17 Tempat Wisata di Surabaya Yang Wajib Anda Kunjungi

Tugu Pahlawan Surabaya
Tugu Pahlawan Surabaya
0
(0)

Tempat wisata di Surabaya tidaklah kalah menarik dengan kota lain yang ada di Indonesia. Berkunjung ke Surabaya ada baiknya Anda mengunjungi tujuh belas tempat wisata yang akan diketahui berikut ini.

Surabaya adalah ibukota Provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan ikon koa patung ikan Sura dan Buaya. Sebagai salah satu kota padat industri, Surabaya tetap menjadi tujuan kota wisata bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan pembangunan kota, maka semakin banyak tempat-tempat wisata yang ada di Surabaya. Dan inilah ketujuh belas Tempat Wisata di Surabaya yang pastinya sangat menarik untuk dikunjungi.

1. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya atau KBS adalah tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. KBS memegang predikat sebagai kebun bintang yang memiliki ragam spesies hewan paling lengkap se-ASEAN. Ada tiga ratus lima puluh satu spesies fauna yang dapat Anda jumpai ketika berkunjung ke KBS.

Jika selama ini Anda penasaran dan ingin melihat hewan langka yang dilindungi, maka pilihlah KBS sebagai tujuan tempat wisata Anda ketika ke Surabaya.

Mengajak keluarga berwisata ke KBS, keuntungannya adalah Anda dapat memperkenalkan nama-nama hewan kepada anak secara langsung. KBS tentunya dapat menjadi pilihan tempat wisata bermain sambil belajar.

Alamat : Jl. Setail No.1, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000
Jam Buka : Setiap Hari (08:00 – 16:00)

2. Monumen Kapal Selam

Museum Kapal Selam Surabaya
Museum Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam atau Monkasel adalah tempat wisata yang menyuguhkan keberadaan kapal selam tepat di luar ruangan. Monkasel termasuk sebagai monumen paling besar yang ada di Asia.

Jika selama ini Anda melihat berbagai koleksi monumen di dalam ruangan, namun untuk yang satu ini tidak. Ketika menginjakkan kaki ke Monkasel, pandangan mata langsung tertuju pada keberadaan sebuah kapal selam yang ada di luar ruangan.

Kapal selam berwarna hijau tua dan hitam berdiri dengan begitu gagah di Monkasel. Monkasel termasuk tempat wisata bersejarah. Kapal selam yang ada adalah kapal selam KRI Pasopati 410 milik Angkatan Laut yang sudah banyak berjasa sejak tahun 1962 silam.

Kapal selam tipe SS Whiskey Class ini banyak berjasa terutama dalam Operasi Trikora pada masa itu. Monkasel bukanlah tempat wisata yang menjemukan. Sebaliknya, jika Anda mengajak keluarga ke Monkasel, maka ada banyak fasilitas yang dapat dimanfaatkan.

Selain monumen, Anda dapat menikmati fasilitas rekreasi air bersama anak, fasilitas kolam renang, sampai sebuah Video Rama yang menceritakan sejarah dari kapal selam KRI Pasopati 410.

Alamat : Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000
Jam Buka : Setiap Hari (08:00 – 17:00)

3. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan Surabaya
Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan dapat dikatakan sebagai salah satu ikon dari kota Surabaya. Tugu Pahlawan dibangun guna memberikan penghormatan kepada para prajurit Surabaya yang gugur dalam pertempuran menumpas tentara sekutu pada tanggal 10 November 1945.

Tidak sekadar melihat tugu dari luar. Dengan berkunjung ke jalan Tembaan tempat Tugu Pahlawan ini berada, Anda juga dapat masuk untuk melihat koleksi bersejarah di museum yang berada di dalam Tugu Pahlawan.

Sangat menarik ketika melihat kota Surabaya yang identik dengan serba modern, ternyata masih menyimpan rapi koleksi bersejarah seperti yang dapat Anda jumpai di Tugu Pahlawan ini.

