Tempat Wisata Alam Hits di Lumajang

Puncak B29
Puncak B29
0
(0)

TempatWisata.id – Hai guys kali ini Tempat Wisata akan merekomendasikan Tempat Wisata Alam yang Hits di Lumajang. Nah sebelum saat kita membahas ke topiknya alangkah baiknya kita kenalan dulu dengan Lumajang yuk. Lumajang merupakan bagian daerah yang berada di Provinsi Jawa Timur. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di Utara, Samudra Hindia di Selatan, Kabupaten Jember di Timur, dan Kabupaten Malang di Barat.

Berdasarkan penelusuran sejarah dan seminar dalam rangkap menetapkan hari jadinya, nama Lumajang berasal dari nama tempat “Lamajang”. Lumajang ialah bagian daerah di Provinsi Jawa Timur, yang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Di Lumajang terdapat bermacam tempat wisata Lumajang dan sebagian besarnya ialah wisata alam. Situasi geografis Lumajang yang dikelilingi bermacam gunung yaitu gunung Semeru dan pegunungan Tengger Bromo yang ada pada wilayah utara, juga gunung Lamongan membuat wilayah ini kaya akan tempat-tempat eksotis. Belum lagi daerah bagian selatan yang dibatasi dengan Samudra Hindia, membuat keindahan wisata alam ini semakin lengkap. Nah, Berikut adalah rekomendasi tempat wisata alam di Lumajang hits dan instagramable yang wajib dikunjungi.

1. Gunung Semeru Lumajang

Gunung Semeru Lumajang
Gunung Semeru Lumajang, Foto IG : @slametjerman

Gunung Semeru ialah bagian gunung berapi tertinggi di Jawa Timur dan ke-2 tertinggi di Pulau Jawa, tepatnya terletak di Kabupaten Lumajang. Gunung Semeru mempunyai ketinggian 3.676 meter di atas permuaan laut dan juga di kenal sebagai Mahameru atau Gunung Agung.

Gunung Semeru merupakan gunung berapi yang masih sangat aktif, kurang lebih setiap 20 menit sekali kawahnya mengeluarkan abu vulkanik berwarna hitam dan pasir. Orang pertama yang mendaki gunung ini ialah CLIGNET (1838) seseorang ahli geologi berkebangsaan Belanda dari wilayah barat daya lewat Widodaren, setelah itu Junhuhn (1945) seseorang ahli botani berkebangsaan Belanda.

Tahun 1911 Van Gogh dan Heim lewat lereng utara dan seusai 1945 umumnya pendakian dilakukan lewat lereng utara lewat Ranu Pane dan Ranu Kumbolo seperti sekarang ini. Bermacam – macam Flora hidup di Semeru, namun sebagian besar didominasi oleh pohon pinus, jamuju dan akasia.Selain itu, terdapat  juga anggrek Edelweis dan endemik yang dapat ditemukan disekitar puncak Semeru.

2. Wisata Ranu Pani Lumajang

Ranu Pani
Ranu Pani, Foto IG : @yoga_dirgantara

Ranu Pani merupakan bagian objek wisata di  Jawa Timur bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNTBS) yang terletak di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Danau hijau ini seluas 1 hektar, namun sekarang hanya tersisa sekitar 0.75% karena sedimentasi. Dari tempat ini, kita dapat melihat kemegahan Gunung Semeru Mahameru yang berdiri dengan kaldera di sekeliling kawah. Ini jadi bagian tempat wisata favorit bagi penggemar Pendakian ke Gunung Semeru karena Danau Ranu Pane merupakan lokasi (tempat) transit tracking Pendakian ke Ranu Kumbolo dan jalur hiking ke Gunung Semeru (±3.767m dpl), dan merupakan jalur yamg paling aman untuk dialui dan merupakan jalur eksplorasi.

3. Gunung Lemongan Lamongan

Puncak Gunung Lemongan
, Puncak Gunung Lemongan, sumber IG : @novi_iindah

Gunung Lemongan atau yang sering disebut Lamongan merupakan gunung yang berada diantara Pegunungan Iyang dan Pegunungan Bromo Tengger Semeru. Bentangan lautan awan dan sunrise dari balik Gunung Argopuro dengan puncak Rengganisnya sangatlah cantik.

