Tandon Ciater Bsd 2021: Jam Buka & Harga Tiket Masuk

Pemandangan Tandon Ciater dari atas
Pemandangan Tandon Ciater dari atas
0
(0)

Lokasi: Jalan Widya Kencana Ciater, Buaran, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310
MAP: Klik Disini
Tarif: Gratis
Jam Operasional: 06.00-17.00 WIB
Nomor Telepon: –

Mungkin kalian akan sedikit aneh mendengar tempat wisata satu ini. Berlokasi di wilayah Tangerang, destinasi wisata ini memang sedang ramai diperbincangkan warga Tangerang bahkan sudah mulai merambah ke sosial media.

Yap! Wisata tendon ciater di Tangerang. Tempat wisata ini bukan seperti tempat wisata lainnya seperti wista pantai, taman, pegunungan ataupun lainnya. Wisata ini merupakan sebuah wilayah tendon air hujan di wilayah Tangerang.

Seperti yang sudah kalian ketahui, Tandon air berfungsi sebagai penyerapan air hujan agar tidak banjir ke wilayah permukiman warga. Namun ternyata tidak hanya itu. Tandon Ciater ini dibuat menjadi tempat wisata juga.

Kegiatan Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Di Tandon Ciater Tangerang

Sewa Kuda di Tandon Ciater
Sewa Kuda di Tandon Ciater

Pemerintah prov setempat memang sengaja merancang tempat ini tidak hanya untuk tempat tendon air hujan saja, tetapi juga bisa dinikmati para warga sekitar sebagai tempat wisata.

Untuk itu, tendon ciater ini sengaja dibangun beberapa fasilitas yang bisa dipakai dan dinikmati para pengunjung.

Biasanya tempat ini ramai dikunjungi oleh rombongan keluarga yang membawa anak-anak. Mereka akan sangat senang melakukan kegiatan ini. Tidak perlu khawatir, karena makanan ikan sudah disediakan di tempat wisata ini.

Anda hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp1000-Rp2000 untuk mendapatkan makanan ikan tersebut.

Dijamin, anak-anak akan senang sekali karena memang ada banyak ikan di tendon ini. Kalian akan melihat

Selain itu, pengunjung yang datang kesini juga bisa memanfaatkan beberapa sudut di tendon ciater ini untuk berfoto. Tempat nya memang indah, dan banyak tempat-tempat bagus yang bisa kalian jadikan background untuk foto kalian.

Dan jika kalian bukan tipe orang yang suka berfoto atau melakukan kegiatan memberi makan ikan, maka kalian bisa bersantai saja. Duduk duduk disekitaran tendon pada sore hari, sembari mencicipi berbagai kuliner yang tersedia disana.

Suasananya sangat enak untuk dijadikan tempat bersantai, untuk sekadar mengobrol bersama dengan teman atau keluarga.

Namun jangan sesekali anda ketempat ini pada siang hari. Tempat ini akan terasa sangat gersang dan panas.

Untuk foto-fotopun juga hasil tidak akan maksimal. Datanglah pada pagi hari ataupun sore hari saja.

Fasilitas Yang Tersedia

Playground Tandon Ciater
Playground Tandon Ciater

Berbicara mengenai fasilitas, nampaknya pemerintah prov Tangerang sudah merencanakannya dengan sangat matang. Hampir semua fasilitas di tendon ciater ini sama dengan fasilitas di tempat-tempat wisata pada umumnya.

Kalian bisa menemukan musholla, toilet umum area parkir dan juga di sekitaran tempat wisata sudah banyak pedagang kuliner yang bisa kalian jelajahi satu persatu.

Bahkan tempat wisata ini kerap kali ramai untuk orang-orang yang jogging pada pagi dan sore hari, karena memang sudah dibangun jogging track di area tendon ciater ini. Sangat lengkap bukan ?

Untuk anda yang suka camping, lokawisata unik yang satu ini juga menyediakan area camping ground yang bisa kalian manfaatkan.

Ada aulanya juga. Cocok sekali dijadikan sebagai tempat berdiskusi untuk anak-anak sekolah, mahasiswa maupun komunitas. Bisa dimanfaatkan untuk tempat kumpul bersama dengan teman-teman.

Dan fasilitas yang terakhir yaitu adanya rumah adat betawi yang biasa disebut sebagai rumah blandongan. Bahkan kabarnya rumah blandongan yang ada di tendon ciater ini disematkan sebagai rumah adat betawi terbesar di Indonesia. Luas nya mencapai 500 m2.

Tandon Ciater Sebagai Ekowisata

Pinggir Tandon Ciater
Pinggir Tandon Ciater

Perancangan tempat wisata ini semakin sempurna ketika pemerintah prov setempat juga membuat lingkungan tendon wisata ini hijau dengan ditumbuhi pepohonan rindang. Hal ini yang membuat Tandon Ciater juga berfungsi sebagai ekowisata di wilayah Tangerang.

Tandon ciater juga di isi dengan banyak ikan dengan tujuan menjaga keseimbangan ekosistem perairan Tandon Ciater. Meski begitu, pengunjung dilarang keras untuk memancing di wilayah tendon ini. Paling hanya boleh dikasih makan dengan pelet yang bisa kalian beli di sekitar tendon.

Alamat Dan Rute Perjalana Menuju Ke Tandon Ciater Tangerang

Jalan Tandon Ciater
Jalan Tandon Ciater

Bagi kalian yang penasaran dengan Tandon Ciater yang dapat menampung air sampai 1200 m3 dengan luas mencapai 7 hektare ini, bisa langsung datang ke alamat ini JL. Haji saran buaran, Kec.Serpong, Kabupaten Tangerang Selatan.

Untuk sampai di lokawisata satu ini kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum. Namun bagi kalian yang menggunakan mobil, maka hanya bisa sampai ke pintu masuk saja tapi untuk motor bisa sampai masuk ke depan area tandon persis.

Rute nya kalian bisa melewati kantor kementrian agama, Tang.Selatan setelah itu kalian bisa tanya-tanya ke warga sekitar untuk sampai keTandon Ciater ini. Lebih praktis lagi jika pakai google maps saja, link sudah disematkan di bagian atas.

Harga Tiket Masuk

Joglo di Tandon Ciater
Joglo di Tandon Ciater

Untuk dapat bersantai bersama dengan keluarga atau teman-teman di lokasi satu ini, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk alias masih gratis. Wilayah setempat hanya meminta uang parkir saja untuk kendaraan yang kalian bawa.

Dengan tarif Rp3000 per motor dan Rp5000 per mobil, kalian sudah bisa memasuki area Tandon Ciater ini. Benar-benar tempat wisata yang murah meriah. Namun meskipun begitu kalian harus tetap menjaga kebersihan Tandon Ciater dari sampah.

Bahkan menurut pemerintah tangsel, tempat ini akan terus ramai dikunjungi oleh para pengunjung sampai beberapa tahun kedepan. Mengingat jumlah pengunjung terus bertambah setiap tahunnya.

Jadi, buat kalian yang masih penasaran tunggu apalagi ? Yuk sempatkan untuk berkunjung ke Tandon Ciater ini.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0