Alamat : Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur 60174
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000
Jam Buka : Setiap Hari (08:00 – 16:00)

4. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu atau jembatan Surabaya-Madura dibangun tepat di atas dari perairan Selat Madura. Ini dapat menjadi tujuan wisata yang sangat hemat untuk Anda tempuh.

Alasannya adalah dengan berkunjung ke Surabaya untuk wisata, Anda dapat pula mengunjungi Madura. Jalan alternatif yang sangat mudah untuk dipilih adalah dengan melewati jembatan Suramadu.

Jembatan ini termasuk sebagai jembatan nasional yang dibangun di Indonesia. Anda dapat melewati jembatan Suramadu dengan mengendarai motor ataupun mobil. Jika beruntung, selama perjalanan nanti, Anda dapat melihat beberapa kapal yang melintasi Selat Madura.

Sungguh menarik jika Anda sudah melihatnya secara langsung. Selain itu, ketika berada di perbatasan Madura, jangan sia-siakan keberadaan Anda yang sudah jauh-jauh menyusuri jembatan Suramadu tanpa oleh-oleh.

Di daerah Madura tidak jauh dari jembatan Suramadu, Anda dapat menemukan beberapa kios oleh-oleh khas Madura. Mulai dari kaos bergambar jembatan Suramadu dengan berbagai ukuran, termasuk kaos khas Madura bermotif lapis merah-putih, batik Madura yang khas, kuda lumping mainan anak-anak, dan masih banyak oleh-oleh khas Madura yang dapat Anda beli.

Alamat : Jl. Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kec. Kenjeran, Kota SBY, Jawa Timur 60126
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : –
Jam Buka : Setiap Hari

5. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark Surabaya 1
Ciputra Waterpark Surabaya 1

Ciputra Waterpark adalah Tempat Wisata di Surabaya yang menyajikan wisata air untuk keluarga. Dibangun dengan luas mencapai lima hektar, Anda akan melihat wisata air bak negeri dongeng.

Tempat wisata air Ciputra Waterpark memang mengusung konsep negeri dongeng yang sangat kental dengan dunia imajinasi anak-anak. Jika Anda bingung mencari tempat wisata yang cocok untuk anak-anak, maka kunjungi saja Ciputra Waterpark di Surabaya.

Namun jangan salah kira, meskipun Ciputra Waterpark identik dengan dunia anak, remaja sampai orang tua pun banyak yang tertarik berkunjung ke wisata air yang ada di Surabaya ini. Selain itu, wisata air yang berada di bagian barat kota Surabaya aman untuk orang-orang yang tidak pandai berenang.

Ciputra Waterpark bukan wisata air untuk berenang, melainkan untuk bermain-main air. Kedalaman paling dalam pun hanya satu meter. Jadi, jika Anda ingin bermain air namun tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir akan tenggelam ketika berkunjung ke Ciputra Waterpark.

Namun paling penting adalah bawalah pakaian ganti ketika hendak menuju ke tempat wisata Ciputra Waterpark. Nikmatilah hari-hari wisata Anda dengan berkunjung ke tempat wisata air satu ini.

Alamat : Parking lot, Kawasan, Jl. Waterpark Boulevard Jl. Citraland Surabaya, Made, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60219
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp.
Jam Buka : –

6. House of Sampoerna

House of Sampoerna
House of Sampoerna

House of Sampoerna adalah museum Sampoerna yang sampai sekarang mampu menarik para wisatawan. Anda tentu tahu apa itu Sampoerna.

Sebagai salah satu brand produk dari bahan dasar tembakau, perusahaan Sampoerna mendirikan museum House of Sampoerna untuk mereka yang ingin mengetahui seperti apa proses dalam pengolahan tembakau menjadi produk tertentu.

