Tiket Masuk Tebing Breksi Jogja Oktober 2021 & Lokasi

Tebing Breksi Yogjakarta
Tebing Breksi Yogjakarta
0
(0)

Alamat: Tebing Breksi, Gunung Sari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55572
Lokasi (Google Maps): Klik Disini
Harga Tiket Masuk (HTM): Rp. 10.000, Parkir Motor Rp 2.000, Mobil Rp 5.000, Bus Rp 10.000
Jam Buka: Buka Setiap Hari, Dari Hari Senin Sampai Minggu, Pukul 6 Pagi Sampai 10 Malam
Nomor Telepon: –

Indonesia adalah negara unik dan indah, di mana di sini terdapat bermacam – macam bentuk wisata alam nan unik. Baik wisata pantai, gunung, bukit, hingga tebing – tebing pun dapat dijadikan tempat wisata karena keunikannya.

Salah satu tempat dengan tebing unik yaitu di Semarang, Jawa Tengah. Tempat tersebut bernama Brown Canyon. Dinamakan demikian karena tempatnya mirip dengan Grand Canyon di Amerika.

Tebing Breksi
Tebing Breksi, Foto : @jipoknoval

Ternyata, di Jogja pun memiliki tempat hampir serupa dengan Brown Canyon dan Grand Canyon. Tempat tersebut merupakan Taman Tebing Breksi, yang lokasinya berada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jika Gumuk Pasir Parangkusumo yang juga ada di Jogja merupakan hal unik, Anda juga perlu tahu hal unik lainnya, yaitu Taman Tebing Breksi ini. Pasalnya, tidak hanya bentuk batuan breksi yang ada di sini, melainkan ada motif naga pada batu yang dipahat dengan indah. Penasaran seperti apa? Yuk simak artikel di bawah ini!

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap tempat ini, batuan kapur di tebing breksi ini ternyata hasil dari endapan akibat erupsi abu vulkanik Gunung Nglanggran di Gunung Kidul.

instagram post gabvideo.com 3
Tebing Breksi Sleman, Foto : @jogja.titiknol

Gunung Nglanggran merupakan gunung api purba yang menghasilkan morfologi bukit setinggi 30 meter. Dan batuan apung di sini merupakan batuan dengan jenis yang sama dimana juga ditemukan di Parangtritis dan Wonogiri. Ketebalannya mulai dari 300 sampai 600 meter di Desa Semilir.

Sama halnya dengan Brown Canyon di Semarang, tempat ini dulunya juga daerah tambang. Kemudian masyarakat berinisiatif untuk menjadikannya tempat wisata. Justru tempat seperti ini menjadi unik dan bisa menjadi tempat wisata.

Ayunan di Tebing Breksi
Ayunan di Tebing Breksi, Foto : @lisna_faizah_alawiah

Sayangnya, pada awal – awal sebelum diresmikan, tempat ini sempat tidak diperbolehkan dibuka sebagai objek wisata oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan lokasi pertambangan kapur ini jika ditutup akan mematikan lahan mencari nafkah masyarakat panambang kapur di sana.

Namun, semangat masyarakat untuk menyulap tempat ini menjadi objek wisata tak pernah surut. Karena kegigihan mereka, tempat ini berhasil disulap menjadi objek wisata dan justru lebih mendatangkan nafkah bagi mereka.

Jika di Jogja mampir juga ke Candi Ratu Boko untuk berwisata sejarah peninggalan nenek moyang.

Tiket Masuk Tebing Breksi

Adapun untuk harga tiket masuk Tebing Breksi update 2021 hanya Rp. 10.000. Tiket yang cukup murah untuk menikmati pemandangan dan foto-foto di Tebing Breksi.

Jika kalian datang ke sini menggunakan motor kalian harus menyiapkan biaya parkir Rp. 2.000 saja dan untuk mobil Rp. 5.000. Nah kalau kesini rombongan dengan bis parkirnya hanya Rp. 10.000 saja, murah bukan.

Pesona Keindahan Taman Tebing Breksi Yogyakarta

Tebing Breksi Sleman
Tebing Breksi nan Unik, Foto : @borobudurtourjogja

Bagi Anda penyuka petualangan, tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisata jika berkunjung Jogja. Apalagi jika hobi panjat tebing, sangat cocok berada di sini. Melihat jajaran batu nan tinggi menjadikan Anda ingin segera memanjatnya.

Sejak diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X pada 30 Mei 2015 lalu, tempat ini semakin ramai dikunjungi. Tidak hanya masyarakat Jogjakarta yang menjadi wisatawan tempat ini, tapi juga masyarakat luar kota banyak mengunjungi tempat ini.

