Wisata Kekinian di Kampung Batik Trusmi Cirebon

Batik Trusmi
Batik Trusmi
0
(0)

Lokasi : Jalan Syekh Datul Kahfi, Weru Kidul, Weru, Weru Kidul, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Maps : Klik Disini
HTM : –
Jam Operasional : 08:00 – 21:00
No. Telp : +62231325131

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober tahun 2009. Sehingga, pada hari tersebut diperingati sebagai Hari Batik. Batik memiliki keunikan tersendiri sehingga batik menjadi salah satu pakaian ciri khas Indonesia.

Terdapat berbagai macam motif batik yang ada di Indonesia, seperti batik mega mendung, batik parang, batik kawung, dan lain-lain. Selain itu pengrajin batik sendiri ada di berbagai tempat di Indonesia dan kebanyakan pengrajin batik yang terkenal berada di daerah Jogja dan Solo.

Akan tetapi di Jawa Barat tepatnya di Cirebon, terdapat salah satu kampung yang mana para penduduknya menjadi pengrajin batik. Nama kampung tersebut adalah Kampung Batik Trusmi.

Sekilas Tentang Kampung Batik Trusmi

Batik Trusmi 3
Pengrajin Batik Trusmi. Foto : @batiktrusmicirebon

Objek wisata ini merupakan pusat industri batik yang ada di daerah Weru, Cirebon. Selain menjadi sentra industri batik, Kampung Batik Trusmi ini juga menjadi tempat wisata kuliner. Setidaknya ada lebih dari 3000 tenaga kerja yang mengrajin batik.

Awalnya, kegiatan membatik yang dilakukan warga sekitar dilakukan oleh Ki Gede Trusmi, salah satu pengikut setia Sunan Gunung Jati. Selain mengrajin batik, Ki Gede Trusmi juga menyebarkan ajaran agama Islam.

Sampai hari ini, makam Ki Gede Trusmi terawat dengan baik dan diadakan upacara setiap empat tahun. Upacara tersebut dinamakan upacara Ganti Welit atau atap rumput dan upacara Ganti Sirap.

Baca Juga Bukit Gronggong Cirebon, Lokasi Alamat, Dekat Tempat Restoran, Penginapan Hotel + Cafe

Lokasi Kampung Batik Trusmi

Batik Trusmi
Lokasi Batik Trusmi, Foto : @jabartourism

Kampung Batik Trusmi berada di Jalan Syekh Datul Kahfi, Weru Kidul, Weru, Weru Kidul, Weru, Cirebon, Jawa Barat. Jarak yang ditempuh menuju objek wisata ini dari pusat Kota Cirebon yaitu sekitar empat kilometer.

Di sepanjang jalan utama Kampung Batik Trusmi, Anda bisa menemukan banyak showroom Batik Trusmi yang berada di tepi jalan. Banyaknya showroom ini juga tidak lepas dari antusiasme masyarakat dari berbagai kota yang menyukai batik Cirebonan.

Tidak hanya showroom batik saja yang tersedia, akan tetapi juga online shop Batik Trusmi tersedia juga di sini. Tentunya ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat di luar daerah bahkan luar negeri untuk membeli Batik Trusmi.

Harga Tiket Masuk

Batik Trusmi 5
Batik di Kampung Batik Trusmi. Foto : @batiktrusmicirebon

Untuk menuju ke Kampung Batik Trusmi, Anda tidak dikenakan biaya tiket masuk. Akan tetapi jika Anda ingin membeli batik ataupun mencoba kuliner khas Cirebon, tentunya dikenakan biaya untuk batik dan makanan yang Anda beli.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, tentunya dikenakan biaya parkir di setiap tempat. Jadi, Anda perlu menyiapkan biaya untuk menuju ke tempat ini.

Daya Tarik Kampung Batik Trusmi

Batik Trusmi 2
Batik Trusmi. Foto : @batiktrusmicirebon

Batik Trusmi menjadi salah satu batik Nasional yang terkenal  serta masuk ke golongan Batik Pesisir. Sebagian dari Batik Cirebonan juga digolongkan ke dalam kelompok batik Keraton. Hal itu tentunya menjadi salah satu dari daya tarik objek wisata ini.

Selain itu, masih banyak daya tarik Kampung Batik Trusmi yang membuat kampung ini terkenal hingga ke seluruh Nusantara. Berikut adalah daya tarik kampung batik yang ada di Cirebon tersebut :

Banyaknya Showroom Batik

Seperti yang sudah disampaikan di atas, Anda bisa menemui banyak showroom batik yang ada di sekitaran jalan Kampung Batik Trusmi. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Saat hari libur, kampung ini dipadati oleh banyak wisatawan.

Tidak hanya dari Jakarta dan Bandung saja yang berkunjung ke Kampung Batik Trusmi, bahkan ada yang jauh-jauh datang dari Sumatera untuk membeli batik. Tidak hanya berbelanja batik saja, para wisatawan juga bisa berburu kain batik untuk dikreasikan kembali.

Aksesoris Bermotif Batik

Tidak hanya kain batik saja yang bisa Anda temukan di kampung batik yang ada di Cirebon ini, tetapi juga aksesoris bermotif batik. Mulai dari tas, topi, sandal, bahkan hingga helm bermotif batik juga bisa Anda temukan.

Helm bermotif batik ini tentunya menjadi salah satu daya tarik dari Kampung Batik Trusmi, sehingga para pemburu helm pun berdatangan ke Kampung Batik Trusmi.

Motif batik yang digambar ini juga terdiri dari berbagai motif khas Cirebonan. Sehingga, Anda bisa menjadikan helm dan aksesoris yang dijual ini bisa menjadi oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang.

Ingin berenang baca juga Cirebon Waterland Ade Irma Suryani Juni

Wisata Kuliner

Anda juga bisa berwisata kuliner di Kampung Batik Trusmi. Sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi banyak orang, tentu para penjaja kuliner khas Cirebon membuka lapak dagangannya di sekitaran Kampung Batik Trusmi.

Kuliner khas Cirebon seperti Empal Gentong, Tahu Gejrot, Kerupuk Melarat, Sego Lengko, dan lain-lainnya bisa Anda temukan di Kampung Batik Trusmi. Jadi bagi yang lelah seharian berkeliling Kampung Batik Trusmi, Anda bisa menjajal kuliner khas Cirebon di Kampung Batik Trusmi.

Belajar Membuat Batik

Di showroom sekitaran Kampung Batik Trusmi tidak hanya menjual batik saja, tetapi juga Anda bisa mencoba belajar membuat batik. Batik memang harus dilestarikan oleh masyarakat sendiri.

Karena jika bukan kita masyarakat Indonesia, siapa lagi yang akan mengrajin batik di generasi berikutnya? Membuat batik memang bukan hal yang mudah, akan tetapi membutuhkan ketelitian dan keuletan dalam membuatnya.

Upacara Adat

Apabila Anda datang ke Kampung Batik Trusmi tepat pada tanggal 25 bulan Maulud, Anda bisa menyaksikan upacara adat di sekitar makam Ki Gede Trusmi.

Upacara adat tersebut bernama Ganti Welit atau penggantian atap dari anyaman daun kelapa yang ada di Makam Ki Gede Trusmi. Pada hari itu juga digelar arak-arakan dan upacara lainnya yang juga sebagai hari peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Sekian pembahasan mengenai Wisata Kekinian di Kampung Batik Trusmi Cirebon yang dapat kami bahas. Semoga dapat menambah pengetahuan dan menjadi destinasi liburan kamu dan keluarga.

Berapa penilaian untuk tempat ini?

0 / 5. 0