Ketinggian ±1.671 mdpl termasuk gunung yang tidak terlalu tinggi. Namun, bukan berarti puncak Lemongan mudah digapai, Terdapat kerikil berpasir sampai bebatuan yang mudah longsor sebagai sisa muntahan lahar ratusan tahun akan menguji siapapun yang ingin menikmati keindahan sunrise dipuncaknya.

Keindahannya alam disekitar gunung juga tak kalah cantik. Disini kamu akan dimanjakan dengan keindahan triangle lake yaitu Ranu Klakah, Ranu Pakis dan Ranu Bedali. Disebut triangle lake karena apabila ranu-ranu tersebut dikaitkan akan membentuk segitiga. Lokasi gunung lamongan ini berada pada daerah Klakah kawasan utara Lumajang.

4. Puncak B29 Lumajang

Puncak B29
Puncak B29 Lumajang, Sumber IG: @budi_tarjo

Puncak B29 merupakan bagian tujuan wisata di Kabupaten Lumajang. dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Disebut B29 karena letak puncaknya berada di ketinggian 2.900 mdpl. Puhcaknya yang menjulang tinggi dan pemandangan di puncak bak sedang diatas awan, membuat puncak ini juga disebut negeri di atas awan.

Letak puncak B29 tepat di sisi tenggara dari wisata Gunung Bromo. Terletak di Desa Argosari, Kec. Senduro, Kab. Lumajang, kurang lebih 40 km dari kota Lumajang. Perjalanan menuju pucak B29 dapat diakses lewat beberapa jalur. Namun, jalur yang paling umum dan aman bagi dilalui ialah lewat Kabupaten Lumajang, lalu Ranu Pani lantas Senduro Lumajang. Puncak B29 cuma dapat diakses dengan menggunakan kendaraan roda 2.

Bagi kalian traveler yang membawa mobil gak butuh cemas, karena seusai lewat Desa Argosari terdapat tempat parkir mobil dan motor. Warga kurang lebih menyediakan ojek yang menyanggupi mengantar pulang pergi bagi menuju puncak B29. Biaya ojek bervariasi tergantung tawar menawar, rata-rata IDR 50.000 s/d IDR 100.000 per orang. Apabila Kamu berniat tracking dari parkiran sampai puncak dapat ditempuh 4 – 5 jam.

5. Ranu Kumbolo Lumajang

Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo, Sumber IG : @wenojodi

Ranu Kumbolo merupakan danau gunung bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang letaknya di Pegunungan Tengger, kaki Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Luasnya ±15 hektare. Terletak di ketinggian 2.400 meter dpl, Ranu Kumbolo merupakan sumber air bersih bagi mereka pendaki Gunung Semeru yang tengah berkemah atau yang akan mendaki ke puncak Gunung Semeru, Mahameru

Dengan debit air yang melimpah dan tak sempat surut, membuat Ranu Kumbolo jadi titik berkumpulnya mereka pendaki untuk mendirikan tenda. Keindahan Ranu Kumbolo memang tak butuh diragukan. Di sana, mereka pendaki biasanya berburu keindahan sunrise yang muncul di sela-sela dua bukit hijau berpadu dengan beningnya air danau.

6. Ranu Lading Lumajang

Ranu Lading
Ranu Lading, Sumber IG : @ikoneart

Ranu Lading terletak di desa Papringan, kecamatan Klakah kurang lebih 25 Km ke arah utara dari kota Lumajang. Lokasi Ranu Lading ini terletak di lereng gunung Sadeng, persis tengah perkebunan kopi yang merupakan peninggalan era Belanda, komplit dengan bagian bangunan loji tua yang terletak di pinggiran danau.

