Tiket Masuk Taman Rekreasi Wiladatika Depok Oktober 2021 & Rute

0
(0)

Alamat : Jalan Jambore No.1, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 13720
Google Maps: Klik Disini
Tiket Masuk : Rp. 10.000 / orang
Buka Jam: Setiap Hari, 8 Pagi – 5 Sore
Nomor Telepon: 021-8731859

Taman Rekreasi Wiladatika, di awal tahun 2000an dulu, ada Sinetron berjudul Tuyul dan Mbak Yul. Generasi 90-an pasti tahu sinetron ini. Sinetron tentang tuyul baik hati yang hidup dengan manusia. Namun, bukan sinetron ini yang akan kita bicarakan, melainkan lokasi shooting sinetron tersebut.

Dalam sinetron tersebut, selalu ditampilkan lokasi air mancur dengan kolam melingkar, jalanan dengan tiang tumbuhan memayungi, serta rumah jamur. Semua lokasi tersebut ternyata bukan hanya properti sinetron saja, melainkan benar – benar ada di dunia nyata.

Tempat itu merupakan Taman Wiladatika yang berada di Cibubur. Tak disangka, di sekitar Jakarta masih ada taman luas yang indah dan sejuk. Seperti apa keindahan objek wisata ini? Yuk simak artikel berikut!

Perlu diketahui, meskipun nama objek wisata ini Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, tapi nama lokasi sebenarnya berada di kota Depo, Jawa Barat. Dinamakan Taman Rekreasi Wilatadika Cibubur karena objek wisata ini berdekatan dengan bumi perkemahan Cibubur, sehingga taman ini pun diberi nama demikian agar mudah dikenal.

Taman Rekreasi Wiladatika diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 29 Juni 1980. Awalnya, tujuan dibukanya tempat ini untuk umum adalah sebagai jalan pengumpulan dana kegiatan pramuka.

Objek wisata ini memiliki luas sekitar 15 hektar, dimana lahannya digunakan untuk taman dan wahana permainan. Karena usianya sudah mencapai 38 tahun, maka vegetasi di sini pun sudah cukup rimbun dan lebat.

Sejak berdirinya tempat ini, tercatat pernah diadakan Jambore Nasional ke-10 pada 14 Agustus 2016 lalu. Acara dibuka oleh Presiden Joko Widodo, selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka. Peserta acara ini yaitu seluruh provinsi di Indonesia dengan anggota sekitar 25.000 pramuka.

Seiring berjalannya waktu, tempat ini mulai dibuka untuk umum, tidak hanya untuk kegiatan pramuka saja. Selain taman, di sini juga terdapat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Nasional (Pusdiklatmas).

Gedung dan aula juga dapat disewa oleh umum. Biasanya aula resepsi disewa untuk acara pernikahan, sementara halaman hijau digunakan untuk piknik keluarga.

Keindahan Hamparan Bunga dan Kesejukan Udara

Taman Wisata Wilatadika
Taman Wisata Wiladatika, Foto : @wiladatika_cibubur

Begitu masuk kawasan taman, Anda akan disambut rindangnya pepohonan. Pepohonan terlihat besar karena memang usianya sudah puluhan tahun.

Banyak hamparan bunga warna warni yang indah dan membuat Anda takjub. Kebanyakan adalah bunga asli Indonesia, namun dibuat sedemikian rupa sehingga indah tertata rapi.

Selain hamparan bunga, semak dan tumbuhan perdu dipotong sangat rapi. Kebanyakan membentuk pagar diantara bunga – bunga. Jika dilihat dari atas, sepintas semak ini terlihat seperti labirin.

Air Mancur di Miladatika
Air Mancur di Wiladatika, Foto : @wiladatika_cibubur

Selain itu, di sini terdapat air mancur. Keberadaan air mancur di tengah taman ini menambah kesan megah tersendiri bagi taman. Selain kolam air mancur, ada juga air terjun buatan, serta goa mini yang melengkapi.

Baca juga Curug Cibaliung Sentul wisata alam di bogor.

Di jalan masuk pun terdapat tiang yang membentuk payung, di mana pada payung itu ditumbuhi tanaman rambat sehingga rindang ketika berada di bawahnya. Selain air mancur, tempat ini juga menjadi spot foto favorit pengunjung. Banyak yang mengambil gambar di sini.

Spot Foto Taman Wiladatika
Spot Foto Taman Wiladatika, Foto : @wiladatika_cibubur

Selain taman, di sini juga anak – anak juga bisa bermain di taman bermain. Patung – patung yang difungsikan sebagai tempat bermain pun terawat hingga kini. Hal ini mengapa Taman Rekreasi Wiladatika cocok digunakan sebagai tempat wisata keluarga.

Selain keindahan taman bunga dan pepohonan yang rindang, objek wisata ini juga menyediakan replika rumah tradisional Jepang. Lengkap dengan kolam ikan di depannya. Anda bisa berfoto di sini dan seolah – olah sedang berada di Jepang.

Fasilitas Taman Rekreasi Wiladatika

Rumah Jepang di Wiladatika
Rumah Jepang di Wiladatika, Foto : @@wiladatika_cibubur

Di sini sudah disediakan fasilitas penunjang, seperti wahana perahu air, becak mini, kolam renang, sepeda, serta playground. Tak lupa, disediakan juga toilet, lahan parkir, dan juga mushola.

Selain itu, ada juga fasilitas untuk photo session atau shooting. Pengunjung yang ingin menggunakan diharapkan membayar tarif kepada pengelola.

Ruangan Rumah Jepang
Gazebo Rumah Jepang
, Foto : @wiladatika_cibubur

Di sini, gazebo juga disewakan. Jika ingin menggunakan gazebo bisa melakukan booking pada pengelola. Karena cukup luas, gazebo bisa digunakan untuk reuni atau arisan.

Gedung serbaguna yaitu Gedung Pandansari juga disewakan. Kebanyakan disewa untuk acara pernikahan. Lokasi Gedung Pandansari berada di Jalan Raya Cibubur, Jakarta Timur, DKI.

Baca juga Panorama Pabangbon Bogor Tiket Masuk, Lokasi dan Rute Perjalanan.

Harga Sewa Wahana

Tiket masuk hanya untuk menikmati pemandangan di taman saja, jika Anda ingin menggunakan fasilitas atau wahana akan dikenakan charge lagi.

  • Wahana kolam renang, tarif sebesar Rp 25.000.
  • Sewa bola air, becak mini, serta perahu air, harganya Rp 10.000.
  • Sepeda seharga Rp 5.000.
  • Sedangkan jika ingin menyewa lokasi untuk photo session, dikenakan tarif berbeda pula. Untuk foto pengantin tarifnya Rp 275.000, foto iklan tarifnya Rp 550.000, serta untuk foto amatir tarifnya Rp 100.000. Jika digunakan untuk shooting film, tarifnya Rp 2.500.000.

* Tarif dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.

Rute dan Lokasi

Dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Anda dapat melalui Tol Jagorawi. Setelah itu, keluar melalui Tol Cibubur. Sementara bagi Anda yang dari Bogor, bisa langsung belok ke kiri ketika sudah dekat dengan pintu keluar Tol Cibubur. Jika kurang paham, Anda bisa menggunakan peta digital atau GPS.

Sementara bagi pengguna kendaraan umum, dari arah Bekasi dan sekitarnya, bisa naik dari Terminal Kampung Rambutan dengan naik angkot. Lalu bilang saja turun di Taman Bunga Wiladatika. Di sekitar objek wisata ini juga disediakan penginapan, bagi pengunjung luar kota yang akan bermalam.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0