Di dalam museum ini, Anda dapat melihat peralatan yang digunakan untuk proses pengolahan tanaman tembakau. Beberapa jenis pematik pun tersimpan rapi sebagai koleksi di dalam House of Sampoerna. Termasuk keberadaan replika kios dapat Anda lihat langsung di sebuah museum yang mengusung model bangunan Belanda ini.

Alamat : Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60163
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 0
Jam Buka : Setiap Hari (09:00 – 18:00)

7. Wisata Pantai Kenjeran

Wisata Pantai Kenjeran Lama
Wisata Pantai Kenjeran Lama

Pantai Kenjeran adalah pantai yang terdapat di Surabaya. Jika selama ini Anda merasa kesulitan untuk menemukan pantai di kota besar metropolitan, maka di Surabaya tidak.

Anda tetap dapat menemukan dengan mudah keberadaan pantai. Pantai Kenjeran berada di sebelah timur kota Surabaya. Tidak sekadar menikmati panorama alam pantai ketika berkunjung ke pantai ini untuk berwisata. Anda yang senang memancing, dapat menyalurkan hobi di pantai Kenjeran.

Anda yang suka menikmati ragam kuliner pantai, dapat menyantap kelezatan kuliner khas pantai Kenjeran sambil menikmati semilir angin pantai. Atau bagi Anda yang suka berlayar pun pantai Kenjeran cocok dijadikan sebagai tempat untuk berlayar.

Alamat : Jl. Pantai Kenjeran No.1-6, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota SBY, Jawa Timur 60123
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp.
Jam Buka : Setiap Hari (07:00 – 18:00)

8. Wonorejo Mangrove Ecotourism

Wisata Hutan Mangrove Surabaya | via potraitindonesia.com

Wisata hutan mangrove ternyata dapat Anda jumpai di Surabaya. Tepatnya dengan menuju ke daerah Wonorejo, di sana Anda dapat melihat secara lihat hutan mangrove yang tumbuh liar, namun sangat menarik untuk ditelusuri.

Awalnya tujuan penanaman pohon-pohon mangrove adalah untuk mengurangi tingkat abarasi yang sering terjadi di pantai timur. Namun semakin lama pertumbuhan pohon mangrove semakin tumbuh lebat dan jadilah sebagai salah satu tempat wisata menarik di Surabaya.

Apakah Anda takut tidak dapat kembali setelah menyusuri hutan mangrove tersebut? tenang saja, karena semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke wisata hutan mangrove, dibangunlah jembatan yang akan membawa Anda ke hutan mangrove.

Sehingga ketika Anda sudah ingin kembali, cukup kembali saja melewati jembatan tersebut. Meskipun setiap wisatawan dikenakan tarif, namun akan langsung terbayarkan ketika Anda melihat keindahan hutan mangrove lebih dekat. Ini sangat menarik jarang kota besar masih memiliki hutan mangrove yang terjaga dengan baik seperti di Wonorejo.

Alamat : Jl. Raya Wonorejo No.1, Wonorejo, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60296
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 25.000
Jam Buka : Setiap Hari (08:00 – 18:00)

9. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng ho Surabaya
Masjid Cheng ho Surabaya

Masjid Cheng Ho adalah tempat ibadah bagi umat muslim. Sekilas, melihat bangunan masjid satu ini mirip seperti klenteng.

Namun itu karena model bangunan yang mengusung konsep Cina. Masjid Cheng Ho termasuk bangunan ibadah bersejarah yang ada di Surabaya. Dikenal pula sebagai monumen bersejarah karena masjid ini termasuk masjid yang kerap digunakan masyarakat Cina muslim di Surabaya untuk beribadah.

Keberadaan Masjid Cheng Ho menjelaskan bahwa adanya toleransi beragama antara Cina nonmuslim dengan Cina muslim di Surabaya.