Permukaan bebatuan yang tidak rata telah disulap menjadi relief yang artistik. Ukiran – ukiran cantik dapat kita nikmati disini. Dari ukiran berbentuk wayang, tangga yang dapat dinaiki, hingga naga besar yang seolah hendak menerkam.

Tangga ini dapat dinaiki bagi Anda yang suka dengan ketinggian. Dari atas, pengunjung dapat menikmati view Kota Jogja. Bahkan dari puncaknya, pengunjung bisa menikmati panorama Candi Prambanan, Candi Barong, Candi Sojiwan, serta Gunung Merapi yang gagah menjulang.

Dari atas sini, pengunjung juga bisa menikmati sunrise di pagi hari atau sunset di sore hari. Hal ini sangat sesuai karena tempat ini dibuka dari pukul 5.30 pagi hingga 9 malam. Mau di sini seharian bisa, atau memilih di pagi hari saja atau sore hari saja pun bisa.

Tebing Breksi Sleman Jogja
Tebing Breksi Sleman Jogja, Foto : @ipoelsoedibjoe

Baik saat sunrise ataupun sunset, keduanya memiliki pemandangan yang sangat indah jika Anda mengambil foto di momen tersebut. Selain itu, berfoto dengan latar belakang relief batuan juga tak kalah seru.

Jika Anda sedang berada di puncak, berfoto dengan latar belakang candi yang terlihat serta Kota Jogja dari atas sungguh mempesona. Gambar hasil jepretan Anda pasti akan indah.

Mumpung di Jogja ini list tempat wisata pantai di Gunung Kidul.

Jika menurut Anda aktivitas ini kurang seru, Anda bisa mencoba bermain panjat tebing. Ada beberapa tebing yang dikhususkan untuk arena panjat tebing dan peralatannya sudah disediakan oleh pengelola, yang tentunya aman supaya tidak terjatuh.

Tebing Breksi Jogja
Tebing Breksi Jogja, Foto : @inayatulmufarokkah

Selain itu, di sini juga ada penyewaan sepeda gunung. Jadi pengunjung yang ingin berkeliling tempat ini bisa sambil bersepeda santai.

Selain bebatuan ini, tempat yang juga menjadi highlight adalah Tlatar Seneng. Tlatar Seneng satu lokasi dengan Taman Tebing Breksi, tempat ini berbentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 15 meter.

Adanya Tlatar Seneng difungsikan sebagai panggung untuk menggelar pagelaran seni budaya. Bentuknya yang bulat seolah seperti panggung arena gladiator di Colosseum Roma, Italia. Biasanya akan diumumkan jadwal pagelaran apa yang akan ditampilkan di Tlatar Seneng ini.

Fasilitas yang Ada di Taman Tebing Breksi

instagram post gabvideo.com 9
Fasilitas Tebing Breksi, Foto : @jogja.titiknol


Sebagai objek wisata, fasilitas di sini cukup memadai. Di antaranya tempat parkir yang cukup luas untuk menampung motor, mobil, hingga bus. Karena memang tak jarang rombongan bus pariwisata mendatangi objek wisata ini.

Taman Tebing Bukit Breksi
Taman Tebing Bukit Breksi, Foto : @rudy_mulianto

Selain itu, sudah dibangun juga warung nasi, mushola, serta toilet. Sehingga berlama – lama di sini pun tidak masalah.

Meski di sini masih gratis, tapi setidaknya pengunjung memberikan beberapa rupiah sebagai biaya masuk sukarela. Nantinya biaya ini akan digunakan sebagai biaya operasional serta pengembangan tempat wisata ini.

Jalan menuju ke lokasi ini bisa dimulai dengan mengikuti rute menuju Candi Prambanan terlebih dahulu, karena dengan rute ini akan lebih mudah untuk menuju Taman Tebing Breksi Sleman.

Setelah sampai di pertigaan Pasar Prambanan, ambil arah belok kanan menuju ke Piyungan. Dari sini menuju ke objek wisata, jaraknya kurang lebih 3 km saja.

Di jalan menuju Piyungan ini, Anda bisa mengikuti arah menuju Candi Ijo terlebih dahulu hingga bertemu pertigaan sebelum SDN Sambirejo, lalu belok kiri di pertigaan ini. Lanjutkan perjalanan sejauh 1 km lagi hingga akhirnya sampai ke objek wisata Taman Tebing Breksi.

Baca juga 15 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Di Kunjungi Waktu Liburan ke Jogja.

Perlu diingat, jalan untuk menuju objek wisata ini kurang mulus, jadi Anda akan merasakan jalan bergelombang namun tidak banyak. lebih aman, Anda menggunakan transportasi pribadi karena belum ada kendaraan umum ke sini.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0