burung hutan akan berkeliaran menyambut kedatangan anda.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk tempat ini masih belum ada. Hanya saja anda akan ditarik dana sukarela. Uang ini akan dipakai untuk para warga membangun beberapa fasilitas tambahan agar semakin banyak pengunjung datang ke tempat ini. Walaupun belum juga terlaksana.

Sayangnya

Banyak sekali sampah berserakan kesana-kemari. Selain itu pintu toilet disini pun juga tidak berpintu. Kolam air disini juga hanya bak air biasa saja. Jadi jangan heran bila berada disini anda akan menyaksikan sebuah tempat mandi biasa.

Bukan sebuah objek wisata pada umumnya. Entah mengapa belum ada satu pun mau melirik kawasan ini. Tidak pemerintah daerah, tidak juga warga atau ketua rw setempat. Mungkin, karena tempat ini merupakan perbatasan.

Sebenarnya, bila dipoles dengan baik pemandian air panas di ciracas ini bisa dijadikan sebagai alternatif. Seperti diketahui bila di jawa barat banyak tempat sumber air panas nan menarik untuk dikunjungi.

Baca juga Kampung Sadang Purwakarta 2021: Harga Tiket + Jalan ke Lokasi Wisata.

Tidak hanya itu saja, mengingat saat ini pariwisata sudah bisa menjadi sebuah tempat untuk meningkatkan taraf hidup warga masyarakat seperti di tempat lainnya.

Sumber Air panas ciracas memang sebuah objek wisata yang penggarapannya masih terkesan sangat minim. Padahal, keindahan tempat ini tidak diragukan lagi. Ayo berkunjung ke tempat ini, siapa tahu dengan kehadiran anda tempat ini akan semakin dilirik.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0