Untuk mencapai ke Ranu Lading dari kota Lumajang cukup mudah, dapat menggunakan kendaraan pribadi dan juga umum. Ranu Lading sendiri terletak di ketinggian 900 mdpl, dengan luas perairan mencapai 22 Ha dengan kedalaman 28 meter. Suasana tempat ini cukup tenang dan sejuk, disaat musim kopi tiba kelihatan aktivitas mereka pekerja pemetik buah kopi yang bekerja di perkebunan di sekitar Ranu Lading.

7. Ranu Regulo Lumajang

Ranu Regulo
Ranu Regulo, Sumber IG : @muilchariri.13

Kawasan pegunungan Wisata Bromo Tengger-Semeru di Jawa Timur mempunyai danau indah yang tersembunyi yang lokasinya dekat dengan Ranu Pane, yaitu desa dan pos masuk apabila pengunjung mau lakukan pendakian ke Puncak Gunung Semeru dan juga bila mau mendaki sekedar ke obyek wisata Bromo Ranu Kumbolo. Di lereng Gunung Semeru ada 2 danau alami lainnya yaitu Ranu Pane dan Ranu Kumbolo dengan keindahannya yang sangat memukau bagi masing-masing danau.

Ada dua jalur yang umum bagi menuju Ranu/danau ini yaitu lewat jalur Kota Malang menuju Tumpang, dilanjutkan sampai ke Gubug Klakah dan Ngadas bagi mencapai Ranu Pane. Alternatif lain lewat Kabupaten Lumajang, lewat Senduro lekas menuju ke desa Ranu Pane. Ranu Regulo mempunyai panorama alam yang sangat indah serta udaranya yang dingin. Terdapat area untuk camping ground bagi wisatawan yang berkunjung dan mau menikmati keindahan alam serta kesejukan udaranya.

8. Ranu Klakah Lumajang

Ranu Klakah
Ranu Klakah, Sumber IG : @local_trip

Ranu Klakah, terletak di ketinggian 900 Mdpl dan luas danau mencapai 22 Ha dengan kedalaman 28 meter dengan view gunung Lemongan yang mempunyai ketinggian 1.668 Mdpl. Letaknya kurang lebih 20 Km dari kota Lumajang dengan akses jalan dan transportasi yang cukup mudah baik dengan kendaraan pribadi dan juga umum, karena jalannya cukup bagus dan beraspal mulus. Ranu Klakah ini di kenal sebagai kawasan segitiga Ranu yang letaknya berada di antara kecamatan Klakah dan kecamatan Ranuyoso yang juga mempunyai ranu lain yaitu Ranu Pakis dan Ranu Bedali.

Ranu Klakah mempunyai keistimewaan sendiri karna mempunyai air yang cukup jernih dengan keadaan alam kurang lebih yang masih alami. Ranu Klakah ini bukan sekedar dimanfaatkan sebagai tempat wisata, namun juga digunakan oleh warga sekitar sebagai tempat perikanan yang diposisikan didalam keramba-keramba. warga sekitar menyediakan kendaraan tradisional dokar yang dapat di sewa oleh mereka pengunjung untuk berkeliling-keliling menikmati alam kurang lebih Ranu Klakah yang indah.

Selain itu, terdapat juga perahu-perahu yang dapat digunakan untuk berwisata air dan memancing. Bagi pengunjung yang ingin bermalam telah disediakan beberapa hotel dan penginapan disekitar Ranu Klakah, dilengkapi beberapa fasilitas olahraga seperti lapangan tenis. Di sepanjang jalanan Ranu Klakah banyak dijual aneka buah-buahan seperti nangka yang merupakan hasil tanaman mereka penduduk di sekitar Ranu Klakah. Buah-buahan ini dapat dijadikan sebagai buah tangan untuk dibawa pulang dinikmati lekas sembari berwisata.

