Air Terjun Tegenungan Bali 2022: Tiket Masuk + Lokasi

Air Terjun Tegenungan
Air Terjun Tegenungan
0
(0)

Lokasi:  Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80581
Map: Klik Disini
HTM: Rp 20.000,-
Buka / Tutup: Setiap Hari (6.30 – 18.30) WITA
No. Telepon: 

Air Terjun Tegenungan menegaskan pada kita bahwa Pulau Bali tidak melulu soal pantai, budaya, dan tariannya. Akan tetapi, Bali juga memiliki banyak wisata alam yang menarik, indah dan eksotis. Selama ini kita mengenal Bali memiliki wisata alam di bagian datarannya yang lebih tinggi, terutama apabila kita berkunjung ke daerah Kintamani, Singaraja, atau ke daerah Batur.

Jika kamu kebetulan berada di Bali dan bosan dengan wisata pantai, tidak ada salahnya untuk mencoba datang ke salah satu wisata air terjun Tegenungan yang berlokasi Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Sukabakti, Kecamatan Gianyar.

Peta Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Tegenungan Bali

Kamu bisa start dari Denpasar menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan. Untuk menuju tempat ini, kamu harus mengambil rute ke jalan Prof. Dr. Ida Bagusmantra terlebih dahulu lalu melewati By Pass Ngurah Rai, kemudian ambil jalan lurus menuju Jalan Raya Batu Bulan hingga sampai ke Sukawati. Dari Sukawati jarak air terjun hanya 4 Km saja

Untuk menuju air terjun Tegunungan, kamu disarankan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat sewaan jika kamu berasal dari luar daerah karena di tempat ini hampir pasti tidak akan ditemukan angkutan umum berupa angkot atau bus kota. Dan yang pasti, di Bali kebanyakan angkutan umum hanya berupa taksi saja.

Harga sewa kendaraan roda dua di Bali tidak terlalu mahal. Antara Rp. 50.000 hingga Rp. 70.000 per hari. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, harga sewa berkisar antara Rp. 350.000 hingga Rp. 500.000.

Daya Tarik

Air terjun ini dikenal juga dengan nama air Terjun Kemenuh karena berlokasi di Desa Kemenuh.

Setelah sampai di tempat parkir, petualangan akan kita mulai. Pertama terlebih dahulu kita akan menuruni anak tangga yang jumlahnya sangat banyak, mungkin ratusan. Namun pemandangan alam di sekitarnya akan membuat kamu terpesona sehingga rasa lelah menuruni anak tangga bisa terobati.

Seperti yang kita tahu bahwa Bali memang eksotis dan menarik. Begitu juga dengan kondisi jalan yang kita lalui menuju air terjun tersebut, di kiri dan kanan selain pemandangan indah kita juga akan menyaksikan langsung pura-pura kecil yang ada di sekitarnya.

Setelah kamu menuruni anak tangga, kita langsung akan berhadapan dengan sungai yang airnya bersumber dari air terjun yang akan kita tuju. Untuk melewati sungai ini kita harus berjalan di sisi sebelah kiri sungai. Namun kamu harus sedikit berhati-hati karena jalannya licin dan berbatu.

Jiwa petualangan kamu akan diuji di sini karena harus melawan arus beberapa aliran sungai atau mungkin saja kamu akan melewati jembatan jembatan darurat yang terbuat dari kayu atau bambu.

Apabila kamu ingin datang dan menikmati langsung air terjun ini, sebaiknya kamu datang pada musim kemarau atau pada musim panas pada saat air sungai sedang surut. Selain itu, pada musim kemarau juga air terjun lebih jernih sehingga bisa dimanfaatkan untuk mandi.

Air Terjun Tegenungan Bali sebenarnya tidak terlalu tinggi. Tingginya hanya 5 meter saja.

Air Terjun Tegenungan Dalam Foto

Penasaran dengan ke oksotisan alam Bali yang satu ini? Yuk! kita simak pemandangannya dalam galeri berikut ini (via Gmap):

Aliran Sungai Air Terjun Tegenungan
Aliran Sungai Air Terjun Tegenungan
Air Terjun Tegenungan
Air Terjun Tegenungan
Pemandangan Dari Atas Air Terjun Tegenungan Bali
Pemandangan Dari Atas Air Terjun Tegenungan Bali
Spot Love Air Terjun Tegenungan Bali Via Gmap
Spot Love Air Terjun Tegenungan Bali Via Gmap

Fasilitas dan Akomodasi

Air terjun ini tidak memiliki fasilitas apapun termasuk akomodasi yang bisa kita temukan di sekitarnya. Yang ada di sini hanyalah pemandangan alam dan udara yang sejuk yang akan kita nikmati.

Warung-warung hanya bisa kita temukan di sekitar areal parkir. Tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah dan tertata dengan baik. Penduduk setempat yang ramah menawarkan jualannya tetapi tidak memaksa. Harganya pun wajar

Tiket Masuk

Tiket Masuk Air Terjun Tegenungan Bali Via Gmap
Tiket Masuk Air Terjun Tegenungan Bali Via Gmap

Untuk bisa menikmati air Terjun Tegenungan Bali tiket masuk yang harus dibayarkan sebesar Rp. 20.000 saja akan tetapi jika kalian ingin naik ke atas air terjunnya akan dikenakan biaya lagi. Tike masuk ini sudah termasuk pajak dan parkir ya, jadi tidak perlu bayar parkir lagi.

Tips Berwisata ke Air Terjun Tegenungan Bali

Seperti yang telah digambarkan sebelumnya bahwa untuk menikmati air terjun ini, kita sudah pasti akan menuruni ratusan anak tangga untuk bisa sampai di air terjun. Dan setelah itu, untuk kembali kita pun harus menaiki anak tangga tersebut. Jadi, kamu harus menyiapkan stamina untuk menikmati wisata alam yang satu ini.

Info Seputar Wisata di Provinsi Bali Lainnya:

Setelah puas menikmati air terjun, kamu bisa juga mampir ke beberapa tempat menarik di Sukawati seperti Pasar Seni Sukawati, atau kamu juga bisa datang ke Batuan Temple yang beralamat di Jalan Raya Batuan, Sukawati, Kabupaten Gianyar. Dan lokasinya berjarak hanya 5 Km dari air Terjun Tegenungan. Dalam perjalanan menuju Batuan Temple, kamu juga akan menemukan Tugu Patung Bayi yaitu sebuah monumen yang berlokasi di pertigaan Jalan Sahkah.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0