Alamat : Jl. Gading No.2, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : –
Jam Buka : Setiap Hari

10. Masjid Nasional Al Akbar

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya
Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya – Masjid Nasional Al Akbar | by Liliek Heksa

Masjid Nasional Al Akbar adalah masjid nasional terbesar nomor dua yang ada di Indonesia. Setelah Masjid Istiqlal, Jakarta, Masjid Al Akbar adalah masjid terbesar yang ada di Surabaya.

Masjid Al Akbar termasuk tujuan tempat wisata para wisatawan muslim ketika ke Surabaya. Sejak tahun 1995 Masjid Al Akbar berdiri memang sudah menyita perhatian karena bangunan yang besar.

Bagi Anda yang muslim, selain menuju ke tempat wisata di Surabaya yang hanya untuk bersenang-senang, mampirlah ke Masjid Al Akbar untuk mendirikan sholat sambil mengagumi rumah Allah yang luar biasa ini.

Alamat : Jl. Mesjid Agung Tim. No.1, Pagesangan, Kec. Jambangan, Kota SBY, Jawa Timur 60274
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : –
Jam Buka : Setiap Hari

11. Klenteng Hong Tiek Hian

Klenteng Hong Tiek Hian Surabaya
Klenteng Hong Tiek Hian Surabaya

Klenteng Hong Tiek Hian adalah klenteng tua yang ada di Surabaya. Keberadaannya masih dilindungi dan dipergunakan untuk ibadah para penganut agama Budha.

Menurut sejarah, klenteng Hing Tiek Hian ada di masa Khu Nilai Khan. Pasukan Tartar membangun klenteng sebagai tempat ibadah kala itu. Tidak jauh dari klenteng Hong Tiek Hian, Anda dapat melanjutkan wisata di jalan Dukuh, tempat Pecinaan berada.

Alamat : Jl. Dukuh No.23, RW.05, Nyamplungan, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60162
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : –
Jam Buka : Setiap Hari

12. Museum WR. Soepratman

Museum WR. Soepratman
Museum WR. Soepratman

Museum WR. Soepratman berada di Surabaya. Sebuah patung WR. Soepratman yang sedang memainkan biola terlihat di sana. Siapa yang tidak mengenal sosok WR. Supratman.

Beliau telah begitu luar biasa berjasa untuk Indonesia. Dengan menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang begitu nasionalis dan menggelegar ketika dinyanyikan. Keberadaan musem WR. Soepratman termasuk harus Anda kunjungi bersama kerabat bahkan keluarga. Surabaya termasuk kota yang memiliki beberapa museum.

Berkunjung ke museum WR. Soepratman, sama saja dengan Anda turut melestarikan sejarah Indonesia agar tetap terjaga dan tidak dilupakan.

Alamat : Jl. Mangga No.21, Tambaksari, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur 60136
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : –
Jam Buka : Selasa – Minggu (09:00 – 17:00)

13. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular
Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular adalah museum bersejarah di Surabaya. Seperti yang diketahui bahwa Surabaya memiliki tempat wisata yang menarik. Bahkan untuk keberadaan museum sendiri terbilang banyak, termasuk museum Mpu Tantular ini.

Apa yang berbeda dengan lainnya? Berkunjung ke museum Mpu Tantular, bagi Anda yang suka dengan sejarah Hindu-Budha bahkan Islam, maka ada di dalam museum ini.

Tempat wisata tidak hanya berada di luar menikmati alam. Namun dapat pula dengan belajar yang sama-sama memiliki kenikmatan tersendiri ketika kembali mengenang sejarah.

Alamat : Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Bedrek, Siwalanpanji, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 4000
Jam Buka : Setiap Hari

14. Patung Budha Empat Wajah

Patung Budha Empat Wajah adalah sebuah patung Budha yang memiliki empat wajah. Inilah patung yang pernah memegang rekor MURI. Patung Budha Empat Wajah tertinggi yang ada di Indonesia.

Keberadaan patung Budha ini tidak jauh dari pantai Ria Kanjeran. Sempatkanlah untuk mampir dan mengabadikan momen Anda ketika mengunjungi patung Budha ini.