9. Ranu Pakis Lumajang

Ranu Pakis
Ranu Pakis, sumber IG : @wahyu_dynda

Ranu Pakis terletak didesa Ranu Pakis kecamatan Klakah, dekat dengan Ranu Klakah, dengan perjalanan kurang lebih 10 menit saja atau kurang lebih 1 Km dari Ranu Klakah. Ranu Pakis terletak di ketinggian 600 mdpl dengan luas danau mencapai 50 Ha dan mempunyai kedalaman kurang lebih 26 meter. dengan view gunung Lemongan di belakangnya dan keadaan alam kurang lebih yang masih alami menjadikan Ranu Pakis mempunyai keistimewaan sendiri.

tidak serupa dengan Ranu Klakah, Ranu Pakis berada didataran yang lebih rendah, hingga dari atas kelihatan hijau kebiruan airnya dan bagi mencapai tepian danau, pengunjung mesti menuruni jalan yang cukup curam. argumen berikut yang membuat mereka pengunjung cuma dapat melihat keindahan Ranu Pakis dari kejauhan di atas perbukitan.

orang di kurang lebih Ranu Pakis memanfaatkan tempat ini sebagai tempat bagi mencari ikan tapi gak sebanyak aktivitas orang di sekitar Ranu Klakah. Di pagi hari tempat ini cukup sepi cuma kelihatan kawanan kerja-kerja liar dan burung-burung di pepohonan dan beberapa fasilitas umum di Ranu Pakis masih belum juga terdapat ditempat ini, seperti tempat parkir dan toilet.

10. Ranu Bedali Lumajang

Ranu Bedali
Ranu Bedali, sumber IG : @wisataranubedali

Ranu Bedali masih termasuk juga rangkaian 3 Ranu, terletak di kecamatan Ranuyoso, kurang lebih 15 Km arah utara dari kota Lumajang. Lokasi Ranu Bedali cuma berjarak kurang lebih 7 Km dari Ranu Pakis dan 6 Km dari Ranu Klakah. Ranu Bedali berada pada ketinggian 700 mDpl dengan luas danau mencapai 25 Ha dan kedalaman perairan mencapai 28 m. Walau belum terkenal seperti Ranu – Ranu lain di Lumajang, namun keindahan Ranu Bedali ini gak kalah dengan Ranu Kumbolo yang ada pada lereng gunung Semeru. Rute dari kota Lumajang ke arah kecamatan Ranuyoso disana akan terdapat petunjuk arah ke Ranu Bedali.

Sesudah sampai di pos pintu masuk, pengunjung dapat menitipkan kendaraan dirumah-rumah warga, lalu jalan lewat jalan menurun dan lewat bagian kolam renang yang terdapat juga bagian kincir angin yang telah lapuk yang konon peninggalan era Belanda. seusai jalan 10 menit dari kolam renang sampailah ke Ranu Bedali dengan alam sekelilingnya penuh dengan pohon-pohon hijau dan di kurang lebih Ranu Bedali ini juga terdapat 2 buah air terjun yang diantaranya persis terdapat di pinggiran Ranu Bedali.

11. Pantai Bambang Lumajang

Pantai Bambang
Pantai Bambang, sumber IG : @haaya_tn

Pantai Bambang terletak di pantai selatan, tepatnya berlokasi di desa Bago Kecamatan Pasirian, 24 kilometer dari kota Lumajang. Ombak di Pantai Bambang cukup besar dapat mencapai tiga meter, sebagaimana Layaknya Ombak Pantai Selatan, untuk itu harus berhati – hati ketika bermain di dekat pantai. Untuk ke sana, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4 dan juga roda 2 dengan akses jalan beraspal. Konon Pantai Bambang ialah tempat bersemayamnya Nyi Roro Kidul.

Keindahan Pantai Bambang memang tidak perlu diragukan lagi, disepanjang tepi pantai, terhampar butiran pasir hitam menghampar luas dan di sisi wilayah barat berjajar deretan pegunungan yang menambah keindahan panorama pantai. Dengan potensi wisata pantai Bambang yang sangat mempesona, diharapkan dapat menarik wisatawan dari berbagai penjuru daerah. Namun akan lebih baik lagi apabila ditambah dengan adanya fasilitas pendukung lain, seperti penambahan area bermain atau pembangunan pantai yang dapat menarik minat pengunjung bagi datang. Saat hari-hari libur seperti liburan sekolah dan juga hari-hari besar, Pantai Bambang sering ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal dan juga dari luar daerah.

