Keindahan Gunung Tangkuban Perahu Lembang Terbaru – Sejarah dan Rute Lokasi

Wisata Tangkuban Perahu By @rmdh 100
Wisata Tangkuban Perahu By @rmdh 100
0
(0)

Lokasi: Jalan Raya Tangkuban Perahu, Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Map: Klik Disini
HTM: Rp 25.000 (week day) dan Rp 35.000,- (week end)
Buka / Tutup: 24 Jam
No. Telepon:

Bandung dan Lembang adalah dua wilayah tidak akan pernah terpisahkan oleh para wisatawan. Keindahan alamnya memang tidak akan pernah habis untuk di jelajahi. Satu di antaranya adalah Gunung Tangkuban Perahu.

Penasaran dengan objek wisata ini? Ada apa saja bisa dilihat dan dinikmati dari gunung kebanggaan warga bandung dan jawa barat ini? Mari kita simak, hasil penjelajahannya di bawah ini

Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu By @wisatatangkubanperahu
Tangkuban Perahu By @wisatatangkubanperahu

Dilihat dari sejarah tempat ini pernah erupsi pada tahun 1910 dan tahun 2013 pada tahun oktober. Sampai saat ini, Status terakhir dan terkini kawasan ini masih aktif sampai sekarang. Tingginya mencapai 2.084 mdpl. Secara geologi,

kawasan ini terbentuk karena akibat dari letusan gunung sunda purba meletus maha dahsyat Letusan ini berceceran hingga menjadi sebuah gunung. inilah asal-usul dari kawasan ini secara ilmiah sebelum menjadi gunung dengan ukuran yang sangat luas.

Termasuk ke dalam gunung berapi paling aktif di jawa barat. Sedangkan rakyat sunda sendiri percaya bila kawasan ini berkaitan erat dengan Story cerita legenda rakyat sangkuriang begitu terkenal berada di kuningan.

Ada 3 kawah bisa dinikmati pertama adalah kawah domas, Kawah ratu, dan Kawah upas. Fakta lainnya tempat ini mempunyai beberapa ekosistem yang dijaga mulai dari flora dan fauna salah satunya adalah macan yang memiliki beberapa fungsi.

Objek wisata ini dari jauh kejauhan akan terlihat seperti sebuah perahu terbalik. menyimpan sejumlah misteri. Mengenai berapa penampakan hantu yang nyata dan tempat angker di hutan.

Pendakian

Keindahan Gunung Tangkuban Perahu By @wisatatangkubanperahu
Keindahan Gunung Tangkuban Perahu By @wisatatangkubanperahu

Penasaran ingin hiking sampai ke atas puncaknya? Jalur pendakian tempat ini bisa via jayagiri di sini sobat pelancong bisa melihat beberapa aktivitas ekonomi masyarakat sekitar seperti menjual hasil perkebunan dan pertanian.

Selama perjalanan dan di atas puncak sobat pelancong akan disuguhkan lagi dengan bunga edelweiss yang sangat cantik. Jangan lupa membawa kamera DSLR agar setiap momen bisa diabadikan melalui foto dan gambar.

Baca Juga Wisata dan Camping di Gunung Putri Lembang Jawa Barat

Alamat dan Rute Lokasi

Menuju Wisata Tangkuban Perahu By @travelraysg
Menuju Wisata Tangkuban Perahu By @travelraysg

Alamat lokasi kawasan ini secara geografis terletak di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Bandung Barat Regency, West Java 40391. Atau lebih tepatnya berada di antara bandung dan subang.

Rute jalan menuju ke obyek wisata tempat ini bisa di akses dengan beberapa cara. Bisa naik transportasi umum yang sering dilakukan oleh para backpacker dari Jakarta.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk kawasan ini tahun 2021 is 25 ribu rupiah untuk week end akan naik menjadi 35 ribu rupiah. tempat ini pun juga dijadikan sebagai kawasan prewedding. Nah, ingin mengabadikan foto dan gambar2nya disini.

Cukup sediakan uang 500 ribu rupiah saja. Murah sekali bukan? Ingin berlama-lama di tempat ini? Tenang, di dekat sini sudah banyak penginapan berupa hotel, villa dengan berbagai macam fasilitas yang sesuai dengan harga.

Berita Terkait

Gunung Tangkuban Perahu By @wisatatangkubanperahu
Gunung Tangkuban Perahu By @wisatatangkubanperahu

Berita terkait dari tempat ini adalah hadirnya novel di mana kalimat penulisannya sudah disesuaikan dengn eyd dan beberapa unsur intrinsik melekat di dalamnya. Dengan narrative text atau teks narasi cukup lengkap dan sesuai dengan cerita aslinya.

Juru kunci dari kawasan ini bernama abah eman hari ini umur beliau sudah menginjak 71 tahun. Usia tidak muda lagi untuk menjaga rahasia goa kahuripan yang dikenal penuh air keramatnya.

Kisah dari tempat ini pun di jadikan sebuah film. Kaasup kana naskah drama untuk 6 orang ini dijadikan sebagai inspirasi dalam teater yang sering disajikan. Tersedia pula dalam in English version Mau melihat video nya? Bisa dilihat di youtube.

Pada tahun 2005 gunung ini pernah berada di level siaga 1. Pernah pula tahun 2013 di nyatakan sebagai status waspada karena aktifitas yang meningkat. Oleh karena itu jalur pendakiannya di tutup.

Untuk meningkatkan keamanan masyarakat menteri ESDM memerintahkan jajarannya untuk mengganti peralatan. Lebih baru dan tidak terkesan jaman dulu. Agar lebih akurat dan canggih serta tahan dalam berbagai cuaca.

Kawasan ini juga dijadikan sebagai nama jl. Letaknya berada di padangsambian, kota Denpasar. Merupakan wilayah kost favorit bila di Denpasar.

Ada berita pula menyatakan bahwa ada pendaki pernah tersesat disini. Untungnya selamat dan ditemukan oleh SAR. Gunung yang berada di provinsi jawa barat ini operasionalnya buka selama 24 jam. Jadi, sobat pelancong bisa berkunjung ke sini kapan pun.

Tempat ini apanya pun juga di jadikan sebagai sebuah website seperti perahu.com. Di kabupaten Cirebon tempat ini dijadikan sebagai nama perumahan. Sekian hasil dari penjelajahan di tempat ini.

Bagi yang pertama kali mengunjungi tempat ini. sobat pelancong bisa menggunakan jasa paket wisata yang tersedia. Apalagi, dengan mengikuti paket ini sobat pelancong bisa menghemat lumayan banyak.

Bagi yang masih membutuhkan info, bisa membuka situs Wikipedia yang sudah hadir dalam bahasa inggris dan Indonesia. Atau juga bisa membaca hasil ulasan dari observasi yang pernah dilakukan.

Lengkap dengan riwayat, reoreintasi, ringkasan, dan rangkuman serta penjelasannya singkat mengenai tempat ini. dengan mengumpulkan data dari beberapa versi.

Sampai saat ini tempat ini masih menjadi favorit pariwisata bagi sebagian besar wisatawan lantaran hikayat dan cerita dongengnya memang begitu menarik disimak. Ayo ke Tangkuban perahu dan rasakan pengalaman berbeda saat mendaki disini.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0