Alamat : Jl. Pantai Ria Kenjeran No.8, Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Kota SBY, Jawa Timur 60122
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk : –
Jam Buka : Setiap Hari

15. Carnival Pasar Malam Surabaya [tutup permanen]

Carnival Pasar Malam Surabaya adalah tempat wisata yang ada di malam hari. Mencari hiburan di kota ketika malam hari yang menarik adalah dengan berkunjung ke Carnival Pasar Malam Surabaya.

Tidak hanya di luar negeri, keberadaan pasar malam yang dibuka setiap hari dapat Anda jumpai di Surabaya. Carnival Pasar Malam Surabaya adalah tempat wisata yang menyajikan aneka permainan dengan mengusung konsep taman nyaman.

Tempat wisata di Surabaya yang cocok untuk semua kalangan ini wajib untuk Anda kunjungi. Bagi Anda yang ingin sampai tengah malam berada di Carnival Pasar Malam Surabaya ini pun tidak perlu takut untuk diusir. Sebab tempat wisata menarik di Surabaya ini buka hingga pukul tiga dini hari.

16. Taman Bungkul

Taman Bungkul adalah taman kota Surabaya yang semakin ramai dikunjungi warga lokal maupun wisatawan. Taman Bungkul menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk refreshing.

Sekadar duduk-duduk, mengobrol, atau kegiatan santai lainnya dapat dilakukan di taman kota ini. Kebanyakan ketika fajar menyapa, beberapa orang sudah mendatangi Taman Bungkul untuk jogging ataupun melakukan olahraga yang lain.

Konsep taman kota yang ditawarkan pun sangat menarik. Seperti yang diketahui, semakin banyaknya bangunan yang berdiri, semakin susah menemukan suasana hijau yang begitu nyaman di kota.

Namun di Surabaya, Anda dapat menemukan Taman Bungkul untuk merelaksasikan pikiran. Pagi, siang, sore, malam, Anda dapat datang kapan saja ke Taman Bungkul di Surabaya.

Semakin menarik lagi jika ketika berwisata ke Surabaya, tempat Anda menginap tidak jauh dari Taman Bungkul. Sehingga ketika Anda merasa malas untuk bepergian saat itu, dapat sekadar jalan-jalan di Taman Bungkul yang tidak jauh dari tempat penginapan Anda.

Alamat : Taman Bungkul St, Darmo, Wonokromo, Surabaya City, East Java 60241
Maps : Klik disini
Harga Tiket Masuk :
Jam Buka : Setiap Hari

17. Rumah Batik

Rumah Batik adalah salah satu tempat wisata menarik yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Surabaya. Seperti namanya, ketika Anda masuk ke Rumah Batik, maka ada dua ribu lebih motif serta corak batik yang dapat dilihat.

Indonesia terkenal dengan batiknya. Dengan berkunjung ke Rumah Batik, maka Anda dapat belajar dan melihat secara langsung batik-batik yang ada di Indonesia.

Mulai dari batik Madura, batik Solo, batik Jogja, batik Pekalongan, dan lainnya ada di Rumah Batik. Jika Anda tertarik untuk ke Rumah Batik, maka ilmu tentang dunia batik dapat diperoleh secara lengkap di sini.

Dari ketujuh belas Tempat Wisata di Surabaya yang telah disebutkan di atas, manakah yang menarik bagi Anda? Tentu semua tempat wisata yang ada di Surabaya tersebut menarik dan sangat layak untuk Anda tandangi. Terbukti dengan tidak pernah sepi wisatawan dari semua tempat wisata tersebut. Jadi, ketika Anda memiliki rencana berwisata ke Kota Pahlawan ini, maka tak usah nyasar sudah memiliki referensi tujuh belas daftar tempat wisata yang akan dikunjungi.

17 Tempat Wisata di Surabaya, Mana yang Paling Menarik?

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0