12. Goa Tetes Lumajang

Pantai Tetes
Pantai Tetes, Sumber IG : @langkahpelan

Goa tetes merupakan goa yang terletak di Desa Sidomulyo kecamatan Pronojiwo, kurang lebih 55 km ke arah selatan lumajang. Didalamnya kita bisa menikmati terdapat stalagtit dan stalagmit yang dengan warna yang bervariasi.

Bagi Kamu yang suka pada wisata goa, tempat wisata goa tetes ini dapat menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Kesan pertama ketika Kamu datang ke tempat ini tentu akan sangat menakjubkan karna memang rute yang mesti Kamu lalui cukup menantang dan bakal terbayar kala Kamu sampai di tempat wisata ini.

Keindahan Pantai Bambang memang tidak perlu diragukan lagi, disepanjang tepi pantai, terhampar butiran pasir hitam menghampar luas dan di sisi wilayah barat berjajar deretan pegunungan yang menambah keindahan panorama pantai. Dengan potensi wisata pantai Bambang yang sangat mempesona, diharapkan dapat menarik wisatawan dari berbagai penjuru daerah. Namun akan lebih baik lagi apabila ditambah dengan adanya fasilitas pendukung lain, seperti penambahan area bermain atau pembangunan pantai yang dapat menarik minat pengunjung bagi datang. Saat hari-hari libur seperti liburan sekolah dan juga hari-hari besar, Pantai Bambang sering ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal dan juga dari luar daerah.

13. Pantai Tlepuk Lumajang

Pantai Tlepuk ialah pantai dengan bentang alam yang indah dan deburan ombak yang menakjubkan. Ditambah lagi, pantai ini mempunyai rawa yang sangat ideal sebagai tempat pemancingan. Tempat ini mudah dijangkau terletak di kecamatan Pasirian kurang lebih 31 km arah selatan kota Lumajang.

Pengunjung yang datang ke pantai ini dapat memanfaatkan waktu dengan berenang, memancing, berjemur, voli pantai atau cuma sekedar jalan-jalan menikmati gelitik pasir putih dan udara berjemur, ciri pantai yang semilir dan romatis. Di pantai ini kamu juga akan menikmati panorama indah dan deburan ombak yang menakjubkan ini, juga rawa yang sangat ideal bagi pemancingan.

14. Goa Bima Lumajang

Goa Bima terletak di desa Bades Kecamatan Pasirian kurang lebih 8 km jalur timur dan 11 kilo dari jalur barat, di mana lokasi itu merupakan berbatasan antara tiga desa yaitu desa Bades, Gondoruso dan desa Bago.

Goa Bima dapat ditempuh dengan melewati 2 arah yaitu jalur timur  (lewat desa condro, bago dan kajaran) dan jalur barat (Pasirian, Kalibendo, Bades, Gondoruso, Dampar), semuanya dapat dilalui kendaraaan bermotor. Objek ini masih alami karna belum banyak terjamah. Di dalam gua juga dapat dijumpai batu bekas bertapa.

15. Pantai Watu Godeg Lumajang

Pantai Watu Godeg
Pantai Watu Godeg, sumber IG : @wikydewi

Tempat wisata Watu Godeg ialah pantai, yang terletak di kecamtan Tempursari, 80 Km arah selatan kota Lumajang. Pantai ini merupakan pantai dengan pemandangan yang indah, dengan hijaunya perbukitan jadi latar belakang yang sangat asri. Orang sekitar percaya kalau dengan berkunjung dan mandi di laut ini dapat menyembuhkan bermacam macam penyakit kulit.

Wisata Watu Godeg berasal dari dua suku kata, yaitu Watu yang berarti Batu dan Godeg yang berarti Bergoyang, nama ini diambil dari kejadian alam yang sangat unik sekali yaitu, adanya bagian batu besar yang menjulang tinggi dan berada di pinggir pantai. dimana pada waktu air laut tengah pasang batu ini bergoyang dikarenakan terjangan ombak. Karena adanya kejadian ini, orang sekitar memberi nama Pantai Watu Godeg.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0